15 Obat Maag Tradisional Paling Ampuh dan Manjur

11639

Obat maag tradisional paling ampuh paling dicari ketika maag kambuh. Maag ditandai dengan sakit perut dimana terasa tertusuk-tusuk, melilit dan pastinya membuat tidak nyaman sekaligus jengkel. Sakit perut akibat pola makan yang tidak teratur jika dibiarkan maka bisa menjadi penyakit maag akut. Untuk membuat lambung terasa nyaman, tidak perlu menggunakan obat berbahan kimia sebab obat maag juga ada yang ampuh meski terbuat dari ramuan berbahan alami. Kita pun bisa meraciknya sendiri di rumah tanpa makan waktu banyak saking sederhananya. Bahan-bahan alami tersebut pun mudah kita temui di sekeliling kita, bahkan beberapa dari kita mungkin memiliki tanamannya sendiri di rumah. Berikut ini adalah obat maag tradisional yang bisa anda racik di rumah :

  1. Bawang Putih Laki-laki

Jangan salah, yang perlu dikonsumsi untuk mengatasi maag adalah bawang putih laki-laki, yaitu bawang putih yang bentuknya kecil-kecil dan tidak bergerombol berbeda dari yang biasa kita temui. Bila sakit maag sudah diobati dengan obat maag resep dokter, sudah sembuh, lalu kambuh lagi, anda boleh melirik ke obat tradisional yang mudah satu ini. Caranya adalah :

  • Ambil bawang putih laki-laki yang besarnya sekuku telunjuk kita.
  • Lalu, kunyah-kunyahlah.
  • Cukup melakukannya sebanyak tiga kali sehari secara rutin hingga maag sembuh. Mungkin setelah konsumsi selama beberapa hari saja, maag akan terasa enakan, tapi jangan terbuai dulu. Teruslah pakai bawang putih tersebut sampai benar-benar sembuh. ( Baca juga : Efek samping bawang putih – Bahaya bawang putih  )
  1. Susu Kambing

Susu kambing diketahui sebagai minuman kaya akan nutrisi yang mengandung asam lemak, protein, enzim, unsur kimiawi, elektrolit, mineral dan vitamin yang tubuh manusia bisa memanfaatkannya dengan baik. Dibandingkan dengan susu sapi, rupanya susu kambing bisa lebih cepat dicerna oleh tubuh kita karena hanya memakan waktu 20 menit saja, sedangkan tubuh kita membutuhkan 2 hingga 3 jam untuk mencerna susu sapi. Susu kambing memang kalah populer dari susu sapi di Indonesia, tapi memiliki manfaat yang segudang, salah satunya menyembuhkan penyakit maag, maka khasiat susu satu ini tidak boleh dianggap enteng. Cara mengobati maag dengan susu kambing adalah berikut ini:

  • Minumlah segelas susu kambing segar yang sudah dimasak terlebih dahulu, jangan yang mentah sebab susu mentah mikrobanya masih dalam keadaan aktif. Tidak hanya untuk susu kambing saja namun semua susu.
  • Minum dua hari sekali saja yaitu pada setiap pagi.
  • Setelah mengkonsumsi itu lambung akan membaik dan sehat kembali sehingga yang tadinya diminta menghindari makanan berlemak, pedas dan keras, setelah sembuh bisa menikmati makanan-makanan tersebut kembali. ( Baca juga : Khasiat susu sapi murni )
  1. Temulawak

Bahan alami satu ini memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit, salah satunya bisa digunakan sebagai obat sakit perut  ketika serangan maag kambuh. Diketahui bahwa bagian rimpangnya mengandung banyak senyawa kimia baik di mana ada minyak atsiri yang dipercaya mampu menambah produksi getah empedu serta menekan jaringan yang bengkak. Masih ada lagi yang namanya kurkuminoid yang dibagi menjadi dua, yaitu kurkumin dan desmetoksikurkumin. Kurkumin itu sendiri merupakan anti keracunan empedu atau yang kita sebut sebagai anti hipototoksik, serta anti inflamasi.

