35 Makanan yang  Mengandung Kalium Tinggi dan Manfaatnya

Kalium adalah salah satu jenis mineral yang sangat penting untuk tubuh. Kalium memiliki pekerjaan sebagai elektrolit dalam tubuh sehingga berfungsi untuk mengirimkan sinyal listrik ke seluruh tubuh. Mineral kalium tidak dapat dibentuk dalam tubuh sehingga kita harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalium. Ginjal dalam tubuh berperan untuk mengatur kadar kalium yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk untuk mengatur pengeluaran kalium dari air seni.

Kalium memiliki peran penting untuk menjaga organ dalam tubuh termasuk jantung dan sistem syaraf. Kalium bisa ditemukan dalam jumlah tinggi pada semua jenis makanan termasuk buah, sayuran, daging dan makanan sumber tepung. Kebutuhan kalium untuk orang dewasa sekitar 4700 mg / hari atau minimal 2000 mg/hari. Berikut ini uraian tentang makanan yang mengandung kalium dan manfaatnya untuk kesehatan.

Kalium Dari Buah Buahan (#12 Item)

Makanan yang mengandung kalium yang cukup tinggi yang berasal dari buah-buahan cukup banyak tidak ayal konsumsi buah menjadi solusi kekurangan kalium.

  1. Sukun (1065 mg/100 gram)

makanan yang mengandung kalium - sukunSukun termasuk dalam jenis tanaman kluwih yang mengandung serat dalam jumlah tinggi. olahan sukun bisa dibuat menjadi gorengan atau dikukus. Kandungan kalium yang tinggi dalam sukun bermanfaat untuk mengatur sistem kerja jantung dan syaraf. Berikut ini manfaat lain dari sukun.

  • Sukun bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, membantu mengatur irama jandung dan mengurangi potensi penyakit jantung.
  • Sukun sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena membantu tubuh dalam mengolah glukosa dalam darah dan membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.
  • Kandungan asam dalam buah sukun membentu memelihara kesehatan kulit dan rambut.
  • Sukun mengandung serat dalam jumlah yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan mengurangi resiko kanker usus.
  1. Alpukat (975 mg/100 gram)

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Banyak orang yang tidak mau mengkonsumsi alpukat karena dianggap sebagai buah yang mengandung tinggi lemak. Namun kandungan lemak omega 6 dalam buah alpukat ternyata sangat baik untuk mengurangi potensi penyakit jantung. Alpukat mengandung asam oleat tak jenuh yang bisa mengurangi bahaya tingginya kolesterol dalam tubuh. Selain itu kandungan kalium dalam buah alpukat sangat baik untuk membantu tubuh dalam memelihara kesehatan jantung. Berikut ini manfaat mengkonsumsi alpukat secara rutin.

  • Alpukat mengandung vitamin E yang bisa membantu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol dalam tubuh.
  • Alpukat juga mengandung kalium dalam jumlah yang sangat besar sehingga membantu mengatur denyut jantung, memelihara kesehatan jantung dan mencegah serangan jantung dan stroke.
  • Alpukat juga mengandung folat yang sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar homosistein dalam darah yang bisa menyebabkan kekacauan sistem kerja jantung.
  • Alpukat bisa menjadi cadangan energi dalam tubuh sehingga sangat baik untuk orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.
  1. Kurma (956 mg /100 gram)

Kurma merupakan buah asli yang hanya tumbuh di kawasan Timur Tengah. Kurma mengandung serat dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan. Meskipun kebiasaan makan kurma hanya dibiasakan saat bulan puasa, namun sebenarnya mengkonsumsi kurma secara rutin sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kurma secara rutin.

  • Kurma mengandung berbagai macam mineral seperti mangan, tembaga, magnesium dan selenium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.
  • Kurma mengandung serat dan asam amino yang bermanfaat untuk merangsang sistem pencernaan dan mendorong pembentukan bakteri baik dalam sistem pencernaan sehingga bisa mengatasi sembelit.
  • Kurma mengandung kalium dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga sistem syaraf tubuh dan mendukung sistem kerja otak.
  • Kurma juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia dan mengatasi rasa lelah dan lemah.
  1. Markisa (854 mg/ 100 gram)

markisaMarkisa adalah buah yang sangat menyegarkan. Markisa memiliki dominasi rasa asam karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi. setiap 100 gram buah markisa mengandung sekitar 30 mg vitamin C dan 1200 IU vitamin A. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam tubuh memberikan efek yang menyegarkan, membantu sistem imunitas tubuh dan melawan infeksi bakteri dan kuman. Berikut ini manfaat mengkonsumsi markisa dalam bentuk sirup maupun jus.

  • Markisa mengandung zar besi, kalium dan magnesium yang sangat penting untuk mengatur aliran darah dalam jantung dan membantu fungsi motorik otot dan sistem syaraf.
  • Kandungan kalium dalam buah markisa bisa membantu sistem syaraf sehingga bisa menurunkan gejala insomnia dan memberikan efek santai pada syaraf. Bahkan markisa juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan dan gejala penyakit pada lambung.
  • Markisa mengandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan bisa menjadi obat pencahar alami yang tidak memiliki efek samping.
  1. Jambu merah (655 mg/100 gram)

Jambu merah adalah buah yang memiliki rasa manis dan aroma yang sangat menyegarkan. Jambu merah banyak dikonsumsi menjadi jus dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C dalam buah jambu merah sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Berikut ini manfaat mengkonsumsi jus jambu merah secara teratur.

  • Dalam setiap 100 gram jambu merah mengandung 200 mg vitamin C, sehingga bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.
  • Jambu merah bisa memenuhi sekitar 8% kebutuhan harian kalium orang dewasa. Kalium dalam buah jambu sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh dari kekurangan elektrolit. Kalium juga berperan untuk mengatur sistem impuls listrik yang penting untuk mendukung kerja otot dan jantung.
  • Jambu merah mengandung likopen dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah serangan radikal bebas dan pertumbuhan sel kanker.
  1. Srikaya (457 mg/100 gram)

Srikaya merupakan jenis buah yang memiliki bentuk luar seperti buah sirsak. Srikaya memiliki aroma yang khas dan rasa manis yang menyegarkan. Srikaya memiliki banyak biji yang dibungkus dengan daging buah yang tipis. Anda mungkin perlu kesabaran untuk makan buah srikaya secara langsung. Srikaya mengandung vitamin C yang berperan untuk mencegah radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah srikaya.

  • Srikaya menganding magnesium dan kalium sehingga sangat baik untuk melindungi jantung dan menjaga sistem kerja otot dalam tubuh.
  • Kandungan serat dan kalium dalam buah srikaya juga sangat baik untuk menjaga tekanan darah, mengatasi sembelit dan menyeimbangkan kadar air dalam tubuh.
  • Sirkaya sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga bermanfaat sebagai sumber energi dan mengurangi rasa lelah dan lemah.
  1. Pisang (422 mg/100 gram)

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang mudah didapatkan. Ada berbagai jenis pisang yang tumbuh di Indonesia. Bahkan setiap pisang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan atau hanya dikonsumsi secara langsung. Pisang mengandung kalori tinggi namun tidak akan membuat masalah untuk diet karena kalori akan diolah langsung oleh tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah pisang.

  • Kalium dalam buah pisang yang sangat tinggi terbukti bisa membuat sistem kerja otot dan syaraf menjadi lebih baik karena selalu ada cadangan cairan dalam tubuh. Kalium juga mendukung sistem kerja jantung dan otot tubuh.
  • Pisang sangat baik bila dikonsumsi oleh atlit karena bisa membantu mengatasi cedera otot dan simpanan energi yang cukup tinggi dalam buah pisang.

Tidak banyak yang sadar bahwa pisang juga merupakan buah yang mengandung kalsium super tinggi sehingga sangat cocok sebagai makanan untuk diet.

  1. Pir (322 mg/100 gram)

makanan yang mengandung kalium

Pir adalah salah satu jenis buah yang berasal dari China. Pir mengandung antialergi yang sangat tinggi sehingga baik untuk menurunkan dan mencegah berbagai jenis alergi tubuh. Pir mengandung serat yang sangat tinggi sehingga baik untuk mencegah masalah pencernaan. Bahkan kandungan anti karsinogen dalam buah pir sangat baik untuk membantu mengatasi gejala stroke dan hipertensi. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah pir  secara teratur.

