30 Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi, Anak dan Orang Dewasa

9624

Konstipasi atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan sembelit adalah buang air besar yang tidak lancar yang ternyata tidak hanya dialami orang dewasa saja tetapi dapat pula menyerang balita. Sembelit merupakan pengeluaran kotoran yang fesesnya keras sehingga pengeluarannya terlalu lama dan terkadang di iringi dengan timbulnya rasa tidak nyaman dan nyeri  pada perut bagian bawah dan sekitar anus ketika sedang buang air besar.

Pada Orang Dewasa

Berikut ini adalah daftar makanan yang menyebabkan sembelit pada orang dewasa:

  1. Makanan Yang Mengandung Banyak Garam

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam sangat berbahaya bagi kesehatan. Garam mempunyai sifat yang panas, keras, tajam dan mampu mengikis dinding lambung sehingga bisa menyebabkan iritasi lambung. Garam yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mempercepat interaksi bakteri yang ada pada lambung  yang dapat mengakibatkan datangnya sembelit. Garam ini juga tidak baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami darah tinggi.

Baca : Akibat kekurangan garam – Cara menjaga kesehatan lambung 

  1. Makanan berminyak

Makanan yaang digoreng memiliki citarasa yang lezat. Namun makanan yang berminyak mayoritas masuk ke dalam makanan yang tidak menyehatkan tubuh. Menggoreng makanan hanya akan melunturkan nutrisi yang ada pada makanan dan menggerus habis serat didalamnya. Semua jenis gorengan yang dijual diwarung dan tidak digoreng sendiri di rumah kebanyakan menggunakan minyak yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh karena telah dipakai berulang kali.

Minyak goreng yang telah keruh tidak boleh digunakan kembali, minyak goreng hanya bisa digunakan untuk tiga kali penggorengan saja. Makanan  yang digoreng dengan minyak jenuh dapat mengganggu fungsi pencernaan dan mampu menghambat penghancuran lemak secara normal, akibatnya anda akan terserang sembelit. Hal itu akan diperparah dengan tempat penjualan makanan yang berada dipinggir jalan dan rentan terkena debu atau bahan kimia lainnya sehingga bisa memperparah kondisi pencernaan.

Baca : Bahaya mengkonsumsi gorengan  – Contoh lemak jenuh pada makanan  – Makanan yang menurunkan lemak jahat 

  1. Es krim

Mengkonsumsi es krim yang berlebihan dan setiap hari dapat memperlambat proses pembuangan kotoran  ke saluran anus, karena kandungan gula yang tinggi serta kandungan serat yang rendah pada es krim cenderung mempercepat pengerasan feses yang hendak dikeluarkan.

Baca : Bahaya minum air es  – Bahaya minum air es bagi kesehatan 

  1. Keripik

Makanan ringan dengan jenis keripik seperti keripik kentang, keripik udang, keripik kacang dan lain sebagainya tidak memiliki kandungan serat dan nutrisi yang cukup untuk dapat menyehatkan pencernaan. Semua jenis keripik dapat menyumbat kelancaran fungsi pencernaan karena minyak yang ada di dalamnya termasuk minyak jenuh.

  1. Makan Nasi Berlebihan

Walaupun nasi bisa membuat perut kenyang dan memberikan energi bagi tubuh tetapi sesungguhnya nasi mengandung kadar gula yang tinggi, sedikit serat dan juga mengandung pati yang mampu menghambat dan memblokir kelancaran pencernaan. Saluran pencernaan pun menjadi terganggu sehingga timbullah sembelit. Anda yang suka mengkonsumsi nasi berlebihan juga rentan terkena diabetes.

  1. Daging

Mengkonsumsi daging merah berlebihan seperti daging sapi, daging kambing, daging kerbau atau tanpa di imbangi dengan asupan nutrisi dari berbagai macam sayuran hijau dan buah buahan dapat mengakibatkan saluran pencernaan tidak normal. Organ pencernaan akan tersendat sendat ketika mencerna, akibatnya dapat menimbulkan kesulitan untuk buang air besar secara nyaman dan normal.