Racun di dalam tubuh akan dinetralkan oleh kurkumin dan desmetoksikurkumin tersebut dan selain itu, sekresi empedu juga akan meningkat dan kolesterol dapat turun. Untuk menyembuhkan penyakit maag, ada beberapa resep yang bisa dicoba, dan memang bahan utamanya adalah temulawak.

  • Cara 1: Siapkan temulawak 1 rimpang saja. Untuk membuatnya, irislah temulawak tersebut secara tipis-tipis. Angin-anginkan sebentar, lalu rebuslah dengan 7 gelas air hingga air mendidih. Saringlah untuk lebih mudah meminumnya. Minumlah satu gelas setiap harinya.
  • Cara 2: Ambil temulawak dan irislah hingga 7 lembar. Selanjutnya, rebuslah dengan air kurang lebih 3 gelas, jadikan hingga 1 gelas. Tidak masalah apabila ingin merebus banyak karena ukurannya bisa langsung ditambah. Minumlah sehari 1 hingga 2 gelas, tergantung kebutuhan. Bahkan ketika maag sudah terasa membaik, tidak masalah untuk tetap sering meminumnya karena ada banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita.
  • Cara 3: Siapkan sekitar 25 gram temulawak dan iris tipis-tipis. Baru setelah itu direbus dengan air sebanyak 5 gelas, dijadikan 3 gelas. Saringlah sebelum diminum dan minumlah 3 x 1 gelas, yang artinya 3 kali sehari. Ramuan temulawak ini bisa diminum satu jam setiap sebelum makan pagi, makan siang dan makan malam sampai benar-benar sembuh. Khusus bagi penderita maag yang sudah kronis, ukuran temulawak boleh ditambah menjadi 50 gram dan pastikan bahwa temulawak yang akan diracik masih segar.
  1. Rempela Ayam

Rempela ayam merupakan makanan yang mengandung rendah lemak namun kaya akan protein. Itulah alasan mengapa mengonsumsi rempela ayam itu jauh lebih baik untuk kesehatan dibandingkan dengan daging sapi. Namun memang, perlu ada batasan konsumsi sebab bila makan berlebih malah bisa menyebabkan kolesterol. Rempela ayam termasuk jeroan dimana jeroan merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi  dan menjadi pantangan kolesterol tinggi.

Selain itu, rempela ayam juga diketahui mengandung zinc dan zat besi. Itulah bukti bahwa rempela ayam bernutrisi dan memang sangat baik untuk membantu pembelahan sel, mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh kita pun bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan satu ini. Rupanya rempela ayam juga sangat membantu dalam mengatasi sakit maag. Penderita maag yang sudah berobat dengan obat kimia sesuai resep dokter tapi nyatanya maag tidak kunjung membaik, rempela ayam bisa menjadi penyelamat. Caranya berikut ini :

  • Siapkan tiga potong rempela ayam.
  • Iris-iris lembut yang dilanjutkan dengan menjemurnya hingga kering.
  • Sesudah itu, tumbuklah sampai menjadi bubuk.
  • Campurkanlah dengan air hangat secukupnya, lalu diminum.
  • Untuk menghilangkan bau amisnya, silakan tambahkan bubuk coklat jika mau. Konsumsilah sehari tiga kali hingga maag benar-benar membaik.
  1. Kacang Kedelai

