Home Tips KesehatanKesehatan Reproduksi 38 Makanan yang Memperlancar Menstruasi pada Wanita

38 Makanan yang Memperlancar Menstruasi pada Wanita

by Fatur R

Tamu bulanan atau biasa disebut dengan menstruasi sangat dinantikan pada setiap kaum wanita. Pada awal mentruasi ini berarti menandakan kesuburan bagi kaum wanita dimulai, selain itu juga menstruasi pasti selalu dinantikan ketika pada masanya menstruasi tetapi tidak kunjung datang. Sebenarnya ada banyak sekali penyebab menstruasi atau haid menjadi terlambat, dan juga ada banyak makanan yang dapat memperlancar dan mempercepat haid. Selain itu, ada juga hal-hal yang harus dihindari ketika haid yang akan dibahas lebih detail berikut ini.

info seputar haid lainnya :

Hal-hal yang menyebabkan menstruasi terlambat :

  1. Stress

Stress juga menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi terlambat menstruasi, karena pada saat seseorang stres akan mempengaruhi pemikiran dan psikologi orang itu yang dapat menyebabkan menjadi sulit dalam mengontol dirinya. Begitu pula ketika orang sedang stres maka orang itu akan semakin lelah fikirannya dan akan membuat stabilitas otak dalam mengatur jalannya tubuh kurang maksimal. Pada dasarnya memang stres menjadi penyebab orang terlambat haid, tetapi stress juga membuat orang cepat haid. Hal ini akan terjadi bila orang yang stres atau banyak fikiran itu malah lebih banyak menggunakan waktunya untuk istirahat.

  1. Kecapekan

Terlalu lelah dalam beraktivitas juga akan membuat stabilitas dalam pencernaan atau proses peleberan sel dalam rahim atau dinding rahim itu menjadi lemah sehingga tidak dapat merangsang dinding rahim atau tidak dapat meluruhkan sel telur yang berada di dalam dinding rahim. Hal ini menyebabkan tidak terjadinya peluruhan sel telur yang artinya tidak terjadi menstruasi.

  1. Sakit

Sakit juga salah satu penyebab dari terlambatnya seseorang untuk mendapati haid. Mengapa demikian? Karena ketika sakit metabolisme dalam tubuh juga akan menderita atau tidak stabil atau tidak berfungsi dengan maksimal. Akibatnya segala proses yang terjadi dalam tubuh menjadi terhambat, terutama juga pada proses haid.

Baca juga Cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat

  1. Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat juga membuat menstruasi menjadi terganggu. Menstruasi bisa menjadi terlambat bisa pula menjadi terlalu cepat, biasanya hal ini karena adanya perubahan pola hidup yang anda lakukan.

Baca juga Gaya hidup sehat untuk awet muda dan bebas dari penyakit – Gaya hidup tidak sehat kematian menanti, Hindarilah!

  1. Konsumsi obat berlebihan

Mengonsumsi obat-obatan juga tidak baik untuk kesehatan rahim anda, bahkan bukan hanya menggaggu kesehtan rahim saja tetapi juga mengganggu kesehatan organ-organ yang lainnya. Namun konsumsi obat yang berlebihan ini akan membuat menstruasi menjadi terlambat, menstruasi menjadi tidak teratur dan gangguan menstruasi lainnya.

  1. Badan terlalu kurus

Badan terlalu kurus juga tidak sehat sebenarnya, karena badan yang terlalu kurus 50 % memiliki perlindungan tubuh lebih kecil dari pada badan yang sempurna.

Artikel terkait:

  1. Badan terlalu gemuk

Badan terlalu kurus tidak baik untuk menstruasi karena dapat menyebabkan menstruasi tidak stabil. Ternyata tak hanya itu, menstruasi juga dapat terhambat ketika badan tidak memiliki badan yang ideal seperti halnya terlalu gemuk atau obesitas.

  1. Pra menopause dan menopause

Ketika seorang sudah mencapai pada menopause maka proses mentruasi menjadi terhenti. Hingga sudah tidak ada lagi menstruasi terhadap orang yang suda menopause atau pra menopause. Baca Gejala Menopause pada Wanita

  1. Hamil

Hamil adalah proses dimana sel telur yang menempel didalam rahim itu tidak luruh atau dalam artian berhasil dibuahi atau sperma yang berhasil masuk ke dalam dinding rahim dan menembus lawan-lawan sperma yang lain. Ketika sperma dan sel telur menjadi satu maka akan terciptanya zigot dan akan menjadi janin. Jadi ketika anda sudah terlambat haid tidak perlu langsung khawatir karena bisa saja itu disebabakan beberapa faktor yang telah dijelaskan di atas tadi.