  • Pir mengandung vitamin C yang baik untuk mencegah infeksi kuman dan bakteri serta mencegah serangan radikal bebas.
  • Buah pir mengandung pektin yang bermanfaat untuk mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Kandungan kalium dan kalsium dalam buah pir sangat baik untuk mencegah masalah cedera otot, mengatasi masalah irama denyut jantung yang tidak teratur, dan menjaga kadar elektrolit dalam tubuh.
  1. Pepaya (354 mg/100 gram)

Pepaya adalah buah yang sangat mudah kita temukan. Pepaya memiliki rasa yang sangat manis dan menyegarkan. bahkan buah pepaya juga mengandung nutrisi dan mineral yang sangat banyak jumlahnya. Daging buah pepaya yang lunak dan mudah dicerna sangat baik untuk anak-anak dan orang lanjut usia. Manfaat mengkonsumsi buah pepaya antara lain adalah :

  • Kandungan flavonoid dan lutein dalam buah pepaya sangat baik untuk mencegah serangan radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyakit paru-paru.
  • Pepaya juga mengandung asam folat, thiamin dan riboflavin yang berperan untuk membantu perjalanan metabolisme tubuh dan mengatasi gangguan kekebalan tubuh.
  • Pepaya mengandung kalium yang sangat baik untuk membantu mengatasi masalah jantung, mengatur irama denyut jantung dan mencegah berbagai macam penyakit karena tingginya sodium dalam tubuh.
  1. Kiwi (215 mg/100 gram)

kiwiKiwi menjadi buah yang menyegarkan dengan aroma dan rasa yang sangat khas. Permukaan luar kulit buah kiwi terlihat berserabut daging buahnya sangat lembut dan bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi bisa menjadi antioksidan yang sangat baik untuk mencegah efek radikal bebas dari sinar matahari, asap dan masalah polusi udara. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah kiwi untuk kesehatan.

  • Kandungan kalium dalam buah kiwi sangat baik untuk menjaga sistem syaraf dan memiliki efek yang menenangkan sehingga sangat baik untuk menjaga kualitas tidur.
  • Kiwi juga mengandung kalium yang sangat bermanfaat untuk mengatur detak jantung dan mengurangi semua resiko penyakit jantung.
  • Bahkan kandungan kalium dalam buah kiwi juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah darah tinggi.
  • Kiwi bisa menjadi obat pencahar alami sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit.
  1. Mangga (322 mg/100 gram)

Mangga merupakan buah yang mudah kita dapatkan pada musim tertentu. Persediaan jenis mangga tertentu juga akan selalu ada sepanjang musim. Daging buah mangga berwarna kuning menyegarkan karena mengandung beta karoten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. selain itu dalam buah mangga juga mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh mengatasi berbagai gangguan kekebalan tubuh seperti flu dan demam. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah mangga secara teratur.

  • Buah mangga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengatasi masalah detak jantung, sistem syaraf dan otot dalam tubuh.
  • Kandungan kalium dalam buah mangga juga membantu tubuh dalam mengatur persediaan cairan tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan lemah.
  • Mangga juga mengandung serat sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah gangguan pencernaan.
  1. Semangka 320 mg/100 gram)

Semangka adalah salah satu jenis buah yang identik dikonsumsi pada musim kemarau. Saat cuaca panas Anda bisa memenuhi kebutuhan air dari buah semangka. Semangka memiliki rasa yang manis dan sangat menyegarkan. kandungan sitrus dalam buah semangka juga sangat baik untuk membantu meningkatkan nutrisi dalam tubuh dan membantu sirkulasi pembuluh darah. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah semangka secara teratur.

  • Semangka memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga bisa membantu relaksasi sistem jantung dan mencegah serangan stroke.
  • Kandungan kalium dalam buah semangka sangat baik untuk membantu kesehatan jantung pada wanita yang sudah mengalami masa menopause.
  • Kandungan air yang cukup tinggi dalam buah semangka sangat baik untuk mencegah dehidrasi dan mengatus sistem persediaan elektrolit dalam tubuh.

Kalium Dari Sayuran (#10 Item)

Makanan yang mengandung kalium super tinggi selanjutnya berasal dari sayur sayuran, manfaat kalium dalam sayuran juga sangat penting untuk menjaga nutrisi dalam tubuh. Lalu apa saja manfaatnya ?

  1. Kentang (945 mg/100 gram)

Kentang adalah jenis sayuran yang banyak digunakan sebagai olahan campuran. Kentang banyak tumbuh di wilayah dengan suhu udara yang dingin. Kentang mengandung fitonutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. kentang juga mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mengurasi resiko penyakit kanker. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kentang dalam berbagai macam olahan.

  • Serat yang ditemukan dalam kentang ternyata sangat efektif untuk membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol tinggi dalam tubuh.
  • Kentang mengandung kalium yang sangat baik untuk membantu menjaga denyut jantung, sistem elektrolit dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.
  • Kentang mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk menjaga fungsi otak dan syaraf. Kentang juga sangat baik untuk mengatasi masalah tekanan pikiran dan depresi.
  1. Rebung ( 645 mg /100 gram)

Rebung merupakan salah satu jenis sayuran segar yang berasal dari akar bambu. Akar bambu yang keluar dari permukaan tanah ini memiliki tekstur rasa yang manis dan renyah. Rebung mengandung jumlah kalori yang sangat rendah sehingga sangat baik untuk orang yang sedang menjalankan diet. berikut ini manfaat mengkonsumsi rebung.

