Meski Vegetarian, Ini 8 Nutrisi Penting Untuk Dipenuhi Selama Menyusui

348

Jika Anda adalah salah satu seorang wanita yang baru saja melahirkan dan ini waktunya menyusui tapi Anda adalah seorang vegetarian, jangan khawatir karena menjadi vegetarian bukanlah penghalang bagi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat menyusui. ASI yang diberikan kepada si kecil tetap akan penuh nutrisi apabila beberapa langkah ini coba diterapkan.

  1. Omega-3

Karena omega-3 biasanya terkandung di dalam ikan-ikanan, namun tak dapat mengonsumsi ikan, maka pilih sumber nabati saja. Biji rami mengandung omega-3 sekaligus asam linoleat, begitu juga dengan biji kenari adalah sumber omega-3 yang tinggi sehingga bisa coba dikonsumsi selama menyusui agar perkembangan otak si kecil tetap berjalan sempurna.

  1. Kalsium

Para ibu menyusui yang vegetarian dan tak dapat mengonsumsi susu, kalsium sebenarnya adalah mineral yang bisa didapat dari sumber makanan lain. Sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu masih ada asparagus, kale, brokoli, dan bayam, belum lagi kacang almond, edamame, tahu, serta buah jeruk.

  1. Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi penting dalam membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh agar lebih sempurna. Oleh karena itu, para ibu menyusui perlu juga asupan gizi satu ini dan cukup berjemur saja di bawah sinar matahari pagi untuk memperolehnya. Namun juga jangan terlalu lama ya, apalagi kesiangan, bahaya sinar matahari langsung bagi kulit sangat besar lho.

  1. Kalori

Kebutuhan kalori biasanya terpenuhi dari sumber hewani, namun meski dari sumber nabati kandungan kalorinya rendah, para ibu menyusui vegetarian bisa coba mengonsumsi makanan dari tepung. Mie, gandum, jagung, singkong, ubi, roti, kentang maupun nasi adalah contoh sumber karbohidrat yang juga bisa jadi asupan kalori aman.

  1. Protein

Kebutuhan protein juga diperlukan oleh setiap ibu menyusui, bagi vegetarian yang masih bisa mengonsumsi susu serta telur, konsumsilah setiap hari. Namun jika termasuk golongan vegetarian yang menghindari telur dan susu, konsumsi saja selai kacang, susu kedelai, tempe, kacang-kacangan ataupun tahu.

  1. Zinc

Zinc atau seng juga adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh para ibu menyusui. Jika vegetarian, maka tak perlu harus mengonsumsi produk olahan susu. Untuk memenuhi kebutuhan mineral zinc ini, nikmati sayuran hijau secara rutin, begitu juga dengan biji-bijian dan kacang-kacangan.

  1. Zat Besi

Tak boleh ketinggalan, zat besi adalah nutrisi penting bagi para ibu menyusui yang bahkan vegetarian dan ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sayuran hijau semacam brokoli, kale dan bayam. Namun sereal, tahu, jamur, serta lagi-lagi kacang-kacangan dan biji-bijian adalah yang paling direkomendasikan.

  1. Vitamin B12

Kalau biasanya demi memperoleh vitamin B12, kita perlu makan daging, ikan serta produk olahan susu, maka ibu-ibu menyusui yang vegetarian bisa coba menggantinya dengan tempe. Selain itu, oatmeal atau gandum juga adalah sumber vitamin B12 tinggi sehingga bisa dikonsumsi setiap hari selama masa menyusui.

Suplemen pada dasarnya dapat membantu agar pemenuhan gizi tertentu bisa berjalan dengan baik, namun jangan sembarangan mengonsumsinya ya. Konsultasilah lebih dulu dengan dokter atau ahli gizi supaya bisa ketahuan apakah Anda termasuk kekurangan beberapa nutrisi atau tidak, barulah diskusikan apakah konsumsi suplemen diperlukan.