Home Tips KesehatanKesehatan Mulut Rongga Mulut Terasa Kering, Kenapa? Ini 13 Kemungkinan Penyebabnya!

Rongga Mulut Terasa Kering, Kenapa? Ini 13 Kemungkinan Penyebabnya!

by Erlita

Apakah Anda tak ingin banyak bicara karena ketidaknyamanan yang dirasakan di dalam mulut? Apakah ini karena rongga mulut terasa kering? Untuk menanganinya, Anda perlu lebih dulu tahu apa saja kemungkinan penyebab dibalik keringnya rongga mulut. Berikut ini adalah uraian tentang beberapa potensi faktor pemicu kekeringan di rongga mulut.

  1. Efek Obat Tertentu

Rongga mulut kering kira-kira kenapa ya? Coba ingat-ingat kembali apakah Anda tengah mengonsumsi obat tertentu, seperti misalnya menjalani kemoterapi. Ya, radioterapi dan kemoterapi mampu menimbulkan efek samping berupa kekeringan pada bagian rongga mulut. Selain itu, masih banyak lagi jenis obat bebas atau resep dokter yang bisa menyebabkannya, seperti dekongestan dan obat diabetes.

  1. Penyakit Gula

Rongga mulut yang terasa kering dapat pula disebabkan oleh kadar gula darah yang melonjak dan terus-menerus tinggi. Inilah yang kita sebut dengan penyakit diabetes. Saat terjadi peningkatan kadar gula, fungsi ginjal untuk proses penyerapan cairan menurun drastis. Inilah yang kemudian menyebabkan sering buang air kecil pada penderita diabetes dan mengakibatkan dehidrasi.

  1. Perubahan Hormon

Jika Anda adalah seorang wanita dan memasuki masa menopause, rongga mulut yang kering sebenarnya merupakan efek dari hormon yang berubah. Apabila memang kekeringan ini terjadi meski Anda tidak mengalami kondisi mental atau fisik tertentu, itu artinya perubahan hormonal dapat menjadi pemicu utamanya.

  1. Kebiasaan Mendengkur

Mengorok atau bernapas melalui mulut saat tidur di malam hari jelas bisa membuat rongga mulut mengalami kekeringan di mana hal ini terutamanya paling dirasakan saat bangun pagi. Bila Anda tahu bahwa ini adalah akibat dari sleep apnea atau jenis gangguan tidur lainnya, segeralah periksakan diri agar tertangani lebih cepat.

  1. Penggunaan Obat Kumur

Kita tahu bahwa ada kandungan alkohol di dalam obat kumur. Jadi bagi Anda yang memang sehari-hari menggunakan obat kumur, efek yang bisa terjadi salah satunya adalah rongga mulut yang kering walau memang Anda akan terhindar dari bau mulut. Bahkan kandungan alkohol dari obat kumur bisa berakibat selaput lendir mulut teriritasi.

  1. Gangguan Kesehatan di Hidung

Ketika kesehatan hidung atau pernapasan sedang terganggu, seperti terserang alergi ataupun penyakit flu, maka otomatis akan lebih nyaman jika bernapas melalui mulut bukan? Jika dibiarkan terlalu lama tanpa menangani penyakit utamanya, bisa jadi tak hanya kekeringan rongga mulut saja, tapi Anda pun bisa mengalami rasa sakit di tenggorokan.

  1. Dehidrasi

Tentu saja, tak diragukan lagi, dehidrasi menjadi salah satu penyebab rongga mulut merasakan kekeringan karena tubuh tak mendapat asupan cairan yang memadai. Jika memang inilah faktor penyebab utamanya, beruntunglah Anda karena solusinya hanyalah tinggal meminum banyak air putih per hari.

  1. Kebiasaan Merokok

Sudah tak lagi perlu dipungkiri bahwa begitu besar bahaya merokok bagi kesehatan dan hal ini bisa diawali dengan keringnya rongga mulut, khususnya jika tak diimbangi dengan minum banyak air putih. Produksi air liur pada dasarnya bisa berkurang karena merokok, jadi mulailai batasi dan hentikan kebiasaan merusak paru-paru ini.

  1. Gangguan Kesehatan pada Sendi

Berbagai macam penyakit yang menyerang sendi seperti Lupus (efek dari pembuluh darah yang meradang), radang sendi, dan rematik mampu mengakibatkan timbulnya kekeringan pada rongga mulut. Biasanya, tak hanya mulut, bagian mata pun menjadi kering karena sistem imun salah menyerang kelenjar air mata dan air liur.

  1. Kafein Berlebihan

Terlalu suka dan sering mengonsumsi kopi maupun teh? Kandungan kafein di dalam kedua jenis minuman tersebut termasuk tinggi padahal kafein membawa sifat diuretik. Karena sifat diuretik itulah, tak heran pengonsumsi kafein akan lebih sering buang air kecil yang bila tak diimbangi dengan minum air putih lebih banyak bisa mengeringkan rongga mulut.

  1. Penyakit Asam Lambung

Ketika asam lambung sudah cukup parah dan terjadi kenaikan sampai ke kerongkongan, inilah yang menyebabkan mulut menjadi kering. Rongga mulut kekeringan karena asam lambung menjadi pemicu timbulnya radang serta iritasi di sana. Untuk solusi cepat dan sederhana, minumlah air putih hangat sedikit-sedikit tapi sering.

  1. Kepala Terbentur

Saat cedera kepala seperti misalnya kepala terbentur terjadi, kekeringan di rongga mulut sangat bisa terjadi. Ini karena ada dua buah saraf pada wajah yang pusatnya ada di tengkorak mampu menjadi perangsang kelenjar air liur sehingga ketika terjadinya benturan di bagian kepala bisa merusak fungsi saraf karena tulang penyangganya terganggu.

  1. Terserang Infeksi

Rongga mulut kering dapat juga Anda alami karena terserang suatu virus atau infeksi. Salah satu kondisi yang mampu menyebabkan mulut kering adalah HIV AIDS. Namun, jenis infeksi serta kasus serangan virus lain pun bisa saja turut menimbulkan efek seperti ini di rongga mulut Anda. Ketika memang demikian, menemui dokter adalah tindak lanjut yang bijak.

Jadi, rongga mulut terasa kering kenapa ya? Itulah sederet alasan paling umum yang berpotensi terjadi. Apabila penyebab dari keringnya rongga mulut adalah kondisi penyakit tertentu yang Anda tak bisa atasi secara mandiri, maka segeralah ke dokter dan jangan menundanya terlalu lama.

You may also like