  • Rebung mengandung serat sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit usus, gangguan sistem pencernaan dan menurunkan kolesterol.
  • Bagian hati rebung mengandung vitamin B, niasin dan riboflavin sehingga sangat baik untuk membantu memperlancar sistem metabolisme.
  • Rebung mengandung tembaga dan kalium yang diperlukan untuk membantu mengatur detak jantung dan menjaga sistem syaraf dan dan melawan efek penumpukan sodium dalam tubuh.
  1. Buncis (658 mg/100 gram)

Buncis termasuk dalam salah satu jenis sayuran kacang-kacangan. Buncis memiliki warna hijau yang sangat menyegarkan dan memiliki tekstur rasa manis dan renyah. Dalam 100 gram buncis mengandung sekitar 345 kalori dan berbagai macam kandungan vitamin, nutrisi dan mineral. Buncis bisa dimasak dalam berbagai macam olahan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buncis secara teratur.

  • Buncis mengandung serat sehingga sangat baik untuk membantu sistem pencernaan tubuh, mengatasi masalah sembelit dan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Isoflavon dalam buncis terbukti bisa mengurangi resiko kanker payudara karena mengandung banyak sterol dan membantu tubuh dalam menurunkan kolesterol.
  • Buncis juga mengandung vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk membantu sistem kerja enzim dalam tubuh dan sistem metabolisme lemak.
  • Kandungan kalium dalam buncis sangat baik untuk menjaga sistem cairan dalam tubuh dan membantu menjaga sistem kesehatan jantung.
  1. Bok Choy (631 mg /100 gram)

Sayuran bok choy merupakan salah satu jenis sawi yang berasal dari China. Meskipun ini termasuk jenis sayuran dari China namun sekarang banyak ditaman di Indonesia.  Sayuran ini memiliki rasa yang renyah dan menyegarkan. bahkan Anda hanya perlu memasak bok choy dalam waktu yang sangat singkat untuk mempertahankan kandungan mineral dan nutrisi dalam sayuran ini. Berikut ini manfaat mengkonsumsi bok choy untuk kesehatan tubuh.

  • Kandungan kalium yang ditemukan dalam bok choy sangat bermanfaat untuk menjaga sistem komunikasi antar sel tubuh, mendukung sistem kerja otot dan memelihara kesehatan.
  • Kandungan folat dalam sayuran bok choy juga sangat baik untuk menjaga sistem pembentukan sel darah merah dan membantu sistem DNA untuk menghasilkan sel darah merah.
  • Kandungan vitamin A dan K dalam sayuran bok choy bermanfaat untuk menjaga sistem perkembangan sel dan memelihara kesehatan mata.
  1. Talas (620 mg/ 100 gram)

Talas adalah salah satu jenis tanaman umbi yang memiliki rasa manis dan tekstur yang sangat padat. Bagian talas yang bisa dimanfaatkan adalah daging umbi, daun dan batang. Di beberapa daerah tertentu daun dan batang sayur talas banyak diolah menjadi masakan. Talas mengandung serat dan kalsium yang sangat tinggi. Bahkan talas juga mengandung vitamin E dan kalium. Berikut ini manfaat mengkonsumsi talas untuk kesehatan.

  • Kandungan serat dalam talas bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi masalah gangguan pencernaan.
  • Kandungan vitamin E dalam talas bermanfaat untuk membantu tubuh dalam memerangi radikal bebas dan mencegah berbagai macam pertumbuhan sel kanker.
  • Kandungan kalium dalam talas membantu tubuh dalam mengatur tekanan darah dan membantu menurunkan berat badan.
  1. Ubi Jalar (550 mg/100 gram)

Ubi jalar menjadi jenis tanaman yang mudah tumbuh di Indonesia. tanaman ini sangat mudah ditanam dan biasanya sangat rendah resiko kegagalan panen. Ada berbagai macam jenis ubi jalar yang ditemukan di Indonesia. Semua jenis ubi jalar memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan, antaralain:

  • Ubi jalar memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk membantu sistem pencernaan, mencegah sembelit dan mengatasi penyakit jantung.
  • Ubi jalar mengandung kalium sehingga sangat baik untuk membantu sistem detak jantung, memelihara kesehatan jantung dan menjaga fungsi otot dan syaraf.
  • Ubi jalar mengandung anti oksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah berbagai jenis serangan radikal bebas dan mengurangi potensi serangan jantung.
  1. Labu Kuning (583 mg/100 gram)

Labu kuning biasanya banyak dikonsumsi oleh orang tua. Banyak anak muda yang tidak menyukai rasa dari labu kuning. Padahal labu kuning memiliki tekstur daging buah yang sangat manis dan kandungan serat yang sangat tinggi. Sekarang banyak jenis olahan labu kuning sehingga kita bisa mengkonsumsi tanpa harus menghindari rasa khas dari labu kuning. Berikut ini manfaat mengkonsumsi labu kuning untuk kesehatan.

  • Kandungan serat yang sangat tinggi dalam daging labu kuning membantu tubuh untuk menjaga sistem pencernaan, membantu tubuh dalam menyerap nutrisi makanan dan mencegah penyakit jantung.
  • Labu kuning juga memiliki kandungan kalium yang bisa memenuhi kebutuhan kalium harian sehingga sangat baik untuk menjaga sistem kerja jantung dan melindungi otot tubuh.
  • Kandungan warna kuning dalam buah labu sangat efektif untuk mencegah dan mengurangin resiko kanker paru-paru.
  1. Seledri (456 mg/100 gram)

Seledri adalah salah satu jenis sayuran hijau yang paling sering digunakan sebagai campuran sup atau salad. Seledri memang tidak terlalu disukai oleh banyak orang karena aromanya yang sangat kuat. Meskipun seledri memiliki bentuk dan ukuran yang kecil namun ternyata mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seledri menjadi sumber mineral dan vitamin yang bisa ditemukan dengan lengkap. Berikut ini manfaat mengkonsumsi seledri baik dalam bentuk jus maupun campuran sayuran.

  • Seledri mengandung kalium dan senyata ptalider yang berperan untuk melebarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi tekanan darah. Sehingga seledri sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Seledri bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga memperbaiki sistem arteri dan pembuluh darah dalam jantung dan otak.
  • Seledri mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.
  1. Lobak (420 mg / 100 gram)

Lobak putih adalah salah satu jenis sayuran yang bisa tumbuh di kawasan udara dingin. Lobak memiliki bentuk dan rasa yang sangat menyegarkan. konsumsi lobak terbaik adalah jenis lobak segar yang baru saja dipetik. Lobak mengandung senyawa fitokimia dan antosianin yang berperan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu kandungan vitamin C pada lobak juga sangat baik sebagai antioksidan dalam tubuh. Berikut ini manfaat lain mengkonsumsi lobak secara teratur.

  • Lobak mengandung kalium yang berperan untuk menurunkan tekanan darah, mengatur tekanan darah dan mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan karena gangguan jantung.
  • Lobak mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk semua penderita diabetes yang tidak bisa memproduksi insulin.
  • Lobak mengandung senyawa khusus yang bisa mengurangi infeksi penyakit karena gangguan bakteri dan kuman seperti flu.
  1. Sawi (278 mg/100 gram)

Sawi merupakan sayuran hijau yang bisa kita dapatkan sepanjang musim. Ada berbagai jenis sawi yang umum kita jumpai seperti jenis sawi putih dan sawi hijau. namun pada umumnya sawi memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang sama. Campuran olahan sawi bisa dimasak bersama daging atau jenis masakan lain. Berikut ini manfaat mengkonsumsi sawi secara rutin.

  • Sawi mengandung kalium yang sangat tinggi sehingga bisa membantu tubuh dalam mengolah sinyal listrik, membantu sistem pencernaan dan mengatur detak jantung.
  • Sawi mengandung fosfor sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang maupun gigi.
  • Kandungan kalsium dan magnesium dalam sawi juga sangat baik untuk menjaga sistem kerja otot dan syaraf.

Kalium Dari Kacang – Kacangan (#6 Item)

Sumber makanan yang mengandung kalium dari kacang – kacangan yang paling penting adalah dari kedelai, namun ternyata ada banyak sumber kalium yang cukup tinggi.

  1. Kedelai (1469 mg/100 gram)

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan. Makanan yang paling umum dengan bahan dari kedelai adalah seperti tempe, tahu dan susu kedelai. Kedelai yang telah diolah dengan cara fermentasi seperti tempe dan tahu memiliki rasa yang gurih dan lezat. Meskipun makanan ini sering dianggap sebagai makanan murah, namun memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang berbahan baku kedelai.

