17 Penyebab Penuaan Dini pada Pria dan Wanita

Menjadi tua adalah salah satu hal yang tidak bisa terhindarkan karena merupakan hal yang hakiki dan pasti akan terjadi pada siapapun orangnya dan dari latar belakang apapun mereka. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mampu menghentikan terjadinya penuaan. namun walalupun demikian saat ini banyak orang yang mengeluhkan karena dirinya sudah terlihat menjadi tua padahal usianya seharusnya belum sedemikian. Inilah yang disebut dengan istilah penuaan dini atau proses penuaan yang terjadi sebelum waktunya. Tenang saja karena ada beberapa cara yang bisa menghambat terjadinya penuaan dini sehingg tubuh akan terlihat lebih segar dan awet muda.

Sebelum anda berusaha untuk mendapatkan tubuh yang lebih tampak lebih muda sebaiknya anda juga perlu untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya penyebab penuaan dini, baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. berikut ini akan dipaparkan beberapa hal yang mempercepat terjadinya penuaan dini, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Bahaya merokok

Pasti anda sudah sering mendengar akan bahaya dari merokok ini dan itu memang benar adanya jadi jangan dianggap enteng bahaya dari kebiasaan merokok ini ya. Salah satu dampak negatif yang akan anda dapatkan ketika anda memiliki kebiasaan merokok adalah mampu mempercepat terjadinya penuaan dini. Ya, di dalam rokok terdapat banyak zat dan senyawa kimia berbahaya bagi tubuh seperti berikut ini:

  • Nikotin yang membuat para perokok menjadi kecandungan juga akan memicu sel-sel kulit menjadi kekurangan air atau kelembapannya sehigga kulit akan menjadi lebih kering, kusam dan kasar seperti kulit orang tua.
  • Selain itu rokok juga akan mengurangi kadar vitamin A yang ada di dalam kulit wajah dimana vitamin A ini digunakan sebagai anti oksidan alami yang akan menangkal radikal bebas dan racun di wajah. Sehingga jika kekuranga vitamin A ini akan membuat sel-sel di wajah cepat rusak karena tidak ada tamengnya.
  • Tembakau yang ada di dalam rokok juga mampu merusak kolagen di dalam kulit sehingga tingkat elastisitas kulit berkurang dan membuat kulit menjadi lebih mudah mengalami pengerutan. Jika ini terus terjadi maka penuaan dini tidak bisa dihindarkan lagi.
  • Kebiasaan merokok yang dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama juga akan membuat penurunan aliran darah pada pembuluh arteri dan kapiler di dalam wajah sehingga hal ini mampu membuat sel-sel kulit mati. Dengan berkurangnya aliran darah ini juga akan membuat oksigen di dalam kulit menjadi kurang sehingga membuat kulit menjadi kering, kusam dan pucat serta terlalu banyak sel kulit yang mati sehingga membuat wajah juga akan nampak menjadi kotor.
  • Selain hal yang telah disebutkan di atas, kebiasaan merokok juga akan menghambat proses penyembuhan luka sehingga proses regenerasi kulit juga akan mengalami gangguan.
  • Saat merokok juga akan memungkinkan para penggunanya mengalami paparan panas dari asap rokok yang masuk ke area wajah yang dapat membuat elastisitas kulit berkurang dan menjadikan wajah tampak kusam dan juga kotor.
  1. Bahaya alkohol

Selain rokok, hal lain yang mampu menyebabkan terjadinya penuaan dini adalah kebiasaan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Di dalam alkohol terdapat kandungan gula dan juga kalori yang sangat tinggi sehingga juga akan membahayakan kesehatan tubuh. pada orng yang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan akan mampu menyebabkan penurunan kondisi kulit dimana mereka juga akan memiliki kebiasaan makan dan minum yang buruk. Hal ini akan lebih buruk lagi karena bisa membuat nutrisi yang ada di dalam kulit menjadi memburuk.

  1. Tidak mencukupi kebutuhan nutrisi

Penuaan dini yang ditandai dengan penurunan kondisi kulit dan berbagai masalah pada kulit ini juga bisa disebabkan karena asupan gizi dan nutrisi yang kurang baik misalnya tubuh mengalami kekurangan serat, rendah vitamin, rendah karbohidrat, rendah antioksidan lain dan juga asupan gizi lainnya yang tidak seimbang. Dalam sehari-hari kulit membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang dan pas untuk melawan radikal bebas dan untuk memperbarui sel saat melawan sinar matahari. Tanpa adanya nutrisi yang baik maka tampilan kulit juga akan menjadi buruk sehingga kondisi kulit seseorang juga biasanya ditentukan oleh asupan gizi dan nutrisi yang dikonsumsinya. Sebaiknya konsumsi banyak sayur dan buah supaya kesehatan kulit menjadi lebih baik lagi dan membuat anda menjadi tampak segar dan lebih muda.

