13 Makanan yang Mengandung Zeaxanthin dan Lutein 

5046

Apakah Anda pernah mendengar lutein dan zeaxanthin? Ya kedua jenis zat atau senyawa ini banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan alami. Kedua jenis senyawa ini sering ditunjukkan dengan warna-warna cerah pada buah dan sayur yang menyegarkan. Tubuh kita memerlukan sayur dan buah yang mengandung lutein dan zeaxanthin untuk memelihara kesehatan mata. Kemampuan lutein dan zeaxanthin dapat melindungi daerah makula pada retina mata.

Lutein dan zeaxanthin sangat penting untuk tubuh Anda. Jadi untuk memelihara kesehatan mata maka Anda harus makan buah atau sayuran yang mengandung kedua zat ini. Tapi tidak ada jumlah yang disarankan, meskipun banyak peneliti yang menyarankan sekitar 6 mg. Berikut ini adalah makanan mengandung lutein dan zeaxanthin super tinggi.

  1. Kale

kaleSayuran hijau kale mengandung setidaknya 23.6 mg lutein dan zeaxanthin. Hal ini ditunjukkan dengan warna hijau yang sangat alami. Lutein akan membantu mata ketika terkena panas sinar matahari sehingga mampu memberikan perlindungan untuk bagian makula. Kale mengandung sumber antioksidan yang sangat penting untuk menjalankan fungsi ini.

Untuk mendapatkan manfaat dari kale sebaiknya dimasak dengan minyak zaitun agar kandungan lutein dan zeaxanthin tidak rusak. Kale juga merupakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang sangat penting untuk membantu organ tubuh lainnya selain mata.

Konsumsi sayuran hijau juga dapat mencegah kita dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan berbagai jenis penyakit lainnya.

  1. Bayam

Selain kale, maka sayuran hijau bayam juga sumber lutein dan zeaxantin yang bisa menjaga kesehatan mata Anda. Bahkan bayam juga mengandung beta karoten yang bekerja dengan lutein dan zeaxantin untuk mencegah kekurangan vitamin A. Jika Anda kekurangan nutrisi ini maka mata Anda mungkin akan terkena beberapa resiko seperti iritasi, luka, gatal dan bisul. Bayam bisa mencegah kebutaan yang disebabkan karena kerusakan retina akibat kekurangan luteian dan zeaxantin. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari bayam maka sebaiknya bayam dimasak sebentar dan Anda bisa menambahkan jenis sayuran lain.

  1. Lobak Hijau

Lobak hijau adalah sayuran super sehat yang dipenuhi dengan nutrisi penting seperti karotenoid, lutein, zeaxanthin dan beta karoten. Lutein dan zeaxanthin sangat penting untuk memberikan perlindungan pada makula. Pigmen alami ini bisa membantu Anda mendapatkan perlindungan dari beberapa jenis penyakit seperti kebutaan dan degenarasi makula. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari lobak hijau maka Anda bisa memask lobak hijau menjadi beberapa menu masakan. Jenis lobak hijau yang disarankan adalah seperti turnip green.

  1. Collards

Collards merupakan jenis sayuran hijau yang bentuknya memang hampir mirip dengan sawi. Ini termasuk jenis sayuran hijau yang mengandung sumber lutein dan zeaxanthin. Mata kita membutuhkan lutein dan zeaxanthin untuk bisa menyaring cahaya biru yang akan mengenai bagian retina.

Lutein dan zeaxanthin juga bisa menjadi bahan antioksidan yang bisa memberikan bantuan perlindungan ketika mata terkena cahaya sinar matahari. Untuk mendapatkan manfaat terbaik maka disarankan untuk makan setidaknya collards selama dua kali dalam sehari. Selain itu collards sebaiknya juga dimasak dahulu dan  bukan menjadi salad.

  1. Jagung Manis

Apakah Anda suka makan jagung manis? Ya, jagung manis adalah sayuran super yang sangat penting untuk memberikan perlindungan mata. Jagung manis penuh dengan lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis zat ini bisa melindungi mata dengan memberikan perlindungan pada daerah degerasi makula. Bahkan lutein dan zeaxanthin sangat penting untuk melindungi mata dari katarak yang sering terjadi pada usia lanjut. Untuk mendapatkan manfaat dari jagung manis maka Anda bisa memasaknya menjadi beberapa menu seperti jagung rebus, sup atau jenis masakan lain. Namun yang terpenting adalah untuk memasak jagung manis hingga benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

  1. Brokoli

Sayuran brokoli terkenal dengan sebutan sayuran sangat menyehatkan. Sayuran hijau ini dipehuni dengan berbagai jenis nutrisi seperti lutein, zeaxanthin, fosfor, magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin B kompleks. Vitamin ini sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh tubuh termasuk untuk kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin sangat penting untuk mata karena bisa melindungi bagian lapisan retina mata dari kerusakan. Anda bisa mencoba untuk makan brokoli setiap hari. Perhatikan untuk makan brokoli yang sudah dimasak dan bukan brokoli mentah menjadi jus atau minuman lain.

  1. Romaine Lettuce

Romaine lettuce adalah jenis selada hijau yang segar dan sangat menyehatkan. Selada ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin C, lutein, dan zeaxanthin. Beberapa jenis nutrisi ini bisa memberikan perlindungan untuk mata dengan mencegah katarak, sakit mata, kerusakan kornea dan retina mata, glaukoma dan penyakit degenerasi makula. Bahkan romaine lettuce juga mengandung vitamin A yang bisa mendukung fungsi dari lutein dan zeaxanthin. Karena itu kebisaan makan romaine lettuce bisa diterapkan sejak masih anak-anak. Untuk mendapatkan manfaat lutein dan zeaxanthin dari romaine lettuce maka harus dimasak terlebih dahulu.

  1. Kacang Polong

Kacang polong atau jenis kacang kapri sangat baik untuk melindungi mata. Kacang polong mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk mata seperti vitamin A, lutein dan zeaxanthin. Beberapa jenis nutrisi ini bisa memberikan perlindungan untuk mata dengan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan kandungan vitamin A sangat penting untuk menjaga agar mata tidak mudah rusak. Lutein dan zeaxanthin juga bisa melindungi bagian retina dan kornea mata. Selain itu kacang polong banyak mengandung serat yang sangat baik untuk menjaga pencernaan. Jadi Anda bisa mengkonsumsi kacang polong yang bisa dibuat dalam berbagai kreasi resep.

  1. Buncis

Banyak orang tidak suka makan sayur buncis karena rasanya yang aneh dan ada aroma sayuran hijau yang sangat kuat. Namun buncis sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Buncis dipenuhi dengan beberapa jenis nutrisi yang sangat baik untuk mata seperti lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis senyawa ini penting untuk melindungi mata dari tekanan ketika terkena sinar matahari. Selain itu buncis juga melindungi mata karena mengandung karotenoid yang bisa membuat tekanan mata dari cahaya tidak terlalu buruk. Jadi sebaiknya Anda mulai makan buncis secara rutin dari sekarang.

  1. Telur

Apakah Anda suka makan telur? Semua orang suka makan telur karena ini lauk yang mudah untuk didapatkan. Dalam sebuah penelitian terbukti jika telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Ini adalah bahan antioksidan yang bisa membantu melindungi retina dan kornea mata dari kerusakan. Dalam sebuah penelitian membuktikan jika konsumsi telur secara rutin selama 14 hari bisa meningkatkan kesehatan retina mata. Telur juga diperkaya dengan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata secara menyeluruh. Jadi jika Anda tidak memiliki alergi telur maka bisa makan telur untuk melindungi mata.

  1. Jeruk

Pada dasarnya semua jenis jeruk mengandung bahan antioksidan yang sangat kuat. Jeruk mengandung vitamin C, lutein, zeaxanthin dan berbagai jenis mineral. Jeruk juga mengandung vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A akan membantu mata ketika menyerap cahaya dan bisa membantu memberikan perlindungan terhadap bagian selaput mata. Jadi Anda bisa mendapatkan mata yang sehat dengan lebih rajin maka jeruk. Anda bisa makan jeruk buah, mengambil sari dari jeruk lemon atau jeruk bali.

  1. Brussels Sprouts

Brussels sprouts merupakan jenis sayuran hijau yang berbentuk seperti kubis namun dengan ukuran yang sangat kecil. Banyak orang yang menyebut jika sayuran ini merupakan kecambah dari kubis tapi memang berbeda. Kandungan nutrisi dari Brussels sprouts adalah seperti vitamin A, vitamin C, lutein, zeaxanthin dan berbagai jenis mineral lain. Semua nutrisi ini sangat penting untuk mata karena mampu memberikan perlindungan mata secara alami. Lutein dan zeaxanthin merupakan jenis bahan antioksidan yang akan memberikan perlindungan untuk mata terutama kelainan yang berhubungan dengan degenerasi makula.

  1. Wortel

Wortel sangat terkenal dengan kemampuannya untuk memberikan perlindungan terhadap mata. Sayuran berwarna oranye dan rasa manis ini mengandung beta karoten, lutein, zeaxanthin, vitamin A dan berbagai jenis nutrisi lain. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda harus lebih sering makan wortel yang sudah dimasak sebentar. Jus wortel memang sangat baik tapi memang khasiatnya tidak seperti ketika sudah dimasak. Wortel juga bisa melindungi bagian mata dari kerusakan akibat terkena cahaya sinar matahari secara langsung.

Artikel tentang mata lainnya

Sumber makanan lainnya

Jadi untuk memelihara kesehatan mata secara alami maka Anda bisa mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin. Perhatikan bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya sesuai dengan saran penyajian.