  • Kedelai adalah sumber protein nabati yang bisa memenuhi kebutuhan asam amino esensial sehingga sangat penting untuk tubuh.
  • Kedelai sama sekali tidak mengandung kolesterol sehingga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan membantu menjaga sistem kerja jantung agar tetap sehat.
  • Kandungan isoflavon dalam kedelai membantu menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh dan mencegah berbagai macam resiko penyakit tulang.
  • Kandungan kalium dalam kedelai juga berperan untuk menjaga sistem kerja jantung.
  1. Kacang Merah (543 mg/100 gram)

Kacang merah banyak diolah menjadi campuran sup. Kacang merah memiliki rasa yang gurih dan sangat khas. Namun jenis kacang merah masih sulit kita dapatkan sehingga sering menjadi olahan impor. Kacang merah memenuhi hampir semua kebutuhan nutrisi dan mineral bagi tubuh. Selain itu kacang merah juga bermanfaat untuk menjaga sistem kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat dari kacang merah.

  • Kacang merah mengandung karbohidrat dan serat yang bisa mendukung sistem tubuh dalam menghasilkan insulin sehingga sangat baik untuk mencegah diabetes.
  • Kandungan protein dari kacang merah mampu mencukupi jumlah asam lemak amino esensial sehingga membuat tubuh bisa mengolah protein menjadi energi dalam waktu yang lebih cepat.
  • Kacang merah mengandung vitamin B, kalium, magnesium dan folat yang sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung, pembentukan sel darah merah dan menjadi pembangkit energi untuk tubuh.
  1. Edamame (489 mg/100 gram)

Edamame adalah salah satu jenis kedelai khusus yang berasal dari Jepang. Edamame bisa dikonsumsi dengan cara yang sangat mudah. Anda hanya cukup merebus sebentar dan edamame matang bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama. Tekstur edamame memiliki rasa yang sangat gurih dan mengenyangkan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi edamame.

  • Edamame memiliki kandungan lemak yang sangat rendah dan protein yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi sumber asupan tenaga untuk tubuh.
  • Edamame mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan pada jantung.
  • Edamame mengandung kalium dan magnesium yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga sistem kerja otot dan syaraf, serta membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  1. Kacang hitam (355 mg/100 gram)

Kacang hitam menjadi salah satu komoditi pertanian yang sangat besar di Indonesia. Namun kita belum sadar untuk mengkonsumsi kacang hitam secara teratur. Kacang hitam sering diolah menjadi berbagai macam masakan daerah maupun camilan yang khas. Kacang ini memiliki rasa yang gurih dan sangat renyah. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kacang hitam secara teratur.

  • Kacang hitam menyediakan protein dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi asupan pengganti protein dari hewan. Kacang hitam sangat baik untuk orang yang sedang diet.
  • Kacang hitam mengandung zat besi, kalium dan kalsium sehingga kacang hitam sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh, membantu produksi sel darah merah, menjaga kesehatan jantung dan memelihara kepadatan tulang dan gigi.
  • Kacang hitam juga jenis makanan kaya serat yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit.
  1. Almond ( 234 mg/ 100 gram)

Almond menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang diolah bersama kue. Di Indonesia camilan dari kacang almond memang belum banyak dikonsumsi. Namun di negara Timur Tengah dan Eropa, almond menjadi salah satu camilan yang sangat sehat untuk tubuh. Almond menyediakan semua jenis asupan yang diperlukan oleh tubuh. Konsumsi almond bisa meningkatkan fungsi kesehatan.

  • Kandungan kalium yang sangat tinggi dalam almond bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan detak jantung.
  • Berbagai jenis mineral dalam kacang almond seperti magnesium dan tembaga bisa menjadi dukungan yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Almond salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin E yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk membantu kesehatan reproduksi dan memelihara kesehatan kulit dan rambut.
  1. Kacang Mete ( 187 mg / 100 gram)

Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang yang sangat populer di Indonesia. Kacang mete merupakan hasil dari biji buah jambu monyet. Kacang ini banyak diproduksi di kawasan kering dan panas seperti di wilayah selatan Jawa Tengah. Kacang mete banyak diolah menjadi camilan dengan campuran dan variasi rasa yang sangat beragam. Kacang ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kacang mete.


