18 Cara Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Jengkol dan Petai Paling Cepat

11756

Bagi beberapa orang jengkol dan petai itu nikmatnya tiada terkira, namun ada satu hal yang mengganjal di sini, yakni bau mulut yang ditimbulkan oleh kedua makanan tersebut. Walau sudah dimasak secara matang, tetap saja ada efek bau mulut sesudah memakannnya dan itulah yang membuat para penikmat jengkol dan petai merasa tidak nyaman. Tapi tenang saja, ada cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petai yang akan diulas kali ini. Berikut ini adalah caranya :

  1. Menggosok Gigi

Tentu langkah paling pertama yang seharusnya dilakukan demi menghilangkan bau mulut karena petai dan jengkol adalah gosok gigi. Cara ini memang dianggap konvensional atau terlalu umum, namun ini menjadi cara yang seharusnya terpikirkan untuk pertama kali. Memang tidak selalu ampuh, namun menggosok gigi setiap sesudah makan, apalagi memakan petai dan jengkol diyakini sebagai cara menghilangkan bau mulut dan napas berkurang alias tersamarkan. Menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi rasa mint akan lebih baik karena efek dari mint tersebut akan menambah kesegaran di dalam mulut; hal ini akan meningkatkan percaya diri untuk kembali berkomunikasi dengan lawan bicara.

Baca : Bahaya menelan pasta gigiCara mencegah bau mulutPencegahan bau mulut Penyebab bau mulut

  1. Mengunyah Permen Karet Mengandung Xylitol

Setelah puas makan petai dan jengkol yang menjadi makanan favorit, jangan lupa demi kenyamanan berkomunikasi dengan orang lain, kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula namun mengandung xylitol. Inilah yang akan membantu untuk meningkatkan aliran air liur dan supaya beberapa bakteri dapat dihilangkan dari mulut. Alasan mengapa harus yang tidak mengandung gula adalah supaya kita tidak memberi makan bakteri yang ada di dalam mulut kita; bakteri tersebutlah yang membuat mulut dan napas kita menjadi bau.

Ada banyak jenis permen karet di luar sana yang bisa didapat secara mudah, namun bila tidak disarankan untuk mengunyah yang mengandung gula, maka silakan membeli permen karet ber-xylitol. Xylitol akan berperan sebagai anti-bakteri sehingga tentunya dapat dipercaya mampu melawan bakteri pada mulut kita. Dengan xylitol, bakteri akan dihilangkan secara serta-merta dan kesehatan guzi serta gigi pun akan ditingkatkan.

Baca : Bahaya menelan permen karetBahaya permen karetBahaya anak menelan permen karet

  1. Tidak Merokok

Seperti yang kita ketahui, merokok sebenarnya dapat membuat mulut terasa kering, bahkan jaringan tubuh pun akan ikut terpengaruh menjadi kering. Pembuluh darah akan dipengaruhi juga oleh nikotin sehingga aliran air liur yang dihasilkan pun tidak akan sehat. Bau mulut setelah makan petai dan jengkol akan dapat diperburuk dengan merokok, maka jangan merokok sebab mulut akan dihalangi untuk berfungsi secara normal. Terkadang setelah makan, beberapa orang akan mulai merokok entah apapun alasannya, namun bukannya kesegaran yang akan didapat, tapi bau mulut akan menjadi lebih buruk dari yang dikira.

Baca : Bahaya rokok terhadap otakBahaya tembakau rokok Bahaya merokok sehabis makan

  1. Menggunakan Lip Gloss yang Memiliki Rasa

Bagi para wanita yang ingin tetap menikmati makanan favorit, yaitu jengkol dan petai namun takut bau mulut akan dapat menimbulkan kesan buruk untuk si lawan bicara, silakan pakai lip gloss yang memiliki rasa. Lip gloss yang dijual di toko kosmetik ada yang memiliki aneka rasa buah, jadi cobalah untuk membawa serta memakai lip gloss jenis tersebut. Memang tidak akan membuat bau mulut hilang sepenuhnya dan menjadikan mulut berbau segar secara total, namun paling tidak bau itu akan tersamarkan dengan menggunakan lip gloss ini. Paling tidak, lip gloss akan menjadi penyelamat sementara sebelum Anda akhirnya nanti menggosok gigi. Selain bisa menghilangkan bau mulut akibat jengkol, lip gloss ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering.

  1. Menggunakan Pembersih Mulut yang Bebas Alkohol namun Mengandung Zinc

Selain menggosok gigi, biasanya orang akan berkumur dengan cairan pembersih mulut. Pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol, namun justru terdapat zinc di dalamnya. Berkumur tujuannya tidak hanya membuat kondisi mulut lebih segar serta mengurangi efek-efek bau jengkol serta petai, tapi juga akan membuat kelembaban mulut lebih terjaga. Dengan menggunakan cairan pembersih mulut berkandungan zinc, maka air liur akan lebih efektif dalam membasmi bakteri di dalam mulut penyebab bau mulut.