  1. Paparan Bahaya Sinar Matahari

Menurut sebuah data, sekitar 80% penyebab dari penuaan dini adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari terutama yang mengandung sinar ultraviolet mampu membuat kerusakan pada serat kolagen dan merusak elastisitas kulit. Selain itu di dalam paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet juga bisa menyebabkan membentuk radikal bebas yang mampu merusak kolagen kulit. Sinar matahari pada siang hari juga bisa menimbulkan bercak-bercak pada kulit dan mampu menyebabkan penurunan fungsi kekebalan kulit sehingga membuat pertumbuhan sel kulit menjadi tidak normal dan mampu menjadikan kanker kulit. Biasanya ini terjadi pada saat matahari tengah bersinar dengan sangat teriknya pada tengah siang hari antara jam 11 siang hingga menjelang sore. Jadi jika anda bepergian ke luar ruangan pada jam tersebut anda bisa menggunakan sun block yang mampu menangkal sinar ultraviolet di kulit anda.

  1. Polusi

Seiring dengan kemajuan zaman, polusi yang terjadi pun semakin meningkat dan tidak terkendalikan lagi terutama karena hasil gas buang dari pabrik industri dan juga gas buang dari kendaraan bermotor. Polusi mampu menjadikan penuaan diri karena beberapa sebab seperti berikut ini:

  • Polusi yang terjadi dalam jumlah yang banyak akan mampu membuat lubang ozon di atmosfer bumi rusak sehingga sinar matahari serta sinar ultraviolet tidak terbendung lagi masuk ke dalam bumi. Hal ini terutama pada jenis sinar ultraviolet B yang mampu menjadikan sel kanker kulit jika menyentuh kulit manusia.
  • Selain itu, polusi juga mampu menjadi salah satu dari radikal bebas yang jika terkumpul banyak di dalam kulit akan mampu menyebabkan kerusakan kolagen sehingga kulit akan menjadi tampak lebih tua dan kusam.
  1. Radiasi bahaya sinar ultraviolet

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa sinar matahari terutama sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan mampu menjadikan penuaan dini. Apalagi jika kulit mengalami paparan sinar ultraviolet selama berpuluh-puluh tahun karena mampu membuat kulit menjadi kehilangan kemampuannya dalam melakukan regenerasi sel kulit yang mati sehingga kulit yang mati menumpuk dan mampu menyebabkan berbagai kelainan di dalam kulit.

Sebuah studi ilmiah yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa sinar ultraviolet juga mampu memecah kolagen yang ada di dalam kulit serta menghambat proses pembentukan kolagen baru. Padahal kolagen ini sangat penting keberadaannya untuk tetap menjaga kelenturan dan struktur kulit itu sendiri. Meskipun memang produksi kolagen akan berkurang dengan sendirinya secara alami sekitar 1% setelah seseorang berada di atas usia 20 tahun.

Selain itu sinar ultraviolet juga akan merusak elsatin kulit yang memiliki fungsi untuk mempertahakan kekenyalan kulit. Jika hal ini terjadi maka bisa berakibat munculnya gari-garis halus di kulit atau yang disebut dengan keriput pada usia dini. Di dalam lapisan epidermis kulit juga akan terpengaruh jika terkena sinar ultraviolet ini secara berlebihan yaitu akan berimbas pada penurunan penyerapan antioksidan di dalam kulit seperti vitamin C dan vitamin E yang menyebabkan kesehatan kulit terganggu dan akan mudah rusak karena tidak bisa menangkal berbagai radikal bebas yang ada.

  1. Ekspresi Wajah

Mungkin anda pernah mendengar atau bahkan melihat ada beberapa orang yang melakukan berbagai gerakan senam wajah untuk mempertahankan keremajaan kulit dan supaya lebih awet muda. Faktanya melakukan gerakan berulang pada wajah dalam jumlah yang cukup sering akan mampu menimbulkan garis-garis halus atau kerput di wajah lebih cepat. Saat otot wajah tertarik maka akan membuat sebuah garis atau lekukan di dalam wajah dan pada saat semakin bertambahnya usia dimana tingkat kelenturan kulit berkurang maka untuk mengembalikan lekukan tadi pun akan berkurang pula sehingga menimbulkan kerutan di bagian tadi jika lekukan ini memiliki sifat permanen dan dapat menimbulkan kerutan.

