Riboflavin (Vitamin B2) : Manfaat – Sumber Makanan

2152

Ribloflavin adalah nama ilmiah dari vitamin B2 yang mungkin anda baru dengar. Vitamin B2 termasuk dalam salah satu jenis vitamin B kompleks yang larut dalam air sehingga tubuh harus mendapatkan asupan vitamin B2 ini setiap harinya. Manfaat dari vitamin B2 ini diantaranya adalah untuk memperbaiki dan mempertahankan mekanisme tubuh sehingga tidak terjadi gangguan di dalamnya. selain itu manfaat lainnya adalah sebagai vitamin kecantikan. Diantara vitamin B lainnya memang vitamin B2 lebih banyak digunakan untuk kecantikan. Di dalam riboflavin terdapat kandungan antioksidan yang mampu menghambat penuaan dini.

baca juga: makanan yang mengandung antioksidan

Anda bisa mendapatkan vitamin B2 ini dari sumber makanan secara alami atau dengan mengonsumsi suplemen vitamin B2. Namun suplemen vitamin B2 sangat disarankan hanya digunakan oleh mereka yang mengalami defisiensi atau kekuranga vitamin B2 saja dan hal itu juga harus sepengetahuan dari dokter supaya mendapatkan dosis yang tepat. dosis ini sangatlah penting karena jika salah bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada tubuh serta menganggu kesehatan. Mendapatkan sumber vitamin B2 dari makanan secara alami tentu saja akan lebih baik dibandingkan dengan mendapatkannya dari suplemen.

Manfaat Riblofavin

Manfaat riboflavin atau vitamin B2 ini cukup banyak dan harus anda dapatkan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat riblofavin ini bagi tubuh? selengkapnya simak berikut ini:

  1. Membantu pertumbuhan dan reproduksi

Untuk orang yang masih dalam masa pertumbuhan seperti anak-anak dan remaja sebaiknya jangan sampai mengalami kekurangan vitamin B2. Hal ini dikarenakan vitamin B2 termasuk yang berperan dalam pertumbuhan yang sehat baik. selain itu vitamin B2 juga baik untuk sistem reproduksi baik untuk para pria maupun wanita. Jadi jika anda mengalami masalah pada pertumbuhan dan reproduksi maka anda bisa menelaah lagi mengenai konsumsi vitamin B2 apakah sudah tercukupi ataukah belum.

baca juga: makanan untuk kesuburan

  1. Mencegah munculnya jerawat

Jerawat merupakan sebuah kecil yang biasanya ada di area wajah namun meskipun kecil biasanya menjadi biang dan membuat penderitanya menjadi tidak pede dengan penampilannya. Nah, salah satu fungsi dari vitamin B2 ini adalah untuk mencegah pertumbuhan jerawat. Hal ini dikarenakan vitamin B2 mampu mengurangi keluarnya lendir atau minyak sehingga produksi minyak di wajah menurun. Seperti yang telah diketahui bahwa jerawat lebih banyak ditemukan pada wajah berminyak karena di sanalah berbagai bakteri dapat tumbuh dengan subur.

baca juga: benjolan di hidung

  1. Meningkatkan energi

Salah satu manfaat lainnya yang ada di dalam vitamin B2 adalah sebagai penyuplai enegrgi. Hal ini disebabkan sebagian vitamin B2 yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi gula atau glukosa yang menjadi salah satu bahan bakar energi utama bagi tubuh setelah lemak. Dengan adanya energi yang cukup di dalam tubuh maka kinerja tubuh pun akan menjadi lebih optimal dan tidak mengalami gangguan yang tidak diinginkan.

baca juga: efek bahaya minuman energi sangat mematikan

  1. Menjaga kesehatan mata

Mata bukan hanya membutuhkan vitamin A saja untuk melancarkan kinerjanya namun juga membutuhkan vitamin B2 supaya hasilnya lebih optimal. Memang fungsi dari vitamin A pada mata ini akan lebih besar daripada vitamin B2 akan tetapi mata akan mengalami gangguan jika kekurangan vitamin B2 ini. vitamin B2 membantu mencegah terjadinya katarak, penegangan otot mata serta menyehatkan mata.