Nah, itulah yang menyebabkan menstruasi tak kunjung datang, untuk hamil sudah tentu menstruasi tak akan kunjung datang sampai pada saat melahirkan, hal ini karena proses menstruasi akan berhenti ketika seseorang sedang hamil. Tetapi jika itu tidak karena hamil berarti karena bebarapa faktor lain yang sudah diuraikan di atas tadi. Nah, bila anda sulit untuk mestruasi ada beberapa makanan yang dapat anda konsumsi untuk memperlancar menstruasi yaitu

Makanan yang Dapat Memperlancar Haid

  1. Asam jawa

Salah satu makanan yang merangsang dinding rahim untuk meluruhkan sel telur yang ada pada dinding-dinding itu adalah makanan yang asam. Memang banyak sekali makanan yang asam di lingkungan ini, namun lebih disarankan adalah asam jawa karena kadar asam jawa dalam asam tidak berbahaya. Bahkan kadar asam yang ada dalam asam jawa ini memiliki manfaat-manfaat yang juga baik untuk kesetahan tubuh anda. Jadi bukan hanya pada menstruasi saja asam jawa memiliki manfaat, namun juga pada tubuh anda.

  1. Cuka apel

Cuka apel juga menjadi makanan yang dapat dikonsumsi untuk anda yang terlambat akan haid. Cuka apel juga mampu merangsang dinding rahim untuk lebih cepat meluruhkan sel telur yang menempel di dinding rahim sehingga segera terjadi proses menstruasi. Baca juga Bahaya cuka makan bagi kesehatan tubuh : Ibu Hamil dan Janin

  1. Nanas

Buah nanas tak hanya segar namun juga nikmat. Buah yang dipercaya untuk menggugurkan kandungan ini (nanas muda) ternyata justru bermanfaat untuk memperlancar menstruasi anda. Mengapa bisa ? Tentu saja. Sebenarnya buah nanas terutama nanas muda akan merangsang rahim anda sehingga akan membantu meluruhkan sel telur, jika ini proses menstruasi maka itu baik. Tetapi pada saat hamil justru itu tidak akan baik untuk kandungan anda karena dapat menyebabkan keguguran pada janin.

  1. Mangga

Mangga juga tak kalah dari nanas. Mangga memiliki khasiat bagi tubuh untuk menjaga dan menstabilkan tubuh. Untuk mengonsumsi mangga ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dibuat jus, manisan, asinan atau dimakan begitu saja sebagai buah.

Baca juga Bahaya getah mangga untuk kulit

  1. Wijen

Wijen biasanya digunakan pada onde-onde, tetapi untuk perawatan anda agar anda tidak terlambat menstruasi atau agar menstruasi anda lancar anda dapat menjadikan wijen ini sebagai taburan pada makanan keseharian anda, sehingga manfaat pada wijen ini dapat dirasakan langsung oleh anda.

  1. Makanan asam

Makanan yang masam juga menjadi makanan yang dapat membuat anda mengalami menstruasi lebih cepat. Makanan yang masam akan membuat rahim anda mengeluarkan sel terlur yang ada pada dinding rahim anda, dengan syarat telur itu tidak dibuahi oleh sperma.

  1. Sayuran hijau

Sayur-sayuran hijau sangat bermanfaat banyak sekali bagi tubuh terutama bagi pencernaan. Sayuran hijau mengandung banyak serat yang dapat memperlancar proses kinerja dalam perut anda. Sayuran hijau mengandung zat besi dan vitamin B yang juga bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh dan membuat tubuh mampu tumbuh secara sehat.

  1. Kacang-kacangan

Tak berbeda jauh dengan sayuran hijau, kacang-kacangan juga menjadi salah satu faktor yang dapat digunakan sebagai alat untuk mempermudah atau memperlancar haid, karena dalam kandungan kacang terdapat omega 3 dan lemak, dimana kandungan ini juga akan bermanfaat untuk anda mendapatkan kepekaan dalam rahim

Baca juga:

  1. Daging merah

Pada daging merah mengandung zat besi dan juga lemak yang cukup banyak. Meskipun mengandung banyak lemak, daging merah ini memiliki zat besi yang dapat mencegah anda untuk tidak terserang anemia. Ketika anda terserang anemia tentu anda akan merasa lelah, dan ketika lelah tubuh tidak dapat berfungsi secara maksimal. Hal ini akan membuat anda menjadi lemas dan sulit untuk menstruasi.

  1. Jamu

Alternatif makanan lain yang dapat dikonsumsi agar memperlancar haid adalah jamu tradisional. Jamu ini hanya dibuat dengan kunyit, tumbar, ala, sringaning dan air secukupnya, Untuk kunyit, tumbar dan pala cukup ½ sendok saja, sedangkan untuk sringaning membutuhkan 1 sendok. Semua resep itu harus dimasak dan di coba pada diri anda, sehingga akan lebih meyakinkan terhadap jamu-jamu itu.

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang juga bermanfaaat untuk kesehatan. Brokoli merupakan salah satu jenis makanan sayur-sayuran, itulah sebabnya brokoli juga dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kestabilan tubuh.