Jenis kacang-kacangan yang populer ini tidak hanya banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, tapi ternyata juga termasuk makanan yang juga digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Kandungan nutrisi di dalam kacang kedelai cukup besar, seperti halnya protein, serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin B9, vitamin K, thiamin, selenium, magnesium, tembaga, mangan, kalsium, zinc, kalium, fosfor hingga kandungan zat besi. Kacang kedelai juga diketahui mampu berperan sebagai antioksidan karena kaya akan senyawa organik yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Serat yang terdapat di dalam kedelai mampu membantu sistem pencernaan lebih meningkat dengan cara menstimulasi gerak peristaltic agar makanan bisa dengan lancar melewati usus yang didorong oleh otot-otot halus yang berkontraksi. Kandungan serat dan antibakteri pada kedelai mampu menyehatkan usus dan pencernaan kita. Lambung yang bermasalah pun ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi ramuan kacang kedelai. Cara membuat ramuan obat maag dengan kacang kedelai adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil kacang kedelai seperlunya saja.
  • Kedelai yang sudah disiapkan bisa disangrai dan tidak perlu menggunakan minyak.
  • Tumbuklah hingga halus.
  • Setelah ditumbuk seduhlah menggunakan air panas dan diminum saat air seduhan berubah hangat.
  • Buatlah ramuan ini sebanyak tiga kali dalam sehari dan secara teratur dalam beberapa minggu.
  • Apabila ingin mencegah sakit maag, silakan membuat dan meminum ramuan sehari satu sekali saja.
  1. Alpukat

Buah satu ini memang bukan asli Indonesia, melainkan dari Meksiko dan Amerika Tengah, tapi banyak orang Indonesia yang gemar menikmati buah ini, apalagi kalau dibuat es jus. Sadar atau tidak, buah yang mengandung lemak baik ini rupanya termasuk di dalam bahan alami yang bisa menjadi solusi masalah lambung. Alpukat memiliki zat-zat baik di dalamnya sehingga sangat bagus apabila dikonsumsi demi menjaga kesehatan, seperti halnya asam oleat yang berperan sebagai antioksidan. Alpukat juga termasuk dalam makanan yang mengandung vitamin B6  dimana kandungannya angat baik untuk tubuh.

Selain itu ada asam oleat yang dapat dimanfaatkan untuk menangkal radikal bebas dan juga ada juga kandungan zat besi yang bagus untuk anemia, potasium yang mampu mengontrol tekanan darah, Krotenoid yang baik untuk peningkatan kesehatan fungsi mata, serta vitamin E dan A yang kerap diandalkan untuk membuat kulit jauh dari tanda-tanda penuaan. Namun, bagaimana caranya menggunakan buah alpukat sebagai solusi masalah maag?, berikut ini adalah caranya :

  • Siapkan satu buah alpukat yang bisa langsung dimakan dagingnya setelah dibelah dan dikeluakan bijinya.
  • Jika ingin yang lebih enak, nikmatilah buah ini dengan cara membuat jus.
  • Mengkonsumsi secara rutin akan membantu menyembuhkan maag tanpa efek samping. Cara tersebut terbilang sangat sederhana dan siapa saja dapat menerapkannya. ( Baca : Khasiat biji alpukat )
  1. Daun Pegagan

Walau diketahui bahwa jenis daun ini terasa pahit karena terdapat zat vellarine di dalamnya, namun ada zat-zat lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan daalm daun pegagan. Daun ini pun dipercaya sangat ampuh dalam menyembuhkan luka sebab daun pegagan berperan sebagai antilepra dengan kandungan asiaticoside atau yang kita juga kenal dengan glikosida triterpenoida. Asal dari tanaman ini adalah dari Asia Tropik sehingga memang mudah ditemukan di negara-negara Asia Tenggara. Daun pegagan ini sering digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung dan ampuh jika digunakan sebagai cara mengobati sakit maag. Berikut ini adalah cara membuat obat maag dengan daun ini:

