25 Makanan yang Menurunkan Lemak Jahat untuk Tubuh

Lemak adalah sumber energi paling besar bagi tubuh karena beberapa organ tubuh manusia setengahnya dilapisi oleh lemak yang fungsinya untuk mempertahankan  kesehatan. Lemak adalah molekul gliserol yang memiliki zat organik hidrofobik yang terkandung dalam lemak yang sangat sulit larut dalam air. jika kandungan lemak didalam makanan berlebihan maka akan menimbulkan penimbunan lemak yang tak dapat dihindari, kondisi ini sangat berpotensi untuk membuat perut menjadi buncit, lengan dan paha membesar. Didalam lemak mengandung Oksigen nitogen, hidrogen,fosfor, karbon dan sedikit mineral.

Jenis Lemak Tubuh

Jenis lemak dibagi menjadi dua golongan

1. Lemak Jenuh dan lemak trans (lemak berbahaya)

Lemak jenuh dan lemak trans mempunyai potensi besar yang dapat merusak organ tubuh jika dikonsumsi setiap hari. Kadar lemaknya dapat meningkatakan low density lipoprotein (LDL) dengan cepat. LDL adalah golongan kolesterol jahat yang mampu membentuk plak pada dinding pembuluh arteri yang menyebabkan pengerasan pada arteri lalu menyebabkan penyumbatan aliran darah (Ateroskleosis). Jika kondisi ini tidak segera mendapat  dari tim medis, maka yang akan terjadi adalah adanya serangan jantung.

Perbedaan lemak jenuh dan lemak trans :

  • Lemak jenuh banyak terdapat pada makanan suap saji diantaranya bahaya daging sapi, daging babi, susu, kulit daging ayam, mentega dan es krim
  • Lemak trans terdapat pada minyak goreng bekas penggunaan yang sudah berhari-hari misalnya pada bahaya mengkonsumsi gorengan, margarin, donat, kue, permen, kerupuk dan lain lain

2. Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda (Lemak bermanfaat)

Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda mampu mengontrol kolesterol jahat yang diakibatkan oleh makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans secara sistematik. Memiliki kemampuan untuk meningkatkan kolesterol lipoprotein high density atau lemak baik yang sudah pasti akan berdampak baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan mempertahankan stabilitas kinerja metabolisme tubuh.

Lemak ini mempunyai sifat tetap dalam keadaan cair didalam suhu kamar, tidak menggumpal dan tidak berubah warna. Misalnya minyak zaitun, biji bunga matahari, buah alpukat, kacang mete, kacang polong, minyak kedelai dan minyak jagung. Lemak tak jenuh tunggal mampu bekerja sama dengan alat perncernaan guna untuk mengurangi efek samping dari lemak trans yang ada pada bagian tubuh, agar dapat secepatnya mengalami proses pembakaran lemak jenuh.

Berikut ini sejumlah makanan yang dapat membantu menetralkan lemak jahat dalam tubuh :

1. Daging ayam tanpa kulit

Makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat membantu lemak baik untuk melancarkan metabolisme tubuh dan proses pembakaran lemak.

2. Sereal gandum

Mempunyai kadar serat sangat tinggi yang dapat membantu lemak baik menetralkan gula dalam darah secara sistematik jika kita rajin menyantap sereal gandum sebagai makanan pengganti nasi putih

3. Telur

Protein dan omega 3nya dapat membantu lemak baik untuk menyeimbangkan kalori dari karbiohidrat dalam tubuh dan menambah hemaglobin pada sel darah merah. (baca juga : bahaya telur bagi penderita diabetes)

4. Ikan Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan tuna mengandung lemak baik yaitu omega 3 yang dapat membantu melenyapkan lemak jahat yang meningkatkan kadar kolesterol dan menjaga agar kadar kolesterol daalam tubuh tetap normal

5. Kacang mentah

Kacang almond dan kenari jika digabung dan disantap bersama sayuran yang dibuat menjadi salad akan membentuk nutrisi protein nabati yang sangat tinggi. Kemudian mampu bekerja sama dengan lemak baik untuk menetralkan kadar gula dalam darah yang sedang meningkat.

6. Buah Apel

Jangan remehkan zat pectin pada kulit apel yang terbukti dapat membantu lemak baik memerangi sel kanker. Menjadi makanan yang mengandung antioksidan kuat untuk mengurangi lemak jahat dalam tubuh yang sudah terlanjur mengendap didalam tubuh.

7. Buah Alpukat tua

Buah alpukat mempunyai kandungan lemak sehat sebanyak 85 persen dan sangat baik untuk kelancaran metabolisme dan proses pembakaran lemak.

8. Kacang polong

Santaplah kacang polong sebanyak mungkin yang dapat digabung dengan sayuran atau salad, karena kacang polong merupakan makanan kaya serat yang sangat tinggi. Mampu mengusir lemak jahat agar tidak tertimbun menjadi lemak yang membuat perut menjadi buncit

9. Kol dan Brokoli

Kol dan brokoli merupakan makanan yang mengandung vitamin C, serat tinggi yang membantu lemak baik untuk mempercepat penyerapan kalsium. Fungsinya untuk mempertahankan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

10. Buah lemon

Buah lemon memiliki vitamin C tinggi yang membantu lemak baik, sebagai makanan yang menurunkan lemak jahat pada beberapa bagian tubuh yang mudah menjadi gemuk.

11. Teh hijau

Teh hijau mempunyai zat polyphenol yang ampuh untuk menstabilkan metabolisme tubuh dan mempercepat untuk menstimulasi thermogenesis atau pembakaran lemak .

12. Buah Strawberry

Buah Strawberry mempunyai kandungan carotenoids dan kaya akan pectin yang bisa menghambat penyebaran sel kanker dan membantu lemak baik untuk mempercepat penghancuan sel kanker.

13. Buah Sirsak

Sirsak merupakan buah yang mengandung vitamin C dan kaya dengan pectin yang dapat membantu lemak baik untuk menghancurkan lemak jahat yang mengendap dibagian tubuh tertentu dan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

14. Buah dan biji Anggur

Buah dan biji anggur merupakan makanan yang mengandung vitamin E dan antioksidan yang sangat kuat yang mampu membantu lemak baik untuk segera menurunkan kadar kolesterol jahat.

15. Air dan buah kelapa

Air dan buah kelapa mempunyai banyak manfaat karena mempunyai kandungan anti racun, sebagai jenis antibiotik alami dan mampu membantu lemak baik untuk menghambat perjalanan dan pengendapan lemak jahat pada bagian tubuh tertentu.

16. Kedelai yang direbus

Kedelai rebus mengandung banyak serat protein dan flavonoid untuk membantu metabolisme tubuh dalam memerangi pertumbuhan sel tumor jinak dan sel kanker yang diakibatkan oleh minyak trans.

17. Minyak zaitun

Kemampuan minyak zaitun dalam menghambat perjalanan lemak jahat didalam tubuh sangat cepat dan mampu mengeluarkannya lewat urin dan keringat.

18. Minyak jagung

Minyak jagung mampu menjadi makanan yang menurunkan lemak jahat, yang berada pada bagian bawah perut yang biasa menyebabkan perut buncit, mampu menetralisir kelebihan gula dalam darah dan mampu membantu lemak baik untuk mempercepat penyerapan vitamin.

19. Minyak biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak

20. Bayam

Bayam merah atau hijau memiliki zat bernama lutein yaitu semacam pigmen pewarna pada daunnya yang mampu melindungi mata dari kebutaan, dapat membantu lemak baik dalam mencegah serangan jantung, membantu melepaskan kolesterol jahat dari dinding arteri dengan batuan makanan yang mengandung zat besi.


21. Bawang putih

Bawang putih mempunyai kemampuan mencegah infeksi diluar dan dalam tubuh, sebagai antibiotik alami yang dapat bekerja sama dengan lemak baik dalam menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah dan mengurangi peradangan.