Alasan mengapa tidak disarankan memilih yang berkandungan alkohol adalah karena alkohol dapat membuat mulut menjadi kering dan malah akan memicu lebih banyak bakteri yang akan memperburuk napas. Ada satu cara mudah di mana Anda tidak perlu membeli pembersih mulut namun membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang ada dan mudah didapat, seperti berikut ini.

  • Bahan. Siapkan baking soda satu sendok makan saja, dan tuang ke dalam segelas air hangat. Tambahkan minyak peppermint esensial beberapa tetes secukupnya saja. Campurkan sampai benar-benar merata sebelum akhirnya bisa digunakan untuk berkumur-kumur demi menghilangkan bau petai dan jengkol yang mengganggu.
  • Kelebihan. Alasan mengapa baking soda-lah yang direkomendasikan kali ini adalah karena baking soda berperan sebagai anti-bakteri dan di dalamnya pun tidak terkandung alkohol sama sekali. Solusi satu ini dipastikan akan membuat napas menjadi lebih segar dan bisa dijadikan alternatif mujarab bagi yang tengah kehabisan obat kumur.
  1. Membersihkan Lidah dengan Menyikatnya

Setelah makan jengkol dan petai, kalau tidak menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur, silakan coba dengan membersihkan lidah. Biasanya orang memiliki kebiasaan menyikat lidah setelah atau sebelum menggosok lidah dan memang hal tersebut bisa membantu mengurangi bau mulut. Bakteri apapun yang memicu bau mulut akan dihilangkan, jadi cara sederhana ini sangat layak untuk dicoba di manapun Anda berada setelah menikmati jengkol dan petai.

  1. Meminum Kopi Hitam

Beberapa orang memang sangat gemar mengonsumsi kopi hitam, namun rupanya kopi hitam yang dikenal pahit ini malah justru salah satu cara paling efektif untuk mengatasi bau tidak enak yang diproduksi mulut akibat makan petai dan jengkol. Untuk kasus bau mulut karena petai dan jengkol, kopi yang sudah diseduh bisa langsung diminum, atau bila mau, cobalah untuk mengonsumsi secara langsung kopi hitam yang masih segar. Risiko untuk memakan kopi hitam adalah rasa pahitnya, tapi efektivitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Baca : Bahaya minum kopi pada saat haidEfek terlalu banyak minum kopiAkibat kebanyakan minum kopi

  1. Mengunyah Beras

Rasa percaya diri yang menurun sehabis melahap petai dan jengkol sudah pasti dikarenakan bau mulut. Mengunyah beras memang cukup aneh bagi beberapa orang karena hal ini kurang konvensional, tapi layak dicoba karena memang terbukti manjur dalam menangkal bau jengkol serta petai. Cara tradisional ini sebenarnya sudah cukup banyak dilakukan oleh masyarakat kita, namun bagi yang masih asing dengan cara ini, silakan coba untuk melihat langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Ambillah beras sekitar dua sendok makan yang kemudian bisa langsung dimasukkan ke dalam mulut untuk dikunyah-kunyah sampai benar-benar hancur.
  • Jangan ragu untuk menelannya setelah merasa beras sudah hancur terkunyah.
  • Terkadang dua sendok saja belum dirasa cukup karena baunya masih ada, maka silakan ambil satu sendok lagi yang bisa dikunyah-kunyah sampai bau petai dan jengkol benar-benar hilang.
  • Ini memang jarang kita temui, namun percayalah bahwa cara ini justru sangat mujarab.
  1. Mengonsumsi Buah

Setelah makan besar atau makan nasi, biasanya kita tergoda untuk makan buah, atau bahkan hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. Makan buah sebenarnya memang menjadi pencuci mulut, apalagi saat kita selesai menikmati petai dan juga jengkol. Buahnya pun tentu tidak sembarang buah, karena hanya buah-buah tertentu saja yang disarankan untuk dikonsumsi, seperti misalnya apel, stroberi, semangka serta jeruk di mana semua buah tersebut mengandung kandungan air yang tinggi. Buah-buah tersebut juga memiliki wangi yang enak, sehingga aroma jengkol dan petai dapat berkurang.

  1. Minum Susu

Mengonsumsi susu bukan hanya bisa dilakukan saat pagi di mana susu adalah salah satu menu sarapan. Susu juga rupanya efektif bila digunakan untuk menghilangkan bau mulut akibat petai dan jengkol, tapi asalkan yang diminum adalah susu kental manis. Jenis susu tersebut akan lebih unggul dalam menghilangkan bau pada mulut ketimbang susu bubuk biasa. Setelah makan jengkol dan petai, coba untuk langsung minum susu kental manis tersebut dengan cara menyeduhnya lebih dulu.

