Home MakananMakanan Sehat 28 Makanan untuk Kesuburan bagi Pria dan Wanita  

28 Makanan untuk Kesuburan bagi Pria dan Wanita  

by Tri Astuti

Kesuburan merupakan sebuah titik ukur yang sangat penting bagi pasangan yang ingin mendapatkan keturunan. Hal ini tentu saja dilihat setelah tidak ada masalah apapun yang berkaitan dengan sistem reproduksi seperti kelainan sperma, kista, endometrium dan berbagai masalah lain. Wanita yang masuk usia subur bisa memiliki banyak sel telur yang matang setiap periode. Sel telur ini jika dibuahi oleh sel sperma maka kemungkinan besar bisa terjadi konsepsi kehamilan. Sementara laki-laki juga bisa dinyatakan subur jika memiliki jumlah sperma yang sesuai kebutuhan dan sperma tersebut cukup sehat. (baca juga: penyebab impoten pada priapenyakit yang menyerang tuba falopi – gejala, pengobatan dan pencegahan)

Namun ternyata banyak orang yang mengalami gangguan kesuburan dan sulit untuk mendapatkan keturunan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan kesuburan termasuk untuk laki-laki dan perempuan.

  1. Pisang

Ya, buah pisang termasuk salah satu buah yang bisa membantu meningkatkan kesuburan. Pisang mengandung nutrisi yang sangat penting seperti vitamin B6. Vitamin B6 memberikan keuntungan sebagai makanan untuk kesuburan, karena mendorong keseimbangan hormon dalam tubuh. Wanita yang lebih sering makan buah pisang memiliki sel telur yang lebih banyak dan bisa mencapai ukuran yang matang. Sementara laki-laki yang sering makan pisang memiliki kualitas sperma yang lebih baik dibandingan dengan yang tidak makan pisang. Bahkan makan pisang secara rutin juga bisa membantu meningkatkan libido yang menunjang kualitas hubungan intim. Ada berbagai khasiat buah pisang untuk kesehatan. (baca juga: bahaya efek terlalu banyak makan buah pisang : dampak mematikan)

  1. Ikan Kembung

Ikan kembung termasuk jenis ikan yang mudah didapatkan dipasar dan toko ikan. Ikan kembung mengandung minyak esensial yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Ikan kembung juga mengandung DHA yang bisa meningkatkan kesehatan sperma. Asam lemak dalam ikan kembung juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat sehingga memberikan pengaruh secara langsung pada kualitas sperma. Terlalu banyak kolesterol jahat bisa menyebabkan masalah baru seperti pematangan sperma yang tidak sempurna dan sperma cacat. Hal ini tentu saja bisa mendatangkan masalah kesuburan. (baca juga: makanan penurun kolesterol tinggi super cepat)

  1. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu sayuran yang memiliki bentuk seperti ujung tombak dengan ukuran yang menengah. Sayuran ini sangat menyehatkan karena mengandung asam folat yang cukup tinggi. dalam setiap 100 gram asparagus mengandung setidaknya 262 mcg. Jumlah ini sudah bisa memenuhi setidaknya sekitar 65% kebutuhan asam folat harian. Asam folat sangat penting untuk mendukung pematangan sel telur ketika mendekati waktu ovulasi. Asparagus juga sangat baik untuk laki-laki karena bisa meningkatkan kesehatan sperma dan menjaga tingkat libido.

  1. Telur

Mengkonsumsi telur terutama jenis ayam kampung juga bisa meningkatkan kesuburan. Telur mengandung vitamin D yang sangat penting untuk menjaga kualitas sperma dan sel telur. Sebuah penelitian yang dikembangkan di Universitas Yale membuktikan jika mengkonsumsi telur secara teratur bisa meningkatkan kualitas dan jumlah sel telur serta sel sperma menjadi lebih tinggi. kekurangan vitamin D juga sangat berpengaruh untuk masalah kesuburan seperti masalah keseimbangan hormon atau PCOS. Jadi wanita dan pria yang ingin menjalani program kesuburan sangat penting untuk mengkonsumsi telur secara rutin. Namun hindari telur yang dihasilkan dari ayam ternak karena dikhawatirkan banyak mengandung obat.