baca juga: cara mengurangi minus mata

  1. Menjaga metabolisme tubuh

Di dalam vitamin B2 mengandung antioksidan dan antibody yang mampu mempertahankan jaringan tubuh supaya tidak mudah terserang berbagai bakteri, virus dan kuman penyebab penyakit sehingga sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan tahan banting. Terlebih lagi ada beberapa jenis vitamin yang tidak akan bekerja dengan baik jika tidak ada keberadaan vitamin B2. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin B2 ini dari berbagai makanan secara alami maupun dari suplemen vitamin B2.

baca juga: cara meningkatkan metabolisme tubuh

Makanan yang Mengandung Riboflavin

Manfaat dari vitamin B2 ini sangatlah banyak dan anda sebaiknya memperhatikan kecukupan vitamin B2 ini di dalam tubuh. tapi mungkin anda masih bingung apakah anda mengalami kekurangan vitamin B2, apakah sudah cukup atau justru kelebihan? Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang mengandung vitamin B2 supaya bisa menjadi panduan anda apakah anda sudah mengonsumsi vitamin B2 ini setiap harinya apakah belum. Selengkapnya simak berikut ini:

  1. Jamur

Jamur merupakan jenis sayuran unik karena memiliki rasa yang khas bahkan bisa menjadi alternatif pengganti daging bagi anda yang vegetarian atau sedang dalam diet daging. Di dalam 100 gram jamur mengandung vitamin B2 sebanyak 0,31 mcg. Manfaat jamur lainnya cukup banyak seperti misalnya untuk menurunkan kolesterol, pengobatan penyakit liver, gejala anemia, diabetes tipe 1, anti tumor, anti bakteri, menurunkan berat badan karena mengandung serat tinggi. anda bisa mengonsumsi jamur ini dengan berbagai variasi olahan makanan seperti misalnya nasi goreng, sup jamur, jamur crispy, mie ayam jamur dan lainnya.

  1. Bayam

Di dalam bayam 100 gram mengandung 0,189 mcg vitamin B2 atau riboflavin. Selain vitamin B2, sayuran kesukaan popeye ini juga mengandung zat besi dan vitamin K yang cukup tinggi. vitamin K sendiri memiliki fungsi pada kesehatan kulit yang lebih efektif dibandingkan dengan yang dilakukan oleh vitamin E. jadi jika anda mengonsumsi sayur bayam akan memiliki kulit yang lebih halus dan mencegah penuaan dini.

baca juga: bayam bagi penderita asam urat

  1. Tomat

Bukan hanya vitamin A dan vitamin C saja yang ada di dalam tomat namun juga vitamin B2 di dalamnya cukup tinggi. di dalam tomat terdapat kandungan vitamin B2 sebanyak 0,49 per 100 gramnya. Anda tentu saja bisa mengolah tomat ini menjadi berbagai jenis makanan yang anda sukai misalnya saja pelengkap pizza, sambal, jus tomat dan lainnya.

  1. Kacang kedelai

Selain sebagai sumber dari protein nabati, kacang kedelai juga memiliki kandungan vitamin B2 yang cukup tinggi. di dalam 100 gram kacang kedelai memiliki kandungan vitamin B2 sebanyak 0,76 mcg. Manfaat dari kacang kedelai ini tentunya banyak dan mungkin anda sudah mengetahuinya dengan baik. jenis makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini juga beragam misalnya saja tempe dan tahu yang sangat terkenal di Indonesia.

baca juga: kacang hijau bagi penderita kista

  1. Kacang almond

Kacang almond memiliki bentuk seperti kacang lainnya namun memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kacang lainnya. kacang almond juga memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi diantaranya adalah vitamin B2. Di dalam 100 gram kacang almond mengandung 1,01 mcg vitamin B2. Manfaat kacang almond diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung serta menjaga kecantikan. Saat ini anda juga bisa menemukan kacang almond dengan mudah karena sudah biasa menjadi campuran cokelat.

baca juga: cara menjaga kesehatan alat peredaran darah

  1. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang saat ini menjadi kesukaan banyak orang karena selain rasanya yang enak juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup banyak misalnya saja kandungan vitamin B2. Anda bisa mendapatkan asparagus ini di swalayan atau supermarket karena di Indonesia, asparagus ini memang belum dibudidayakan dan masih terbatas.

