Mengapa anda Sering Terkena Sakit Sariawan ? Inilah Alasannya

588

Penyakit Sariawan merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang area mulut namun dalam jangka waktu tertentu akan menghilang dengan sendirinya untuk. Jenis sariawan ringan sedangkan untuk Sariawan membandel, anda wajib mengunjungi dokter.

Masing – masing orang tidak pandang usia pernah mengalami Penyakit Sariawan. Penyakit ini sering dianggap sepele, padahal munculnya Sariawan akan menyebabkan anda terkena rasa sakit dan nyeri teramat sangat sehingga dapat menyebabkan aktivitas di luar rumah terganggu bagi si penderita.

Penyakit Sariawan adalah kelompok penyakit peradangan yang menyerang mukosa mulut dimana akan muncul Sariawan pada bagian bibir dalam, lidah, gusi, langit-langit mulut dan pipi bagian dalam. Pada umumnya Sariawan berbentuk bulat / oval dengan memiliki warna putih / kuning di pusatnya dan bagian tepi memiliki warna kemerahan.

Berapa jeniskah Sariawan yang rentan menyerang area mulut anda ?

Berdasarkan atas ciri khas dan ukurannya, ditemukan beberapa tipe Sariawan yang sangat mengganggu anda yaitu :

1/Sariawan tipe Minor

Sariawan tipe inilah yang paling sering ditemukan dalam masyarakat di Indonesia. Memiliki ukuran cukup kecil sekitar 1 Cm yang berbentuk oval dengan bagian tepi berwarna kemerahan. Pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 7 hari atau 2 mingguan bagi yang dalam kondisi sangat parah dan tidak membekas ketika sudah sembuh dengan sendirinya.

2/Sariawan tipe Mayor

Penyakit Sariawan ini jarang terjadi. Memiliki ukuran Sariawan berukuran lebih besar dibandingkan dengan tipe tersebut di atas. Berbentuk oval dan diberi pembatas yang jelas dan pada bagian pusat seperti dalam / berlubang. Membutuhkan waktu 4 minggu atau lebih untuk dapat sembuh dengan sendirinya. Sariawan tipe ini ketika sembuh akan meninggalkan bekas luka karena waktu penyembuhan sangat lama.

3/Sariawan tipe Herpetiform

Jenis Sariawan ini sekali muncul dapat memiliki jumlah seperti rumpun sebanyak 10 bahkan jika akut akan berjumlah 100 luka di dalam area mulut. Memiliki ukuran kecil – kecil dan sangat tipis sehingga kadang – kadang sekilas pandang membentuk satu ‘ulkus’ / luka terbuka besar. Penyebab Sariawan tipe ini hingga saat ini belum diketahui secara pasti.

Tetapi secara garis besar yang memicu munculnya Sariawan di dalam mulut adalah luka – luka karena trauma tergigit, pengaplikasian alat – alat kedokteran gigi, pemanfaatan alat ‘orthodontic’ atau gigi palsu yang tidak pas, dan kekurangan Vitamin B12 disertai Asam Folat dan zat Besi. Pada seorang wanita yang sedang mengalami masa – masa menstruasi atau stres bisa juga menyebabkan munculnya Sariawan.

Bagaimanakah cara penanganan terhadap Penyakit Sariawan ?

Seperti dijelaskan di atas, pada umumnya Sariawan mampu menghilang dengan sendirinya tanpa diberikan obat atau kunjungan ke dokter. Tetapi jika anda sudah tidak tahan lagi terhadap rasa sakit yang diderita karena tingkat Sariawan sudah parah maka wajib mengaplikasikan obat atau kunjungan ke dokter.

Untuk kasus ringan atau tipe Sariawan tidak akut tersebut di atas, anda dapat mengaplikasikan salep berisikan zat ‘anestesi topikal’ yang bertujuan mengurangi rasa perih dan nyeri. Sedangkan untuk kasus – kasus sedang hingga parah, anda membutuhkan obat – obatan ‘topikal’ yang mengandung ‘steroid’. Langsung aplikasikan pada area yang terkena Sariawan. Pemanfaatan obat kumur ‘chlorhexidine 0,2 %’ juga disarankan untuk meringankan tipe Sariawan ringan. Sedangkan pada Sariawan tipe sedang hingga berat membutuhkan obat kumur yang mengandung antibakteri.

Nah kapankah anda harus waspada terhadap penyakit ini ?

Apabila penyakit ini muncul berulang kali dan tak kunjung sembuh. Jika Sariawan tidak hilang dalam waktu 2 mingguan maka kemungkinan besar akan menjadi gejala awal Kanker Rongga Mulut. Kanker jenis ini akan menyerang area bibir, lidah, pipi, dasar mulut, langit langit, ‘sinus’ dan ‘faring’. Selain munculnya Sariawan, tanda tanda dan gejala yang lainnya adalah pembengkakan pada wajah disertai dengan gigi goyang tanpa penyebab yang jelas.

Jika susah dalam mendeteksi sejak dini maka akan menyebabkan infeksi yang dengan mudah menjalar ke bagian organ tubuh lainnya seperti kerongkongan. Anda perlu berkunjung ke dokter gigi spesialis penyakit mulut guna melakukan pemeriksaan lebih mendetail dan secara klinis di laboratorium guna menemukan penyebabnya.

Demikianlah kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan tentang Penyakit Sariawan beserta cara pencegahan, semoga memberi manfaat bagi anda yang membaca.