  • Kacang mete adalah makanan yang mengandung kalori, vitamin, mineral dan bahan fitokimia yang berperan untuk mengatasi masalah kanker dan mencegah serangan radikal bebas.
  • Kandungan asam lemak oleat dalam kacang mete sangat berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
  • Kandungan kalium, magnesium dan zat besi dalam kacang mete sangat berperan untuk menjaga kesehatan jantung, produksi sel darah merah dan mencegah berbagai macam gangguan tulang.

Kalium Dari Daging dan Makanan Lain (#7 Item)

Sumber makanan yang mengandung kalium dari daging cukup bervariasi, di dominasi oleh ikan dan daging merah. Apa saja mereka dan apa manfaatnya ?

  1. Ikan Salmon (634 mg/100 gram).

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi sebagai makanan mentah khas Jepang. Ikan salmon banyak ditemukan di supermarket dalam bentuk potongan segar. Konsumsi ikan salmon dalam berbagai jenis olahan ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan kandungan kalium dalam ikan salmon juga berperan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Berikut ini manfaat umum mengkonsumsi ikan salmon.

  • Ikan salmon mengandung protein yang sangat tinggi dengan jenis asam amino esensial. Protein ini sangat penting untuk tubuh sebagai sumber tenaga dan sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.
  • Ikan salmon mengandung lemak sehat yang sangat baik untuk menjaga jumlah kolesterol dalam tubuh dan membantu otak dalam meningkatkan fungsi memori.
  • Zat besi dan kalium dalam ikan salmon sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah detak -jantung, potensi darah tinggi dan membantu produksi sel-sel darah merah.
  1. Ikan sarden (392 mg/100 gram)

Ikan sarden adalah jenis ikan dengan bentuk yang kecil dan tekstur daging yang sangat lembut. Persediaan ikan sarden yang melimpah membuat ikan sarden diolah dalam bentuk makanan kaleng. Jenis ikan sarden yang sudah dimasak dalam bentuk kaleng sangat baik untuk kesehatan karena sudah mengandung berbagai macam nutrisi tambahan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi ikan sarden.

  • Kandungan lemak sehat dalam ikan sarden bermanfaat untuk mengatasi masalah kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Kandungan kalsium dan kalium dalam ikan sarden sangat baik untuk mencegah berbagai macam masalah penyakit jantung dan menurunkan resiko stroke.
  • Ikan sarden mengandung vitamin D yang sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  1. Susu (324 mg/150 ml)

Susu menjadi salah satu produksi protein dari hewan yang sangat baik untuk kesehatan. Banyak orang dewasa yang meninggalkan konsumsi susu karena takut dengan kandungan lemak pada susu sapi. Namun sebenarnya lemak dalam susu sapi sangat baik untuk diet karena bisa menurunkan kadar kolesterol dan menjadi asupan energi sehingga tubuh bisa melakukan metabolisme dengan baik. Berikut ini manfaat mengkonsumsi susu secara teratur.

  • Susu mengandung vitamin D yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Kandungan magnesium, kalsium dan kalium dalam susu sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan otot dan syaraf.
  • Susu juga mengandung kalium yang bisa membuat efek santai pada otak.
  1. Ikan Tuna (322 mg/100 gram)

Ikan tuna bisa kita mudah  temukan dalam bentuk olahan tuna kaleng. Tuna yang sudah diolah dalam bentuk kaleng pada umumnya lebih sehat daripada jenis tuna segar. Tuna memiliki habitat di laut sehingga mungkin mengandung kadar mercuri yang lebih tinggi. Beberapa jenis tuna yang segar bisa diolah sebagai makanan mentah. Berikut ini manfaat mengkonsumsi daging ikan tuna.

  • Ikan tuna mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga sistem metabolisme tubuh dan menjadi sumber energi yang cukup baik.
  • Kandungan kalium dan asam lemak dalam ikan tuna menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.
  • Asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam daging tuna juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah dalam tubuh karena bisa memperlebar pembuluh darah dan mengurangi kadar kolesterol.

Ikan tuna adalah jenis makanan yang mengandung vitamin B12  yang cukup tinggi bagi kesehatan tubuh. Selain itu kandungan asam lemak omega tiga pada tuna membuat ia salah satu makanan penurun darah tinggi super cepat.

  1. Ikan Lele (320 mg/100 gram)

Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang paling mudah didapatkan. Ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang sangat gurih. Lele bisa termasuk ikan yang sangat rakus yang mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan. Lele biasanya banyak dijadikan ikan ternak dengan media air tawar. Berikut ini manfaat mengkonsumsi ikan lele secara teratur.

