15 Obat Asma Paling Mujarab – Tradisional dan Medis

10353

Obat asma penting diketahui oleh penderita asma dikarenakan asma harus segera diredakan secepatnya. Sebenarnya penyakit asma tidak bisa disembuhkan namun penyakit asma bisa dicegah dan bisa dihilangkan gejalanya. Asma bisa kambuh sewaktu-waktu terutama jika cuaca dingin dan juga karena debu. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena asma, namun yang banyak dikait-kaitkan dengan asma adalah adanya alergi dingin dan juga alergi debu. Cara mencegah alergi dingin  kambuh juga bisa dijadikan sebagai cara mencegah asma kambuh.

Pantangan asma adalah tidak boleh kecapekan agar asmanya tidak menjadi kambuh selain itu penderita asma tidak boleh membuat tubuhnya merasa dingin sehingga jika cuaca dingin penderita asma tidak boleh beraktivitas di luar dan memakai pakaian yang hangat. Penderita asma harus selalu menyediakan obat asma medis maupun herbal agar obat itu selalu siap digunakan ketika asma kambuh.

Obat Asma Medis

Obat asma medis menjadi pilihan utama ketika asma kambuh, selain praktis digunakan asma juga bisa diredakan semakin cepat. Semakin cepat asma diredakan maka semaikn cepat pula ketidaknyamanan itu akan hilang dari dalam tubuh. Ketidaknyamanan asma yang sering terjadi adalah dada terasa sakit untuk bernafas, nafas mengi dan juga sesak nafas. Berikut ini adalah obat asma yang bisa anda gunakan untuk meredakan asma secara cepat dan efektif :

  1. Inhaler

Salah satu cara mengobati asma kambuh menggunakan obat medis yang pertama adalah menggunakan inhaler. Untuk memberikan obat asma diperlukan inhaler. Inhaler ini adalah obat yang dihirup ketika asma kambuh. Cara kerja obat ini adalah obat asma akan mengirimkan obat asma dalam inhaler itu dengan menyemprotkannya sehingga obat masuk ke dalam saluran pernagasan.

Obat inhaler adalah obat yang paling dicari oleh penderita asma. Hal itu dikarenakan obat itu praktis dan bisa dibawa kemana saja sehingga jika asma kambuh sewaktu-waktu obat asma selalu siap didekatnya. Obat inhaler ini merupakan obat yang juga efektif, hal itu dikarenakan obat ini akan mengirimkan obatnya langsung ke paru-paru.

  1. Spacer

Untuk menghilangkan asma anda bisa menggunakan spacer. Spacer mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Spacer adalah wadah yang dibuat dari plastik atau dari logam. Spacer ini dilengkapi dengan corong hisap pada bagian salah satu spacer tersebut, spacer juga memiliki salah satu lubang pada salah satu ujung yang lainnya. Lubang itulah yang nantinya akan dipasangkan inhaler di salah satu lubang itu. Ketika bagian inhaler dipencet maka obat itu akan masuk ke bagian spacer dan bisa dihirup melalui bagian corong spacer itu sendiri. Menggunakan spacer lebih higienis dan lebih aman dibandingkan dengan langsung menghirup di bagian inhaler. Spacer bisa mengurangi terjadinya sariawan, radang tenggorokan dan juga menghindarkan dari efek samping pemakaian obat-obatan kimia asma. Secara tidak langsung obat yang dihirup dan masuk ke dalam tenggorokan manusia akan berdampak ke tenggorokan manusia. Menggunakan spacer bisa menjadi cara mencegah radang tenggorokan  akibat dari pemakaian obat asma yang terlalu lama.

  1. Streroid Oral

Untuk mengatasi asma yang sudah kronik atau kambuh hampir setiap hari bisa menggunakan obat steroid oral. Penderita asma bisa menggunakan obat ini berturut-turut selama dua minggu lamanya. Jika selama dua minggu itu asma sudah mereda atau intensitasnya mulai berkurang penderita asma bisa menggunakan obat asma sebelumnya. Obat ini berfungsi sebagai pereda asma yang disebabkan oleh alergi. Alergi yang bisa menyebabkan seseorang menjadi asma adalah alergi dingin dan juga alergi debu.

