7 Penyebab Mudah Lupa Ingatan

8969

Apakah Anda pernah merasa jengkel karena lupa dengan janji atau hal lain? Ini adalah keadaan yang sangat umum dan terjadi pada hampir semua orang. Tidak hanya untuk orang tua saja, sebab sekarang banyak remaja dan orang dewasa yang sering mudah lupa ingatan. Bahkan lupa ingatan juga bisa terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Misalnya saja jika Anda ingin mengambil sebuah benda dari dalam rumah, kemudian secara tidak sengaja Anda lupa harus berbuat apa.

penyebab mudah lupaApa Penyebab Mudah Lupa Ingatan?

Pada dasarnya ada hal-hal biasa yang membuat kita mudah lupa ingatan dan Anda tidak perlu cemas. Tapi Anda juga harus waspada jika ada beberapa gejala yang memang sering terjadi dan mulai menganggu aktifitas Anda. Karena,bisa saja itu penyakit. Ada dua kategori penyebab mudah lupa ingatan.

Penyebab Umum

Penyebab mudah lupa ingatan secara umum biasanya terjadi pada anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Berikut ini merupakan penyebab sering lupa yang biasa terjadi.

1. Tidur Tidak Cukup

Masalah kurang tidur memang menyebabkan gangguan memori. Biasanya hal ini terjadi karena otak dan syaraf yang ada pada bagian otak tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini kemudian akan mempengaruhi konsentrasi yang bisa membuat seseorang mudah lupa, cemas dan gangguan memori lainnya.

2. Gangguan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid memiliki fungsi yang sangat penting untuk pengaturan tidur. Jika kelenjar tiroid terlalu banyak atau terlalu sedikit mengeluarkan hormon, maka bisa memicu masalah depresi yang sering menyebabkan seseorang sulit untuk tidur. Gangguan ini kemudian akan membuat penderitanya akan mudah lupa.

3. Konsumsi Obat Tertentu

Berbagai jenis obat-obatan yang termasuk seperti obat penenang, obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, dan berbagai jenis obat yang bisa memberikan efek tenang akan menyebabkan gangguan ingatan. Pemakaian pada tahap awal memang tidak menyebabkan gangguan, tapi biasanya jika digunakan secara terus menerus maka bisa mengakibatkan gangguan memori serius.

4. Cemas

Orang-orang yang sering merasa cemas dan tekanan seperti stres juga mengalami gangguan sering lupa ingatan. Hal ini disebabkan karena otak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi sehingga tidak bisa menangkap memori dengan baik. Stres dan cemas memang bisa juga bisa menyebabkan gangguan serius dan parah.

5. Kebiasaan Konsumsi Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga akan penyebab mudah lupa. Biasanya hal ini diawali ketika tubuh masih terpengaruh oleh bahaya alkohol, tapi jika konsumsi berlangsung terus menerus maka efek mudah lupa akan terus terjadi.

6. Depresi

Orang-orang yang mengalami depresi juga sangat rentan terhadap serangan sering lupa. Hal ini disebabkan karena syaraf dan otak tidak mampu mengendalikan pikiran. Rasa sedih dan cemas yang terus terjadi akan membuat gangguan pada otak sehingga menyebabkan sering lupa. Pada awalnya gejala depresi ini hanya terjadi secara singkat kemudian memori akan kembali, tapi tanpa penanganan serius maka bisa menyebabkan gangguan memori parah.

Penyebab Khusus ( Penyakit yang Ditandai dengan Sering Lupa)

Orang yang sering lupa dan tidak mampu mendapatkan ingatan kembali dalam waktu cepat biasanya akan sangat khawatir. Terlebih jika seseorang mulai mendapatkan gangguan ini saat usia lanjut. Salah satu penyakit yang berhubungan dengan masalah gangguan memori adalah Alzheimer. Ini adalah salah satu gangguan memori yang sangat serius.

Penyakit ini bisa merubah semua hal termasuk kepribadian, kehidupan dan tingkah laku. Pada awalnya memang penyakit ini tidak menunjukkan keanehan, namun ketika kondisi menjadi sangat serius maka sulit untuk menolong dan membuat penderita bisa mandiri dalam menjalani kehidupan.

Gejala Alzheimer

Banyak perubahan yang terjadi pada penderita Alzheimer. Salah satunya adalah perubahan fungsi otak yang terjadi dalam waktu yang sangat cepat. dibawah ini adalah beberapa gejala Alzheimer :

  • Sering bertanya berbagai hal yang sama kepada beberapa orang atau orang disekitarnya
  • Lupa dengan lingkungan termasuk area rumah dan sekitarnya
  • Tidak bisa mengerti arah dan salah jalan ketika melakukan perjalanan
  • Tidak mengerti tentang waktu dan perubahan waktu
  • Tidak mengenal orang yang akrab dan orang lain yang sering bertemu
  • Tidak bisa membedakan hal yang aman dan tidak
  • Lupa dengan berbagai aktifitas kebersihan
  • Penurunan gizi karena lupa dengan makan ataupun minum.