baca juga: penyebab ingus berdarah

  1. Brokoli

Brokoli sejenis sayuran yang memiliki bentuk seperti pohon beringin ini memang memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya. salah satunya yang ada di dalam brokoli adalah vitamin B2. Anda bisa mendapatkan brokoli ini sangat mudah karena saat ini sudah banyak dijual baik di pasar tradisional atau di pasar modern seperti swalayan atau supermarket. Anda juga bisa mengolahnya menjadi makanan yang beragam sesuai dengan kesukaan anda atau bisa juga anda jadikan camilan sehat karena bisa dibuat keripik brokoli.

baca juga: dampak kekurangan dan kelebihan eritrosit

  1. Susu

Selain dari makanan nabati, vitamin B2 atau riboflavin juga bisa ditemukan di dalam sumber makanan hewani salah satunya adalah di dalam susu. Di dalam 250 ml susu mengandung 0,1 mcg vitamin B2. Bukan hanya pada susu sapi saja namun juga bisa ditemukan di susu kedelai. Susu kedelai memang memiliki rasa yang sedikit berbeda namun kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya jangan diabaikan.

baca juga: cara mengatasi kekurangan darah

  1. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan hewani yang sangat terkenal di seluruh dunia. ada banyak makanan yang menggunakan telur sebagai salah satu bahan pembuatannya. Permintaan telur saat ini juga ternyata lebih banyak dibandingkan dengan permintaan daging unggasnya. Di dala 100 gram telur mengandung 0,5 mcg vitamin B2. Kandungan vitamin B2 yang ada di dalam telut lebih banyak dibandingkan yang ada di dalam daging. Jadi tidak ada asalan untuk menghindari telur ya. selain itu manfaat yang bisa didapatkan dari telur adalah untuk mengobati para penderita yang sedang mengalami kekurangan zat besi.

  1. Hati

Hati merupakan salah satu organ dalam dari hewan baik itu sapi, ayam, kambing atau lainnya yang bisa dimakan dan tentunya halal. Mungkin anda jijik jika mengonsumsi hati namun tahukah anda bahwa di dalam hati ini terdapat kandungan vitamin B2 yang cukup tinggi yaitu sebesar 4,65 mcg dalam tiap 100 gramnya. Meskipun mengandung vitamin B2 tinggi namun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi hati setiap hari karena mengandung purin tinggi yang bisa menyebabkan gejala asam urat tinggi.

  1. Keju

Salah satu produk turunan dari susu ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber vitamin B2 harian anda. Di dalam 100 gram keju mengandung 1,36 mcg vitamin B2. Namun untuk lebih detailnya sebenarnya akan tergantung pada jenis keju itu sendiri. Keju memiliki kandungan vitamin banyak dan kalsium tinggi sehingga cocok bagi anda yang memiliki masalah pada tulang. Anda bisa mendapatkan keju dengan mudah karena sudah banyak dijual dipasaran saat ini dengan harga yang cukup terjangkau.

baca juga: akibat kelebihan kalsium

  1. Ikan kembung

Ikan juga bisa dijadikan sebagai sumber vitamin B2 lho, salah satunya adalah ikan kembung. Di dalam 100 gram ikan kembung mengandung vitamin B2 sebanyak 0,54 mcg. Ikan kembung ini harganya lebih murah dibandingkan dengan ikan tuna atau ikan salmon namun kandungan nutrisi di dalamnya hampir sama. Jadi untuk mendapatkan makanan sehat tidak perlu mahal ya.

baca juga: makanan yang cocok untuk golongan darah AB

  1. Ikan salmon

Ikan yang satu ini memang tidak pernah berhenti memberikan nutrisi kepada para penggemarnya. Di dalam 100 gram ikan salmon mengandung 0,42 mcg vitamin B2 yang bisa anda dapatkan untuk tubuh. anda bisa membuat ikan salmon ini menjadi berbagai jenis olahan yang sangat enak tergantung dari kesukaan anda masing-masing.

baca juga: obat tradisional mata ikan

Daftar yang ada di atas adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B2 namun perlu anda ketahui bahwa masih banyak jenis makanan lainnya yang mengandung vitamin B2. Jadi anda tidak perlu khawatir jika anda dalam satu hari tidak mengonsumsi salah satu makanan yang ada di dalam daftar tersebut.

Demikian ulasan mengenai vitamin B2 atau yang memiliki nama ilmiah riboflavin, semoga bisa membantu anda yang saat ini sedang menjalani program hidup sehat atau mencari tahu mengenai vitamin B2 dan jenis makanan apa saja yang ada di dalamnya. semoga bermnafaat.