  1. Omalizumab

Obat baru yang bisa digunakan untuk mengatasi asma adalah omalizumab. Obat ini juga dikenal sebagai Xolair. Fungsi obat ini dalam menyembuhkan dan meredakan penyakit asma adalah dengan mengikat salah satu protein yang terlibat dalam respons imun di dalam tubuh manusia. Protein yang memiliki kaitan dengan respons imun akan dikurangi dalam darah dengan begitu peluang terjadinya peradangan akan semakin kecil. Asma akan semakin diperparah jika terjadi peradangan sehingga jika peradangan bisa dicegah maka ketidaknyamanan akibat asma bisa sedikit berkurang.

Pada kondisi yang umum obat omalizumab diperuntukkan orang yang menderita asma dan sering terkena asma dan membutuhkan penanganan yang gawat darurat. Obat ini sering diberikan kepada dokter spesialis asma. Saat penderita asma rawat inap di rumah sakit dokter akan memberikan resep ini untuk mengatasi kondisi pasien yang mengalami asma. Pemberian obat ini bukan dengan cara oral namun dengan cara penyuntikan sebanyak dua hingga empat minggu dalam sekali. Jika dalam waktu 16 minggu asma tidak bisa dikendalikan menggunakan obat itu maka penggunaan obat ini harus dihentikan dan digantikan dengan obat yang lainnya.

  1. Obat Pencegah Asma

Dokter akan memberikan obat-obatan pencegah asma tambahan jika sekiranya asma masih belum bisa dihentikan. Dokter akan memberikan berbagai macam obat-obatan pencegah asma yang lainnya. Obat yang akan diberikan dokter adalah sebagai berikut ini:

  • Theophylline. Obat ini adalah obat yang bisa digunakan sebagai pelebar saluran pernafasan. Ketika asma menyerang, saluran pernafasan menjadi menyempit. Cara melebarkan saluran pernafasan menggunakan obat ini adalah dengan melemaskan otot yang ada di saluran pernafasan.
  • Leukotriene receptor antagonist. Obat ini adalah obat berbentuk tablet dimana fungsinya adalah bisa menghambat terjadinya reaksi kimia berupa radang di dalam saluran pernafasan manusia.

Obat Asma Tradisional

Selain bisa menggunakan cara medis, anda juga bisa menggunakan cara tradisional. Cara tradisional ini memiliki kelebihan salah satunya adalah membuat anda terhindar dari bahaya atau efek samping dari obat kimia. Sayangnya untuk membuatnya anda harus membutuhkan waktu yang lumayan lama dibandingkan dengan obat medis. Jika asma anda masih bisa ditoleransi anda bisa menggunakan obat tradisional untuk menyembuhkannya. Selain murah meriah, obat asma tradisional tanpa efek samping. Berikut ini adalah obat asma tradisional yang bisa anda buat ketika berada di rumah :

  1. Kopi

Kopi merupakan minuman yang dijadikan sebagai pro dan kontra dikarenakan banyak sekali manfaat dan juga efek buruk dari kopi. Efek terlalu banyak minum kopi  adalah bisa menyebabkan terkena penyakit darah tinggi.

Bahaya minum kopi pada saat haid yang dilakukan oleh wanita bisa menjadikan wanita itu terkena endometrium. Dibalik sisi negatifnya, kopi bisa berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit asma. Kandungan kafein pada kopi mampu dipercaya bisa untuk mengobati saluran penfasan yang menyempit dikarenakan asma. Cara membuat obat asma tradisonal menggunakan kopi adalah dengan mengkonsumsinya tanpa menggunakan gula ketika sedang asma. Ada baiknya kopi yang diminum dalam keadaan hangat, tidak dingin. Rasa dingin pada makanan atau minuman justru bisa memperparah kondisi asma seseorang.

