31 Obat Gusi Bengkak Paling Ampuh – Medis dan Alami

√ Verified Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Obat gusi bengkak dicari oleh orang yang mengalami gusi bengkak, meski terlihat sepele namun siapa sangka jika gusi bengkak menjadi penyakit yang sangat mengganggu dan menyakitkan. Banyak hal yang bisa menyebabkan gusi bengkak ini misalnya saja ketika akan tumbuh gigi dan kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Gusi bengkak sering terjadi pada bagian gigi paling belakang, ketika gigi belakang akan tumbuh gusi akan menjadi bengkak dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Saat ini banyak obat yang beredar di pasaran dan bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak, anda sebaiknya pintar memilih dan memilah obat mana yang cocok untuk mengobati gusi anda. Jika tidak tepat dalam mengatasi gusi bengkak akibatnya justru berpengaruh terhadap kesehatan gusi, gigi dan mulut.

Obat Secara Medis

Mengobati gusi bengkak menggunakan cara medis melibatkan bahan kimia atau obat kimia yang berguna untuk menyembuhkan penyakit gusi bengkak. Mengobati gusi bengkak secara medis memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan mengobati gusi bengkak menggunakan obat medis adalah praktis dan tinggal mengkonsumsinya, sedangkan obat tradisional anda harus meraciknya terlebih dahulu sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan obat medis. Berikut ini adalah obat medis yang bisa anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak yang anda alami ;

  1. Asam Mafenamat

Obat medis pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah anda bisa menggunakan asam mafenamat. Dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 500 mg setiap mengkonsumsinya. Anda bisa mengkonsumsi obat itu sebanyak tiga kali dalam sehari. Fungsi obat ini adalah sebagai penghilang rasa sakit pada gusi maupun pada gigi.

  1. Clindamycin

Obat medis lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah clindamycin. Anda bisa meminum obat ini sebanyak tiga kali dalam sehari dan dosisnya sekali minum sekitar 150 mg. Fungsi obat ini sebagai antibiotik yang mampu menangkal bakteri dan kuman penyebab gusi bengkak.

  1. Dexamethasone

Anda bisa mengkonsumsi obat dexamethasone sebanyak tiga kali dalam sehari. Batas pengkonsumsiannya adalah 0,5 mg sekali minum. Fungsi obat ini adalah mencegah terlepasnya sel-sel tubuh yang menjadi penyebab dari bengkaknya gusi.

  1. Ibuprofen

Obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan mengkonsumsi ibuprofen. Ibuprofen ini merupakan obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit ketika gusi menjadi bengkak. Obat ini juga berfungsi sebagai obat anti peradangan. Kadang ketika gusi menjadi bengkak timbul radang di gusi tersebut sehingga menyebabkan rasa sakit semakin menjadi-jadi. Anda bisa mengkonsumsi ibuprofen ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. Metampiron

Mungkin anda sedikit asing dengan obat yang satu ini, hal tersebut adalah wajar karena jenis obat ini jarang disebut oleh ahli kesehatan. Obat metampiron merupakan obat yang digunakan sebagai penghilang rasa sakit sehingga rasa sakit anda ketika gusi anda bengkak bisa dihilangkan atau diringankan menggunakan obat ini.

Obat Tradisional

Bagi anda yang takut dengan efek samping dari obat kimia anda bisa menggunakan bahan-bahan yang telah disediakan oleh alam untuk mengatasi gusi bengkak yang anda alami. Selama ini alam telah menyediakan berbagai macam tumbuhan yang berguna bagi kehidupan manusia, hanya manusia saja yang tidak tahu dan memiliki pengetahuan yang terbatas tentang semua tumbuhan yang ada di muka bumi ini. Berikut ini adalah obat tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak yang anda alami :

  1. Bawang Putih

Siapa yang tidak kenal bawang putih ini, selama ini bawang putih dipercaya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan manusia. Bawang putih dipercaya bisa digunakan sebagai obat sakit gigi paling ampuh dikarenakan kandungan antiseptik yang ada di dalam bawang putih itu. Kandungan antiseptik di bawang putih itulah yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan terutama yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri.

Kandungan antiseptik yang ada di bawang putih itu juga yang dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Sebelum anda menggunakan bawang putih sebagai obat untuk gusi bengkak anda sebaiknya anda tahu efek samping bawang putih sehingga anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Cara membuat ramuan bawang putih untuk mengobati gusi bengkak sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil satu siung bawang putih yang sudah dikupas.
  • Haluskanlah bawang putih sampai benar-benar halus, anda bisa memarutnya atau menguleknya. Setelah dihaluskan, anda bisa menambahkan garam ke dalam bawang putih yan