24 Gejala Alzheimer di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

9331

Penyakit Alzheimer adalah sebuah kondisi umum yang biasanya paling sering ditemukan pada orang lanjut usia. Alzheimer berarti adalah kondisi yang digambarkan dengan hilangnya kemampuan untuk mengingat, menyimpan ingatan, sulit untuk memecahkan masalah, sulit untuk membuat keputusan dan tidak bisa menjalani hidup dengan normal. Alzheimer bisa disebabkan karena penyakit tertentu yang merusak kemampuan otak dan penyakit Alzheimer itu sendiri. Pada penderita Alzheimer maka terjadi penumpukan protein pada bagian otak yang bisa membuat plak atau otak menyusut. Kemudian menyebabkan kerja sel syaraf dan jaringan otak juga mengalami kerusakan.

Alzheimer adalah sebuah penyakit yang berkembang dari waktu ke waktu sesuai dengan kondisi kerusakan dalam otak. Karena itu semua gejala yang muncul akan berkembang. Satu gejala Alzheimer belum bisa menegakkan diagnonis. Karena itu ada banyak gejala yang muncul seperti dibawah ini.

  1. Hilang Ingatan Singkat

Penyebab mudah lupa ingatan salah satunya adalah penyakit alzheimer. Pada tahap awal penderita Alzheimer sering mengalami hilang ingatan sesaat. Kondisi ini biasanya terjadi ketika melupakan percakapan atau sebuah perintah yang sangat ringan. Hilang ingatan ini  berbeda dengan hilang ingatan pada orang lanjut usia. Bahkan tiba-tiba penderita Alzheimer tidak bisa mengingat nama, nama bunga atau semua hal yang dekat dalam kehidupan sehari-hari. Dan terkadang penderita tidak bisa mengingat apa yang baru saja dilakukan.

  1. Tidak Bisa Mengambil Keputusan

Penderita Alzheimer juga tidak bisa mengambil keputusan untuk diri sendiri. Biasanya kondisi ini sering ditemukan ketika mereka tidak bisa memakai jenis pakaian yang tepat. Menggunakan pakaian terbalik atau pakaian yang salah ketika berangkat kerja. Jadi mereka seperti bingung dan tidak bisa memilih mana yang harus dilakukan.

  1. Perubahan Suasana Hati

Tanpa sebab musabab perubahan suasana hati bisa jadi salah satu gejala alzheimer. Perubahan suasana hati paling sering dialami oleh penderita Alzheimer. Kondisi ini bisa terjadi ketika mereka merasa sangat cemas, mudah marah,mudah tersinggung dan menjadi sangat bingung. Bahkan kondisinya tidak hanya terjadi pada orang yang sudah dikenal namun juga orang yang baru ditemui. Biasanya mereka juga mulai menangis tanpa sebab.

  1. Kesulitan Mengenali Angka dan Uang

Penderita Alzheimer juga bisa mengalami kesulitan saat mengenali angka dan uang. Mereka akan menggunakan uang untuk hal yang tidak pernah diduga namun juga menahan uang ketika harus mengeluarkannya. Semua hal yang berhubungan dengan angka akan menjadi hal yang paling sulit dikenali oleh penderita.

  1. Sulit dengan Kegiatan Kebiasaan

Banyak penderita Alzheimer kemudian akan melupakan berbagai kebiasan yang sebenarnya sudah sangat sering dilakukan. Misalnya memasak, mencuci, berbagai pekerjaan rumah dan pekerjaan sehari-hari lain. Jadi ini akan sangat membingungkan untuk penderita Alzheimer.

  1. Lupa Meletakkan Barang

Gejala alzheimer di usia muda yang paling umum adalah melupakan meletakkan barang, bahkan lupa mengunci pintu. Penderita Alzheimer juga akan melupakan berbagai kebiasan penting seperti meletakkan kunci mobil, kunci rumah dan berbagai benda yang sering digunakan. Mereka tidak bisa mengingat dan biasanya mereka justru mencurigai orang lain mengambil barang mereka. Ini adalah tahap yang sangat berat untuk keluarga dengan penderita Alzheimer.