Penyebab Alzheimer

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan penyakit ini bisa terjadi pada seseorang. Gejala awalnya mungkin memang tidak mudah terdeteksi, sehingga banyak penderita yang tiba-tiba menunjukkan gejala lupa yang sangat parah. Beberapa penyebab Alzheimer antara lain :

  • Kekurangan vitamin yang mensuplai nutrisi ke otak
  • Kekurangan gizi
  • Pemakaian obat-obatan dalam waktu yang lama
  • Pernah mengalami cedera pada kepala
  • Berbagai jenis masalah yang berhubungan dengan emosi (seperti orang lanjut usia yang sedih, ketakutan, cemas, bosan dan berbagai hal yang berhubungan dengan keluarga).

Cara Deteksi Alzheimer

Penyakit Alzheimer memang tidak bisa dianggap ringan. Semua gejala yang menunjukkan berbagai masalah dan semakin parah harus segera mendapatkan bantuan medis. Beberapa pemeriksaan untuk penyakit ini antara lain:

  • Kesehatan secara umum
  • Kesehatan fisik secara menyeluruh
  • Pemeriksaan sistem syaraf
  • Pemeriksaan jiwa
  • CT Scan
  • Pemeriksaan mental dan kemampuan berhitung
  • Tes darah

Perawatan Alzheimer
Memiliki anggota keluarga yang terkena penyakit Alzheimer memang tidak mudah. Banyak keluarga yang ikut merasa depresi karena tidak mengerti cara perawatan yang benar. Penderita penyakit Alzheimer mungkin memang tidak bisa kembali hidup normal. Anda bisa mendampingi dengan beberapa cara dibawah ini.

  • Perhatikan asupan makanan agar penderita Alzheimer tidak kekurangan gizi sehingga kondisi kesehatan mereka tetap baik.
  • Perhatikan berbagai jenis makanan yang bisa meningkatkan gizi dan mencegah penyakit memburuk dengan cepat.
  • Ajak mereka untuk berbicara berbagai hal sehingga mereka tidak sedih dan depresi.
  • Dampingi mereka untuk melakukan berbagai aktivitas fisik yang ringan dan melakukan hubungan dengan lingkungan sosial.
  • Jangan pernah membiarkan penderita untuk tinggal atau dekat dengan berbagai perlengkapan yang berbahaya seperti listrik atau gas.
  • Berikan mereka pengertian tentang waktu, kondisi lingkungan , tempat tinggal dan berbagai hal yang mereka sukai.
  • Berikan kesempatan pada penderita Alzheimer untuk mengembangkan hobi. Terkadang melakukan hobi seperti menyulam atau kegiatan lain bisa membuat penderita tetap nyaman dan sehat.

Cara Mengatasi Sering Lupa

Cara mengatasi penyebab mudah lupa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pada dasarnya anda harus menemukan penyebab sering lupa dan cara untuk membuat ingatan menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengatasi sering lupa ingatan :

1. Buat catatan penting untuk semua aktivitas rutin Anda dan berbagai hal yang tidak boleh terlupa. Anda bisa membiasakan untuk melihat berbagai catatan ini kemudian mengingat perlahan.

2. Hilangkan semua hal yang bisa menyebabkan depresi dan berbagai gangguan kecemasan. Anda bisa pergi berlibur atau bertemu teman untuk mengurangi tekanan. Cara ini juga sangat baik untuk menghilangkan stres.

3. Pasang alarm atau pengingat pada ponsel Anda. Jika anda memiliki berbagai aktivitas yang sangat sibuk dan tidak mungkin mengingat semua hal maka memakai pengingat bisa menjadi cara yang paling aman.

4. Hilangkan semua rasa khawatir yang bisa menyebabkan memori Anda menjadi terbatas. Biasanya beberapa orang merasa khawatir dengan berbagai hal mulai dari kehidupan hingga pekerjaan.

5. Perhatikan asupan makanan yang bisa mengembalikan sistem kerja otak seperti berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Meskipun masalah mudah lupa ini  sangat umum tapi ini termasuk kejadian yang sangat mengganggu. Jadi, hal yang perlu dilakukan adalah melihat apakah ini keadaan alami atau sering muncul dan menjadi gejala penyakit tertentu, seperti alzheimer ini. Lakukan penanganan yang tepat oleh tenaga medis.