  • Ikan lele mengandung kalori yang sangat rendah sehingga bisa menjadi makanan pengganti untuk orang yang sedang diet.
  • Ikan lele mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan mencegah berbagai jenis penyakit inflamasi.
  • Ikan lele tidak mengandung merkuri dan tinggi dengan asupan kalium sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan irama jantung.

Lele juga efektif sebagai :

  1. Telur (169 mg/100 gram)

Telur adalah salah satu jenis lauk yang paling mudah dijangkau oleh masyarakat. Telur ayam memiliki rasa yang gurih dan tidak membosankan. Selain itu telur juga bisa diolah menjadi berbagai jenis macam masakan sehingga semua orang menyukai telur. Telur membantu tubuh dalam menjalankan aktifitas karena bisa membantu mempercepat pembentukan energi untuk tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi telur.

  • Telur mengandung zat besi sehingga bisa membantu mengatasi tubuh yang sering merasa lelah, lemah dan sakit kepala.
  • Telur mengandung zat kalium (meskipun dalam jumlah rendah) yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kerja syaraf dan otot.
  • Dalam telur ditemukan beberapa kandungan vitamin yang sangat penting untuk diet seperti vitamin A, vitamin E dan juga vitamin B12. Selain itu telur juga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol sehingga baik untuk orang yang sedang diet.

Berbagai macam nutrisi makanan yang mengandung kalium sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Secara umum kalium akan membantu kesehatan jantung sehingga bisa memberikan efek kesehatan secara umum pada tubuh. Kalium sama sekali tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga kita harus mencukup kebutuhan kalium dari makanan. Bahkan Anda juga bisa mengkonsumsi makanan dengan kadar kalium rendah untuk membantu meningkatkan kadar kalium dalam tubuh. Jadi, mari kita jaga kesehatan dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalium.

Fungsi Kalium untuk Tubuh

Kalium menjadi mineral yang memiliki peran penting untuk mengirimkan beberapa sinyal ke organ tubuh. Manfaat kalium untuk tubuh antaralain adalah:

  1. Kalium membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh.
  2. Kalium mengatur jumlah air yang normal dalam tubu dan menciptakan keseimbangan pH dalam tubuh.
  3. Kalium bekerja bersama magnesium, klorida dan natrium untuk mengatur fungsi detak jantung, sistem kontraksi dan kerja otot tubuh dan menjaga sistem syaraf.

Gejala Kekurangan Kalium

Bila tubuh mengalami kekurangan kalium maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Penyakit yang disebabkan kekurangan kalium disebut dengan hipokalemi. Gejala kekurangan kalium adalah sebagai berikut.

  • Tubuh akan sering merasa lelah dan seperti tidak memiliki tenaga.
  • Tubuh biasanya akan menimbulkan reaksi seperti kejang pada otot.
  • Denyut jantung pada penderita hipokalemia tidak teratur
  • Timbul gangguan pencernaan seperti sembeli atau diare.

Resiko Kekurangan Kalium

Kekurangan kalium biasanya banyak terjadi pada orang tua. Hal ini disebabkan karena ginjal orang lanjut usia biasanya banyak mengalami penurunan fungsi. Bahkan beberapa penyakit lain juga bisa menjadi pemicu kekurangan kalium. Berikut ini adalah beberapa resiko penyakit yang bisa terjadi karena kekurangan kalium.

  1. Stroke / Penyakit Jantung. Kalium berperan untuk membawa arus listrik dari sel saraf ke semua organ tubuh termasuk jantung. Jika dalam tubuh terdapat kandungan kalium dalam kadar yang terlalu rendah maka bisa menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur. Selain itu otot dalam tubuh juga tidak menerima nutrisi yang baik untuk melakukan kontraksi dan gerakan. Sehingga tubuh lebih rentan terhadap serangan jantung dan stroke.
  2. Hipertensi/ tekanan darah tinggi. kalium dan natrium memerankan bagian penting untuk mengatur sistem cairan dalam tubuh. Jika kalium terlalu sedikit maka sistem cairan yang berada dalam sel tubuh akan hancur. Hal inilah yang membuat resiko tekanan darah tinggi semakin serius.
  3. Kalium bermanfaat untuk mengatur sistem pH asam dan basa dalam tubuh. Jika pH tubuh terlalu besar maka kalsium dalam tulang akan cepat rusak dan hilang. Bahkan bisa menyebabkan penumpukan kalsium dalam ginjal.

 

Nah, Itulah daftar makanan yang mengandung kalium super tinggi dan manfaatnya serta ulasan mengapa kalium kita butuhkan bagi tubuh.

Baca juga : Bahaya kekurangan Kalium

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan Gizi