11 Makanan yang Mengandung Lemak Trans dan Terhidrogenasi

Lemak yang memiliki susunan molokul atas rangkaian atom-atom karbon dan memiliki ikatan gandan dan dua cabang molekul yang bersebrangan dengan molekul lain yang disebut rangkaian utama mlekul itulah yang disebut dengan lemak trans dan terhidrogenasi. Lemak trans ini ternyata tidak begitu baik untuk tubuh, banyak berbagai macam bahaya yang diperoleh dari lemak trans. Padahal disetiap pabrik hampir menggunakan lemak trans, mengapa banyak pabrik yang menggunakan lemak trans ? tentu saja, selain lemak trans mudahdicari, lemak trans ini juga pas dikantong, dan juga memiliki daya tahan yang lebih lama. Untuk itu perlu pula mengetahui beberapa makanan yang mengandung banyak lemak trans. Agar tidak terlalu banyak dalam mengkonsumsi lemak trans karena lemak trans dapat menyebabkan penyakit jantung, peradangan, diabetes, obesitas, strok. Memang boleh saja mengkonsumsi lemak trans agar tidak terlalu banyak. Berikut makanan yang mengandung lemak trans.

  1. Makanan panggang

Makanan yang sering dipanggang ini juga memiliki kandungan lemak trans yang cukup membahayakan bagi tubuh. Apalagi makanan yang dipanggang kemudian disimpan agar lebih awet dengan cara dibekukan. ternyata tidak hanya makanan yang dipanggang saja yang berbahaya, justru ada pula makanan yang dibakar, yang tak kalah sama dari makanan yang dipanggang. beberapa bahaya makanan yang di bakar ini juga harus diketahui agar tidak terlalu banyak mengkonsumsinya.

  1. Biskuit

Ternyata makanan favorit ini memliki kandungan lemak trans juga, tapi apakah semua biskuit mengandung lemak trans ? tentu saja tidak, hanya beberapa biskuit saja yang mengandung lemak trans, terutama biskuit-biskuit buatan pabrik yang memang disengaja untuk lebih awet. Biskuit yang melalui pemanggangan yang cukup lama. Sebenarnya untuk mengetahui apakah mengandung banyak lemak trans atau tidak dapat diketahui dengan melihat label pada kemasan. adapula beberapa bahaya biskuit diantaranya

a. biskuit merupakan makanan yang dapat menyebabkan ambeien

b. makanan penyebab sembelit

c. makanan penyebab diabetes

untuk itu agar tidak terkena penyakit diatas, alangkah baiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi biskuit. karena biskuit selain enak, proses pemangaggan pada biskuit yang terkadang membuat biskuit agak kurang sehat untuk dikonsumsi secara terus menerus.

  1. Popcron

Tak disangka makanan nikmat ini juga mengandung lemak trans. Sebenarnya kalau membuat popcron sendiri, tentu tidak terlalu banyak mengandung lemak trans. Popcron yang mengandung lemak trans adalah popcron yang sudah dikemas. Karena agar popcron tetap awet tentu dibutuhkan lemak trans.

  1. Lemak goreng

Lemak goreng memang memiliki beberapa mafaat untuk membuat makanan atau memasak, tetapi pada kenyataannya lemak goreng yang digunakan berkali kali dapat membuat makanan yang kita goreng mengandung lemak trans, jadi sebaiknya gunakanlah lemak secukupnya untuk mengurangi terlalu banyak konsumsi lemak trans. lemak goreng atau minyak goreng ini juga merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh paling tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh, apalagi untuk anak yang masih memiliki usia kecil dan untuk orang dewasa yang sudah sangat tua.

  1. Es cream

Rasa pada es cream memang sangat nikmat, tidak hanya kalangan anak anak saja yang suka es cream, bahkan kalangan remaja dewasa bahkan sampai orang tuapun juga menyukai es cream. Tetapi ternyata es cream juga mengandung lemak trans. selain mengandung banyak lemak trans es cream juga tidak tidak cocok untuk diet sehat, meskipun banyak tips diet sehat namun jika tidak bisa mengurangi es cream maka diet tidak akan berjalan dengan baik. pada dasarnya es cream ini mampu menjadi makanan yang bikin gemuk super cepat dan juga makanan penambah berat badan cepat dan sehat. jadi es cream lebih baik dikonsumsi oleh orang yang ingin menambah berat badan.

  1. Daging sapi

Daging sapi, mejadi menu spesial ketika idul adha, bagaiaman tidak, ketika idul adha akan mendapatkan daging, entah daging kambing atau daging sapi, tetapi salah satunya adalah daging sapi. Olehkarena itu jangan terllu banyak mengkonsumsi daging sapi, meskipun saat mendapatkannya gratis. namun demikian meskipun daging sapi memiliki rasa yang enak dan amazing serta menjadi makanan favorit, tetapi bagi anda yang sangat memfaforitkan daging sapi ini harus mengetahui bahaya daging sapi bagi kesehatan. karena daging sapi ini banyak mengandung kolesterol jahat. dan juga daging sapi merupakan makanan yang mengandung kolesteraol tinggi.

  1. Gorengan

Gorengan tak lain adalah menu favorit ketika sedang dirumah atau ketika sedang hujan apalagi. Selain hangat gorengan juga memiliki rasa yang lezat. Gorengan pun biasa digunakan sebagai penambah menu makanan.

  1. Kue beku dalam kemasan

Makanan apapun yang sudah ada dalam kemasan, kebanyakan ia akan mengandung lemak trans yang tidak baik untuk tubuh, untuk itu perlu mengurangi konsumsi makanan yang diperoleh dari makanan kemasan.

  1. Coisant (roti kelas atas)

Coisant adalah makanan roti untuk orang yang berkelas tinggi, namun meskipun begitu tetapi saja tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsinya, karena meskipun kelas tinggi tetap saja mengandung lemak trans.

  1. Susu dalam kaleng

Susu yang sering digunakan di hari puasa untuk mengisi saur, ini juga mengandung lemak trans, meskipun banyak orang yang mengatakan agar puasanya kuat, tetapi ketahuilah susu dalam kaleng mengandung lemak trans. pada dasarnya susu memiliki khasiat sangat baik, terutama khasiat susu sapi murni, karena mengandung banyak protein tinggi, namun meskipun begitu tetap saja harus berhati-hati dalam mengkonsumsi susu, jangan sampai berlebihan, karena akibat kelebihan protein itupun juga cukup berbahaya bagi kesehatan, apalagi bagi kesehatan pada bayi.

  1. Cream kopi

Begitu pula dengan cream kopi, seperti halnya seperti es krim, untuk membuat krim memang membutuhkan lemak trans, sehingga bberapa jenis krim pasti mengandung lemak. Terutama lemak trans.

Itulah beberapa makanan yang perlu dikurangi kadar konsumsinya agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi lemak trans secara tidak langsung. Agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. dengan mengetahui banyak makanan yang mengandung lemak trans dan terhidroginasi maka akan mempermudah diri untuk mengontrol makanna apa saja yang boleh masuk dan makanan apa saja yang tidak boleh terllau sering masuk pada tubuh. agar tubuh tetap terjaga dan sehat selalu.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya