21 Sayuran Penambah Tinggi Badan secara Cepat

Tumbuh tinggi dengan baik tentu adalah harapan setiap anak dan juga orang tua. Olahraga meninggikan badan cukup banyak, namun olahraga belumlah cukup untuk membuat tubuh bertambah tinggi. Asupan makanan pun perlu untuk diperhatikan dengan baik, seperti halnya asupan sayuran yang cukup. Ada beberapa sayuran penambah tinggi badan alami yang bisa dikonsumsi rutin mulai dari sekarang.

  1. Kacang Polong

Kaya akan nutrisi, kacang polong diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk juga misalnya lutein, protein, dan serat yang akan membantu agar hormon pertumbuhan tubuh dapat terangsang. Namun sebelum mengonsumsi, pastikan dulu bahwa kacang polong yang hendak dikonsumsi masih segar dan jangan yang kering.

  1. Lobak

Hormon pertumbuhan juga dapat dirangsang dengan jenis sayur satu ini. Lobak adalah sayuran tepat untuk kita yang ingin bertambah tinggi. Karena kaya akan lemak, kolesterol, protein, vitamin, serat dan mineral, maka tak salah untuk mengonsumsi secara rutin supaya tubuh bisa cepat tinggi dan juga terjaga kesehatannya.

  1. Brussel Sprouts

Masih termasuk dalam keluarga kubis, brussel sprout adalah salah satu jenis sayur yang membawa sifat anti kanker. Selain itu, sayuran ini merupakan salah satu makanan yang mengandung serat tinggi berikut zat besi, protein, vitamin serta mineral. Makanlah sayur ini 3-4 kali dalam seminggu supaya mampu menstimulasi hormon pertumbuhan tubuh.

  1. Okra

Berfungsi utama sebagai laksatif, okra merupakan jenis sayur yang bisa diandalkan ketika ingin bertambah tinggi dengan cara yang alami. Kaya akan air, serat, karbohidrat, mineral dan vitamin, tentunya okra menjadi pilihan tepat untuk bisa mendukung hormon pertumbuhan tubuh. Tak salah bila memilih jenis sayur ini untuk dimakan setiap hari.

  1. Kacang Hitam

Makanan yang mengandung vitamin B9 tinggi ini juga menawarkan berbagai nutrisi lainnya seperti asam lemak omega-3, serat, kalsium dan protein tinggi. Tak salah bila kacang hitam dapat dikonsumsi secara rutin dalam masa pertumbuhan anak atau remaja supaya hormon pertumbuhan bekerja dengan baik dan lancar.

  1. Buncis

Beruntunglah apabila sedari kecil anak sudah terbiasa memakan buncis atau malah menyukai jenis sayur ini. Sayuran dengan kandungan tinggi folat, serat, karbohidrat dan protein ini bila dikonsumsi rutin dan sering dalam jumlah yang cukup akan mampu menambah tinggi badan secara alami tanpa efek samping.

  1. Bok Choy

Mungkin pernah mendengar akan jenis sayur ini, atau justru sudah pernah dan sering memasaknya? Bok choy yang tinggi akan kadar karbohidrat, serat dan vitaminnya ini bisa menstimulasi hormon pertumbuhan sekaligus juga meningkatkan berat badan. Jadi bila ingin menambah tinggi serta berat badan sekaligus, sering-seringlah mengonsumsi bok choy ini.

  1. Collard Hijau

Bagi yang masih sangat asing dengan collard hijau, jenis sayur ini masih tergolong jenis kangkung dan biasanya memang ditemukan di Brasil, Portugal serta Amerika. Makanan yang mengandung vitamin C ini juga menawarkan serat larut dan juga vitamin K yang baik bagi tubuh. Hormon pertumbuhan tubuh akan kembali terangsang dengan mengonsumsi sayur ini secara rutin.


  1. Kacang Lima

Tumbuhan ini diketahui ditanam untuk bijinya di mana akhirnya dikonsumsi sebagai sayuran yang tentunya memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Sumber makanan ini menawarkan protein, serat, kalium, magnesium, vitamin B6, zat besi serta kalsium sehingga baik bila dikonsumsi sehari-hari bahkan untuk tujuan agar tubuh bertambah tinggi secara alami.

  1. Brokoli

Selain menjadi makanan yang mengandung zat besi tinggi dengan kandungan vitamin C serta sifat anti kanker, brokoli juga kaya akan serat. Brokoli adalah jenis sayur yang siap membantu fungsi tubuh bekerja dengan baik serta menstimulasi hormon pertumbuhan agar tubuh cepat tinggi secara alami.