22. Buah Tomat

Kandungan gizi tomat mempunyai kandungan vitamin A dan C dan betakaroten serta antioksidan yang kuat untuk membantu lemak baik menurunkan kolesterol jahat.

23. Minum air putih

Banyak minum air  putih dapat mencegah lemak jahat tidak teroksidasi walaupun, lemak jenuh dan trans tidak dapat larut dalam air. Air putih dapat membantu lemak baik melancarkan enzim pencernaan untuk segera melakukan proses pembakaran lemak. (Baca juga : efek kekurangan air putih)

24. Buah Manggis

Buah Manggis kaya dengan Asam pentotent, asam folat, riboflavin,thiamin,fosfor,serat yang tinggi,kalium dan lain lain. Manggis mempunyai efek kardioprotektif yang ampuh menyembuhkan stroke dan sebagai anti peradangan. Peradangan dalam organ tubuh kerab diakibatkan oleh pengendapan lemak trans yang sulit hancur ketika terjadi proses pembakaran kalori dalam tubuh.

25. Kulit manggis

Didalam kulit manggis terdapat zat xanthone, alfa mangosteen, Beta mangosteen, tanin, antosianin, dan 0,63 persen lemak tak jenuh ganda. Semua zat tersebut mampu bergabung untuk membentuk kekebalan tubuh, sebagai anti inflamasi dan anti bakteri.

