Home Gizi & NutrisiVitamin 10 Fungsi Vitamin Secara Umum yang Wajib untuk Kamu Ketahui

10 Fungsi Vitamin Secara Umum yang Wajib untuk Kamu Ketahui

by Nur Wachid, S.Pd

Vitamin adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapatk menjalankan organ dengan bak. Berbeda dengan mineral, vitamin akan mudah rusak dan berubah bentuk karena memang terasa sangat panas. Struktur vitamin dapat berubah ketika sudah masuk dalam tubuh. Tubuh tidak akan menyerap vitamin mulai dari bentuk awal. Melainkan akan diserap dalam bentuk provitamin yaitu vitamin yang tidak aktif.

Fungsi vitamin dalam tubuh akan berbeda-beda sesuai dengan bentuknya, namun demikian secara umum vitamin memiliki fungsi yang mayoritas akan sangat penting untuk tubuh manusia. Artikel berikut akan membahas tentang fungsi vitamin secara umum yang wajib untuk kamu ketahui. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

  1. Menciptakan Energi

Fungsi vitamin secara umum yang pertama adalah untuk menciptakan energi. Seperti kita ketahui bahwa energi sangat dibutuhkan oleh tubuh agar terhindar dari segala bentuk kerusakan di dalam tubuh. Oleh karena itu anda disarankan untuk mencukupi kandungan vitamin agar tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit. Terutama vitamin akan dapat menciptakan energi. Anda disarankan juga untuk mengetahui tentang efek bahaya minuman energi.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh dan Saraf

Fungsi vitamin secara umum selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan saraf. Hal ini seperti kita bersama bahwa vitamin merupakan nutrisi yang baik untuk membuat tubuh sehat dan saraf tetap terjaga. Oleh karena itu anda disarankan untuk mencukupi asupan vitamin yang terkandung dalam makanan yang anda konsumsi. Hal itu akan membuat tubuh anda tercukupi asupan vitamin dan kesehatan tubuh dapat terjaga serta saraf anda akan bekerja dengan sangat baik. Selain itu anda juga disarankan untuk mengetahui tentang kesehatan sistem saraf otak.

  1. Membantu Memproduksi Sel Darah Merah

Fungsi vitamin secara umum selanjutnya adalah untuk membantu memproduksi sel darah merah. Sel darah mebutuhkan asupan vitamin untuk dapat memproduksi sel darah merah. Sehingga dengan tercukupinya asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anda, dapat dipastikan anda akan terhindari dari segala bentuk serangan penyakit yang menyerang sel darah seperti kanker darah, dan lain-lainnya. Disarankan juga anda untuk mengetahui tentang jenis kelainan saraf.

  1. Mencegah Kecacatan Janin

Fungsi vitamin secara umum selanjutnya adalah untuk mencegah kecacatan janin. Hal ini dapat dipastikan karena asupan vitamin akan menyehatkan dan turut serta dalam perkembangan sel-sel janin. Sehingga anda akan terhindar dari kecacatan janin. Oleh karena itu, disarankan bagi anda ibu hamil untuk mencukupi asupan vitamin dalam tubuh anda. selain itu anda juga disarankan untuk mengetahui tentang tanda tanda anemia.

  1. Menenangkan

Fungsi vitamin secara umum selanjutnya adalah untuk menenangkan. Vitamin akan memberikan efek relaksasi terhadap seluruh jaringan otak anda. sehingga anda akan merasakan rileks dan lebih nyaman. Kondisi ini akan menghindarkan anda dari depresi dan keterbelakangan mental. Selain itu, anda juga akan terhindar dari stress berat yang akan melanda anda. anda juga disarankan untuk mengetahui tentang penyebab stres berkepanjangan.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Fungsi vitamin secara umum selanjutnya adalah untk menjaga kesehatan pencernaan. Vitamin akan bekerja secara baik dalam hal untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. pencernaan yang lancar akan membuat seluruh nutrisi dan zat lainnya dapat diserap oleh seluruh organ yang membutuhkannya. Oleh karena itu anda disarankan untuk mencukupi kandungan vitamin dalam makanan yang anda konsumsi. Pastikan bahwa makanan tersebut mengandung vitamin yang cukup. Anda juga disarankan untuk mengetahui tentang Akibat kelebihan vitamin B kompleks.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Fungsi vitamin secara umum selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku. Vitamin adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh bagian tubuh manusia. Tidak terkecuali dengan rambut dan kuku. Dengan asupan vitamin yang cukup, maka rambut dan kuku anda dapat tumbuh dengan sehat. Anda disarankan juga untuk mengetahui tentang penyakit yang menyebabkan rambut rontok.

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Fungsi vitamin secara umum selanjutnya adalah untuk menurunkan kolesterol jahat. Perlu anda ketahui bahwa kolesterol jahat akan menimbulkan berbagai penyakit yang akan mengancam kesehatan anda. Bahkan penyakit seperti diabetes, komplikasi, jantung dan lainnya juga disebabkan oleh kandungan kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh anda.

  1. Menghindarkan dari Penyakit Beri-beri

Fungsi vitamin secara umum selanjutnya adalah untuk menghindarkan dari penyakit beri-beri. Seperti diketahui bahwa penyakit beri-beri disebabkan karena kekurangan vitamin B1, dan biasanya penyakit ini akan menyerang bagian betis manusia. Penyakit ini jika tidak segera ditangani akan menyebabkan berbahaya untuk kesehatan anda.

  1. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Fungsi karbohidrat secara umum selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin akan menjaga mata dan kulit tetap sehat, terutama vitamin B. oleh karena itu dengan mencukupi asupan vitamin dalam makanan yang anda konsumsi akan membuat kesehatan mata dan kulit anda tetap terjaga.

 

You may also like