  • Cara 1: Ambil daun pegagan sekitar 5 gram. Siapkan juga bahan lainnya seperti falerian 10 gram, pulosari 5 gram, sembung 5 gram, jinten 3 gram, pupus papaya 1 gram, ketumbar 2 gram, daun pooh 6 gram, kencur yang diparut 5 gram, dan adas 7 gram. Campur semua bahan dalam satu wadah yang kemudian dapat ditambah air 500ml sebelum direbus. Minumlah jika sudah matang dan resep ini untuk satu hari.
  • Cara 2: Siapkan daun pegagan seperlunya. Ambil juga meniran dan temulawak untuk campurannya secukupnya. Bersihkan dulu semua bahan-bahan alami tersebut sebelum akhirnya direbus bersama. Air campuran bahan-bahan ini dapat kemudian diminum secara teratur agar maag dan masalah perut kembung bisa sembuh secepatnya tanpa efek samping.
  1. Daun Mint

Daun lainnya yang sangat bagus untuk menyembuhkan masalah maag adalah daun mint. Ada banyak kebaikan yang ditawarkan oleh daun mint sehingga bahan alami ini kerap menjadi bahan utama banyak pengobatan. Bahkan untuk kecantikan pun segudang produk kosmetik memetik manfaat dari daun beraroma menyenangkan ini. Daun mint yang biasanya digunakan untuk memasak sebagai penambah aroma ternyata memiliki banyak kandungan yang luar biasa.

Perannya sebagai antioksidan akan mampu melawan segala bentuk radikal bebas sehingga pengonsumsi daun mint akan terlindung dari segala penyakit. Selain dari antioksidan, ada juga vitamin-vitamin yang tentunya baik untuk tubuh kita, seperti halnya vitamin E yang bagus untuk kulit, serta masih ada juga vitamin A, vitamin D dan vitamin C. Untuk memberikan rasa nyaman pada perut yang tengah mual dan kembung akibat maag dan melancarkan sistem pencernaan, cara mengkonsumsi daun ini untuk mengobati sangat sederhana yaitu sebagai berikut ini :

  • Cukup campurkan daun mint ke masakan yang kita buat.
  • Bisa juga kita memanfaatkan daun ini dengan membuatnya menjadi teh.
  • Teruslah mengonsumsi daun mint hingga maag terasa membaik dan tidak kembung dan mual lagi.
  • Sensasi ademnya akan mampu membuat kita rileks. Tidak hanya itu, masalah di dalam perut kita pun akan menjadi tenang dan teratasi.
  1. Daun Jambu Biji

Hampir setiap orang pasti memiliki yang namanya tanaman jambu biji. Jambu biji sendiri dipercaya oleh banyak orang Indonesia mampu meningkatkan kesehatan, namun daunnya sendiri pun rupanya sangat bagus untuk kesehatan. Selain dari manfaatnya yang baik untuk mengatasi masalah diare yang terjadi pada anak-anak, daun jambu biji amat direkomendasikan bagi yang tengah bergumul dengan masalah maag dan kembung. Meski awalnya mungkin kita tertarik menanamnya di halaman rumah hanya untuk mempercantik taman, keperluan kesehatan apapun kini bisa memanfaatkan daun ini. Caranya adalah :

  • Cukup siapkan daun jambu biji sebanyak 8 lembar.
  • Bersihkan terlebih dulu.
  • Tambahkan air 1,5 liter, kemudian rebuslah.
  • Selesai merebus, jangan lupa untuk menyaringnya.
  • Setelah disaring, minum selagi hangat.
  • Untuk kesembuhan maag alami tanpa efek samping, konsumsilah air ramuan daun jambu biji sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Cincau

Cincau tentu sudah tidak asing lagi bagi kita yang suka jajan minuman es. Faktanya, tanaman ini mengandung banyak zat baik yang bisa dimanfaatkan demi kebutuhan kesehatan. Cincau yang bisa digunakan untuk mengobati maag adalah cincau hijau bukan cincau hitam. Cincau hijau di dalamnya terkandung vitamin B, vitamin A, fosfor dan kalsium serta masih banyak kandungan luar biasa lainnya.