  1. Posisi Tidur

Jika anda merasa mengalami penuaan dini mungkin anda harus cek kebiasaan posisi tidur anda karena ternyata ini juga bisa menjadi salah satu sebab dari munculnya penuaan dini. Tidur dengan posisi tertentu saja akan sangat mungkin membuat resiko menjadi kerutan semakin tinggi. seseorang yang memiliki kebiasaan tidur dalam posisi miring misalnya akan cenderung memiliki kerutan di bagian pipi dan dagunya. Namun bagi orang yang memiliki kebiasaan posisi tidur tengkurap akan cenderung memiliki kerutan di bagian dahinya. Sedangkan posisi yang paling disarankan adalah posisi telentang karena wajah tidak terutupi bantal dan kulit juga tidak mengikui gaya gravitasi yang bisa membuat kulit menjadi lebih kendor.

  1. Stress

Bukan hanya faktor fisik saja yang mampu menimbulkan penuaan dini. Kondisi psikologis seseorang pun mampu menimbulkan penuaan dini lho. Sebuah study yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa mereka yang mengalami stress terutama dalam jangka waktu pannjang akan mengalami penuaan dini dan juga memiliki masalah pada sel leukosit dan telomere. Perlu anda ketahui bahwa leukosit ini memiliki peranan yang sangat penting bagi sistem imun tubuh. jika terjadi pemendekan telomere maka menandakan adanya penurunan kemampuan leukosit dalam menggandakan diri. Oleh karena itu jika seseorang stress maka leukosit akan memendek dan juga dapat memicu penuaan dini.

  1. Mengkonsumsi Gula Berlebih

Para ahli meyakini bahwa konsumsi gula secara berlebih juga memiliki peran dalam munculnya penuaan dini. Hal ini terjadi karena gula akan mempercepat proses glikasi saat kadar gula tinggi di dalam darah dimana proses ini sebenarnya merupakan prose salami yang akan terjadi pada saat seseorang berusia di atas 30 tahun. Cara kerja dari proses glikasi ini adalah molekul gula yang akan mengikat protein di dalam darah sehingga mampu membentuk molekul AGEs yang akan memicu terjadinya kerusakan kulit dan penuaan dini. Kolagen dan elastin juga sangat rentan mengalami kerusakan pada saat proses glikasi terjadi sehingga membuat kulit menjadi lebih tampak tua dan tidak segar.

  1. Usia

Secara alami, kulit manusia akan mengalami penuaan mulai dari usia 20 tahun namun pada usia ini kulit masih mampu menghambat dan menyeimbangkan proses penuaan dini sehingga masih bisa dicegah adanya penuaan dini. Dan ketika seseorang sudah berada di usia 30 tahun maka proses penuaan sudah tidak bisa dihindarkan lagi dan sudah menjadi hal yang lumrah.

  1. Genetic

Bisa saja seseorang mengalami penuaan dini karena faktor keturunan atau genetic. Gen aging ternyata juga bisa diwariskan dari orang tua ke anak jadi apabila orang tua juga memiliki masalah pada penuaan dini maka anaknya pun akan beresiko demikian sebaliknya jika orang memiliki kondisi yang terlihat selalu awet muda maka anaknya pun akan demikian.

  1. Kondisi Kesehatan

Jika tubuh sedang dalam keadaan tidak fit maka akan sangat mungkin mengalami penuaan dini. Bila seseorang sedang sakit bisa dilihat pasti akan terlihat pucat, tidak segar dan kulitnya kusam. Hal ini karena kulit kekurangan berbagai asupan gizi dan nutrisi yang selalu dimiliki ketika sedang sehat.

  1. Perawatan Diri

Perawatan juga mampu menyebabkan penuaan dini pada kulit jika alat dan bahan perawatan yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Jadi sebaiknya untuk tidak menggunakan alat kecantikan yang tidak sesuai dengan kulit anda ya supaya bisa menghindari terjadinya penuaan dini.

  1. Akibat kurang Tidur

Ketika anda kurang tidur bukan hanya mengantuk saja yang akan anda dapatkan namun juga masalah pada kulit. Hal ini disebabkan karena proses peremajaan kulit terjadi pada saat tubuh sedang istirahat oleh karena itulah manusia membutuhkan cukup tidur. Apalagi ketika tidur kurang dari 6 jam maka akan membuat tubuh menjadi cepat lapar dan memicu makan karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Untuk menghindari kurang tidur ini anda bisa melakuka meditasi selama 10 menit saja terutama untuk merilekskan pikiran dan tubuh.

  1. Kekurangan Lemak dan Minyak di Dalam Tubuh

Salah satu tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan lemak dan minyak adalah munculnya kulit yang kusam, kering dan bersisik. Hal ini dikarenakan di dalam membrane sel termasuk juga sel kulit terbentuk dari lemak tak jenuh seperti omega 3 dan juga omega 6. Untuk mendapatkan asupan lemak dan minyak sebaiknya pilih yang lemak tak jenuh karena tidak mengandung kolestrol jahal LDL.