Baca : Bahaya daging sapi  – Bahaya daging merah

  1. Biskuit

Biskuit memiliki kadar gula yang tinggi, serat yang rendah dan kadar air yang sedikit, hal ini sangat beresiko menimbulkan sembelit beberapa jam setelah mengkonsumsinya. Jika tidak di imbangi dengan minum air putih yang cukup dan makan buah buahan segar maka resiko terkena sembelit tidak dapat dihindari.

  1. Minuman Berkafein

Mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh, memang menyehatkan tubuh tetapi tidak untuk dikonsumsi secara berlebihan. Jika minum minuman yang berkafein dikonsumsi lebih dari 2 cangkir sehari dan tidak di imbangi dengan pasokan air putih yang memadai maka akan menyebabkan tubuh terserang dehidrasi yang akhirnya menimbulkan sembelit.

Baca : Bahaya dehidrasi 

  1. Mengkonsumsi Pisang Terlalu Banyak

Khasiat buah pisang untuk kesehatan sangat banyak karena pisang mengandung vitamin dan nutrisi lain. Salah satu efek terlalu banyak makan buah pisang adalah merepotkan kinerja pencernaan dan mencederai dinding usus jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dapat membuat munculnya nyeri pada lambung dan kesulitan ketika buang air besar.

  1. Produk Susu

Produk olahan susu yang ada pada makanan atau berbentuk susu murni cenderung terbuat dari mentega dan keju dimana kedua jenis makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang dapat memperlambat proses penghancuran makanan di pencernaan. Hal itu sekaligus menghambat pembuanagan kotoran melalui anus sehingga feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

  1. Soda atau Softdrink

Soda bersifat panas, bergas dan dapat mengikat cairan dalam tubuh menjadikan  tubuh rentan mengalami dehidrasi. Apapun bentuk soda mampu mengganggu fungsi pencernaan, mengiritasi lambung dan mengakibatkan tinja mengalami pengerasan ketika buang air besar.

  1. Kue yang Kering

Kue kering yang dijual ditoko kue atau pasar mempunyai kadar gula yang tinggi dan mengandung serat yang rendah sehingga tidak mempunyai nutrisi yang cukup serat. Kue kering yang dicampur bahan pengawet berupa sodium, mentega serta keju yang mengaandung minyak jenuh akan menjadi makanan penyebab sembelit. Alasannya bahan-bahan itu akan memperlambat proses pengahancuran lemak dan mengganggu pembentukan tinja dengan normal sehingga menimbulkan sembelit.

  1. Buah Bergas dan Alkohol

Buah buahan memang menyehatkan tubuh tapi tidak semua buah dapat dikonsumsi secara berlebihan, misalnya durian dan klengkeng yang memiliki banyak gas tidak boleh terlalu banyak dimakan apalagi pada penderita darah tinggi dan stroke.

Gas yang ada pada dagingn durian dan klengkeng mengandung alkohol dan bersifat panas. Panasnya dapat mengikis dinding usus dan lambung serta menimbulkan iritasi.Jika daerah lambung dan usus luka maka fungsi pencernaan ikut terganggu dan menjadi tidak lancar. Jika pencernaan tidak lancar maka proses pengeluaran tinja ke anus menjadi terhambat karena adanya proses pengerasan hasil dari lambatnya percernaan dalam mencerna.

Baca : Bahaya alkohol 

  1. Makanan dengan Bumbu Menyengat

Ada beberapa makanan yang memiliki bumbu menyolok, berbau menyengat, berwarna pekat berminyak dan kental. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka bumbu tersebut dapat mengikat dan mengacaukan fungsi pencernaan hingga pencernaan tak mampu lagi bekerja dengan labncar dan normal. Akibatnya akan timbul sembelit. Makanan dengan bumbu mencolok adalah gulai dan makanan bersantan.

  1. Makanan yang Dipanggang atau Dibakar

Makanan yang dipanggang mempunyai resiko mempercepat timbulnya sel kanker karena uap asap dari pemanggangan cenderung menguap dan bercampur dengan radikal bebas. Jika hal ini tertelan lewat mulut pada akhirnya dapat mengiritasi lambung, pencernaan, usus serta membuat peradangan pada pembuluh darah.  Hal ini lah yang nantinya menimbulkan  sembelit dan tidak dapat anda hindari.

  1. Junk Food

Mengkonsumsi makanan olahan siap saji atau lebih sering disebut junk food misalnya Pizza, Burger atau daging yang dibekukan setiap hari akan memicu sembelit. Semua jenis makanan lezat namun tidak mempunyai kandungan gizi yang mencukupi  untuk kesehatan organ tubuh. Makanan itu justru mampu menimbulkan masalah kesehatan lain jika dikonsumsi secara berlebihan dan setiap hari.

Makanan junk food mengandung minyak jenuh dan lemak trans dan rendah serat. Serat yang tidak memadai di dalam tubuh menyebabkan saluran pencernaan tidak  bisa mempertahankan cairan di dalam tubuh sehingga  tubuh mengalami sembelit.

  1. Kentang Goreng

Kentang goreng memang sangat lezat tetapi jika dikonsumsi setiap hari dalam porsi yang melebihi ukurannya maka akan mengganggu enzim pencernaan ketika sedang melakukan proses pencernaan.Proses yang terganggu mengakibatkan proses pembakaran lemak jadi terhambat, kondisi ini dapat menimbulkan sembelit dan sering buang gas.

Baca : Bahaya kentang goreng

  1. Seafood

Seafood khususnya kepiting memang lezat tetapi memiliki kandungan logam didalamnya yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengacaukan pergerakan enzim untuk melakukan penghancuran makanan.

Kadar logam yang terlalu banyak di dalam tubuh bisa menyebabkan penumpukan lemak dibagian perut bagian bawah karena logam cenderung menggagalkan proses pembaakaran lemak secara bertahap. Jika hal ini terus menerus terjadi maka akan menimbulkan sembelit. Mengkonsumsi kepiting harus disertai dengan makanan yang tinggi serat agar tidak sembelit.

  1. Yoghurt

Yoghurt memang menyehatkan pencernaaan tetapi juka dikonsumsi secara berlebihan zat asamnya dapat menaikan kadar asam pada lambung dan membuat seseorang yang memiliki penyakit maag akan mengalami kekambuhan. Zat asam pada yoghurt juga menyebabkan tinja menjadi keras ketika ingin dikeluarkan lewat saluran anus dan dapat menimbulkan dinding anus terluka jika mengejan.

  1. Wortel

Merebus wortel merupakan cara baik untuk menjaga nutrisinya. Namun jika dimasak terlalu lama maka vitamin dan seratnya akan hilang menguap bersamaan dengan uap air. Wortel pun sudah tidak memiliki manfaat lagi ketika dikonsumsi. Karena seratnya yang sudah berkurang bahkan hilang menjadi berbahaya bagi cairan di dalam tubuh wortel yang direbus lama justru mampu mengikat cairan yang seharusnya berguna untyuk melancarkan proses buang air besar. Jika tubuh kekurangan cairan maka akan menimbulkan sembelit dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Orang Dewasa

Berikut ini ada cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sembelit pada orang dewasa

  1. Brokoli dan Wortel

Berikut ini adalah cara pembuatannya:

  • Brokoli dikukus terlebih dahulu setelah itu blenderlah bersama potongan wortel.
  • Jadikan brokoli dan wortel seperti jus.
  • Minumlah setiap hari. Serat tinggi yang terkandung didalamnya dapat menyembuhkan sembelit dengan cepat.
  1. Daun Muda Pepaya

Cara pembuatan :

  • Rebuslah daun pepaya yang masih muda hingga mendidih.
  • Setelah itu diamkan air rebusan sampai dingin.
  • Saring dan minumlah airnya. Walaupun rasanya pahit tetapi seratnya yang tinggi mampu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit Konsumsilah ramuan itu dua hari sekali atau seminggu tiga kali.
  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai penjaga kesehatan usus dan pelancar pencernaan. Berikut ini cara membuat ramuan untuk menghilangkan sembelit menggunakan lidah buaya :

  • Daging lidah buaya dapat dihaluskan dengan cara diblender.
  • Saring kemudian minum jus itu dengan dicampurkan madu asli.
  • Ramuan sederhana ini dapat melancarkan buang air besar dan menyehatkan pencernaan.
  1. Rebusan Air Kaca Beling

Cara pembuatan:

  • Ambilah beberapa daun kaca beling, cuci bersih.
  • Rebuslah hingga mendidih dinginkan kemudian.
  • Minumlah sehari sekali pada saat pagi hari. Minuman ini juga bisa melancarkan BAB saat pagi hari dan mencegah sembelit.
  1. Rebusan Daun Wungu Tua

Daun wungu mengandung senyawa saponin. alkaloid, glikosad, treroid dan zat tanin yang tinggi. kandungan zat tersebut mampu menjadi pelancar buang air besar (pencahar) yang relatif aman bagi penderita sembelit. Caranya rebuslah daun wungu yang sudah tua sampai mendidih, lalu dinginkan kemudian saring. Setelah itu airnya diminum.

  1. Rebusan Daun Ketepeng China

Cara pembuatan :

  • Ambillah beberapa daun ketepeng china lalu cucilah sampai bersih.
  • Rebuslah hingga mendidih menggunakan dua gelas air dan sisakan setengahnya.
  • Saring terlebih dahulu sebelum diminum.
  • Rebusan daun ketepeng cina dapat menyembuhkan sembelit dan melancarkan buang air besar dengan cepat, karena daun ketepeng china ini  ini mempunyai sifat menenangkan, menghangatkaan dan meredakan peradangan.
  1. Buah Pepaya Matang

Mengkonsumsi pepaya setiap hari baik untuk menjaga pencernaan, kesehatan usus dan menjaga enzim pencernaan agar terhindar dari sembelit.

  1. Jus Mengkudu/ Noni/ Pace

Cara pembuatan:

  • Ambilah buah memgkudu yang sudah tua dan berwarna kekuningan.
  • Buang kulitnya lalu cucilah sampai bersih dengan menggunakan air bersih yang hangat.
  • Rendam di air garam untuk beberapa saat agar getahnya hilang.
  • Kemudian potonglah menjadi beberapa bagian lalu blenderlah.
  • Aduk bersama madu dan ditambahkan air perasan jeruk nipis sesuai dengan keinginan.
  • Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini setiap hari satu kali agar dapat menyembuhkan sembelit dan untuk pencegahan dikonsumsi seminggu dua kali.
  1. Temulawak

Temu awak memilki zat anti peradangan yang fungsinya dapat memblokir bakteri yang ada di dalam tubuh dan mampu menjadi anti sembelit yang relatif aman. Caranya adalah:

  • Ambilah temu lawak lalu cucilah sampai bersih kemudian potonglah menjadi beberapa bagian.
  • Geprek atau gepengkan.Kemudian haluskan menggunakan ulekan cobek sampai benar-benar halus.
  • Setelah itu seduhlah menggunakan air mendidih atau panas untuk beberapa menit.
  • Jangan lupa campurkanlah gula aren yang sebelumnya sudah dihaluskan.
  • Saringlah dan minumlah air tersebut seminggu tiga kali agar terhindar dari sembelit. Minuman ini juga bisa diminum saat sembelit datang.

Pada Bayi dan Balita

Daftar makanan penyebab sembelit pada bayi dan balita :

  1. Susu Formula

Susu formula mengandung fosfor dan kalsium yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan cairan didalam tubuh cepat habis. Kekurangan cairan pada bayi atau balita bisa menyebabkan sembelit. Tidak hanya balita dan bayi saja, namun orang dewasa yang dehidrasi pun akan memicu sembelit di dalam tubuhnya.

  1. Makanan Padat

Mengkonsumsi banyak nasi yang tidak di imbangi dengan sayuran hijau yang kaya serat dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat besi dan serat. Kekurangan kedua hal tersebut dapat menyebabkan fungsi pencernaan bayi  menjadi terhambat, kondisi ini dapat menimbulkan sembelit dan bayi menjadi rewel.

  1. Biskuit

Biskuit mengandung sedikit serat yang dapat menghambat kelancaran pencernaan bayi. Biskuit cenderung sedikit memiliki air, hal ini dapat berbahaya bagi usus bayi yang sebenarnya sangat membutuhkan banyak cairan di dalam tubuhnya. Cairan itu untuk kelancaran enzim pencernaan ketika mencerna makanan. Biskuit yang dikonsumsi secara berlebihan pada bayi dapat menimbulkan sembelit.