(baca juga: bahaya telur mentah untuk kesehatanbahaya telur bagi penderita diabetesbahaya mengkonsumsi telur puyuh setiap hari)

  1. Kerang

Kerang yaitu makanan laut yang lezat juga sangat penting untuk meningkatkan kesuburan. Kerang mengandung vitamin B12 yang sangat penting untuk menjaga hormon estrogen. Vitamin B12 sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang menjalani program kesuburan. Kekurangan vitamin B12 akan membuat banyak sel telur yang matang sebelum waktunya. Kemudian kerang juga sangat penting untuk laki-laki karena bisa membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sel sperma. Ketika wanita banyak mendapatkan vitamin B12 sebelum hamil maka terbukti bisa mengurangi resiko keguguran karena memiliki lapisan rahim yang lebih tebal. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 super tinggi.

  1. Tahu

Tahu juga bisa menjadi makanan yang bisa meningkatkan kesuburan. Hal ini disebabkan karena tahu mengandung bahan zat besi yang mendorong produki sel darah merah. Zat besi juga sangat penting untuk menjaga proses ovulasi sel telur. Wanita yang mengkonsumsi tahu lebih rutin memiliki kesempatan untuk hamil yang lebih besar. Sementara tahu bisa membantu laki-laki dalam mempertahankan stamina tubuh sehingga penting untuk mempertahankan kualitas sperma. Pastikan Anda memilih tahu yang sehat untuk menghindari bahaya formalin pada makanan bagi kesehatan.

  1. Kacang Almond

Kacang almond memang menjadi makanan ajaib yang bisa meningkatkan kesuburan untuk pria dan wanita. Kacang almond mengandung vitamin E yang sangat penting untuk menjaga tingkat kematangan sel sperma maupun sel telur. Sebuah penelitian membuktikan jika orang yang mengalami kekurangan vitamin E maka memiliki tingkat kesuburan yang sangat rendah. Karena itu kacang almond yang mengandung vitamin E bisa menjadi camilan untuk meningkatkan kualitas sel sperma maupun sel telur. (baca juga: makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya)

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah segar yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C akan menjadi sumber antioksidan yang bisa menjaga pengaruh sel sperma dan sel telur dari radikal bebas. Konsumsi buah jeruk yang mengandung vitamin C juga sangat penting dalam menjaga umur hidup dari sel sperma. Konsumsi setidaknya dua buah jeruk setiap hari akan membantu meningkatkan kesehatan sel sperma. Sedangkan bagi wanita jeruk sangat baik untuk menjaga keseimbangan hormon. Masalah keseimbangan hormon sering menyebabkan gangguan kesuburan karena sel telur tidak akan mencapai ukuran kematangan. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya untuk kesehatan.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan utama untuk meningkatkan kesuburan. Ikan salmon mengandung omega 3, minyak esensial alami dan juga selenium yang tinggi. Selenium dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan karena mengandung bahan antioksidan. Bahan antioksidan ini bisa membantu menjaga kualitas sel sperma dan sel telur dari kerusakan. Bahkan konsumsi ikan salmon juga sangat penting untuk menjaga struktur kromosom. Hal ini sangat penting karena jika terjadi masalah struktur kromosom maka bisa menyebabkan cacat janin, keguguran bahkan sindrom langka. Selenium juga sangat penting untuk mempertahankan stamina tubuh. Ikan salmon juga termasuk makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan.

  1. Kacang Kapri

Kacang kapri bisa memenuhi tingkat kesuburan karena mengandung seng dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu kacang kapri juga mengandung tingkat folat yang cukup tinggi.

Mineral seng dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kualitas dan tingkat kematangan sperma. Seng juga bisa memberikan pengaruh yang penting untuk bentuk dan fungsi sperma yang normal. Beberapa penilaian ini sangat penting untuk tingkat kesuburan pria. Sedangkan seng bagi wanita akan mendukung hormon estrogen dan progesteron yang seimbang. Karena itulah kacang kapri bisa menjadi makanan yang sangat menyehatkan.

  1. Kacang Garbanzo

Kacang garbanzo merupakan salah satu jenis kacang yang sangat terkenal di kawasan Asia Selatan seperti Afaganistan dan Pakistan. Kacang yang memiliki rasa gurih dan lezat ini sangat penting untuk meningkatkan kesuburan. Kacang garbanzo mengandung asam folat yang cukup tinggi yaitu sekitar 282 mcg untuk setiap 100 gram. Jumlah ini bahkan sudah bisa memenuhi sekitar 82 % kebutuhan asam folat harian. Kacang garbanzo bisa menjadi camilan yang sangat menyehatkan.

  1. Roti Gandum

Banyak orang yang meragukan roti gandum untuk meningkatkan kesuburan. Namun ternyata roti gandum sangat baik untuk meningkatkan kesuburan karena mengandung karbohidrat lembut. Bahkan gandum menjadi sumber yang sangat menyehatkan karena mengandung asam folat, magnesium, mangan, selenium, dan juga vitamin B kompleks. Selain itu gandum juga bisa membantu mengatasi gula yang sangat tinggi yang bisa mengancam umur sel sperma. Gandum adalah biji-bijian sangat penting menjaga kesuburan.

  1. Stroberi

Stroberi adalah buah ajaib untuk membantu meningkatkan kesuburan. Buah stroberi penuh dengan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C  yang menjadi sumber antioksidan sangat penting untuk melindungi sel sperma maupun sel telur. Selain itu stroberi juga mengandung antosianin yang bisa membantu mengatasi lemak berlebihan dalam tubuh. Stroberi sangat penting untuk menjaga sel sperma dan sel telur dari kerusakan akibat keseimbangan hormon dan radikal bebas. Cara ini akan membantu menjaga tingkat kesuburan menjadi lebih baik.

  1. Beras Merah

Beras merah adalah makanan super untuk menjaga tingkat kesuburan. Beras merah sangat penting untuk menjaga tingkat gula yang bisa mendukung kesuburan dan mencegah diabetes. Jika tubuh memiliki tingkat gula berlebihan maka bisa menyebabkan masalah seperti kurangnya sel sperma dan sel telur. Bahkan kelebihan gula dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab telat datang bulan. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Selain itu  beras merah juga mengandung asam folat yang bisa membantu sel sperma dan sel telur mendapatkan umur yang lebih panjang. Secara umum hal ini bisa meningkatkan kesempatan hamil. (baca juga: makanan yang mengandung asam folat super tinggi)

  1. Brokoli

Brokoli menjadi jenis sayuran yang selalu disarankan untuk siapa saja yang ingin mendapatkan keturunan. Brokoli termasuk sayuran hijau yang mengandung sulforaphane karena termasuk dalam sayuran persilangan. Selain itu brokoli juga mengandung pitosterol yang bisa meningkatkan keseimbangan hormon terutama untuk perempuan. Brokoli bisa membantu keseimbangan hormon karena bekerja dengan mengurangi produksi estrogen alami dalam tubuh. Kelebihan estrogen adalah salah satu masalah wanita yang sangat umum untuk perempuan subur berusia lebih dari 25 tahun. Selain itu brokoli juga sangat baik untuk laki-laki karena mengandung magnesium dan juga klorofil. Kedua zat ini bisa membantu menjaga kualitas sperma.

  1. Kale

Kale juga bisa menjadi sayuran yang sangat menyehatkan sebagai makanan untuk kesuburan. Kale mengandung beberapa unsur yang sangat penting seperti bahan-bahan antioksidan dan juga vitamin E serta beberapa jenis mineral. Kale mengandung zat fitonutrisi yang bisa membantu tubuh dalam menjaga infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari ancaman peradangan. Bahkan konsumsi kale secara teratur bisa mencegah resiko PCOS untuk wanita. Kale juga mengandung vitamin A dan kalsium yang sangat baik untuk laki-laki dalam mempertahankan stamina tubuh.

  1. Susu

Jika Anda sedang berdiet dan minum susu rendah lemak, maka jika untuk meningkatkan kesuburan hal ini harus dilupakan. Susu yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan adalah susu yang mengandung lemak tinggi. Susu yang mengandung lemak akan membantu menjaga kualitas sperma dan sel telur. Minum susu yang mengandung lemak juga banyak mengandung kalsium. Hal ini akan membantu memenuhi nutrisi kebutuhan tubuh. Susu sangat baik diminum untuk wanita yang bermasalah dengan hambatan ovulasi setiap bulan. Menambahkan jahe sangat sangat baik untuk meningkatkan stamina pada laki-laki. (baca juga: khasiat susu sapi murni bagi kesehatan)

  1. Lentil

Lentil termasuk jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung asam folat. Dalam setiap 100 gram lentil mengandung setidaknya 385 mcg asam folat. Kandungan asam folat yang sangat tinggi ini akan membantu meningkatkan kesehatan termasuk jumlah dan ukuran sel telur. Asam folat sangat baik untuk wanita yang ingin hamil karena juga bisa mendukung selama kehamilan. Lentil juga baik untuk pria karena mengandung mineral yang lengkap seperti magnesium dan seng. Lentil bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau dicampur dengan sup.

  1. Rumput Laut

Apakah Anda suka makan rumput laut? Rumput laut ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Selain itu rumput laut sangat baik untuk menjaga agar sistem ovulasi pada wanita bisa terjadi setiap bulan. Ovulasi akan terjadi ketika ukuran sel telur yang matang dan berkualitas bertemu dengan sel sperma. Cara ini akan membantu meningkatkan kesuburan secara alami. Tidak hanya itu saja sebab rumput laut juga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga sistem kesehatan secara umum. Rumput laut sangat menyehatkan karena termasuk dalam makanan yang mengandung iodium tinggi.

  1. Seledri

Seledri merupakan salah satu sayuran hijau dengan aroma yang kuat dan rasa yang lezat. Sayuran ini bisa dikonsumsi mentah maupun dicampur dalam masakan. Umumnya banyak orang makan seledri atau minum jus seledri karena bisa membantu menurunkan resiko penyakit ginjal. Bahkan seledri juga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun ternyata seledri juga sangat baik untuk menjaga kesuburan. Seledri mengandung kadar asam folat yang cukup tinggi. Bahkan dalam setiap 100 gram seledri ditemukan sekitar 34 mcg asam folat. Jumlah ini sudah bisa memenuhi sekitar 7% kebutuhan asam folat harian. Untuk meningkatkan kesuburan maka laki-laki dan perempuan bisa mengkonsumsi seledri baik dalam campuran sayuran ataupun  jus.

  1. Bayam

Mengkonsumsi bayam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi dan bisa menjaga kualitas sperma dan sel telur. Bayam mengandung beberapa nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi seperti zat besi, asam folat, seng dan kandungan antioksidan. Bahan-bahan ini bisa membantu menjaga kesuburan dan menurunkan lemak tubuh. Untuk menjaga sistem kesehatan reproduksi maka Anda bisa mengkonsumsi bayam dalam bentuk jus ataupun sayuran. Bayam cukup direbus sebentar saja untuk menikmati rasanya. Pastikan Anda juga memilih jenis bayam organik karena bayam biasa sering mengandung pestisida dalam jumlah yang tinggi. (baca juga: keracunan makanan (gejala, bahan makanan, penanganan dan pencegahan))

  1. Okra

Okra dikenal sebagai sayuran yang penuh dengan misteri. Sayuran okra memang sulit untuk ditemukan namun disupermarket biasanya sayuran ini bisa dibeli. Okra mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Okra mengandung vitamin dan mineral yang akan membantu pencernaan dan menurunkan berat badan. Selain itu kandungan asam folat dalam okra bisa membantu meningkatkan jumlah sel telur. Bagi pria maka sayuran okra bisa meningkatkan kualitas sperma dan menjaga agar sperma tidak rusak akibat radikal bebas.

