5 Bahaya Kopi Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

7136

Penyakit asam lambung merupakan ketidaknyamanan lambung yang disebabkan naiknya asam lambung yang mengarah ke esofagus yang kemudian ulu hati akan terasa sangat perih dan dada terasa seperti berat, panas dan seperti sedang terbakar. Ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan asam lambung dan juga maag salah satunya adalah kopi.  Berikut ini adalah dampak buruk kopi bagi penderita asam lambung :

  1. Menyebabkan Maag Kronis

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menjadikan seseorang yang memiliki  gejala awal penyakit maag akan benar benar memiliki maag yang kronis dan segeralah hindari minum kopi untuk beberapa bulan kedepan agar kestabilan asam lambung anda kembali terjaga.

Baca : Obat maag tradisionalGejala penyakit maag

  1. Meningkatkan Asam Lambung

Kopi yang berlebihan mampu mengurangi kadar air alami di dalam lambung sehingga menyebabkan ketidakseimbangan asam lambung. Kondisi ini membuat asam lambung lebih cepat meningkat.

Baca : Bahaya asam lambung naikGejala Asam LambungPenyebab asam lambung naik

  1. Kerusakan Sistem Pencernaan

Kafein pada kopi yang dikonsumsi lebih dari 5 gelas setiap hari dapat menimbulkan kerusakan pada sistem pencernaan dan mengganggu kestabilan kadar asam lambung yang sebenarnya sudah normal.

Baca : Cara menjaga kesehatan lambung dan ususMakanan yang sulit dicerna usus

  1. Perih dan Nyeri

Mengkonsumsi kopi yang lebih dari 5 gelas setiap harinya dapat mnenyebabkan peradangan tukak usus halus dan tukak lambung yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit maag atau lambung menjadi lebih sensitif terhadap makanan asam dan pedas sehingga sering merasakan perih dan nyeri.

  1. Refluks Asam

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan ngawur dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang tinggi  yang pada sebagian orang dapat naik kesaluran kerongkongan yang menimbulkan rasa panas dan sensasi rasa terbakar. asam lambung yang sering naik kesaluran kerongkongan mengakibattkan kondisi tubuh seseorang menjadi lebih tidak nyaman dan dapat mengakibatkan muntah muntah.

Pada seseorang yang mempunyai lambung sensitif terhadap kafein pada minuman teh maka kafein yang ada pada kopi akan lebih berperngaruh tidak baik bagi kondisi normal  asam lambung anda. Kafein dapat mempercepat asam lambung anda menjadi meningkat dan naik kesaluran tenggorokan secara tiba tiba.

Baca : Pantangan asam lambung

  1. Iritasi Lambung

Seseorang yang suka atau gemar mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dan daging olahan maka pada beberapa minggu kedepan mungkin lambungnya tidak akan mengalami peningkatan asam lambung, namun ketika mengkonsumsi kopi maka anda akan mengetahui jika sebenarnya lambung anda bermasalah. Kafein kopi dapat mengiritasi lambung anda.

Baca : Cara menjaga kesehatan lambung

Ciri Ciri Asam Lambung Meningkat

Berikut ini adalah ciri- cirinya :

  • Perut perih dan nyeri
  • Perut terasa penuh dan kembung
  • Mual dan muntah. ( Baca : Penyebab sering mual setelah makan )
  • Rongga mulut terasa kering dan pahit
  • Kerongkongan terasa sakit jika menelan sesuatu
  • Meningkatnya kadar air ludah
  • Nafsyu makan menjadi berkurang

Penyebab Meningkatnya Asam Lambung

Berikut ini penyebab asam lambung meningkat :

  1. Kehamilan
  2. Obesitas. ( Baca : Bahaya obesitas )
  3. Makanan yang mengandung lemak jenuh
  4. Mengkonsumsi makanan yang bersifat asam. ( Baca : Bahaya jeruk nipis bagi penderita maag )
  5. Mengkonsumsi makanan yang pedas. ( Baca : Bahaya makanan pedas )
  6. Mengkonsumsi terlalu banyak garam. ( Baca : Bahaya konsusmi garam berlebihan )
  7. Mengkonsumsi makanan bersantan
  8. Mengkonsumsi buah buahan yang mempunyai kadar gas dan alkohol.  ( Baca : Makanan yang mengandung gas tinggi )
  9. Mengkonsumsi sayuran yang mempunyai kadar gas
  10. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Mencegah Asam Lambung Meningkat

Agar tidak mengalami gejala asam lambung meningkat yang menyakitkan diperlukan berbagai macam pencegahan agar asam lambung tidak meningkat. Berikut ini pencegahannya :

  • Makanan berlemak. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, misalnya kue tar, keju, gorengan,  daging olahan dan semua jenis makanan kalengan serta yang dipanggang/dibakar
  • Makanan asam. Hindari makanan yang bersifat asam, misalnya cuka, belimbing wuluh, nanas muda, asam , buah ciremai dan lain lain
  • Makanan  pedas. Hindari makanan yang pedas misalnya cabai, mengandung merica dan lain lain
  • Makanan asin. Hindari makanan yang banyak mengandung garam
  • Santan. Hindari makanan yang bersantan
  • Makanan bergas tinggi. Hindari buah yang mempunyai sifat gas dan alkohol misalnya durian, anggur, kelengkeng dan lain lain. Sayuran yang mempunyai sifat gas misalnya brokoli, kembang kol, sawi ,
  • Kopi. Hindari pemakaian kopi yang berlebihan , anggur putih dabn susu full krim
  • Karbohidrat. Mengurangi asupan karbohidrat tinggi kalori seperti beras putih, mie instan, bihun, jagung,  talas , terigu, beras ketan dan lain lain
  • Rokok. Mengurangi merokok atrau lebih baik tinggalkan merokok.
  • Olahraga. Aktif melakukan olahraga.

