8 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Natrium pada Tubuh

Pada umumnya natrium memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam jaringan tubuh manusia. Dan pertama-tama marilah kita simak daftar berikut ini yang berisi tentang berbagai akibat yang bisa diakibatkan oleh kelebihan zat natrium di dalam tubuh. Mari langsung saja kita simak berikut ini ya:

Akibat Kelebihan Natrium

  • Tekanan darah tinggi

Saat tubuh memiliki jumlah natrium dalam kadar lebih dari normal maka secara otomatis hal ini akan berpengaruh pula pada sistem cairan dalam tubuh dan salah satu yang tak luput pula yakni dengan kondisi tekanan darah dalam tubuh kita. Sangat disarankan pada penderita hipertensi untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi asupan jenis mineral yang satu ini. (baca juga: cara menurunkan darah tinggi)

Menurut suatu penelitian apabila para penderita hipertensi tak juga kunjung memperhatikan dan membatasi secara serius asupan nutrisi harian yang berlebihan sebagai suatu kebiasaan maka akan sangat mungkin hal ini akan menaikkan potensi mereka pada keadaan yang memungkinkan terkena penyakit serangan jantung sebagai dampaknya.  (baca juga: cara mencegah gagal jantung)

  • Bengkak

Tidak seimbangnya jumlah mineral natrium dalam tubuh juga akan langsung berdampak pada kondisi cairan dalam tubuh. Hal yang sangat mudah terjadi yakni timbulnya gejala bengkak pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan menumpuknya cairan pada jaringan tubuh di daerah tersebut. (baca juga: bahaya jantung bengkak)

  • Sakit menstruasi

Dengan jumlah mineral natrium berlebih khususnya pada perempuan akan memberi dampak pada saat menstruasi. Kelebihan mineral jenis ini dapat memperparah gejala sakit yang dirasakan umumnya sebelum dan pada awal keluarnya darah menstruasi. Hal ini diakibatkan karena jumlah mineral berlebih tersebut akan memicu ketegangan yang lebih maksimal pada organ reprosuksi perempuan. (baca juga: cara mengatasi nyeri haid)

  • Gagal diet

Pada umumnya penumpukan jenis mineral satu ini sangat mungkin untuk mengacaukan program diet demi mendapat berat badan ideal. Dikarenakan kelebihan mineral ini akan memicu menumpuknya cairan di beberapa bagian tubuh dan juga sangat memungkinkan dalam mengacaukan nafsu untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan secara berlebihan. (baca juga: tips diet sehat)

Dan yang setelahnya ini penulis akan berikan pula beberapa daftar dampak yang bisa tubuh kita rasakan akibat dari kekurangan natrium di bawah jumlah normalnya. Mari langsung saja kita simak daftar uraiannya berikut ini ya:


Akibat Kekurangan Natrium

  • Gangguan otot

Terdapat beberapa gangguan otot yang berbeda saat tubuh kita kekurangan asupan natrium hariannya. Diantaranya yakni otot kita mudah terasa saki dan lelah saat kita gunakan untuk beraktifitas. Dan gejala lain layaknya kesemutan pun akan lebih sering juga menyerang anggota tubuh kita. Bahkan sakit otot tadi juga akan disertai dengan gejala kram pada tingkat kondisi yang lebih seriusnya. (baca juga: 30 olahraga mengecilkan paha dan betis serta pembetukan ototnya)

  • Gangguan ginjal

Tak pelak ginjal merupakan satu organ penting penyeimbang keberadaan natrium dalam tubuh kita. Jika keberadaannya terus berkurang maka kinerja ginjal pun akan semakin kacau dari keadaan normal dan juga akan lebih berat dan hal inilah yang kemudian akan mengganggu serta menurunkan kinerja ginjal dalam jangka panjang jika tidak dilakukan penanganan secara lebih mendalam. (baca juga: cara mencegah penyakit ginjal)

  • Gangguan syaraf

Kekurangan jumlah mineral natrium dalam tubuh di bawah jumlah normal kebutuhan tubuh dapat mengganggu aktifitas sistem syaraf tubuh. Bahkan pada kodisi yang sangat paraha kan memicu timbulnya gejala kejang-kejang pada penderita dengan jumlah mineral natrium dalam tubuh kurang dari batas normal. (baca juga: jenis kelainan saraf)

