Home Featured Tidak Rutin Bersihkan Lidah? Waspadai 6 Akibatnya

Tidak Rutin Bersihkan Lidah? Waspadai 6 Akibatnya

by Erlita

Mungkin memang kita sudah sangat rajin membersihkan gigi dengan menyikatnya sehari 2-3 kali bahkan dengan pasta gigi ber-fluoride. Namun nyatanya, membersihkan gigi saja tidak cukup, tapi lidah juga butuh diperhatikan juga. Dengan membersihkan lidah, sebenarnya ini salah satu cara agar bakteri tak gampang berkembang; jika tidak rutin membersihkan, akibatnya seperti di bawah ini lho.

  1. Lidah Jadi Hitam

Hati-hati kalau jarang membersihkan lidah, sebab lidah juga dapat mengalami pengerakan makanan. Ya, setelah makan terus-menerus tanpa lidah dibersihkan, akibatnya sisa makanan berkeraklah di sana sehingga warna lidah pun bisa berubah menjadi hitam. Jika tampaknya lidah berbulu, maka itu tandanya kita jarang menggosoknya.

  1. Mati Rasa

Jarang membersihkan lidah juga bisa berdampak pada rasa kebas di bagian tersebut. Jadi kalau misalnya kita mencicipi makanan tapi tak merasakan apapun, ada kemungkinan telah terbentuk lapisan padat di lidah akibat sisa makanan sehingga kemampuan merasakan cita rasa makanan/minuman pun menjadi turun alias mati rasa.

  1. Infeksi Gigi

Bakteri mudah berkembang dan menumpuk di bagian lidah karena tak digosok alias dibersihkan lho. Dan hal ini kelihatannya saja sepele, padahal juga bisa berdampak pada gangguan kesehatan gigi. Gigi bisa jadi mengalami kerusakan seperti mudah rontok akibat infeksi bakteri yang berasal dari lidah kotor dan penuh sisa makanan.

  1. Penyakit Gusi

Gusi bisa menjadi tak sehat karena lidah tidak bersih di mana lagi-lagi hal ini terjadi karena bakteri yang menumpuk akibat sisa makanan di sana. Dari bakteri yang terakumulasi, timbul kemudian infeksi bakteri yang berpengaruh pada gusi, lalu muncul gangguan kesehatan mulut mulai dari gusi berdarah, gusi membengkak, dan gusi memerah.

  1. Infeksi Jamur

Lidah yang dalam keadaan kurang bersih pun bisa mengundang penyakit berupa infeksi jamur. Jarang menyikat lidah bisa memicu pertumbuhan jamur selain bakteri yang ditandai bercak putih pada lidah. Oleh sebab itu, demi mencegah pertumbuhan jamur ini, alangkah baiknya menggunakan obat antijamur (bisa juga jadi solusi pengobatan jika telanjur terjadi).

  1. Bau Mulut

Mulut mengeluarkan nafas atau bau tak sedap itu tak hanya berasal dari makanan yang kita asup. Hal ini ternyata juga dapat disebabkan oleh kondisi lidah yang jarang dibersihkan. Sisa-sisa makanan yang tinggal di lidah pada akhirnya menimbulkan bakteri muncul dan berkembang di sana lalu menjadi pemicu bau busuk sehingga saat berbicara aroma dari mulut tidak enak.

Jika bahaya, risiko atau akibat dari lidah tak bersih sudah telanjur dialami, mulailah mencari alat pembersih lidah yang sebenarnya bisa kita dapatkan secara mudah di pasaran. Rutinlah membersihkan lidah agar berbagai hal tak nyaman tersebut bisa dihindari dan rasa percaya diri juga jadi tidak berkurang hanya karena masalah mulut.

You may also like