Home Featured 5 Manfaat Diet Madu Bantu Turunkan Berat Badan Secara Alami

5 Manfaat Diet Madu Bantu Turunkan Berat Badan Secara Alami

by Erlita

Dari nektar bunga, lebah akan menghasilkan zat manis yang kita sebut dengan madu di mana cairan ini mirip dengan sirup namun teksturnya lebih kental. Madu terasa manis karena terdapat unsur monosakarida fruktosa dan glukosa sehingga jika kita menikmatinya memang rasanya mirip dengan gula. Dalam proses menurunkan berat badan, rupanya madu dapat membantu lho; ini dia beberapa manfaat diet madu yang bisa didapat.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Bukankah untuk bisa diet sukses dalam menurunkan berat badan perlu mengurangi gula? Konsumsi gula berlebihan memang perlu dihindari, namun gula tetap asupan yang tubuh butuhkan. Dan gula dari madu itu jauh lebih baik daripada gula pasir dan jenis gula lainnya.

Ini karena madu menawarkan mineral dan vitamin tinggi bagi tubuh sehingga metabolisme meningkat. Saat metabolisme meningkat, maka proses pembakaran kalori serta lemak juga jadi lebih optimal. Diet menurunkan berat badan pun dapat dijalani dengan lancar.

  1. Menjadi Sumber Energi

Banyak orang mengaitkan program diet dengan berkurangnya energi tubuh disebabkan oleh asupan makanan yang dibatasi. Namun dengan diet mengonsumsi madu, ada kandungan kurang lebih 64 kalori per sendoknya menurut United States Department of Agriculture (USDA) sehingga tubuh tidak akan kehilangan energi.

Bahkan di dalam madu ada kandungan karbohidrat yang dapat diproses sehingga berubah menjadi glukosa sehingga tubuh mampu mencerna dengan mudah dan kita bisa mengonsumsinya secara aman. Bahkan madu juga bebas sodium, kolesterol serta lemak menurut National Honey Board dikutip dari Food NDTV sehingga menjadi sumber makanan alami yang baik dikonsumsi rutin selama diet.

  1. Mengendalikan Nafsu Makan

Selama diet, banyak orang menjadi tersiksa karena mereka menahan nafsu makan yang begitu besar dengan tidak makan terlalu banyak. Namun menurut hasil penelitian terbitan dari Journal of American College of Nutrition, madu justru akan membuat nafsu makan kita lebih terkendali, apalagi kalau mengonsumsinya sebelum tidur dan menjadikannya pengganti gula pada campuran makanan atau minuman apapun.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Setiap pagi sebelum sarapan alias saat perut dalam kondisi kosong bisa mengonsumsi sesendok makan madu yang dicampur bersama perasan ½ buah lemon dan air hangat 150 ml. Dengan mengonsumsinya rutin, ini bisa menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh karena tubuh memperoleh antioksidan dari madu sehingga diet tidak akan menjadikan tubuh kita rentan kena penyakit.

  1. Melancarkan Pencernaan

Meminum air madu setiap hari secara rutin juga menjadi suatu cara dalam menghindarkan diri dari gangguan pencernaan. Ketika pencernaan lebih lancar, hal ini mampu membantu agar berat badan juga terjaga dengan baik dan bahkan mampu menurunkannya. Segelas air hangat yang ditambahkan sesendok makan madu murni lalu diaduk rata bisa kemudian diminum rutin.

Tips Diet Madu

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ada kandungan karbohidrat di dalam madu di mana per sendoknya ada 17 gram karbohidrat yang bila dikonsumsi rutin maka kita tak lagi perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Ya, madu dapat menjadi pengganti ubi, kentang, nasi maupun makanan berkarbohidrat lain.

Pada sebuah buku berjudul The Honey Diet oleh Mike McInnes, diet madu diterapkan dengan mengonsumsi air hangat lemon dicampur madu selama 1 minggu. Hal ini akan memberikan efek penurunan berat badan sebanyak 1,4 kg karena madu sendiri adalah pengganti gula yang tubuh butuhkan sebagai energi dalam beraktivitas sehari-hari.

  • Siapkan segelas air hangat lebih dulu, bersama dengan 2 sendok makan air perasan lemon atau jeruk nipis, serta 2 sendok makan madu murni.
  • Masukkan 2 sendok makan air lemon/jeruk nipis tadi bersama dengan madu, aduk-aduk sampai tercampur merata.
  • Minumlah selagi hangat khususnya di pagi hari sebelum sarapan maupun usai menikmati makan siang atau makan malam.
  • Pastikan mengonsumsi sayuran cukup banyak selama menerapkan diet madu ini; hanya saja, hindari mengonsumsi buah banyak-banyak karena asupan gula sudah diperoleh dari madu.

Karena mudah dipraktekkan, tertarikkah dengan manfaat diet madu dan prosesnya? Untuk lebih seimbang lagi, kurangi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi apalagi yang berkolesterol tinggi, dan jangan lupa pula untuk melakukan olahraga ringan supaya hasil diet lebih maksimal.

You may also like