  1. Penurunan Hormonal

Terjadinya penurunan dan perubahan hormonal seperti wanita yang sedang menstruasi dan yang sudah menopause juga memiliki resiko mengalami penuaan dini. Mereka yang sedang dalam masalah hormonal seringkali lebih senang untuk mengkonsumsi gula untuk memperbaiki moodnya. Padahal terlalu banyak mengkonsumsi gula akan membuat lonjakan jumlah hormone insulin dan jumlah yang besar.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Penyebab penuaan dini yang telah disebutkan di atas lagi berlaku baik bagi wanita maupun bagi pria. Nah, karena penuaan dini ini juga tidak baik bagi kesehatan tubuh maka sebaiknya untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini, selengkapnya berikut ini:

  1. Cukup Minum Air Putih

Air putih adalah obat dari segala penyakit termasuk juga untuk penuaan dini. Untuk menjaga kelembapan kulit sebaiknya untuk mengkonsumsi air putih secukupnya dan jangan sampai anda mengalami dehidrasi karena cukup berbahaya bagi tubuh. seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa seiring berjalannya usia akan membuat kulit menjadi lebih kering dan kusam Karena kekurangan nutrisi di dalamnya oleh karena itu mengkonsumsi cukup air putih sangatlah penting supaya bisa membuat kulit tampak lebih awet muda.

  1. Cukup Tidur

Mungkin banyak orang yang menyepelekan hal ini namun ini memang benar adanya dan kurang tidur bisa menyebabkan penuaan dini. Jika anda mengalami masalah pada kualitas tidur anda bisa menggunakan beberapa terapi dan meditasi untuk mengatasinya. Kurang tidur juga akan membuat lingkaran hitam di bawah mata yang akan membuat penampilan menjadi buruk.

  1. Gunakan Krim Malam

Anda bisa menggunakan krim malam sebelum tidur untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda dari biasanya. Jika anda masih muda mungkin tidak apa-apa jika tidak menggunakan krim malam namun jika sudah berusia tua sebaiknya menggunakan krim ini supaya wajah terlihat lebih awet muda lagi. Namun harus selalu diperhatikan ya untuk menggunakan krim malam yang telah bersertifikasi dari pusat badan pengawasan obat karena saat ini marak beredar krim malam palsu dan tidak tersertifikasi.

  1. Gunakan Pelembab Kulit

Setelah anda mandi biasakanlah untuk menggunakan pelembab kulit supaya kulit tetap terjaga kelenturan dan kekenyalannya dan tidak mudah kusam serta bersisik. Menggunakan pelembab secara rutin juga akan menghindarkan anda dari keriput dan masalah kulit kering.

  1. Rajin Membersihkan Kulit

Rajinlah membersihkan wajah setelah anda bermake up karena bahan kimia yang terkandung di dalam make up mampu memunculkan keriput dan masalah pada kulit. Ini bukan berarti anda tidak boleh ber make up ya tapi tetap bersihkan wajah setelah menggunakan make up.

  1. Gunakan Bahan Alami

Semakin sering anda menggunakan bahan alami pada kulit anda maka kulit anda akan menjadi lebih sehat meskipun mungkin efeknya tidak akan secepat pada produk kimia pabrikan. Anda bisa membuat masker alami dari berbagai baha anti penuaan dini seperti kunyit, susu, dan lidah buaya yang akan membuat kulit anda menjadi tampak lebih segar dan tampak lebih awet muda.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang mengandung Antioksidan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa asupan yang masuk ke dalam tubuh juga mempengaruhi proses penuaan dini. Sebaiknya untuk menghindari proses penuaan dini, banyaklah konsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat antioksidan tinggi seperti buah jeruk, alpukat dan sayuran lainnya. buah dan sayur akan membuat kolagen baru di kulit anda sehingga kulit akan menjadi tampak lebih awet mudah dan terlihat lebih segar.

  1. Menarik ke Atas

Saat anda sedang mengaplikasikan masker, krim dan lainnya usahakan untuk memijat wajah juga ke atas supaya dapat menaikan kulit yang mlai mengendur. Ini akan membantu anda dalam mendapatkan kulit yang kencang dan segar.

  1. Hindari Kebiasaan yang Tidak Sehat

Jika anda memiliki kebiasaan yang tidak sehat seperti minum kopi, alkohol dan merokok sebaiknya segera hentikan karena selain bisa mempercepat penuaan dini mereka itu juga tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Jika perlu lakukanlah detoksifikasi tubuh dengan menggunakan ramuan tradisional yang alami.

Demikian informasi mengenai penyebab penuaan dini dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi anda yang sedang dalam masalah ini ada baiknya untuk menghindari berbagai hal yang menyebabkan penuaan dini dan mengaplikasikan segala hal yang dapat mencegah penuaan ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penuaan