9 Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks bagi Tubuh

11279

Tubuh kita membutuhkan berbagai jenis vitamin supaya mekanisme kekebalan tubuh tetap terjaga. Salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin B kompleks. Apa itu vitamin B kompleks? Jadi, vitamin B yang tersedia bukan hanya satu macam saja namun vitamin B terdapat berbagai macam jenisnya. Vitamin B kompleks sendiri terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Vitamin B 1 atau yang disebut sebagai thiamin
  • Vitamin B 2 atau riboflavin
  • Vitamin B 3 atau niacin
  • Vitamin B 5 atau asam pantotenat
  • Vitamin B 6 atau piridoksal
  • Vitamin B 7 atau biotin
  • Vitamin B 9 atau asam folat
  • Vitamin B 12 atau cobalamin

Seluruh jenis vitamin B inilah yang dinamakan sebagai vitamin B kompleks karena memang terdiri dari beberapa macam atau kompleks. Semua jenis vitamin B ini sifatnya akan larut di dalam air kecuali vitamin B 12 dimana jika memang terdapat kelebihan vitamin B ini di dalam tubuh akan langsung dikeluarkan oleh tubuh. Vitamin merupakan senyawa yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus didapatkan dari luar yaitu dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menyediakan makanan yang mengandung vitamin B ini. Berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan vitamin B kompleks :

  • Vitamin B ini bisa ditemukan di berbagai jenis makanan baik dari hewani maupun nabati, namun akan lebih banyak didapatkan pada produk hewani. Oleh karena itu mereka yang sedang melakukan diet daging atau orang vegetarian akan cenderung mengalami kekurangan vitamin B di dalam tubuhnya.
  • Kebanyakan orang yang melakukan diet biasanya menggunakan suplemen sebagai pengganti vitamin B di dalam tubuh, namun jika anda melakukannya sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi karena bisa jadi kandungan vitamin B yang ada di dalam suplemen tidak bisa mencukupi kebutuhan vtamin B harian.

Nah, lalu bagaimana jadinya jika tubuh mengalami kekurangan vitamin B kompleks? Bagi anda yang penasaran dengan hal ini maka anda beruntung membaca artikel ini karena berikut ini akan dipaparkan beberapa akibat kekurangan vitamin B kompleks yaitu sebagau bverikut:

  1. Masalah Kulit

Vitamin B sangat erat kaitannya dengan masalah kulit. Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin B maka yang pertama kali akan terlihat adalah masalah pada kulit diantaranya kulit kering, kulit pecah-pecah, kulit yang mudah memar dan tergores jika digaruk sedikit saja, luka yang lama sembuh, serta dermatitis. Selain itu kulit juga akan menjadi kering serta pucat dan tidak segar sehingga tidak enak di pandang. Wajah juga akan tampak sayu dan tidak bergairah karena kekurangan vitamin B kompleks ini.

Baca : Gejala dermatitis  – Penyebab dermatitis 

  1. Kelelahan

Selain pada masalah kulit, vitamin B juga akan menyebabkan masalah pada stamina yang menjadikan kelelahan. Kelelahan ini tidak hanya diderita oleh penderita anemia  saja, namun orang yang kekurangan vitamin B kompleks pun akan menderita kelelahan sebab asupa vitamin tidak bisa tercukupi. Yang akan sangat terasa adalah masalah pada bagian otot dimana biasanya akan dirasakan otot yang lemah, sering terjadi kedutan, sakit pada otot dan masalah otot lainnya yang cukup menganggu aktivitas tubuh sehari-hari. Selain itu, kekurangan vitamin B kompleks juga bisa memicu nyeri pada bagian sendi yang bisa ditujukan juga dengan beberapa kejadian seperti sering kesemutan, mati rasa pada bagian-bagian tertentu seperti kaki dan tangan.

Baca : Nyeri sendi lutut  – Gejala anemiaCiri ciri anemia  – Penyebab anemia 

  1. Resiko Bayi Lahir Cacat

Saat ibu sedang mengandung sebaiknya jangan sampai terjadi kekurangan vitamin B kompleks terutama vitamin B 9 atau yang juga lebih sering disebut dengan nama lainnya yaiu asam folat. Asam folat sangat berguna bagi ibu dan perkembangan bayi yang masih di dalam kandungan. Asam folat membantu perkembangan bayi menjadi lebih optimal dan jika sampai kekurangan asam folat ini maka pertumbuhan bayi akan tidak optimal sehingga memicu adanya kecacatan baik secara fisik maupun mental ketika bayi lahir nanti.

  1. Bingung

Anda sering merasa kebingungan? Jika iya mungkin anda mengalami kekurangan vitamin B kompleks di dalam tubuh anda. Vitamin B juga sangat berguna pada daya fokus dan konsentrasi sehingga orang yang mengalami kekurangan vitamin B kompleks ini akan cenderung mengalami kebingungan serta kecemasan. Jika anda sering kebingungan padahal anda sudah mencukup kebutuhan akan vitamin B kompleks bisa jadi anda terkena penyakit Alzheimer.

Baca juga : Penyebab Alzheimer – Gejala Alzheimer  – Cara mencegah alzheimer

  1. Penyakit Beri-beri

Siapa sangka anda juga bisa mengalami penyakit beri-beri jika anda mengalami kekurangan vitamin B kompleks. Jika anda tidak mau mengalaminya sebaiknya untuk segera memberikan asupan vitamin B kompleks pada tubuh dengan optimal. Penyakit beri-beri ini terjadi karena kekurangan pada vitamin B 1, padahal manfaat vitamin B1 di dalam tubuh ini adalah sebagai penyeimbang air di dalam tubuh juga membantu penyerapan air dan lemak dari usus.

  1. Katarak 

Vitamin B juga sangat baik untuk kesehatan mata dan lebih spesifik pada vitamin B2. Fungsi dari vitamin B2 ini sendiri adalah sebagai perangsang kemampuan saraf pada mata dan membuat oksidasi zat makanan menjadi lebih lancar. Untuk pemenuhan vitamin B2 dapat ditemukan diberbagai jenis sumber makanan diantaranya adalah susu, keju, telur, sayuran, hati dan jantung.

Baca : Cara mencegah katarak  – Cara mengobati katarakPeyebab katarak

  1. Anemia

Jika anda mengalami anemia mungkin sebenarnya anda mengalami kekurangan vitamin B. fungsi dari vitamin B ini sendiri sangat penting yaitu sebagai pemisah sel dan penolong perombakan pada karbohidrat. Sehingga jika kekurangan vitamin B terutama B3 akan cenderung mengalami masalah yang terjadi pada peredaran darah yang tidak lancar salah satunya adalah penyakit anemia. Penyakit anemia ini jika tidak segera diobati dapat memicu berbagai penyakit yang lebih serius lainnya.

  1. Sembelit

Jika anda mengalami sembelit cobalah untuk mengkonsumsi vitamin B terutama vitamin B9 karena ada kemungkinan anda juga mengalami kekurangan vitamin B9. Vitamin B9 ini bisa didapatkan dari beberapa sumber makanan diantaranya adalah telur, susu, ikan, daging, biji-bijian dan sayuran. Jika anda mengalami sembelit jangan lupa untuk memperbanyak serat ya supaya pencernaan menjadi lebih lancar lagi.

Baca : Makanan penyebab sembelit 

  1. Pernisiosa

Pernisiosa merupakan keadaan dimana sudah terjadi tanda-tanda adanya penyakit anemia yang sudah akut sehingga anemia tersebut bisa merujuk pada kematian. Bagi orang yang sudah menderita pernisiosa ini diharapkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter karena keadaannya sudah sangat parah. Pernisiosa ini salah satunya pemicunya dipicu akibat adanya kekurangan vitamin B terutama B 11 dimana fungsinya sebagai mengembangkan pada sel darah merah supaya bekerja lebih optimal.

Tips Dalam Mencukupi Asupan Vitamin B Kompleks

Berikut ini adalah tips dalam mencukupi kebutuhan asupan vitamin B kompleks :

  • Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B ini anda bisa juga dapatkan melalui konsumsi suplemen. Namun sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli medis mengenai hal ini apakah anda memang membutuhkannya atau nilai vitamin B di dalam suplemen sudah cukup atau belum.
  • Mengkonsumsi vitamin B kompleks ini juga bisa memicu berbagai efek samping diantaranya seperti mual, muntah, masalah jantung, masalah kulit, masalah gula darah, dan masalah lainnya terutama jika konsumsi suplemen bersamaan dengan konsumsi obat lainnya.
  • Sebaiknya anda mendapatkan asupan vitamin B kompleks ini dari makanan dan minuman alami saja supaya khasiatnya juga tetap terjaga dan masih alami. Ada berbagai macam makanan yang mengandung vitamin B kompleks yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Untuk mengetahui kebutuhan tingkat vitamin B kompleks anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi yang lebih mengerti.

Itulah beberapa akibat kekurangan vitamin B kompleks yang bisa saja terjadi pada tubuh anda. Kebutuhannya bagi tubuh sudah terbukti penting dan tidak diragukan lagi. Jadi, jangan sampai anda mengalami kekurangan vitamin B kompleks terutama jika anda saat in sedang hamil Karena dampaknya bagi perkembangan tubuh si jabang bayi dalam perut bisa menjadi sasarannya.