Cincau adalah bahan alami yang dipercaya memiliki kemampuan untuk berperan sebagai anti racun, jadi kemampuannya dalam mendetoksifikasi tubuh sudah tidak perlu diragukan. Untuk mengatasi maag, ada ramuan mudah yang bisa dibuat di rumah dengan daun cincau sebagai bahan utama. Cara mengobati maag dengan cincau adalah berikut ini:

  • Siapkan daun cincau sekitar satu genggam saja, atau untuk berat basahnya kurang lebih 80 gram.
  • Daun tersebut perlu dibersihkan lebih dulu sebelum kita menggilingnya hingga benar-benar halus.
  • Gunakan air bersih dan matang secukupnya untuk meremasnya, baru kita boleh menyaringnya.
  • Sesudah proses penyaringan, jangan lupa tambahkan air kapur sirih sedikit hanya demi membuat ramuan tersebut mengental.
  • Jika sudah menjadi lebih kental dan kenyal, konsumsilah dengan menambahkan air sirup atau air gula. Sekali konsumsi dibatasi 200ml saja dan untuk hasil maksimal minumlah sehari tiga kali. Bagi yang diabetes, jangan menambahkan zat yang berasa manis.
  1. Kencur

Kencur yang kita ketahui selama ini efektif dalam menyembuhkan sakit batuk dan dijadikan sebagai obat asma. Ternyata kencur juga multi fungsi. Bahan rempah alami yang biasanya digunakan untuk menyedapkan masakan ini juga terekomendasi untuk dimanfaatkan sebagai obat tradisional maag yang ampuh. Di dalam rimpangnya, ada berbagai macam kandungan, seperti halnya gom, minyak atsiri, mineral dan pati. Untuk maag, bahan ini benar-benar luar biasa efektif dalam menyembuhkan. Asalkan cara pembuatan ramuannya benar dan dikonsumsi secara teratur, masalah lambung akan hilang. Cara pembuatannya adalah :

  • Ambil rimpang kencur berukuran 1 jari.
  • Bersihkan dulu dengan mencucinya sebelum dikupas.
  • Sesudah mengupasnya, kunyahlah dengan menambahkan garam sedikit supaya ada rasanya.
  • Kunyahlah cukup lama sebelum menelannya.
  • Siapkan segelas air hangat yang kemudian boleh diminum supaya kunyahan kencur di dalam mulut bisa semuanya tertelan. Konsumsilah secara rutin setiap hari; sehari cukup tiga kali.
  1. Kemangi Hutan

Kemangi hutan sebenarnya sama saja dengan daun kemangi yang banyak dinikmati sebagai lalapan. Kemangi hutan hanyalah sebutan lainnya saja. Dan rupanya kemangi ini mengandung antibakteri serta antioksidan sehingga banyak orang memanfaatkan bahan alami ini sebagai obat. Kemangi ini banyak digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan karena sifat antibakterinya. Selain dari kedua hal tersebut, masih ada vitamin K yang terdapat di dalam daun ini dan berguna untuk melancarkan peredaran darah serta mencegah darah membeku. Banyak yang tidak menyangka mungkin bahwa daun kemangi tidak hanya berguna sebagai pengencer darah tapi juga solusi masalah lambung. Cara membuat obat maag dengan kemangi adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan kemangi hutan dengan bentuk apa saja, perdu boleh, terna pun bisa asalkan banyak cabangnya.
  • Pastikan yang diambil adalah yang setinggi 0,3 sampai 1,5 meter. Tanaman ini tidak sulit untuk ditemukan karena tersebar di banyak dataran rendah.
  • Tidak perlu mengolahnya susah-susah dan tidak ada bahan tambahan lain untuk menyembuhkan maag. Cukup dengan memakannya sebagai lalapan secara teratur setiap hari, maag akan sembuh lebih cepat.
  • Untuk menjadikan lalapan, orang Indonesia banyak yang salah kaprah. Lalapan tidak boleh berupa sayur mentah sehingga anda harus merebus daun kemangi terlebih dahulu agar bakterinya hilang. Merebusnya cukup satu menit saja setelah air mendidih.
  1. Kunyit