  1. Kacang Pinto

Masih termasuk juga dalam jenis sayuran dan biji-bijian/kacang-kacangan, kacang dengan sebutan lain kacang berbintik ini merupakan jenis kacang yang memang lebih banyak dijumpai di Meksiko. Selain mampu mengobati asam urat, kacang dengan kalium tinggi ini bisa menjadi pencegah kekurangan zinc yang berakibat pada terhambatnya tumbuh tinggi badan seseorang.

  1. Bayam

Bayam bukan hanya kaya dengan kandungan serat, vitamin dan zat besinya saja, melainkan juga menawarkan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tak heran pula bila bayam bisa dikonsumsi rutin untuk meninggikan badan secara alami dengan kandungan mineral kalsium yang cukup tinggi tersebut.

  1. Kacang Garbanzo

Kandungan nutrisi hebat ada di dalam kacang ini, seperti protein, serat, folat, karbohidrat dan juga zinc. Untuk dijadikan camilan sehat, kacang ini sangatlah cocok dengan rasanya yang gurih berikut teksturnya yang lembut nan renyah. Kita dapat mengonsumsinya juga untuk menambah tinggi badan dengan cara dikukus atau sebagai campuran sup.

  1. Rhubarb

Jenis sayur ini juga dapat dimanfaatkan dengan mengonsumsinya secara rutin supaya tubuh bisa lebih tinggi dengan baik. Mengonsumsi rhubarb dalam kondisi mentah maupun dimasak akan membantu pertumbuhan tinggi badan kita dan alangkah baiknya bila dapat menikmati jenis sayur ini 3-4 kali dalam seminggu supaya efek maksimalnya bisa dirasakan.

  1. Kale

Kale yang masih tergolong keluarga kubis dan brokoli ini bisa dikonsumsi bila ingin menambah tinggi badan secara efektif dan alami. Kale ini adalah salah satu makanan yang mengandung omega-3, vitamin C, antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin K serta kalsium sehingga bukan hanya menambah tinggi, kale akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan juga.

  1. Mustard Hijau

Kalium, magnesium, serta kalsium adalah jenis-jenis mineral penting yang ada di dalam mustard hijau sehingga menjadi alasan mengapa sayur ini mampu membantu pertumbuhan tinggi badan seseorang. Selain itu, vitamin K-nya juga turut menguatkan tulang serta gigi sehingga tulang bertumbuh sekaligus juga bertambah kuat.

  1. Kacang Merah

Jenis sayur lainnya yang berupa kacang-kacangan adalah kacang merah di mana bukan hanya menjadi makanan yang mengandung kalium tinggi, kacang merah bisa menolong menurunkan risiko kekurangan zinc pada tubuh yang menjadi penyebab terhambatnya tumbuh tinggi badan. Jadi, konsumsilah kacang merah secara rutin, asalkan tak terlalu banyak maka manfaatnya akan dapat dirasakan.

  1. Ubi Jalar

Jenis sayuran yang mengandung tepung ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi di mana kandungan inilah yang menjadi kunci pertumbuhan sel-sel baru di dalam tubuh. Mengonsumsi ubi jalar tak hanya akan menambah energi secara alami, tapi juga mampu menolong supaya tinggi badan bertambah secara efektif.


  1. Kentang

Kentang juga tergolong jenis sayur yang mengandung tepung atau yang kita kenal dengan istilah starchy vegetables. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini memang berfungsi utama sebagai penambah energi pada tubuh, namun kentang juga dapat dikonsumsi secara rutin bagi yang ingin menambah tinggi badan tanpa menggunakan obat-obatan tertentu.

  1. Bit

Bit yang kita sering sebut sebagai jenis buah, pada dasarnya merupakan keluarga sayuran namun warnanya bukanlah hijau melainkan merah gelap. Kandungan vitamin B9, antioksidan, karbohidrat, vitamin A, zat besi, vitamin C, magnesium, vitamin B6 dan kaliumnya sangat tinggi. Konsumsilah secara rutin jenis sayur ini agar mampu menambah tinggi badan secara menyehatkan.

  1. Labu Madu

Istilah lain yang bagi labu madu ini adalah winter squash di mana memang belum terlalu familiar bagi masyarakat kita namun nilai kesehatan yang ditawarkannya sangat tinggi dan bagus. Menjadi keluarga starchy vegetables, jenis labu ini akan membantu pertumbuhan sel-sel baru sekaligus mendukung perkembangan tinggi badan dan penambahan energi pada tubuh kita.

Itulah daftar sayuran penambah tinggi badan secara cepat yang bisa dikonsumsi rutin, tentunya oleh kita yang masih dalam masa pertumbuhan. Ada kalanya hormon pertumbuhan di dalam tubuh terhambat, maka kiranya dengan makanan-makanan ini, tumbuh tinggi tubuh bisa berjalan dengan baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan Sehat