  1. Biji Labu

Biji labu mungkin menjadi camilan yang paling banyak disukai sebagai camilan yang gurih dan lezat. Namun jenis camilan biji labu yang biasanya dibentuk menjadi kuaci sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Biji labu sangat baik untuk kesuburan karena mengandung zat besi, omega 3 dan juga seng yang sangat tinggi. Seng sangat penting untuk menjaga sistem genetik terutama berhubungan dengan sistem DNA dalam tubuh. Bahkan seng sangat baik untuk menjaga kesehatan sperma serta menjaga kadar testosteron yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan bahan antioksidan alam biji labu juga bisa menurunkan resiko peradangan.

  1. Kenari

Kenari termasuk jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung omega 3. Omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesuburan karena bisa mendukung kesehatan sel sperma dan sel telur. Bahkan kenari sangat baik untuk menjaga keseimbangan hormon terutama untuk wanita yang sudah mengalami masalah estrogen yang sangat tinggi. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi kenari sebagai camilan atau dibuat menjadi susu. Kenari sangat baik menjaga kesehatan dan kualitas sel sperma ataupun sel telur.

  1. Brussel Sprout

Brussel sprout adalah jenis sayuran yang berbentuk seperti kubis namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Sayuran ini sangat baik untuk meningkatkan kesuburan karena mengandung asam folat, vitamin C, vitamin K, mangan, vitamin A dan juga kalium. Semua nutrisi ini akan meningkatkan kesuburan dengan memelihara kesehatan dan organ tubuh. Aliran darah yang baik dengan bantukan kalium yang bermanfaat untuk jantung sangat baik untuk menjaga sistem kesehatan. Brussel sprout sangat baik untuk laki-laki maupun perempuan yang ingin meningkatkan kesuburan.

  1. Kembang Kol

Banyak orang tidak suka sayuran kembang kol karena bentuk dan rasanya yang tawar. Namun kembang kol ternyata sangat baik untuk memelihara kesehatan terutama untuk sistem reproduksi. Kandungan vitamin C dan juga asam folat dalam kembang kol sangat baik untuk menjaga sel sperma dan sel telur. Dalam setiap 100 gram kembang kol mengandung setidaknya 55 mcg asam folat. Sayuran ini sangat baik untuk wanita yang menjalani program kehamilan. Kembang kol juga sangat baik untuk mencegah kerusakan sel sperma yang bisa menurunkan kesempatan kehamilan untuk pasangan.

  1. Wortel

Wortel memang sayuran yang sangat terkenal untuk menjaga kesehatan mata. Namun ternyata wortel sangat baik untuk meningkatkan kesuburan karena bisa membantu memelihara sel sperma dan sel telur. Wortel juga bisa meningkatkan ukuran sel telur menjadi lebih besar dan sesuai dengan kebutuhan syarat pembuahan. Wortel mengandung bahan asam folat yang bisa membantu meningkatkan kesehatan reproduksi. Bahkan folat juga sangat penting untuk ibu hamil.

  1. Jagung

Jagung mengandung asam folat yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram jagung mengandung setidaknya sekitar 76 mcg asam folat. Jumlah ini sudah bisa mencukupi sekitar 19% kebutuhan asam folat harian. Jagung yang masih segar bisa dikonsumsi dengan cara di rebus atau diolah menjadi sup. Jagung bisa menjadi asupan yang sangat baik untuk sistem reproduksi. Kandungan gizi jagung sangat lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kebiasaan Baik untuk Meningkatkan Kesuburan

