Home Merk Obat A-ZMerk Obat A Asedas – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Asedas – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Amalia

Asedas ialah salah satu obat yang masuk ke dalam golongan obat suplemen multivitamin yang digunakan untuk meningkatkan dan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi penggunanya. Obat produksi Pyridam ini bisa dengan mudah ditemukan di apotek dan bisa dibeli tanpa menggunakan resep. Selain itu Asedas berbentuk sirup sehingga lebih mudah dikonsumsi di segala usia.

Kandungan Asedas 

Setiap 5 mL Asedas mengandung beberapa senyawa, vitamin dan mineral yang beragam, diantaranya:

  • DHA : 32 mg

DHA atau kepanjangannya disebut Asam dekosahexanoat adalah salah satu jenis asam lemak yang masuk ke dalam golongan Omega-3 yang menjadi penghasil 1/4 komposisi lemak pada otak dan menjadi bagian dari struktur membran neuron otak. DHA memegang peranan penting dalam meningkatkan dan menjaga kecedasan dan penglihatan seseorang. Dengan DHA, kepekaan neuron akan terbentuk sehingga informasi dapat disampaikan dengan akuran, cepat dan tepat.

Fungsi lain dari Omega-3 yang dapat dimanfaatkan adalah kemampuannya untuk membantu proses pembentukan neuron di dalam otak serta mendukung pembentukan transponter gula yang biasanya digunakan sebagai nutrisi utama dari kinerja dan fungsi otak.

  • Ekstrak curcuma : 2 mg

Curcuma atau biasa dikenal dengan sebutan temu lawak adalah salah satu jenis tumbuhan tradisional Indonesia yang sejak jaman dahulu sudah terkenal manfaatnya untuk meningkatkan nafsu makan khususnya untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  • Vitamin A : 2400 ui

Vitamin A merupakan vitamin yang memiliki peranan penting dalam tubuh manusia dan mampu mempengaruhi kinerja dan pertumbuhan dari beberapa bagian tubuh manusia seperti kekebalan tubuh, kulit dan mata. Untuk bisa menemukann manfaat Vitamin A, anda dapat mengonsumsi melon, wortel, minyak ikan laut, bayam, telur, mangga, keju, yoghurt, hati, keju dan susu.

  • Vitamin D3 : 200 ui

Vitamin D merupakan salah satu jenis Vitamin yang mudah larut bersama dengan lemak dan membantu tubuh menusia melakukan proses penyerapan fosfor dan kalsium. Vitamin D3 mampu mengobati serta melakukan aksi pencegahan terhadap kerusakan dan gangguan tulang.

  • Vitamin C : 60 mg

Vitamin C adalah salah satu jenis vtamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan produksi zat kolagen yang mampu menjaga kesehatan serta melakukan perbaikan pada gigi, kulit, tulang dan tulang rawan.  Dapat dikonsumsi buah dan sayur seperti paprika, cabai, kentang, kiwi, lemon, jeruk, nanas, brokoli, tomat, peepaya, dan stroberi untuk mendapatkan asupan Vitamin C yang maksimal/

  • Vitamin B1 : 4 mg

Vitamin B1 merupakan salah satu jenis Vitamin yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan dan menjaga metabolisme tubuh. Senyawa yang biasa disebut dengan thiamin ini juga dengan mudah dapat ditemukan di daging sapi, nasi, kacang-kacangan, sereal, gandum, jeruk, susu dan ragi. Vitamin B1 baisanya dibutuhkan oleh sistem pencernaan, fungsi dan kinerja otot, sistem saraf serta dalam proses metabolisme karbohidrat.

  • Vitamin B2 : 1.2 mg

Vitamin B2 atau juga dikenal dengan istilah Ribovlafin ini salah satu jenis vitamin yang dengan mudah larut dengan air sehingga tidak bisa disimpan lama-lama dalam tubuh. Anda pastinya akan membutuhkan Vitamin B2 untuk menjaga dan memelihara kesehatan sistem saraf, mata dan kulit. Selain yang sudah disebutkan diatas, proses pembakaran protein, karbohidrat dan lemak juga dibantu dan disempurnakan oleh Vitamin B2 ini. Fungsi lainnya juga mampu membantu produksi dan pertumbuhan sel darah merah. Vitamin B2 dapat ditemukan di sayuran hijau, nasi, produk susu, telur, daging rendah lemak dan kacang-kacangan.

  • Vitamin B6 : 1.2 mg

Vitamin B6 yang biasa diketahui dengan istilah pyrodoxine ini mampu berperan baik untuk darah, kulit dan sistem saraf pusat. Vitamin B6 ini juga bisa digunakan untuk membantu mengobati beberapa jenis anemia serta melakukan pencegahan dari efek samping  penggunaan obat sejenis cycloserine. Vitamin B6 dapat ditemukan dengan mudah di sereal, bayam, telur, wortel, hati, keju, pisang, kacang-kacangan, ikan, daging, susu dan kentang.