  1. Jahe

Jahe untuk kesehatan tidak bisa disepelekan, jahe memiliki banyak sekali manfaat. Misalnya saja adalah bisa digunakan sebagai obat batuk, obat sakit kepala, cara mengatasi perut kembung dan masih banyak lainnya. Kandungan gingerol pada jahe membuat jahe terasa hangat. Rasa hangat pada jahe itu bisa digunakan sebagai pelega saluran pernafasan. Jahe bisa digunakan untuk meredakan asma pada orang yang mengalami asma dikarenakan alergi dingin. Alergi dingin akan merasakan rasa dingin pada saluran pernafasannya sehingga muncullah asma tersebut, dengan mengkonsumsi air jahe dipercaya saluran pernafasan akan terasa hangat dan asma akan menjadi berkurang. Cara membuat ramuan jahe atau air jahe untuk meredakan asma sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Sangrai jahe agar aroma jahenya keluar. Setelah disangrai, geprek jahe tersebut agar aromanya keluar.
  • Rebus tiga gelas air, kemudian masukkan jahe tersebut ke dalam air rebusan.
  • Campurkan sereh ke dalam air rebusan itu, kemudian sisakan setengahnya.
  • Setelah itu saring, minum selagi hangat. Anda bisa meminumnya menggunakan madu atau gula batu.
  • Anda bisamengkonsumsi air jahe ini sebanyak dua kali dalam sehari saat pagi hari dan saat malam hari. Saat pagi hari dan saat malam hari cuaca cenderung dingin sehingga memungkinkan asma menjadi kambuh.
  1. Bawang Putih

Selama ini bawang putih dipercaya bisa digunakan untuk kesehatan. Selain bisa digunakan sebagai bumbu masakan yang enak, bawang putih bisa digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakt. Selain bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak, sebagai cara mengatasi keputihan , bawang putih bisa digunakan sebagai obat asma. Sayangnya sebelum anda tahu bagaimana caranya mengatasi asma menggunakan bawang putih anda harus tahu efek samping bawang putih dan bahaya bawang putih mentah agar anda mengatasi asma menggunakan bawang putih dengan jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Cara mengobati asma menggunakan bawang putih pun sangat mudah yaitu dengan merebus dua buah bawang putih dengan dua gelas air dan sisakan menjadi setengahnya saja. Ramuan ini cukup dikonsumsi sekali dalam sehari, kandungan dan berbagai macam zat yang ada di bawag putih bisa digunakan sebagai pelega pernafasan yang efektif.

  1. Bunga Kenanga

Meski sudah jarang dijumpai, bunga kenanga bisa digunakan sebagai obat asma yang ampuh. Dalam dunia herbal, bunga kenanga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga kenanga ini bisa digunakan sebagai obat asma sebab bisa digunakan untuk melegakan slauran pernafasan. Cara menggunakan bunga kenanga ini sebagai obat asma adalah dengan merebusnya menggunakan tiga gelas air dan disisakan menjadi setengahnya. Setelah menjadi setengahnya dan masih hangat, air rebusan itu diminum sebanyak dua kali dalam sehari.

  1. Madu

Khasiat madu untuk kesehatan tentunya sudah tidak diragukan lagi sebab banyak madu asli digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Madu bisa digunakan sebagai obat sariawan, cara mengatasi bibir kering  dan masih banyak lagi lainnya. Untuk kecantikan madu pun bisa digunakan untuk berbagai macam treatment misalnya saja bisa digunakan untuk masker wajah, lotion tubuh dan scrub tubuh. Madu dipercaya bisa menghaluskan kulit dan juga bisa mencerahkan kulit. Hanya madu asli yang bisa digunakan untuk mengobati asma, anda harus berhati-hati dengan madu palsu dan anda tahu bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu . Selama ini banyak produsen nakal yang mengoplos madu dengan berbagai macam bahan lainnya sehingga kualitas dari madu jelek dan tidak membuahkan hasil yang maksimal. Cara mengobati asma menggunakan madu adalah berikut ini :

  • Tuangkanlah sebanyak satu sendok the berisi madu.
  • Campurkanlah madu dengan bubuk kayu manis kemudian aduklah sampai madu dan bubu kayu manis itu tercampur secara merata.
  • Anda bisa meminum madu dicampurkan dengan segelas air hangat. Efek dari madu dicampurkan dengan bubuk kayu manis akan membuat saluran pernafasan menjadi hangat sehingga saluran pernafasan menjadi lebih lega atau longgar.
  1. Kunyit

Kunyit selama ini banyak dijadikan sebagai bahan dasar jamu minuman herbal tradisional. Sehingga tidak mengherankan jika kunyit bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan gangguan kesehatan. Kunyit bisa digunakan sebagai obat cacar air  dan bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit maag. Kunyit bisa digunakan sebagai mengatasi asma sebab kunyit mampu melonggarkan pernafasan, mengatasi berbagai macam masalah pernafasan dan menghindarkan dari iritasi atau infeksi. Untuk mengatasi asma menggunakan kunyit ini adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil dua buah rimpang kunyit dengan ukuran sedang. Cuci bersih kunyit itu.
  • Iris tipis-tipis kunyit tersebut kemudian rebus menggunakan tiga gelas air. Rebus sampai air rebusannya menjadi setengahnya saja. Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya bisa digunakan sebagai cara mengatasi masuk angin dan tentunya bisa untuk mengobati asma. Cara mengobati asma menggunakan minyak kayu putih ini sangat gampang sekali, yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan segelas air hangat.
  • Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih.
  • Hirup aroma minyak kayu putih itu dalam dalam.
  • Aroma yang keluar dari minyak kayu putih itu bisa digunakan sebagai pelega saluran pernafasan.
  • Anda bisa mengobati asma menggunakan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari atau jika pernafasan terasa semakin bertambah berat bisa segera menggunakan cara ini.
  1. Buah Cermai

Bagi anda yag memiliki pohon cermai anda bisa menggunakan buah cermai sebagai obat untuk menyembuhkan asma yang anda derita. Cermai ini buah yang asam dan termasuk dalam buah yang mengandung vitamin C. Selain bisa digunakan sebagai penstabil sistem imun, buah cermai ini bisa digunakan untuk mengobati asma. Cara mengobati asma menggunakan buah cermai ini adalah sebagai berikut ini :

  • Bahan. Hal pertama yang harus disiapkan adalah bahannya terlebih dahulu. Bahan yang harus disiapkan adalah 6 buah biji cermai, dua siung bawang merah, seperempat akar kara, 8 butir buah kelengkeng dan dua gelas air yang matang.
  • Cara. Cara pembuatan yang harus anda lakukan adalah dengan mencuci buah kelengkeng sampai benar-benar bersih. Bahan yang lainnya ditumbuk sampai benar-benar halus. Rebuslah semua bahan-bahan tersebut menggunakan dua gelas air yang sudah disiapkan sebelumnya. Saat merebus, sisakan menjadi setengahnya. Merebus hanya disisakan menjadi setengahnya dikarenakan bisa membuat sari dari bahan-bahan tersebut keluar dan bercampur bersama dengan air rebusan. Jika terlalu singkat, sari atau zat yang ada di dalam bahan-bahan tersebut belum keluar secara sempurna. waktu perebusan yang cukup dengan menyisakan setengah dari air rebusan bisa membuat zat yang ada dalam bahan-bahan herbal tersebut keluar secara sempurna sehingga zat yang ada di dalam bahan herbal itu bisa membuat pengobatan asma lebih maksimal.
  1. Daun Kitolod

Mungkin masyarakat luas sedikit asing dengan nama daun satu ini. Daun kitolod merupakan daun semacam gulma atau tanaman liar yang bisa tumbuh dimana saja. Biasanya daun ini akan tumbuh di pinggir sungai atau di pinggir selokan. Tumbuhan ini memiliki daun menyirip dengan ada bunga berwarna putih di tengahnya. Bagi anda yang ingin menggunakan tumbuhan ini sebagai obat asma sebaiknya berhati-hati dengan racun yang ada di getah daun ini dikarenakan mengandung racun. Daun kitolod memiliki banyak sekali zat yang bisa digunakan sebagai obat asma. Daun kitolod memiliki zat politerol, alkaloid, falvonoid dan juga samponi. Selain bisa digunakan untuk mengobati asma, daun ini bisa digunakan sebagai obat untuk mata katarak.

Cara mengobati asma menggunakan daun kitolod ini adalahsebagai berikut ini :

  • Siapkan dua buah lembar daun kitolod dan cuci bersih.Pastikan tidak ada getah yang menempel di daun itu.
  • Siapkan dua gelas air mentah.
  • Rebuslah dua lembar daun kitolod itu menggunakan dua gelas air.
  • Sisakan menjadi setengahnya, singkirkan daun kitolod kemudian minumlah air rebusan itu sekali dalam sehari.
  1. Kencur

Obat herbal asma selanjutnya yang bisa nada gunakan adalah kencur, kencur ini merupakan obat herbal yang biasa digunakan untuk jamu dan untuk mengobati batuk. Kandungan hangat pada kencur tersebutlah yang bisa digunakan untuk mengatasi saluran pernafasan yang menyempit dan bisa digunakan untuk menghangatkan saluran nafas sama halnya dengan rasa hangat yang diberikan oleh obat herbal jahe. Kencur mengandung pati sebanyak 14,4 persen, mengandung mineral sebanyak 13,73 persen dan juga minyak atsiri dengan kandungan 0,02 persen. Semua zat itu bisa digunakan sebagai pelega saluran pernafasan.

Untuk mengatasi asma menggunakan kencur adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkanlah rimpang kencur secukupnya, cuci bersih.
  • Siapkan madu murni sebanyak dua sendok makan.
  • Siapkan satu butir telur ayam kampung.
  • Siapkan seperempat potongan buah jeruk nipis.
  • Cara pembuatannya pun sangat mudah yaitu dengan memarut kencur yang sudah dicuci dengan bersih, campurkanlah sari pati kencur menggunakan madu, air perasan jeruk nipis dan juga telur ayam kampung. Aduklah secara merata agar bahan tercampur dengan sempurna. Minumlah ramuan ini sebanyak satu kali dalam sehari yaitu setiap sore atau saat malam hari. Ada baiknya anda meminumnya ketika hendak tidur dikarenakan saat tidur bahan pada obat herbal itu bisa bekerja lebih maksimal dibandingkan saat kondisi tubuh terjaga.
  1. Madu dan Jahe

Obat herbal selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sakit asma adalah dengan mencampurkan jahe dan madu. Jahe merupakan obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit asma begitupula dengan jahe.

Jika keduanya dicampurkan juga bisa digunakan untuk mengatasi asma yang efektif. Caranya pun sangat mudah, anda tinggal membuat air jahe seperti yang telah disebutkan diatas dan saat meminumnya dicampurkan dengan madu. Meminum ramuan ini dua kali dalam sehari. Ramuan ini bisa untuk melegakan saluran pernafasan dan menghangatkan tenggorokan.

  1. Sirih

Selama ini sirih hijau maupun sirih merah dipercaya untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Sirih yang bisa digunakan untuk mengobati asma secara herbal adalah sirih hijau. Sirih ini bisa digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap, mengatasi keputihan dan bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bisul di paha.

Cara menghilangkan asma menggunakan sirih adalah sebagai berikut ini :

  • Bahan. Siapkan satu sendok teh lada putih, minyak kayu putih secukupnya dan tujuh lembar daun sirih.
  • Cara. Untuk cara pembuatannya pun sangat mudah anda bisa menggerus lada putih sampai benar-benar halus setelah lada putih halus anda bisa mencampurkannya bersama dengan daun sirih. Setelah keduanya benar-benar haus anda bisa meneteskan ke dalam gerusan itu beberapa tetes minyak kayu putih. Aduk agar semua bahan tersebut tercampur dengan merata.
  • Pengaplikasian. Ramuan ini bukanlah untuk obat oral sebab pada dasarnya minyak kayu putih tidak boleh sampai ke tenggorokan dan masuk ke dalam tubuh manusia. Anda bisa mengaplikasikan ramuan ini di bagian dada dan bagian leher. Bagian leher dan dada merupakan bagian yang terasa sakit ketika asma menyerang, setelah dibalurkan menggunakan ramuan itu diharapkan asma bisa menghilang. Rasa hangat karena kandungan minyak atsiri yang tinggi pada sirih akan membuat dada dan leher terasa hangat apalagi jika ditambah dengan lada putih dan juga minyak kayu putih, pastinya rasa hangat akan semakin bertambah.
  1. Obat China Herbal