Fakta Tentang Kopi dan Asam Lambung

Ada keterikatan antara kopi dan asam lambung yang belum banyak diketahui, berikut ini adala faktanya :

  • Membuat Perut Terasa Penuh, Nyeri, Melilit dan Perih

Kopi memiliki tingkat keasaman yang tinggi yang dapat meningkatkan asam lambung dalam lambung yang menimbulkan efek penuh pada lambung, terasa nyeri, melilit dan perih. mengkonsumsi kopi sewajarnya dengan takaran gelas ukuran kecil lebih aman bagi seseorang yang mempunyai kondisi asam lambung mudah meningkat.

  • Kopi Arabika

Seseorang yang mempunyai penyakit maag dan asam lambung tetapi tidak dapat meninggalkan kegemarannya untuk mengopi, sebaiknya pilihlah jenis kopi Arabika yang mempunyai kadar kafein yabng relatif rendah. Kopi Arabika aman dikonsumsi selama tidak lebih dari 3 cangkir perhari.

  • Kopi Dingin bukan Kopi Panas

Seseorang yang menggemari kopi tetapi mempunyai asam lambung mudah meningkat, jangan khawatir. Buatlah kopi seperti biasa terapi jangan langsung diminum, tunggulah sampai dingin kemudian minumlah. kopi yang sudah dingin sebenarnya tidak membuat asam lambung seseorang menjadi meningkat melainkan tetap stabil. Mengapa? karena kopi yang telah dingin serbuk kopinya akan turun dan mengendap rapih dibawah permukaannya. ketika anda minum kopi dingin, mkaa serbuk yang mempunyai kafein tinggi  tidak akan tertelan oleh anda.

  • Tidak Berlebihan

Mengkonsumsi kopi seharusnya 2 sampai 3 gelas saja dan itu sudah masuk kategori maksimal dalam satu hari dan kemudian seseorang menambahkan bahan lain seperti susu atau air jahe dan gula jagung, maka asam lambung anda akan tetap baik baik saja atau tidak akan meningkat.

  • Kopi Putih Terbukti Aman bagi Asam Lambung

Bagi penderita maag atau yang mempunyai lambung sensitif terhadap makanan yang bersifat asam dapat mengkonsumsi kopi putih. Kadar asam pada kopi putih sangat rendah dan tidak memicu peningkatan asam lambung.

Fakta Tentang Asam Lambung

Tahukah anda bahwa Asam lambung mempunyai tanggung jawab besar dalam mengendalikan zat asam didalam tubuh. Berikut ini adalah faktanya :

  • Asam lambung mempunyai fungsi membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman yang dibawa oleh sisa limbah makanan yang sebelumnya telah dicerna oleh pencernaan.
  • Asam lambung bertanggung jawab penuh terhadap kondisi Ph yang ada didalam lambung, menstabilkan zat gula, garam, mineral, lemak dan vitamin kemudian mendorong kinerja enzim pencernaaan protein untuk memproduksi enzimnya agar lebih banyak agar sari sari makanan yang mengalir didalam aliran tubuh dapat diproses dengan asam lambung secara lancar.
  • Asam lambung bisa tiba tiba menurun dan meningkat didalam lambung karena dikendalikan dan dikontrol kadar lemak yang terdapat pada zat protein yang telah dicerna lambung. tahukah anda jika kadar lemak tinggi maka Ph juga akan ikut semakin asam.
  • Jika keasaman pada lambung ternyata lebih rendah yaitu dibawah kadar PH 1,5 atau 3,5 yang mencakup didalmnya terdapat HCL asam hidroklorida, NaCL Natrium klorida dan KCL serta kalium klorida maka yang akan terjadi adalah asam lambung kesulitan untuk menyuplai enzim protein dengan jumlah yang memadai didalam saluran cerna.

Seseorang yang memiliki lambung sehat dan tidak mempunyai penyakit maag bukan berarti dapat mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Kafein pada kopi bersifat asam dan tajam yang mampu merusak jaringan dan dinding lambung sedikit demi sedikit. Konsumsilah kopi dengan takaran yang moderat (wajar) yaitu jangan lebih dari 3 gelas perharinya dan bisa menambahkan susu, air jahe atau gula jagung sebagai pendukung kesehatan lambung yang lebih maksimal. Kafein pada kopi trelatif lebih berkurang dan lebih sehat jika ditambahakan  susu, air jahe daan gula jagung. Hal itu bisa menjaga kesehatan lambung anda.