Baca : Khasiat susu sapi murni

  1. Berkumur dengan Air Garam

Bau mulut akan mampu dihilangkan dengan cara yang super sederhana, yaitu dengan berkumur air garam. Cara ini cukup praktis dan caranya pun mudah, hanya dengan mencampurkan garam secukupnya dengan air hangat, ramuan penghilang bau mulut sudah jadi dan bisa langsung digunakan.

  1. Mengunyah Permen Rasa Mint

Permen rasa mint biasanya membuat mulut menjadi tambah segar dan Anda tidak perlu ragu-ragu, tentu permen tersebut juga akan membantu agar bau mulut tersamarkan. Memang bukan penghilang bau mulut secara permanen, namun setidaknya sebelum sampai rumah dan bisa menggosok gigi, permen mint merupakan cara jitu dalam menghilangkan bau jengkol dan petai. Untuk itu, selalu sedia atau bawa permen mint beberapa buah selama bepergian, jadi jika kapanpun tergoda untuk makan jengkol ataupun petai, menyiasati bau mulut hanya tinggal mengonsumsi permen mint yang sudah disiapkan tersebut.

  1. Mengonsumsi Probiotik

Efek dari bau petai dan jengkol biasanya tidak langsung seketika hilang meski sudah menggosok gigi; terkadang bau-bau dan rasa-rasanya seperti masih menempel di lidah atau di dalam mulut, jadi probiotik bisa menjadi salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan. Dengan mengonsumsinya satu per hari saja sudah akan berpengaruh baik bagi tubuh dan juga untuk kesehatan dan napas mulut.

  1. Mengunyah Daun Peterseli

Tepat sesudah menikmati petai dan jengkol, ambil daun peterseli kalau ada dan konsumsilah karena daun tersebut juga memiliki fungsi besar dan manfaat positif bagi mulut yang bau jengkol dan petai. Asupan sayuran hijau rupanya bisa membantu mengurangi bau mulut, dan jenis sayuran hijau paling disarankan adalah peterseli di mana ada klorofil yang terkandung di dalamnya.

  1. Mengonsumsi Vitamin B

Vitamin B yang bisa dibeli dengan mudah di apotek juga dapat diandalkan untuk mengatasi bau mulut akibat terlalu berlebihan makan petai atau jengkol. Vitamin B ini diyakini memiliki efektivitas tinggi untuk kasus ini, jadi silakan dicoba.

Baca : Akibat kekurangan vitamin B kompleksKandungan vitamin B6 pada makananBuah yang mengandung vitamin B

  1. Mengonsumsi Minuman Bersoda

Minuman yang bersoda tampaknya juga ampuh dalam melawan bau mulut tak sedap dari jengkol dan petai. Jadi, jika saat makan di sebuah restoran dan Anda memesan menu dengan bahan utama jengkol atau petai, cobalah untuk memesan minuman bersoda untuk menemani menu favorit Anda dan minuman ini dapat menjadi alternatif dari air putih sebenarnya. Tepat sehabis makan jengkol, minumlah minuman yang mengandung soda dan akan terasa hasilnya nanti.

  1. Mengonsumsi Jus Sayuran Hijau

Seperti diterangkan sebelumnya, asupan sayuran hijau dapat membantu mengembalikan kesegaran mulut, jadi silakan untuk mengonsumsi sayuran hijau dengan cara dijus supaya lebih nikmat dan terasa kesegarannya. Alasan mengapa jus sayuran hijau yang dipilih adalah karena tingkat asam yang rendah terdapat di sayuran hijau. Jus ini paling baik bukan hanya untuk solusi bau mulut namun untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

  1. Meminum Banyak Air Putih

Air putih memiliki segudang kebaikan, salah satunya adalah membuat bau mulut akibat petai dan jengkol hilang secara alami dan praktis. Meminum air putih banyak bukan hanya disarankan hanya pada saat setelah mengonsumsi petai dan jengkol saja, air putih akan baik diminum sebanyak 8 gelas setiap hari untuk kesehatan mulut serta pencernaan kita. Minuman bersoda memang diketahui baik untuk mengatasi bau mulut, namun bila terlalu banyak juga tidak baik untuk mulut dan kesehatan. Jadi lebih baik pilih yang aman dan natural saja, yakni air putih.

Baca : Akibat kelebihan air putihBahaya akibat kurang minum air putihTerapi air putih

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petai yang bisa dipraktikkan secara praktis. Dengan adanya solusi tersebut, Anda tidak perlu was-was lagi untuk menyantap hidangan kesukaan Anda, yaitu jengkol dan petai. Jika bau mulut datang, hanya tinggal melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya.