10 Menu Buka Puasa Untuk Penderita Asam Lambung Paling Aman Dikonsumsi

835

Saat sedang berbuka puasa tubuh akan membutuhkan banyak nutrisi sari berbagai macam buah dan sayuran, Tetapi tidak senmua buah da saayuran cocok untuk seseorang yang memiliki keluhan asam lambung pada sistem pencernaannya.

Rekomendasi Menu

Menu buka puasa untuk penderita asam lambung yang disarankan adalah makanan yang baik dan sehat bagi penderita asam lambung yang sedang berpuasa adalah makanan yang mengandung gizi seimbang berstandar 4 sehat 5 sempurna. Namun ada beberapa karakter makan yang perlu anda waspadai, Sebagai berikut:

  • Hindari Bahaya makanan yang digoreng bagi kesehatan tubuh
  • Mengandung gas atau alkohol, Misalnya sayur kol, Kubis, Lobak dan lain lain
  • Makanan yang terlalu asam misalnya dari jenis buah buahan , Misalnya belimbung wuluh
  • Makanan yang mengandung  lemak trans dan terhidrogenasi
  • Makanan yang terlalu pedas  yaitu mengandung sambal, Merica dan lain lain
  • Hindari bahaya makanan instan bagi kesehatan tubuh misalnya mie instant
  • Makanan yang mengandung banyak garam misalnya pada makanan siap saji

Menu yang dapat dipilih adalah :

1.Nasi merah soto ayam

Saat berbuka puasa biasakanlah memulai dengan hal hal yang manis agar energi dan stamina tubuh dapat cepat pulih kembali, Misalnya minum teh hangat manis .

Makanan yang bisa langsung disantap tanpa harus khawatir asam lambung akan naik adalah nasi merah yang digabungkan dengan soto ayam  lalu diakhiri dengan mengkonsumsi 1 buah pisang.  Hindari efek samping beras merah , Dibalik segudang manfaatnya dengan jalan makanlah nasi merah secukupnya agar lambung tetap bisa bekerja sebagaimana mestinya.

2.Buah kurma dan susu sapi murni

Membatalkan puasa karena telah waktunya berbuka puasa dapat diawali dengan teh hangat manis atau memanfaatkan khasiat susu sapi murni bagi kesehatan yang di iringi dengan makan beberapa buah kurma agar lambung kembali bekerja sebagaimana mestinya. Kurma mengandung banyak vitamin, Serat, Protein dan mineral tetapi tidak mengandung gas layaknya buah nagka, Kedonong, Anggur atau durian. Kurma sangat aman bagi lambung dan bahkan kandungan gizinya melindungi dinding lambung dari peradangan

3. Nasi merah sup ayam

Awali berbuka puasa dengan sesuatu yang manis  agar tubuh bugar kembali misanya dengan teh hangat manis atau susu sapui murni hangat.

Menu buka puasa untuk penderita asam lambung  dapat mempertahankan penggunaan nasi merah yang dapat digabungkan dengan sayur sup ayam tanpa kulit yang tidak menggunakan kol, Karena kol mengandung gas yang dapat memicu naiknya asam lambung saat berbuka puasa. sebagai penutup bisa mengandalkan buah apel atau pir yang menyegarkan lambung.

4. Kentang rebus/kukus

Kentang mengandung senyawa alkalin yang dapat menetralkan kadar asam dalam lambung dan memperbaiki dinding lambung menjadi lebih baik jika memang telah terjadi luka atau peradangan.

Kentang dapat direbus atau kukus lalu dihaluskan hingga membentuk seperti pasta bubur. Kentang yang telah halus tersebut dapat ditaburi potongan seledri halus, Kecap secukupnya dan  daginga ayam yang telah di suir suir.

5. Sayur bayam

Membiasakan diri mengawali berbuka puasa dengan minum teh hangat manis atau susu hangat adalah baik untuk mengembalikan stamina yang menurun selama berpuasa.