Nah untuk yang selanjutnya ini penulis akan berikan beberapa daftar makanan yang memiliki kandungan natrium dalam jumlah yang tinggi. Mari langsung saja kita simak berikut ini ya:

Jenis Makanan Tinggi Natrium

  • Roti

Mungkin saja dalam benak kita ini selalu terpikir bahwasanya makanan bernatrium tinggi adalah makanan dengan rasa asin. Namun jangan salah pula jika ternyata roti pun termasuk makanan dengan kandungan natrium yang tinggi. Jika anda berniat untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh anda ada baiknya anda senantiasa memilih jenis roti gandum yang utuh karena hanya jenis roti yang satu inilah yang memiliki kadar natrium paling rendah jika harus dibanding dengan jenis roti lain yang beredar dalam pasar masyarakat kita.

  • Olahan daging

Olahan daging beku merupakan satu jenis makanan yang layak ditempatkan dalam daftar makanan bernatrium tertinggi. Seperti contoh yang terkandung dalam jenis sosis maupun nugget. Memang jenis makanan ini dirasa sangat praktis dan lezat untuk dikonsumsi terutama pada individu yang terlalu merasa bahwa memasak itu ribet. Namun di balik semua kesederhanaan proses penyajiannya di dalamnya terdapat kandungan natrium yang tinggi pula. Hal ini mungkin juga tak terlepas dari usaha pabrikan dalam semakin memperpanjang masa awet makanan produksi mereka. (baca juga: bahaya daging merah)

  • Saus

Pastinya kita berpikir makan salad buah ataupun sayuran adalah cara yang sangat sehat untuk melengkapi menu asupan nutrisi harian kita. Namun jika anda tambahkan saus ataupun  dressing yang umumnya keluaran pabrikan maka secara otomatis anda sedang menambahkan asupan natrium tinggi ke dalam salad alami anda. Nilai natrium yang sama tinggi juga terdapat dalam variant saus lain layaknya saus spaghetti seperti yang biasa kita temui pada berbagai pusat perbelanjaan. Hal ini perlu diperhatikan oleh para konsumen yang memiliki kecenderungan untuk berdiet akan natrium demi tetap terjaganya kondisi kesehatan tubuh mereka

  • Sereal

Jenis makanan satu ini seringkali dijadikan sebagai opsi utama untuk menu sarapan. Dengan cara penyajian yang praktis maka seketika pula lambung kita secara sementara telah terganjal bahan makanan pembangun energi untuk menjalani aktifitas harian. Namun mulai sekarang perlu anda tahu pula bahwasanya makanan instan sereal ini pun memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi di dalamnya. (baca juga: kopi bagi penderita asam lambung)

  • Soda

Jangan pernah terkecoh dengan minuman soda rendah kalori. Mungkin dari segi pemanis soda rendah kalori cenderung membatasinya. Namun di sisi lain kandungan natrium soda rendah kalori justru berkali-kali lipat lebih tinggi daripada jenis soda biasa pada umumnya. Seharusnya anda memang senantiasa lebih jeli dan bijak lagi dalam memilah olahan apa saja yang harus masuk dan anda konsumsi dalam tubuh anda

  • Makanan kalengan

Sebagian besar makanan kalengan tentulah mengandung lebih tinggi natrium. Layaknya kacang kalengan atau juga sup kalengan. Trik untuk memilih makanan kalengan sesuai dengan kondisi kebutuhan asupan tubuh anda yakni dengan mau lebih jeli dan teliti membaca label informasi yang tertera di dalam pembungkus kalengan tersebut. Karena pada beberapa kemasan tertera pula keterangan dari pabrikan mengenai produk yang rendah akan sodium ataupun natrium. (baca juga: sayur yang dilarang untuk asam urat)

Begitulah uraian mengenai akibat kelebihan serta kekurangan dan juga berbagai daftar makanan tinggi sodium ataupun natrium yang sering kita jumpai di keseharian. Semoga anda senantiasa lebih peduli memahami kebutuhan nutrisi anda dan biasakanlah untuk disiplin dan mau lebih jeli dalam memilih makanan yang dibutuhkan tubuh anda bukan yang sekedar membuat anda merasa lapar mata ataupun nikmat sesaat di lidah saja. Semoga senantiasa sehat dan bugar ya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 19th, April 2016 / 09:50 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi