Intip 7 Manfaat yang Ditawarkan Daun Kemangi bagi Wanita

340

Daun kemangi yang kita kenal sebagai bahan lalapan memang diketahui sangat bermanfaat dalam mengatasi bau mulut. Namun bagi para wanita, daun ini sangat kaya protein, vitamin dan nutrisi lain yang siap meningkatkan kesehatan tubuh, kulit serta kecantikan. Jadi, apa saja manfaat yang daun kemangi tawarkan untuk kesehatan para wanita?

  1. Menurunkan Risiko Penuaan Dini

Para wanita pada umumnya terlalu khawatir akan tanda-tanda penyebab penuaan dini, inilah kenapa perawatan kecantikan pun dilakoni walaupun sampai menghabiskan jutaan hingga miliaran rupiah. Sebenarnya, daun kemangi sendiri selain murah juga dapat menjadi anti-penuaan lho. Cukup mencampurkannya bersama multani mitti dan minyak kelapa, aplikasikan saja langsung ke wajah, tunggu sebelum dibilas bersih menggunakan air biasa demi mengencangkan kulit.

  1. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka khususnya di area wajah jelas menjadi hal yang bisa menurunkan rasa percaya diri setiap wanita walau dapat disamarkan dengan penggunaan foundation atau produk riasan wajah lainnya. Tetap saja, perlu untuk menghilangkan bekas luka tersebut bukan?

Sediakan saja daun kemangi secukupnya yang setelah dicuci bisa Anda hancurkan, campurkan bersama sesendok perasan lemon dan madu murni. Aduk-aduklah sampai tercampur dengan baik, barulah oles ke wajah yang ada bekas lukanya, diamkan sementara, lalu siap dibilas bersih menggunakan air biasa. Cara ini ajaib bisa memudarkan bekas jerawat juga sehingga layak dicoba.

  1. Membuat Kulit Lebih Sehat dan Cerah

Supaya kulit sehat dan cerah alami, tak perlu perawatan secara mahal-mahal sebenarnya, cukup daun kemangi yang telah dicuci bisa dihaluskan, lalu Anda ambil air atau ekstraknya. Jangan lupa campurkan dengan gliserin sebanyak sesendok makan dan terapkan ke wajah.

Beri pijatan lembut saat menerapkannya ke wajah dan lakukanlah secara rutin sehari 3 kali demi kulit lebih bercahaya dan kelihatan segar. Kandungan sifat antioksidan di dalam daun kemangi termasuk tinggi ditambah dengan khasiat dari gliserin akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit selain mencegah penuaan dini.

  1. Membuat Jerawat Berkurang

Jerawat memang jenis gangguan kesehatan kulit paling mengganggu walaupun kelihatannya tak begitu serius. Daun kemangi bisa diandalkan dengan menyiapkan beberapa saja, cuci bersih, lalu haluskan untuk mendapatkan ekstrak air daun tersebut. Campurlah bersama bubuk kunyit sedikit dan setelah tercampur, terapkan pada wajah yang berjerawat secara merata.

Tunggulah beberapa saat sebelum wajah dapat Anda bersihkan dengan menggunakan air biasa. Sifat antibakteri sekaligus antiradang pada daun kemangi siap untuk menyembuhkan jerawat dan menurunkan risiko untuk jerawat kembali lagi. Ini karena kemangi pun dapat dijadikan pembersih alami kulit sehingga debu dan kotoran pada pori-pori wajah bisa dihilangkan.

  1. Mengobati Infeksi Kulit

Jika para wanita mengkhawatirkan infeksi yang terjadi pada kulit dan takut tak bisa hilang, maka cobalah gunakan daun kemangi yang kaya sifat antibakterinya. Cukup daun kemangi yang sudah dibersihkan bisa dihaluskan, lalu campur bersama yogurt secangkir saja, dan terapkan ke bagian kulit yang terkena infeksi. Tunggu beberapa saat sebelum boleh dibilas bersih dengan air biasa; cara ini akan mencegah kulit dari kerusakan.

  1. Mengurangi Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah salah satu peningkat risiko seseorang bisa berjerawat. Banyak pembersih wajah yang mungkin malah membuat kulit makin berminyak saja, oleh sebab itu, daun kemangi bisa jadi solusi alternatif yang alami. Daun kemangi yang dicampur bersama air mawar sedikit dan juga pasta cendana secukupnya bisa diterapkan pada kulit wajah, tunggu 15 menit dan bersihkan dengan air biasa.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Ada senyawa arginine yang terkandung di dalam daun kemangi dan juga protein yang siap membantu hormon pertumbuhan yang baik terlepas sempurna sehingga organ reproduksi wanita berkembang dan bahkan terjaga kesehatannya. Mengonsumsi daun kemangi secara rutin sangat baik dalam membentuk hormon estrogen dan androgen juga lho.

Begitulah sederet manfaat yang ditawarkan oleh daun kemangi bagi kesehatan kulit serta tubuh wanita. Jadi, tertarikkah untuk segera mengonsumsi daun kemangi atau menjadikannya sebagai bahan alami perawatan kulit? Selamat mencoba dan kiranya daun ini bermanfaat besar bagi Anda; asal tidak konsumsi berlebihan, efek samping kemangi.