  1. Kurangi minuman bersoda. Bagi pasangan yang ingin meningkatkan kesuburan maka bisa mencoba untuk mengurangi atau sama sekali tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda akan merusak sistem metabolisme dan meningkatkan berat badan. (baca juga: dampak  bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh & ibu hamil)
  2. Cukup tidur. Pasangan yang ingin meningkatkan kesuburan juga harus menjaga waktu tidur yang cukup. Tidur yang sangat disarankan adalah sekitar tujuh hingga delapan jam. Jumlah waktu tidur ini sangat baik untuk menjaga agar kesuburan menjadi lebih baik dan meningkatkan kesehatan secara umum. (baca juga: bahaya tidak tidur di malam haribahaya akibat kurang tidur malam bagi kesehatan – pria – wanita)
  1. Menjaga kesehatan gigi. Bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kesuburan maka juga harus bisa menjaga kesehatan gigi dengan baik. Kesehatan gigi sangat penting karena bisa berpengaruh untuk jantung. Jantung yang baik akan membantu peredaran darah dalam tubuh. Kurang menjaga kebersihan gigi bisa menyebabkan sakit gigi (baca juga: penyebab gigi berlubang sakit dan keroposbahaya gigi berlubang jika dibiarkanabrasi gigipenyebab abrasi gigi)
  1. Cukup olahraga. Melakukan olahraga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dengan baik. Olahraga akan menjaga metabolisme tubuh, menurunkan berat badan serta memelihara keseimbangan hormon dalam tubuh. (baca juga: olahraga menurunkan berat badan super cepatolahraga yang membakar kalori super banyak)
  1. Kurang waktu untuk menonton televisi. Tidak ada yang melarang kebiasaan untuk melihat televisi ketika waktu luang. Tapi hindari terlalu banyak melihat televisi karena kecanduan terhadap beberapa acara. Sebuah penelitian membuktikan jika terlalu banyak melihat televisi maka bisa menurunkan jumlah sperma dan mempengaruhi kualitas sel telur. Terlalu sering menonton televisi juga bisa menyebabkan bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan
  1. Hindari stres atau terlalu cemas. Merasa stres atau terlalu cemas bisa menyebabkan masalah yang berat untuk kesuburan. Anda bisa mencoba untuk mengelola agar tidak terlalu stres sebab sters telah merusak kualitas sperma dan sel telur. (baca juga: cara menghindari stres dan penyebabnyacara mengatasi stres super ampuh)
  1. Menurunkan berat badan. Memiliki berat badan yang seimbang untuk laki-laki dan perempuan sangat baik untuk program kesuburan. Berat badan yang seimbang juga akan melindungi kualitas sel sperma dan sel telur dari berbagai penyakit atau kelainan. (baca juga: cara menurunkan berat badan dengan cepat secara alamimakanan penurun berat badan super cepat (rendah kalori))
  2. Jangan merokok. Hindari rokok untuk memelihara kesehatan organ reproduksi maupun sel sperma dan sel telur. Rokok telah merusak sistem reproduksi yang bisa menurunkan kesuburan. Nikotin dalam rokok sangat jahat dengan berbagai efek kesehatan yang mengerikan. (baca juga: bahaya merokok bagi remajabahaya asap rokok hingga menyebabkan kematian – bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mematikan)
  3. Hindari membawa ponsel di dalam kantung celana. Semua wanita dan laki-laki yang memiliki kebiasaan untuk membawa ponsel sebaiknya menghindari area bagian bawah tubuh. Ketika beberapa bagian organ reproduksi terlalu sering terkena radiasi maka bisa menyebabkan kerusakan bentuk sel sperma dan sel telur. (baca juga: bahaya meletakkan hp dibawah bantal saat tidurbahaya menelepon terlalu lama : otak, syaraf dan kesehatan)

Salah satu cara untuk meningkatkan peluang kehamilan hanya dengan menjaga tingkat kesuburan. Berbagai cara alami untuk meningkatkan kesuburan bisa dilakukan dengan cara menjaga kesehatan secara umum dan mengkonsumsi berbagai makanan untuk kesuburan bagi pria dan wanita.

You may also like