Sayur bayam untuk penderita asam lambung bolehkah? atau berbahayakah?  Saat berbuka menu buka puasa untuk penderita asam lambung yang terbukti aman dan mernyehatkan adalah dapat memilih sayur bayam bening. Bayam merah atau hijau sama sama mengandung zat besi, Tidak mengandung gas  sehingga aman bagi lambung selama berpuasa.  Menu buka puasa untuk penderita asam lambung yang dapat dikonsumsi segala usia adalah sayur bening bayam. Sayur bayam bisa dikombinasikan dengan potongan wortel dan jagung manis. Numun disarankan bayam hanya bisa dikonsumsi sekali makan dan ndilaraang untuk dihangatkanm kembali Kondidsi ini berbahaya karena berkaitan degan zat besi didalamnya.

6. Nasi tim

Untuk awal bulan puasa yang menyegarkan adalah minum teh hangat manis lalu dapat sehera menyantap nasi tim yang berstekstur lembut dan lunak. Nasi tim merupkan menu bua puasa untuk penderita asam lambung yang aman dan sehat karena mudah dicerna oleh sisyem pencernaaan.

Nasi tim dapat dilengkapi dengan bahan lain yang menyehartkan dan tidak memicu asam lambung naik misalnya tempe dan tahu bacem, Ayam goreng tanpa kulit yang digoreng menggunakan minyak jagung atau zaitun.

7. Sarden

Ikan sarden mengandung banyak nutrisi , Termasuk omega 3, Protein, Vitamijn , Mineral dan lai  lain yang dibutuhkan selama berbuka puasa. Ikan sarden dapat diolah bersama tomat agar rasanya semakin segar. Ikan sarden dapat dikonsumsi bersama nasi merah atau gandum utuh. Untuk makaan  penutup disarankan untuk mengkonsumsi yogurt atau minuman probiotik untuk mempertahankan agar lambung tetap pada kondisi terbaiknya.

8.Oatmeal

Setelah berbuka puasa denga minum teh hangat manis maka dapat dilanjutkan dengan mengkonsumsi oatmeal yang dapat ditambahkan air susu sapi murni. Untuk bagian penutupnya dapat mengkonsumsi buah apel , Melon, Mentimun atau buah pir yang terbukti dapat menyergarkan lambung dan mencegah meningkatnya asam lambung saat atau setelah berbuka puasa.

Agar kesehatan lambung tetap terjaga hendaknya tidak mengkonsumsi oatmeal jenis instant karena ada  bahaya oatmeal instant bagi kesehatan. Namun jika tetap ingin mengkonsumsinya maka tidak boleh berlebihan, Karena bagaimanapun juga makanan yang diolah menjadi makanan instant selalu mengandung zat tertentu yang berkaitan dengan bahan pengawet yang tidak semua lambung cocok menerimanya.

9. Sayur oyong bening

Pembuka puasa yang ideal sebelum menyanpoat menu buak puasa untuk penderita asam lambung adalah mengkonsumsi yogurt kemudian teh hangat manis. 

Menu untuk berbuka yang daoat dipilih adalah  sayur oyong. Oyong merupakan sayuran dari jenis terung terungan tetapi tidak mengandung gas , Melainkan kaya vitamin dan mineral yang dapat membantu asam lambung tetap stabil selama berpuasa. Sayur oyong dapat dikombinasukan dengan daun katuk, potongan wortel, Kentang yng diairis dadu atau jagung.Sayur oyong dapat disantap bersama nasi putih, Tempe dan tahu atau ayam goreng tanpa lemak.

10.Roti gandum

Awali dengan minum yang manis manis seperti teh hangat manis atau susu sapi murni hangat sedikit demi sedikit agar lambung tidak terkejut. Teh atau susu hangat  dipercaya mampu mengembalikan kebugaran tubuh karena kebutuhan energi yang semakin berkurang selama berpuasa.

Pilihlah roti yang terbuat dari bahan asli gandum sebagai salah satu menu buka puasa untuk penderita asam lambung. Roti gandum tidak mengandung karbohidrat berat tetapi kaya nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Setelah menyantap roti gandum minumlah air putih secukupnya. Tunggulah hingga 2 atau 3 jam setelahnya disarankan untuk minum 1 gelas ukuran sedang jus kombinasi nanas dan pepaya. Nanas mengandung zat bromelain sedangka nanas mengandung zat papin, Diman kedua zat tersebut dapat bertindak sebagai pristease yaitu semacam enzim yang mampu membantu menecah dan menpermudah penyerapan protein didalam lambung sehingga lambung terhindar dari naiknya asam lambung dan serangan infeksi.