  1. Sayuran Yang Dikukus

Sayuran yang dikukus tidak terlalu cocok dikonsumsi oleh bayi atau balita, karena selain seratnya menjadi berkurang. makanan itu tidak lembut, tidak mudah dihaluskan dan tidak mudah pula dicerna oleh pencernaan bayi yang masih sensitif. Berilah makanan berupa sayuran yang diblender pada bayi agar terhindar dari sembelit.

  1. Tidak cukup ASI

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi dan mampu menghalau sembelit pada bayi atau balita yang berusia 2 tahun. ASI mengandung hormon motilin yang dapat mencegah sembelit dan perut kembung.

  1. Makanan Yang Berminyak

Sedapat mungkin jangan memberi lauk pauk yang mengandung kadar minyak yang tinggi apalagi jika makanan itu dibeli dari luar rumah. Lebih aman  masaklah sendiri dirumah dan gunakan minyak zaitun dirumah agar terhindar dari minyak jenuh dan trans. Minyak dan lemak itu akan menyebabkan penghambatan pencernaan bayi dalam menghancukan makanan. Ini akan membuat bayi terkena sembelit dan perut terasa penuh dan kembung.

  1. Pisang

Pisang memang sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi tetapi tidak dianjurkan diberikan secara berlebihan , karena ternyata pisang dapat menimbulkan sembelit pada bayi.

  1. Makanan Olahan

Bayi tidak boleh diberikan makanan olahan. Makanan olahan mengandung sedikit serat karena cenderung dagingnya sudah diolah sedemikian rupa dengan pola memasak yang terlalu lama. Daging sudah tak lagi memiliki nutrisi yang utuh. Makanan olahan dapat menghambat pencernaan daan menimbulkan sembelit

  1. Jeroan

Yang termasuk jeroan adalah usus, hati, ampela, otak, kulit dan sebagainya. Jeroan tidak dianjurkan diberikan pada balita karena jeroan mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang sangat tinggi. Jeroan juga termasuk makanan yang sedikit mengandung serat., jika balita diberi makana jeroan maka  dapat memperburuk kondisi pencernaan yang akan menimbulkan sembelit berkepanjangan.

  1. Air Teh

Teh mengandung kafein yang tidak baik untuk tubuh bayi jika diberikan secara berlebihan. Kafein dapat mengikat cairan tubuh dan memperlambat proses penghancuran makanan didalam pencernaan dan usus bayi yang mengakibatkan sembelit dan perut kembung.

Tips Mengatasi Sembelit Pada Bayi Atau Balita

Tips mudah untuk mengatasi sembelit pada bayi dan balita, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Wortel

Berikan bayi yang berusia 6 bulan bubur nasi merah yang dicampur dengan wortel. Wortel mempunyai serat makanan yang tinggi yang dapat mencegah sembelit atau menyembuhkan sembelit.

  1. Pepaya tua

Berikan bayi atau balita pepaya tua setiap hari dengan porsi yang sedang agar terhindar dari sembelit. Pepaya mempunyai banyak vitamin dan mengandung serat yang dapat menyehatkan pencernaan dan jaringan usus besar.

  1. Pemberian ASI secara konsisten

ASI adaalah makanan terbaik dan memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. ASI mampu mencegah serta menyembuhkan sembelit tiga kali lebih cepat dari pada obat pencahar dalam bentuk apapun.

Catatan penting:

Pada beberapa oarang Sembelit dipandang sebagai kondisi yang tidak terlalu mengkhawatirkan. Tetapi jika dibiarkan terlalu lama dapaat mengancam kesehatan organ tubuh terutama pencernaan, lambung, usus dan anus. Sebaiknya dilakukan pencegahan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi setiap hari yang dapat di dapat dari sayuran hijau dan buah buahan yang tidak mengandung gas atau alkohol.

Itulah beberapa daftar makanan yang memicu sembelit. Anda bisa menggunakan tips mengatasi semnbelit ketika anda terlanjur mengkonsumsi makanan penyebab sembelit. Semoga bermanfaaat.