Bahan rempah ini dengan kandungan anti radang dan antioksidannya mampu memberikan segudang khasiat bagi kesehatan. Sebagai penyembuh luka cepat, peringan gejala reumatik, pelancar pencernaan, sebagai obat amandel dan solusi dalam memperlambat pertumbuhan serta penyebaran sel kanker, kunyit sangat luar biasa efeknya. Ada berbagai senyawa di dalam kunyit yang baik untuk pengobatan, seperti adanya bisdesmetoksikurkumin, desmetoksikumin, serta kurkumin. Ada sebuah ramuan mudah dengan kunyit sebagai bahan utama yang patut untuk dipraktikkan di rumah. Caranya:

  • Ambil kunyit cukup 2 rimpang saja.
  • Cuci dan bersihkan lebih dulu sebelum memarutnya.
  • Tambahkan air secukupnya sebagai campuran parutan kunyit.
  • Aduk-aduklah, baru setelah itu ramuan boleh diminum. Demi mendapatkan hasil terbaik, baik untuk menghilangkan atau sekadar mengurangi masalah maag, ramuan ini bisa dikonsumsi sehari dua kali.
  1. Kentang Rebus

Kentang sering dijadikan sebagai makanan pengganti nasi utuk diet sehat yang baik karena dapat memberikan efek kenyang juga. Kandungan nutrisi di dalam kentang pun beragam, mulai dari serat, pati, mineral hingga vitamin. Dengan zat-zat luar biasa di dalam kentang, mengonsumsinya sesering mungkin akan sangat baik untuk kesehatan, apalagi diketahui pula bahwa kentang pun memiliki antioksidan dan anti kanker.

Sekadar informasi, ada kentang yang sangat kaya akan vitamin A, yaitu kentang yang warnanya bukan kuning, melainkan kemerahan. Efek kentang dalam mengatasi sembelit, penurun darah tinggi, mencegah diabetes, serta memperlancar sistem pencernaan mungkin sudah banyak kita dengar, namun kentang pun juga sangat terpercaya dalam hal menyembuhkan maag. Caranya:

  • Belilah beberapa buah kentang yang cukup untuk dikonsumsi dalam sehari.
  • Bersihkan kentang-kentang tersebut sebelum menggunakannya untuk dimasak. Baru kita boleh mulai merebusnya.
  • Makanlah kentang rebus selagi hangat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gantilah nasi dengan konsumsi kentang supaya sistem pencernaan pun makin lancar.
  • Bagi yang asam lambung mudah naik, hal ini dapat dicegah dengan menikmati kentang rebus setiap hari.
  • Jadikan kentang rebus sebagai menu utama mulai dari sekarang. Apabila kurang suka memakannya begitu saja, cobalah tambahkan kecap manis agar lebih ada rasanya di lidah.
  1. Brokoli

Banyak orang tidak menjadikan sayuran satu ini sebagai favorit mereka, padahal sama sekali tidak ditemukan adanya kandungan kolesterol di dalam sayur ini. Jika ingin mengkonsumsi sayuran dengan kalium yang tinggi, tanpa adanya lemak jenuh, sodium, lemak serta kalori yang rendah, brokoli adalah pilihan sayuran yang tepat. Selain itu, masih ada juga zat lutein dan karoten beserta kalsium, vitamin C, dan asam folat yang sangat bagus dikonsumsi oleh untuk anak-anak maupun orang dewasa. Untuk mengatasi maag ada cara sederhana dengan bahan utama brokoli yang layak dicoba. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan mengkonsumsi sayur brokoli yang sudah direbus. Namun dalam merebusnya tidak perlu hingga matang sehingga nutrisi lengkapnya tetap bisa kita dapatkan.

Semoga rekomendasi ramuan obat maag tradisional tersebut bekerja dengan baik dan ampuh untuk Anda yang tengah bingung mencari obat maag tradisional paling ampuh yang tepat. Selamat mencoba dan kiranya bisa benar-benar membantu.