  1. Sulit Konsentrasi

Pada tahap awal biasanya penderita Alzheimer juga bisa mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Biasanya mereka akan menunjukkan gejala ini ketika melakukan pekerjaan rutin yang sudah biasa dikerjakan. Mereka membutuhkan waktu yang sangat lama kemudian menjadi sangat frustasi.

  1. Sulit Berkomunikasi

Gejala lain yang paling sering terjadi adalah sulit untuk berkomunikasi dengan mudah. Beberapa penderita awalnya merasa ingin mengeluarkan kata tertentu namun mereka tiba-tiba melupakan kata tersebut. Akhirnya mereka kemudian sering salah menyebut nama benda dan menjadi salah paham dengan keluarga atau orang lain.

  1. Tiba-tiba Tidak Kenal Waktu dan Tempat

Penderita Alzheimer kemudian juga akan merasa tidak bisa mengenali waktu dan tempat. Mereka mengira bahwa itu siang namun ternyata malam. Kemudian ketika pergi mereka merasa tersesat dan tidak mengenali. Gejala waktu yang paling sering terjadi misalnya ketika keluar selama lima menit tapi mereka mengira sudah lima jam.

  1. Senang Berjalan

Penderita Alzheimer juga akan sering berjalan tanpa tujuan dan arah yang jelas. Mereka merasa ingin pergi ke suatu tempat yang jauh. Kemudian mereka akan mudah tersesat karena merasa tekanan dan ketakutan dalam perjalanan. Bahkan mereka merasa bisa bepergian jauh meskipun sebenarnya hanya ingin pergi ke ruangan lain di dalam rumah.

  1. Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan yang terjadi pada penderita Alzheimer sering ditandai dengan berbagai kebingungan. Mereka tidak bisa melihat warna dengan benar, menilai sebuah jarak tempat atau membaca. Bahkan penderita bisa mengalami gangguan visual yang terjadi secara langsung. Ketika mereka bercermin maka mereka merasa bukan dirinya yang ada dalam bayangan cermin tersebut.

  1. Melakukan Kegiatan Berulang-ulang

Penderita Alzheimer juga akan sering melakukan berbagai kegiatan yang berulang-ulang. Mereka bisa membuka pintu dan menutup berulang kali, berjalan mondar-mandir, pergi ke ruangan-ruangan yang terus menerus dan tingkah laku lain. Hal ini terjadi karena mereka merasa perlu bergerak dan ingin terlihat sibuk.

  1. Mengulang Kata-Kata

Penderita Alzheimer juga sering ingin mengulang kata-kata secara terus menerus. Biasanya mereka akan bertanya hal tertentu dan setelah dijawab, maka tetep mereka akan bertanya tentang hal yang sama. Sebenarnya hal ini terjadi karena mereka merasa cemas, bosan, linglung dan merasa nyaman dengan tingkah laku ini.

  1. Kehilangan Minat

Bersikap apatis atau tidak berminat dengan berbagai hal juga terjadi pada penderita Alzheimer. Mereka mulai menarik diri dari lingkungan sosial dan menyendiri. Kondisi ini bisa disebabkan karena mereka merasa depresi dan sangat sedih dengan kondisinya. Bahkan mereka bisa kehilangan motivasi untuk tetap mengurus diri sehingga penampilan mereka sering terlihat kumal.

  1. Menarik dari Lingkungan Sosial

Dorongan untuk menyendiri sering sangat kuat pada penderita Alzheimer. Mereka merasa tidak berminat untuk bertemu keluarga atau teman dekat. Mereka juga meninggalkan kegiatan favorit, hobi atau berbagai kesukaan lain. Hal ini bisa disebabkan karena mereka merasa sangat malu dengan kondisi yang dialami.

  1. Kehilangan Fungsi Motorik

Gejala alzheimer di usia muda salah satunya adalah gangguan fungsi motorik. Alzheimer juga bisa menyebabkan penderita tidak bisa bekerja dengan kegiatan ringan seperti mengancingkan baju, mengikat tali sepatu atau menggunakan berbagai perlengkapan. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan fungsi motorik dengan ditandai gemetar, mati rasa,dan tidak bisa meraba. Pada tahap ini pengawasan orang disekitarnya memang sangat diperlukan.

  1. Melupakan Tindakan Kebersihan

Orang yang terkena Alzheimer juga akan sering melupakan kebersihan diri. Mereka lupa untuk mandi, lupa sikat gigi, dan lupa berganti pakaian. Mereka juga lupa untuk melakukan kegiatan rutin yang bisa membuat tubuh menjadi bersih seperti mencuci tangan atau memotong kuku. Mereka bahkan lupa jika semua itu memang dilakukan sebelumnya.

  1. Lupa Makan dan Minum

Alzheimer bisa menyebabkan penderita lupa untuk makan dan minum. Hal ini disebabkan karena mereka tidak memiliki dorongan nafsu makan untuk melakukan hal tersebut. Mereka bahkan juga melupakan makanan kesukaan. Jadi mereka akan terlihat lebih kurus dari waktu ke waktu.

  1. Delusi

Delusi terjadi pada penderita Alzheimer dengan tanda-tanda seperti sering curiga dengan orang lain yang mengambil benda pribadi mereka. Mereka seperti memiliki keyakinan tentang tindakan jahat orang lain. Jadi tindakan ini sangat menganggu orang yang tinggal dengan penderita Alzheimer.

  1. Paranoid

Penderita Alzheimer juga akan merasa paranoid atau ketakutan berlebihan. Kondisi ini disebabkan karena mereka merasa ada tindakan jahat dari orang sekitar. Mereka akan merasa paranoid dari berbagai sudut seperti penglihatan, pikiran, penciuman, dan prasangka. Bahkan mereka juga takut dengan orang keluarga.

  1. Sulit Tidur

Penderita Alzheimer yang merasa sangat gelisah, depresi, bingung dan cemas bisa terjadi sepanjang hari. Akibatnya maka mereka merasa sulit untuk tidur dan lebih sering berkeliaran. Kondisi ini bisa menyebabkan penderita mengalami tubuh yang lelah dan tidak bisa membedakan antara kenyataan dan halusinasi.

  1. Melakukan Tindakan yang Tidak Pantas

Penderita Alzheimer juga bisa melakukan berbagai hal yang tidak pantas, seperti melepas baju di tempat umum atau bertingkah sangat kasar. Sebenarnya mereka melakukan hal ini karena lupa atau menilai bahwa tindakan itu tidak masalah. Pada tahap tertentu mereka juga akan sering berbelanja namun tidak membayar.

  1. Menjadi Sangat Agresif

Penderita Alzheimer juga akan menjadi sangat agresif dengan gejala seperti suka berteriak, mengancam, mendorong orang asing atau keluarga, dan marah. Hal ini bisa terjadi karena mereka merasa tidak nyaman dengan perlakuan orang lain.

  1. Bertingkah Kekanakan

Penderita Alzheimer juga akan sering bertingkah kekanakan. Mereka sering merasa takut berlebihan, cemas dan merasa dicurigai orang lain. Karena itu mereka merasa selalu membutuhkan orang lain namun mereka juga bisa menjadi curiga dengan orang tersebut. Kondisi ini akan semakin parah bila mereka masih bisa mengenali malam hari.

Penting untuk alzheimer (baik dan buruk)

Pemeriksaan dan diagnosis yang tepat sangat penting untuk penderita Alzheimer. Jika terlambat maka kondisinya bisa menjadi sangat parah. Sementara jika diterapi dan diberikan perawatan yang tepat maka penderita bisa hidup normal selama bertahun-tahun sebelum kondisinya bertambah buruk. Pengenalan gejala yang lengkap akan mendorong penegakan diagnosis yang tepat.