Bisa dikatakan negara China adalah negara di Asia yang maju seperti Jepang. Saat ini China memegang berbagai macam sektor salah satunya di bidang obat-obatan. Pengobatan menggunakan ramuan tardisional Tiongkok ata China pun banyak bermunculan di Indonesia. Untuk menghilangkan asma yang anda derita, anda bisa mengadaptasi dari obat-obatan herbal China. Berikut ini adalah obat herbal China yang bisa digunakan untuk meredakan asma yang sedang kambuh :

  • Ginko biloba. Obat herbal satu ini oleh masyarakat China dijadikan sebagai obat anti peradangan sejak ratusan tahun lalu. Herbal ini jika digunakan untuk pengobatan asma akan membuat paru-paru jadi rileks. Asma yang bisa diredakan oleh herbal ini adalah asma yang disebabkan oleh alergi debu, serbuk sari dan banyak lagi lainnya.
  • Ephedra. Herbal satu ini merupakan obat herbal China yang bisa digunakan sebagai obat alergi, asma dan juga sinusitis. Bahkan herbal ini dipercaya bisa digunakan sebagai obat dekongestan dan antihistamin sehingga anda terbebas dari efek samping obat kimia tersebut. Cara pembuatan ramuan menggunakan ephedra ini adaah dengan merebusnya dan dijadikan minuman yang diminum seperti teh. Dosis yang digunakan harus tepat agar detak jantung tetap terarah dan tidak menyebabkan iritasi. Cara kerja herbal ini adalah membuka saluran nafas yang menyempit dan tersumbat.
  • Jamur reishi. Herbal anti peradangan lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati asma adalah jamur reishi. Caranya bisa dicampurkan bersama makanan lainnya misal dijadikan sup, sayur bening dan sayur lainnya. Memasaknya jangan menggunakan minyak dan jangan dikonsumsi mentah.

Cara Pencegahan Penyakit Asma

Banyak hal yang menjadi pantangan untuk penderita asma, jika pantangan itu tidak dilakukan maka asma tidak akan kambuh. Jika pantangan itu dilakukan maka asma akan mudah kambuh. Berikut ini adalah cara mencegah serangan asma kambuh yang wajib anda perhatikan :

  • Hindari penyebab alergi misalnya debu.
  • Jangan biarkan tubuh anda kedinginan, bagi yang asma dikarenakan alergi dingin penting untuk dirinya menghangatkan diri dengan menggunakan jaket hangat, syal dan pakaian hangat lainnya.
  • Jangan kelelahan, orang asma tidak boleh kelelahan bahkan olahraha yang berat pun tidak boleh dilakukan oleh penderita asma. Asma akan mudah kambuh saat tubuh terasa lelah.
  • Hindari asap rokok dan berbagai macam bau yang bisa memicu asma.
  • Kelola stress. Stres, depresi dan rasa cemas yang berlebihan bisa membuat asma mudah kambuh dan membuat asma semakin memburuk.
  • Selalu jaga kebersihan kamar, jika ada barang yang berdebu segera singkirkan misalnya karpet. Gantilah secara rutin sprei, sarung bantal guling dan juga selimut yang digunakan.
  • Perhatikan udara yang ada di dalam rumah anda. Udara yang terlalu pengap atau panas juga bisa menyebabkan asma menjadi kambuh kembali.
  • Menghirup udara segar di pantai setiap pagi juga bisa digunakan sebagai terapi asma agar tidak kambuh.
  • Mencegah asma yang terakhir adalah dengan olahraga ringan. Tahukah anda olahraga apa yang bisa digunakan untuk mencegah serangan asma dalam waktu yang lama?, olahraga itu adalah jalan pagi secara santai selama 30 menit lamanya. Jalan santai saat belum banyak kendaraan yang berlalu lalang dan berjalan sambil mengatur pernafasan ( menghirup udara secara perlahan dan mengeluarkannya secara pelan-pelan ) bisa membuat saluran pernafasan anda terlatih dengan baik. Hal itulah yang bisa mencegah serangan asma tidak kambuh kembali.

Itulah berbagai macam obat medis dan tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengobati asma. Lakukan pula cara mencegah asma yang telah disebutkan di atas agar ketergantungan terhadap obat asma menjadi berkurang.