35 Makanan Penurun Trigliserida Tinggi Paling Baik

Trigliserida merupakan jenis lemak yang aliran darah manusia bawa dan zat ini selalu ada di dalam darah manusia. Trigliserida pun tak hanya berasal dari minuman dan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, tapi juga sebenarnya trigliserida juga diketahui sebagai hasil produksi tubuh manusia yang juga kita kenal berupa sumber energi.

Kita juga perlu tahu bahwa hasil konversi kalori yang tak digunakan dan tersimpa sebagai penyedia cadangan tenaga bagi tubuh selama ini adalah trigliserida. Jadi ketika seseorang mengonsumsi kalori berlebih, otomatis risiko kadar trigliserida di dalam tubuh pun menjadi meningkat. Ketika trigliserida makin tinggi, otomatis jenis-jenis penyakit jantung menjadi bahayanya.

Tak hanya penyakit jantung, sindrom metabolik yang berkaitan dengan stroke pun bisa saja terjadi pada tubuh kita. Untuk mengetahui kadar trigliserida di dalam darah, tentunya kita perlu melakukan tes darah. Semakin tinggi kadar trigliserida, maka kondisi tubuh makin berbahaya.

  • Kadar trigliserida < 150 dianggap normal.
  • Kadar trigliserida 150-199 dianggap cukup tinggi.
  • Kadar trigliserida 200-499 dianggap tinggi.
  • Kadar trigliserida ≥ 500 dianggap sangat tinggi.

Karena tidak adanya gejala khusus di mana kita bisa langsung menyadari ada peningkatan pada kadar trigliserida, maka memang sebaiknya secara rutin memeriksa darah. Di bawah ini juga merupakan daftar makanan penurun trigliserida yang bisa Anda konsumsi ketika diketahui kadarnya sedang tinggi.

(Baca juga: perbedaan kolesterol dan trigliserida)

1. Buncis

Buncis ini masih termasuk di dalam jenis kacang-kacangan yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Menjadi sumber makanan yang mengandung serat tinggi, buncis mampu mencegah kenaikan trigliserida, gula darah dan juga kolesterol. Anda bisa memasaknya atau kalau tidak bisa mengonsumsi kacang buncis ¾ cangkir per hari supaya trigliserida, LDL dan kolesterol tinggi bisa turun.

2. Seledri

Di dalam seledri ada kandungan antioksidan tinggi sehingga mampu melindungi tubuh dari banyak penyakit kronis. Untuk menurunkan trigliserida dan bahkan sebagai pencegah oksidasi LDl alias kolesterol jahat, konsumsi saja sup seledri. Anda juga bisa menambahkan seledri pada tumisan atau membuatnya sebagai minuman jus segar.

3. Apel

Buah satu ini merupakan buah yang kaya akan serat larut maupun tak larut di mana buah ini juga dipercaya sebagai pengusir gejala penyakit. Sering-seringlah mengonsumsi apel, supaya trigliserida dan kolesterol bisa turun kadarnya. Bahkan dengan mengonsumsi apel, arteri dapat dicegah untuk mengalami pengerasan sehingga otomatis mengurangi risiko stroke dan sakit jantung.

(Baca juga: cara mencegah trigliserida tinggi)

4. Beras Merah

Untuk menurunkan kadar trigliserida yang begitu tinggi, Anda bisa mulai mencoba mengonsumsi nasi merah. Meski memang sulit ditemukan sekarang-sekarang ini, beras merah sebenarnya masih cukup umum dan ada yang jual. Tak hanya kadar trigliserida, beras merah juga bagus untuk menurunkan gula darah tergolong tinggi.

5. Bawang Putih

Sudah ada sejumlah studi yang menunjukkan bahwa bawang putih dengan kurang dari setengah siungnya saja mampu menurunkan trigliserida dan kolesterol hingga 12 persen. Namun jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi supaya tidak terkena bahaya bawang putih mentah. Kadar senyawa allicin-lah yang menawarkan fungsi demikian.

6. Brokoli

Kita semua pasti tahu bahwa brokoli merupakan jenis sayur sehat yang mampu membuat kadar kolesterol turun dengan baik. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mengukusnya saja atau Anda juga bisa menumis, menjadikannya sup maupun salad. Kandungan serat tinggi pada brokoli ini juga akan menjadi pengikat asam empedu pada sistem kemih dan pencernaan kita.

(Baca juga: penyebab kolesterol tinggi)

7. Bayam

Selain brokoli, makanan penurun trigliserida selanjutnya adalah bayam dan ini karena adanya kandungan lutein tinggi di dalam bayam. Hanya saja, bagi penderita trigliserida dan asam urat tinggi, sebaiknya cari makanan penurun trigliserida lainnya. Bayam kaya akan purin sehingga malah memperburuk kondisi asam urat Anda nantinya.

8. Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai makanan baik bagi yang memiliki penyakit jantung koroner dan kenyataannya, oatmeal bisa mencegah penyakit jantung. Sakit jantung bisa terjadi akibat dari kadar trigliserida yang tinggi, maka bila Anda mengonsumsi oatmeal secara rutin, tentunya kadar tinggi trigliserida pun bisa menjadi turun.

Makanlah 1 ½ cangkir oatmeal setiap harinya bagi yang memiliki kadar kolesterol, trigliserida dan gula darah tinggi. Kandungans serat yang akan tubuh kita dapatkan dari oatmeal dengan takaran tersebut adalah sekitar 4-6 gram banyaknya dan selebihnya adalah kalori dengan banyak 150 kalori saja. Jadikan sarapan sehat dan Anda akan merasakan sendiri efek baiknya bagi tubuh.

9. Tomat

Sumber makanan yang mengandung likopen ini juga merupakan makanan yang bisa menurunkan trigliserida tinggi. Sudah dibuktikan melalui penelitian bahwa ada banyak likopen yang dapat diserap tubuh ketika tomat dimasak atau diolah. Jadi, nikmatilah tomati entah itu dalam bentuk jus atau sayur sup agar kadar kolesterol jahat dan trigliserida bisa mengalami penurunan secara efektif.

(Baca juga: ciri-ciri kolesterol tinggi)

10. Lemon

Penderita kadar tinggi akan trigliserida perlu menjauhi makanan-makanan berlemak, berkalori dan berkolesterol tinggi, jadi buah ini merupakan yang paling tepat. Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini akan menjadi antioksidan juga sehingga tubuh bisa terhindar dari segala jenis penyakit kronis. Sering-sering mengonsumsinya entah dijus atau dimakan buahnya bakal menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

11. Kayu Manis

Kayu manis adalah jenis rempah yang menawarkan banyak khasiat bagi tubuh di mana salah satunya adalah sebagai penurun trigliserida, LDL dan gula darah tinggi. Tak usah mengonsumsinya terlalu banyak karena Anda hanya perlu memasukkannya sebagai tambahan ke teh hijau dengan banyak ½ sendok teh.

12. Salmon

Salmon memang diketahui sebagai sumber makanan yang mengandung omega-3 tinggi di mana kandungan tersebut sangat baik untuk perkembangan kesehatan otak. Namun manfaat yang ditawarkan tak hanya untuk otak saja, tapi juga sebagai penurun tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan juga trigliserida tinggi.

(Baca juga: bahaya kolesterol ldl tinggi)

13. Gandum

Untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi gandum. Beras gandum adalah jenis makanan yang tak hanya berperan sebagai penurun trigliserida tinggi tapi juga kolesterol yang tinggi. Berkat bantuan kandungan serat di dalam gandum ini yang tinggi, maka kolesterol dan trigliserida tinggi dapat berkurang hingga 10 persen.

14. Alpukat

Alpukat memang diketahui baik untuk kesehatan kulit karena kandungan vitamin E-nya yang tinggi. Tapi sebenarnya, alpukat adalah jenis buah dengan kandungan lemak baik tinggi di mana jenis lemak ini adalah lemak tak jenuh. Jus alpukat tanpa tambahan susu coklat atau pemanis lainnya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida tinggi.

15. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel diketahui memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar tekanan darah tinggi. Tapi bahan ini juga merupakan makanan yang bisa menurunkan kadar trigliserida yang naik. Konsumsilah cuka sari apel organik yang dicampur dengan air putih setiap hari untuk meningkatkan HDL juga. Karena kalori di dalamnya rendah, maka sangat efektif untuk menurunkan kolesterol.

(Baca juga: kolesterol ldl dan hdl)

16. Ikan Tuna

Ikan ini memang menjadi alternatif dari ikan salmon karena kandungan protein dan omega-3-nya yang sangat tinggi. Tuna memang adalah ikan berlemak, tapi karena kedua kandungan tadi, ini adalah makanan ampuh untuk menurunkan kadar trigliserida hingga 30 persen. Mengonsumsi 2 porsi ikan tuna bisa dilakukan setiap minggu, namun melalui pengolahan secara panggang atau uap. Menggoreng ikan tuna tidak disarankan karena ini justru bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

17. Jahe

Rempah lainnya yang baik untuk menurunkan trigliserida serta meningkatkan HDL rendah alias kolesterol baik adalah jahe. Meski ada efek samping jahe, rempah ini tetap menjadi salah satu makanan terbaik untuk memelihara kesehatan jantung. Risiko diabetes, kolesterol tinggi, stroke hingga serangan jantung bahkan bisa berkurang berkat kandungan baik dari jahe ini.

(Baca juga: makanan penyebab ldl tinggi)


18. Minyak Zaitun

Kaya akan kandungan antioksidan, minyak zaitun menjadi salah satu sumber makanan yang bisa menurunkan trigliserida dan kolesterol tinggi. Banyak orang dengan darah tinggi maupun kolesterol tinggi kemudian memasak menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa. Ini karena minyak zaitun, khususnya yang berlabel extra-virgin merupakan jenis minyak yang bagus untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

19. Biji Bunga Matahari

Istilah lain yang akan membuat Anda lebih familiar adalah kuaci di mana biasanya makanan ini kerap dijadikan cemilan. Untuk menurunkan kadar trigliserida sekaligus kolesterol yang tinggi, Anda bisa secara rutin mengonsumsi biji bunga matahari. Kandungan sterol di dalamnya sangat baik karena mampu menjadi penghambat kenaikan trigliserida dan kolesterol jahat di dalam darah.

20. Coklat Hitam

Dark chocolate alias coklat hitam yang rasanya cukup pahit adalah solusi bagi yang memiliki kadar trigliserida tinggi. Jadikan coklat hitam sebagai cemilan dan Anda pasti akan mampu merasakan efek baiknya berkat kandungan flavonoid dan juga antioksidannya. Justru Anda perlu menghindari coklat hitam yang sudah diberi perasa karena manfaatnya bagi tubuh kurang maksimal.

(Baca juga: akibat kekurangan kolesterol)

Makanan Lain Penurun Trigliserida Tinggi

Selain dari 20 makanan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa makanan lain yang sangat pas dikonsumsi untuk menurunkan trigliserida sekaligus kolesterol tinggi, antara lain:

  • Kacang mede
  • Hazelnuts
  • Stroberi
  • Walnut
  • Almond
  • Anggur
  • Kacang kedelai
  • Kacang kenari
  • Delima
  • Bluberi
  • Biji ketumbar
  • Bawang merah
  • Temulawak
  • Kunyit
  • Kubis

(Baca juga: makanan penurun kolesterol tinggi)

Itulah sejumlah makanan penurun trigliserida paling ampuh yang bisa dicoba dikonsumsi apabila setelah tes darah kadar trigliserida terdeteksi tinggi. Tak perlu harus mengonsumsi seluruh makanan dalam daftar tersebut karena Anda hanya cukup perlu memilih beberapa saja atau mengonsumsinya secara bergantian setiap harinya.

, , , ,
Post Date: Monday 13th, March 2017 / 19:04 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat