19 Makanan Yang Mengandung Iodium Tinggi

9929

Iodium merupakan salah satu bahan kandungan dasar yang dibutuhkan oleh manusia. Meski bukan dalam proporsi yang besar, namun keberadaanya cukup berpengaruh untuk tubuh. Iodium masuk ke dalam jajaran mikro molekul bagi tubuh. Dalam kelompoknya, dikenal dengan bangsa mineral yang biasanya masuk dalam komponen tubuh penting, mutlak di miliki namun dalam dosis kecil. Ketika masuk ke dalam tubuh, iodium ini akan di proses oleh tiroid. Kemudian akan di olah menjadi hormon yang penting untuk tubuh. Bisa jadi diolah menjadi bahan berguna untuk pertumbuhan sistem syaraf. Atau untuk membantu perkembangan otak bayi yang ada di dalam tubuh.

Bukan hanya kasus ibu hamil saja iodium ini berguna. Juga untuk ibu yang sedang menyusui. Sebanyak 270 mikro gram per hari adalah dosis yang paling di anjurkan untuk di konsumsi. Sedangkan untuk ibu hamil, hanya membutuhkan dosis 220 mikro gram per harinya.

Mengapa perlu mengonsumsi iodium?

Mengkonsumsi iodium berguna untuk membantu menjaga kelangsungan kelenjar tiroid. Selain itu juga berguna untuk cara menjaga kesehatan kuku. Bukan hanya itu, namun keremajaan kulit akan tetap terjaga. Kemudian mampu membuat rambut lebih terawat dan indah. Sedangkan jika mengalami kekurangan konsumsi tiroid, akan bermasalah untuk tubuh. Salah satunya adalah mengganggu fungsi dan aktivitas kelenjar tiroid. Bahkan jika anda membiarkan sampai jangka waktu yang lama, mampu menyebabkan kerusakan pada otak. Selanjutnya resiko terkena kretinisme juga tinggi. Anda mungkin tidak akan paham, namun bisa diketahui secara pasti melalui tingkat kecerdasan yang menurun. Kemudian mengalami kekurangan kemampuan dalam fungsi kognitif.

Tapi mengkonsumsi iodium secara berlebihan juga tidak baik. Sebab kandungan bahan ini bisa menyebabkan anda hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tentu saja hal ini membuat diri mudah marah dalam keadaan apapun. Mereka yang kelebihan iodium juga sering terkena sakit kepala, baik hanya sebelah maupun keseluruhan. Di temuinya ruam pada kulit, yang mana menjadi kemerahan. Anda juga merasakan bahwa kelenjar ludah semakin banyak. Tak jarang sampai merasakan ingin mual hingga muntah muntah.

Makanan sumber iodium terbaik :

1. Ikan sarden

Ikan sarden yang biasa anda konsumsi dalam kaleng merupakan salah satu bahan sumber iodium terbaik. Mengapa? Sebab sebagian besar makanan yang berasal dari lautan mengandung banyak kandungan iodium. Ikan sarden merupakan salah satu ikan yang memiliki hal tersebut.

2. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang terkenal mahal. Tentu saja di perkuat dengan kandungan serta gizinya yang mumpuni. Salah satunya adalah iodium. Dalam ikan salmon, kandungan iodium dikenal sebagai salah satu sumber iodium terbaik. Selain itu, dalam ikan salmon juga mengandung beberapa zat yang berguna. Misalnya seperti makanan yang mengandung asam folat, omega 3 serta omega 6.

3. Ikan tuna

Bukan hanya sebatas ikan salmon dan sarden, ikan tuna juga mengandung cukup banyak kandungan iodium. Selain dagingnya yang menggoda dan menggiurkan, ikan tuna memang masuk dalam salah satu makanan favorit orang Indonesia. Apalagi dalam sajian bakar. (Baca juga : bahaya makanan laut)

4. Cumi cumi

Selanjutnya, masih ada dari sebangsa cumi cumi yang memiliki kandungan iodium yang banyak. Anda bisa mengidetifikasikannya melalui rasa dari makanan ini. Biasanya makanan yang memiliki cita rasaa asin, cenderung memiliki kandungan iodium.

Termasuk cumi cumi adalah salah satu makanan yang cukup banyak kandungan iodiumnya. (Baca juga : bahaya makan cumi-cumi)

5. Kerang

Selain dari cumi cumi, makanan laut lainnya juga mengandung iodium. Salah satunya adalah kerang. Rasanya yang gurih dan lezat memang sangat pas dan cocok di konsumsi sehari hari. Memakan makanan yang mengandung iodium tinggi ini sangat istimewa. Sebab rasanya pasti enak, serta harganya tidak terlalu mahal. Bahkan ada yang mengatakan jika kita mengkonsumsi 2 sampai 3 porsi makanan seafood, sudah mampu mencukupi kebutuhan iodium dalam satu minggu.

6. Lobster

Kemudian, masih ada lobster yang juga memiliki kandungan iodium baik. Lobster yang ada ini memiliki kandungan yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Termasuk makanan yang mengandung kalium, kalsium, magnesium, kalin, asam folat, dan iodium. Memakan lobster 6 porsi dalam satu minggu sudah mencukupi proporsi iodium bagi ibu mnyusui dan hamil.

7. Rumput laut

Bangsa hewan laut memang bukan barang baru jika bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Tapi ternyata tumbuhan laut juga mampu menghasilkan banyak kandungan dan manfaat. Salah satunya adalah rumput laut. Selain mengandung iodium juga mengandung beberapa mineral lain. Misalnya mengandung asam folat dan omega 3 serta omega 6. Bahkan sebagian besar hewan laut mengambil makanan dalam rumput laut. Maka bisa di katakan bahwa rumput laut adalah makanan sumber dari sumber iodium dalam lingkungan laut.

Jika anda menimbang, maka kandungan dari rumput laut ini bisa berkisar antara 0,7 sampai dengan 4,5 gram / kilo gram. Menurut penuturan dari seorang salah satu ahli, Prof. Made dari Jepang menegaskan bahwa kandungan iodium pada rumput laut mencapai 2.400 sampai 155.000 kali lebih banyak dari kandungan iodium sayuran yang ada di daratan.

8. Garam beriodium

Paling mudah untuk mengkonsumsi iodium adalah dengan memakan garam beriodium. Pada akhir abad 20 ini, dunia sudah mampu mengembangkan garam yang sudah mengandung iodium. Biasanya tingkat keasinannya tidak terlalu tinggi. Namun biasanya makanan dengan kandungan iodium, juga memiliki kandungan natrium yang tinggi pula. (Baca juga : bahaya makanan asin)

9. Dari suplemen khusus

Jika memang anda membutuhkan makanan yang mengandung iodium, namun kurang waktunya untuk mengkonsumsi makanan tersebut, bisa menggunakan dengan konsumsi suplemen. Meskipun sifatnya sintesis, namun teknologi farmakologi sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat makanan ini benar-benar memiliki kandungan yang serupa dengan iodium asli.

10. Kelp

Dari pihak vegetarian, juga ada bahan yang memberikan iodium. Salah satunya adalah kelp. Kandungannya bukan hanya baik untuk menjaga kelenjar tiroid, namun juga untuk kesehatan tubuh lain. Selain itu, dalam kelp masih ada beberapa gizi penting lainnya. Misalnya merupakan makanan yang mengandung magnesium, kalium, serta kalsium yang berguna untuk tubuh.

11. Susu

Tentu saja susu menjadi salah satu bahan makanan yang mengandung cukup banyak kandungan iodium. Sudah kita patri dalam benak, bahwa susu menjadi salah satu bahan pemenuh kebutuhan nutrisi manusia. Susu berguna untuk melengkapi bagian gizi gizi yang penting. Selain iodium, dalam susu juga terdapat beberapa kandungan dan zat lain yang berguna untuk tubuh. Misalnya kalium, kalsium, serta magnesium.

12. Ganggang-ganggangan

Kemudian masih ada bahan lain yang mengandung iodium. Salah satunya adalah sebangsa ganggang-ganggangan. Makanan ini sehat, dan banyak kandungan yang berguna untuk tubuh. Ganggang ganggangan bisa juga menjadi sumber vitamin dan mineral serta makanan yang mengandung protein.

13. Sayuran bayam

Selain itu, sebangsa sayur mayur juga memiliki kandungan iodium. Misalnya adalah bayam. Warnanya yang hijau selain mengandung iodium, juga merupakan makanan yang mengandung zat besi. Tentu saja ke dua kandungan ini penting dan berguna untuk tubuh anda.

14. Daun pepaya

Daun pepaya terkenal sebagai salah satu sayur yang memiliki cita rasa pahit. Makanya banyak yang menghindari untuk makan makanan ini. Tapi tahukah anda, ternyata daun pepaya ini mengandung banyak nutrisi dan gizi yang sangat di gunakan oleh tubuh. Salah satu kandungannya adalah iodium. Manfaatnya mampu berguna untuk membantu pembentukan hormon dalam tubuh anda.

15. Telur

Selain makanan yang berasal dari laut, ternyata ada pula makanan yang berasal dari darat yang mengandung iodium. Salah satunya adalah telur. Meskipun sedikit atau tidak terlalu banyak, namun iodium dalam telur mutlak kita perlukan untuk tubuh. Jika di timbang, maka ada sebesar 25 mili kilo gram kandungan iodium di dalam telur yang anda konsumsi sehari hari. (Baca juga : bahaya telur bagi penderita diabetes)

16. Daging

Bukan hanya dari telur, maka makanan ini juga mengandung iodium. Daging merah segar, baik dari daging ayam, daging kambing atau daging sapi sama sama mengandung iodium. Tentu saja kandungan ini sangat di perlukan oleh tubuh. Meskipun sama seperti telur tadi, tidak terlalu banyak namun juga berguna. Hanya ada sekitar 100 gram yang ada.

17. Sereal

Anda biasa makan sereal saat pagi hari? Lanjutkanlah kebiasaan tersebut! Siapa sangka kebiasaan ini membawa pengaruh baik untuk diri anda. sereal yang anda konsumsi mengandung berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah iodium. Berguna kan untuk tubuh anda? meskipun hanya berkisar 10 mili kilo gram dari yang ada.

18. Buah apel

Bukan hanya sayur dan lauk yang berasal dari lautan saja. Buah apel juga memiliki kandungan kandungan iodium. Meskipun hanya sedikit saja, namun kandungan iodium juga berguna untuk tubuh. Apalagi dalam buah apel juga mengandung beberapa unsur lain. Seperti buah yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan kandungan gizi lain. Maka ketika anda mengkonsumsi buah apel, bukan hanya kandungan iodium saja yang bisa di serap oleh tubuh. Namun juga vitamin serta mineral pula.

19. Buah jeruk

Jeruk menjadi ikon dari vitamin C, sebab makanan ini memang sangat kaya kandungan vitamin C. namun siapa sangaka, ternyata jeruk juga memiliki gizi dan nutrisi iodium. Meskipun hanya sedikit, namun kandungan dalam jeruk hanya sedikit saja. Ketika diri anda mengkonsumsi jeruk, maka bukan hanya iodium saja yang anda konsumsi. Juga vitamin dan gizi lainnya juga anda dapatkan.