  • Vitamin B12 : 4 mcg

Vitamin B12 menjadi salah sau jenis Vitamin lainnya yang mampu dengan mudah larut dalam air. Vitamin B12 secara alami akan memiliki ketertarikan terhadap kandungan protein yang ada di dalam makanan dan memprosesnya dengan asam yang ada di dalam perut yang kemudian akan merilis Vitamin B12 untuk bergabung dengan faktor instrinsik agar mudah diserap dengan baik oleh usus ke dalam aliran darah.

Untuk menemukan Vitamin B12, dapat dikonsumsi makanan seperti daging, telur, ikan, kerang-kerangan,  dan produk olahan dari susu.

  • Nikotinamida : 16 mg

Meskipun memiliki nama yang cukup asing, Nikotinamida ialah salah satu jenis dari Vtiamin B3 atau Niacin yang juga termasuk ke dalam jenis amida dari asam nikotinat.

  • Asam pantotenat : 6 mg

Asam pantotenat ini juga biasa dikenal dengan Vitamin B5 yang terdapat di salah satu jenis senyawa yang mampu memproses tubuh secara maksimal di proses pemecahan protein, lemak, dan karbohidrat. Asam pantotenat ini juga dapat digunakan untuk menjaga kondisi dan kelembaban kulit menjadi lebih baik dan sehat.  Asam pantotenat, dapat ditemukan pada makanan seperti  brokoli, susu, yogurt, biji-bijian utuh, avokad dan telur.

  • Kolin bitartrat : 12 mg
  • Inositol : 12 mg
  • Ca glukonat : 300 mg
  • Ca hipofosfit : 20 mg
  • Na hipofosfit : 20 mg
  • L-lisine HCl : 200 mg

Fungsi Asedas 

Asedas memiliki beberapa kegunaan atau indikasi bagi penggunanya, diantaranya:

  • Digunakan sebagai obat suplemen atau multivitamin untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan
  • Mampu meningkatkan nafsu makan anak apabila dikonsumsi secara rutin
  • Memberikan nutrisi optimal untuk otak anak

Dosis Penggunaan Asedas 

Dalam menggunakan Asedas, terdapat beberapa macam dosis penggunaan Asedas yang mana dapat disesuaikan dengan kondisi penggunanya. Berikut dibawah ini dosis penggunaan Asedas:

  • Pengguna anak usia lebih dari 6 tahun dapat mengonsumsi Asedas sebanyak 1 sendok makan dan di ulang 2 kali sehari
  • Pengguna anak usia kurang dari 6 tahun dapat mengonsumsi Asedas seabnyak 1/2 hingga 1 sendok makan dan di ulang 2 kali sehari.

Efek Samping Asedas 

Mengingat Asedas adalah obat dengan jenis suplemen multivitamin, tidak ditemukan adanya efek samping yang membahayakan penggunanya apabila dikonsumsi secara berkepanjangan. Namun, jika selama mengonsumsi Asedas muncul beberapa macam kondisi atau keadaan yang mengkhawatirkan, segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter atau tenaga ahli medis lainnya untuk mendapatkan pertolongan pertama dan perawatan yang tepat.

Kontraindikasi Asedas 

Kontraindikasi Asedas sendiri hingga saat ini belum ditemukan. Namun, perlu diperhatikan dengan baik mengenai pengguna yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap Asedas ataupun bahan kandungan Asedas.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

Dalam mengonsumsi Asedas, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik dan benar. Berikut dibawah ini hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Simpan Asedas di suhu ruangan yang sesuai sekitar 5 hingga 30 derajat celsius
  • Jauhkan Asedas dari paparan sinar matahari secara langsung
  • Simpan Asedas di tempat yang kering, sejuk dan tidak lembab.
  • Tidak diperbolehkan untuk menggandakan atau mengurangi dosis penggunaan Asedas tanpa sepengetahuan atau ijin dari dokter atau tenaga ahli medis lainnya.
  • Tidak diperbolehkan membuang Asedas ke saluran pembuangan seperti contohnya drainase, karena hal tersebut mampu mencemarkan lingkungan.Namun hal tersebut dapat dilakukan apabila diinstruksikan seperti itu.
  • Apabila penderita melewati jadwal konsumsi dosis yang sebelumnya, penderita tidak boleh mengonsumsi dosis ganda pada waktu konsumsi selanjutnya dengan tujuan untuk menutup keterlambatan penggunaan dosis sebelumnya

Asedas Untuk Wanita Hamil

Asedas tidak ditujukan untuk wanita hamil atau menyusui karena Asedas sendiri jenis obat suplemen multivitamin yang hanya bisa diberikan kepada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

You may also like