Home Featured Studi Buktikan Asupan Gula Berlebih Berdampak Buruk Bagi Otak

Studi Buktikan Asupan Gula Berlebih Berdampak Buruk Bagi Otak

by Erlita

Bagi para pecinta makanan dan minuman yang manis-manis, ternyata ada kabar buruk lagi selain studi buktikan minum minuman manis berlebihan tingkatkan risiko mati muda. Ternyata asupan gula berlebih juga memengaruhi kinerja dan fungsi otak tanpa kita sadari. Hal ini dibuktikan oleh para ilmuwan dari Selandia Baru.

Awalnya, mereka menemukan bahwa glukosa yang tergolong gula sederhana mampu memberi dampak buruk pada kegiatan mental yang termasuk kemampuan kognitif. Glukosa menurut studi dari hasil publikasi jurnal Physiology & Behavior mampu membuat waktu respon dan perhatian seseorang menurun apabila asupannya sehari-hari terlalu banyak dan sering.

Ada memang penelitian yang membuktikan bahwa asupan glukosa mampu meningkatkan daya ingat seseorang, tapi pada studi penelitian efek glukosa untuk proses kognitif, hasilnya ternyata malah bermacam-macam. Pada hasil penelitian tahun lalu saja, hasil konsumsi minuman manis berkandungan sucralose, fruktosa, sukrosa dan glukosa oleh 49 partisipan sebelum diberi tes kognitif sebanyak tiga buah.

Selama tes berlangsung, dilakukanlah pengukuran terhadap kadar gula darah partisipan oleh tim peneliti dan dijumpai bahwa performa tes kognitif oleh partisipan yang mengonsumsi sukrosa atau glukosa lebih buruk ketimbang partisipan-partisipan yang sebelumnya mengonsumsi minuman ber-sucralose dan fruktosa. Efek perhatian partisipan yang menurun juga sebenarnya dikuatkan oleh puasa yang mereka lakukan 10 jam sebelum penelitian diadakan.

Hal ini tentunya membuktikan pula bahwa sugar coma adalah fenomena yang sungguh nyata, yakni asupan gula mampu menjadikan kinerja fungsi otak menurun. Hal ini lebih terbukti dengan konsumsi gula dengan kandungan glukosa di dalamnya. Kalau bahaya makan manis saja bisa mengancam kesehatan, terlebih lagi minuman-minuman manis dengan kandungan sukrosa dan glukosa.

Karena gula begitu berbahaya bagi tubuh apalagi kalau sampai dikonsumsi kebanyakan, batasi mulai dari sekarang dengan lebih banyak minum air putih serta jus buah alami. Kopi pun daripada ditambah gula biasa bisa coba dicampur gula aren agar lebih menyehatkan. Ketahui juga bagaimana cara-cara melatih otak agar tidak mudah lupa dan selalu aktif berapapun usia kita.

You may also like