Manfaat Lemak Baik bagi Kesehatan Tubuh

  • Menyehatkan fungsi otak – Dalam jaringan otak terdapat sekitar 70 persen lemak yang berfungsi memperbaiki jaringannya jika ada gangguan seperti  karena disebabkan adanya cedera kepala, terserang vertigo atau masalah penurunan daya ingat.
  • Sebagai sumber energi terbesar bagi tubuh – Tubuh akan mempunyai energi yang seimbang jika volume lemak baik terdapat pada semua jaringan tubuh dan dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran. Setiap gram lemak selalu terkandung kalori lebih tinggi daripada kalori yang terdapat pada makanan yang mengandung karbohidrat
  • Mengatur suhu tubuh agar selalu stabil – Lemak dalam tubuh dapat melindungi suhu tubuh agar tetap stabil dari berbagai cuaca. Lemak mampu memberikan rasa hangat ketika cuaca dingin dan sebaliknya lemak akan mengontrol untuk mengurangi suhu panas dalam  tubuh ketika cuaca panas menyerang.
  • Mempercepat proses penyerapan vitamin dan mineral – Enzim yang ada pada usus halus mencerna makanan dan menyerap mineral serta vitamin kedalam aliran darah kemudian diangkut dan disebarkan kedalam semua jaringan tubuh yang membutuhkan.
  • Melindungi dan menjaga kesehatan jantung – Lemak jahat bersifat menggumpal dan mengendap pada area jantung dan akan menyumbat pembuluh darah dijantung sehingga menyebabkan jantung tidak mampu memompa darah dengan normal. Lemak baik dapat membantu mencairkan pengendapan lemak jahat dan melindungi pembuluh darahnya dari penyumbatan. (baca juga : cara menjaga kesehatan jantung)
  • Mencegah munculnya penyakit demensia atau Alzheimer – Lemak mempunyai kandungan gizi yang dapat menyegarkan sel otak dan memperbaiki respon otak menjadi lebih cepat ketika mendapat sinyal dari tubuh.  Hal ini baik untuk mencegah timbulnya penyakit demensia atau pikun khususnya pada usia produktif.
  • Melindungi kesehatan organ paru paru – Lemak dapat membantu menyuplai masuknya oksigen dalam jumlah yang memadai untuk jaringan organ paru paru. Dengan adanya oksigen yang selalu tercukupi maka paru paru senantiasa berada pada kondisi terbaiknya. (Baca juga : cara menjaga kesehatan paru-paru)
  • Mempertahankan sistem kekebalan tubuh – Lemak mampu meningkatkan imun dalam tubuh lewat nutrisi yang ada dalam lemak itu sendiri sekaligus mempertahankan agar kinerjanya tidak semakin menurun ketika diserang oleh partikel partikel dari radikal bebas.
  • Memperbaiki sel tubuh yang rusak – Lemak mampu memperbaiki sel sel tubuh yang mengalami gangguan akibat keracunan atau terpapar radikal bebas dengan cara masuk pada kerusakan sel dan melapisinya dengan kandungan nutrisi lemak tak jenuh tunggal  yang didapat dari makanan kedelai, minyak zaitun, labu dan lain lain.
  • Membuat perut kenyang lebih lama – Lemak adalah zat yang tidak dapat larut didalam air dan hanya akan larut pada zat lemak itu sendiri. Kondisi ini menyebabkan efek kenyang pada perut terasa lebih lama, cocok untuk yang sedang menjalani program diet. Contohnya pada makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti Buah alpukat dan jenis kacang kacangan.
  • Menjaga kesehatan hormon tubuh – Lemak tak jenuh tunggal dapat meningkatkan kesehatan hormon melatonin, serotin, tiroid, adrenalin, dopamin dan lain lain agar tetap stabil dan dapat mempertahankan keseluruhan kesehatan organ tubuh.
  • Menjadi cadangan energi – Ketika tubuh dalam keadaan jatuh sakit maka akan mengalami penurunan energi akibatnya tubuh terasa lemas, lesu dan mudah lelah. Lemak dapat menjadi cadangan energi yang berbentuk lemak baik yang akan bermanfaat mengembalikan energi agar tubuh tetap kuat dalam melakukan aktivitas ringan dan mencegah kelelahan.
  • Dapat melindungi jaringan kolagen – Lemak mengandung fosfor, nitrogen dan hidrogen yang mampu menjaga dan melindungi kolagen yang berada dijaringan bawah kulit agar tetap utuh dan sehat
  • Mengontrol kelebihan berat badan – Lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda mempunyai kemampuan dalam menekan nafsu makan dan mampu membantu sistem pencernaan usus halus agar lancar dan cepat dalam proses pembakaran lemak
  • Memperlancar kinerja alat pencernaan – Lemak tak jenuh tunggal mampu beradaptasi dengan enzim lipase didalam usus halus untuk melancarkan kinerjanya  dan menjamin tidak akan ada penyumbatan dari lemak  jenuh dan trans.
  • Dapat menyehatkan enzim dalam tubuh – Makanan yang menurunkan lemak jahat seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, mempunyai kemampuan menyegarkan dan memperlancar semua kinerja enzim yang ada dalam tubuh misalnya pada usus halus, usus besar dan lambung.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh – Lemak tak jenuh tunggal mampu menurunkan kadar low density lipoprotein yaitu salah satu bentuk dari kolesterol jahat yang mampu menyebabkan timbulnya plak pada dinding pembuluh arteri .
  • Memperbaiki  dan mempercepat regenerasi sel – Nutrisi pada Lemak tak jenuh tunggal mampu menyingkirkan sel mati agar segera digantikan oleh sel yang baru, misalnya sel pada jaringan kulit yang rusak.
  • Mencegah resiko terserang kanker payudara – Nutrisi pada lemak tak jenuh tunggal mampu menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker payudara agar tidak meluas pada tahap stadium awal. Lemak juga sangat baik untuk mencegah resiko kanker payudaraa bagi remaja putri yang belum terkena kanker.
  • Mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang pada persendian – Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat melumasi persendian agar terhindar dari pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium. Tetapi ketika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, maka lemak dengan cepat akan membantu kalsium dalam mempercepat tugasnya agar segera memadatkan tulang anda dan memberi kekuatan pada batang tulang.
  • Melancarkan metabolisme tubuh – Lemak mampu meningkatkan kolesterol baik yaitu lipoprotein high density (HDL) yang akan melancarkan  sirkulasi darah yang sehat keseluruh jaringan tubuh yang membutuhkan, agar proses metabolisme tubuh berjalan dengan normal.
  • Dapat melancarkan buang air besar – Lemak mampu membantu enzim pencernaan untuk memperlancar buang air besar secara teratur. Lemak dapat mencegah sembelit dengan cara melumasi sisa makanan yang akan dibuang dengan lemak agar mudah dikeluarkan.
  • Melindungi kesehatan hati dan ginjal – Kandungan asam lemak esensial pada lemak mampu memerbaiki kerusakan hormon prostaglandin dan dapat melindungi kesehatan hati dan ginjal.
  • Mencegah tekanan darah tinggi – Lemak tidak jenuh tunggal dapat menetralisir kadar tekanan darah ketika sedang naik.
  • Menghambat diabetes semakin parah – Kadar trigliserida yang berlebihan dan ditambah lagi kadar HDL yang rendah menyebabkabn masalah besar bagi penderita diabetes karena kadar gulanya bisa semakain meningkat. Lemak yang mengandung kadar omega 3 dapat mengurangi trigliserida pada tingkat yang paling rendah dan meningkatkan HDL secara sistematik.
  • Dapat menyehatkan mata – Asam omega 3 yang ada pada lemak tidak jenuh tunggal dapat memperbaiki penglihatan pada orang orang yang telah lanjut usia. Lemak omega 3 dapat membuat jaringan mata tetap sehat dan terhindar mata kering dan katarak.
  • Dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala – Lemak tidak jenuh tunggal dapat melembabkan kutikula rambut, mencegah kerapuhan dan gatal gatal pada kulit kepala. Lemak Omega 3 mampu meningkatkan sirkulasi dan kekuatan akar rambut.
  • Dapat mencairkan lemak jahat – Lemak tidak jenuh tunggal dapat menghindari penggumpalan lemak jahat pada organ tubuh yang dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah.
  • Memperbaiki motorik anak – Pertumbuhan daya pikir dan kreatifitas anak ditentukan dengan kesehatan jaringan otak dan otot otot bagian tubuh lain sehingga menjadikan motorik anak makin berkembang. Lemak omega 3 dapat mewujudkannya.
  • Mencegah kanker ovarium – Menurut penelitian di Amerika serikat di sebuah laboratotium sebuah badan yang menangani penelitian obat dan makanan atau Food and drug administration (FDA) telah meneliti  tentang lemak Omega 3 pada lemak tak jenuh tunggal terbukti mencegah wanita terserang kanker ovarium. Lemak baik ternyata mampu mencegah, menghambat bahkan menghilangkan sel kanker ovarium jika rajin mengkonsumsi makanan yang kaya dengan omega 3.

Gejala Lemak Jahat Menguasai Tubuh

  • Nyeri kepala

Sakit pada kepala yang berulang ulang pada area belakang kepala sampai leher bagian belakang dapat menjadi tanda bahwa lemak jahat sedang menguasai bagian kepala dan sekitarnya. ini disebabkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah karena kolesterol jahat telah menjadi plak pada sekitar dinding arteri sehingga aliran darah tersendat sendat dan berdenyut denyut nyeri.

  • Kesemutan pada kaki

Kaki sering kesemutan beruang-ulang ketika anda tidak sedang dalam keadaan duduk lama tetapi ketika anda sedang bersantai atau bahkan sedang terbaring. Ini dapat menjadi tanda aliran darah mengalami penyumbatan serta saraf saraf sekitar kaki  dipastikan tidak mendapat pasokan sel darah merah yang memadai.

  • Dada nyeri dan terasa seperti ditekan

Dada nyeri dan tertekan adalah indikasi bahwa ada penyumbataan aliran darh kejantung. Jantung tidak mampu memompa darah dengan normal maka terjadilah penyebab dada sakit dan seperti ada yang menekan.

  • Pegal nyeri dan linu

Seluruh tubuh terasa pegal, nyeri dan lini linu yang terjadi berulang ulang tetapi dalam jangka waktu antara setengah jam sekali atau satu jam sekali. Akan terjadi kembali pada satu jam berikutnya walaupun anda sedang tidak ada aktivtas yang berat seharian.

  • Perut buncit

Perut yang setiap minggu terjadi perubahan atau semakin besar dan membuncit bisa menjadi indikasi bahwa anda sedang mendapat penimbunan lemak, dari lemak jahat yang tidak bisa hancur lewat proses pembakaran karena kemungkinan anda kurang gerak. (Baca juga : cara mengecilkan perut buncit)

  • Badan lemas dan mudah lelah

Anda tidak pernah terlambat makan dan cukup istirahat tetapi badan selalu terasa lemas dan mudah capek. Ini bisa sebagai tanda awal bahwa tubuh anda banyak dihinggapi lemak jenuh dan lemak trans yang telah menyerap energi dari makanan yang mengandung kalori dalam tubuh anda.

  • Mudah lapar

Perut yang mudah lapar sebelum tiga jam setelah selesai makan dapat menjadi tanda bahwa lemak trans sedang menyerap kalori dan vitamin yang ada pada makanan yang baru saja anda santap. Ini bisa dikarenakan makanan tersebut terlalu banyak mengandung lemak jenuh.

  • Sembelit berhari-hari

Sulit buang air besar yang berlangsung berhari hari dapat menjadi indikasi lambatnya proses pembakaran dalam tubuh karena lemak jenuh telah menyumbat salah satu pembuluh darah dalam organ tubuh tertentu. Serat pada makanan yang telah anda konsumsi terserap habis oleh lemak jenuh sehingga buang air besar tidak lancar.

  • Tekanan darah meningkat

Tekanan darah tinggi meningkat dapat menjadi tanda bahwa anda telah menyantap makanan yang tidak sehat atau makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh. Hindari bahaya makanan cepat saji dan daging yang diasapi atau dipanggang.

  • Gula darah meningkat

Lemak jahat dapat mengendapkan, mengkristalkan dan membekukan gula berlebih didalam darah sehingga terjadilah penyumbatan aliran darah menuju jantung. Jika dibiarkan berlarut larut gula dalam darah akan terus meningkat dan anda berpotensi terserang gejala stroke.

  • Mudah jatuh sakit

Tubuh mudah sakit padahal tidak pernah pergi kemana-mana dan tercukupi fasilitas makan dan minumnya dengan baik. Perlu diwaspadai  bisa jadi lemak trans sedang bersemayam dalam organ tubuh anda, sehingga tubuh mudah sekali terkena demam, flu dan tertular virus yang sebenarnya jinak seperti virus pilek. Mudah sakit adalah tanda tanda kekebalan tubuh anda sedang diganggu oleh serangan lemak jenuh dan lemak trans.

  • Mudah lupa dan sulit untuk berkonsentrasi

Lemak jenuh mampu merusak daya ingat dan menurunkan kualitas fokus terhadap belajar atau mengerjakan tugas. Jaringan otak sangat mudah dirusak oleh kandungan lemak jenuh yang didalamnya penuh dengan partikel radikal bebas yang mudah merusak jaringan tubuh terutama dari dalam.

Catatan penting :

  • Makanan yang mengandung lemak baik tidak akan menyebabkan kerusakan organ tubuh manapun, karena lemak baik justru menyehatkan, melindungi dan mempertahankan stamina dan kebugaran tubuh dan bersifat tidak menyumbat pembuluh darah.
  • Jangan mengkonsumsi makanan hanya berdasarkan harganya, rasanya, karena sudah populer dikalangan masyarakat atau karena cepat dalam penyajiannya,  Perhatikan tingkat gizi yang terkandung didalamnya dan sebaiknya menghindari segala bentuk makanan yang digoreng. Tahukan anda bahwa makanan yang direbus dan dikukus jauh lebih baik dan terbukti menyehatkan tubuh?

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan Gizi