Baca juga Bolehkah brokoli untuk penderita asam urat tinggi ?

  1. Salmon

Ikan salmon mengandung banyak sekali vitamin D, dan juga kalsium, dimana vitamin sangat bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh anda, sehingga tubuh anda tidak terlalu merasa lelah.

  1. Ikan

Ikan merupakan makanan yang mengandung protein tinggi sehingga akan membantu anda dalam penyelsaian atau proses ketika anda sedang haid.  Selain protein yang terkandung di dalam ikan, minyak yang dimiliki ikan juga baik untuk tubuh anda. Minyak ikan sangat bermanfaat unuk pertumbuhan, khususnya untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.

Baca juga:

  1. Almond

Termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan omega 3 dan lemak baik yang lebih banyak. Ketika kandungan manfaat cukup banyak, maka menstruasi juga akan lebih cepat untuk terjadi, sehingga tidak akan ada yang namanya telat menstruasi.

  1. Susu kedelai dan yogurt

Susu kedelai dan yogurt ini juga tak kalah khasiatnya di dalam tubuh. Susu kedelai dan  yogurt dapat membantu anda untuk memperlancar menstruasi anda dan membuat menstruasi anda tidak terlalu sakit ketika sedang menstruasi.

  1. Telur

Kandungan protein yang ada dalam telur mampu membantu kinerja dalam perut dan pencernaan agar lebih lancer. Protein yang tinggi dalam telur ini pun berkhasiat untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tubuh tidak mudah lelah, sehingga dalam beraktivitas tubuh tetap terjaga.

  1. Pisang

Makanan yang satu ini adalah makanan yang sangat banyak tumbuh di pedesaan, bahkan di pedesaan hampir di setiap rumah memiliki buah pisang ini. Jadi anda dapat memanfaatkannya sebagai obat bagi diri anda yang masih tidak lancar dalam siklus menstruasi. Buah pisang juga ada berbagai macam jenis sehingga anda bisa memilih sesuai dengan yang anda sukai. Buah pisang juga memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan, biasanya sering digunakan untuk obat bagi bayi yang susah buang air besar.

  1. Buah apel

Tak heran jika buah apel mampu untuk dijadikan sebagai obat  memperlancar menstruasi. Selain bentuk dan warnanya yang menarik, buah apel juga memiliki rasa yang tak kalah dari buah lainya. Selain untuk memperlancar menstruasi buah apel juga sering digunakan sebagai bahan alami utuk mempercantik wajah dan merawat kulit.

  1. Buah Pepaya

Buah ini tak berbeda jauh dengan buah pisang, karena buah pepaya juga banyak tumbuh di desa-desa. Buah pepaya mengandung banyak serat dan vitamin yang bermanfaat untuk merangsang sel telur pada dinding rahim agar segera luruh sehingga proses menstruasi akan terjadi.

Baca juga Khasiat Daun Pepaya dan Efek Sampingnya

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan olahan yang mengandung cukup serat makanan. Meskipun pada dasarnya makanan olahan pabrik tidak baik untuk kesehatan, namun berbeda dengan oatmeal. Oatmeal dalam pengolahannyapun masih memiliki serat yang cukup untuk menjaga tubuh anda agar tetap sehat.

  1. Alpukat

Buah berwarna hijau yang lezat ini juga mengandung banyak serat yang mampu untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh manusia dan membantu memperlancar datangnya haid, sehinga haid tidak akan terlambat lagi. Baca juga Khasiat biji alpukat bagi kesehatan

  1. Stroberi

Jenis buah beri biasanya juga mengandung serat yang baik untuk tubuh, itulah mengapa stroberi dijadikan salah satu bahan yang dapat merangsang dinding rahim.

  1. Bluebery

Tak berbeda jauh dari stroberi, bluebery juga termasuk jenis buah beri yang mengandung banyak  serat. Bedanya, bluebery hampir seperti anggur. Selain itu, stroberi dan bluebery ini memiliki rasa masam yang mampu membuat menstruasi menjadi lebih lancar, atau memanggil menstruasi untuk  segera datang.

  1. Kubis

Sayur kubis ini juga memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah dijelaskan di atas. Sayur kubis merupakan salah satu sayur yang juga mengandung zat dan serat yang menjadi syarat untuk memperlancar haid.

  1. Pir

Buah putih ini selain mengandung air yang banyak juga mengandung serat yang cukup banyak pula. Untuk memperlancar menstruasi tidak hanya dibutuhkan serat yang banyak tetapi juga dibutuhkan asupan air sebagai penyeimbang dalam tubuh. Buah pir mengandung air yang memiliki fungsi untuk menyuplai kadar air agar dapat seimbang di dalam tubuh.

  1. Beras merah

Jenis makanan lainnya yang memiliki fungsi untuk memperlancar menstruasi adalah beras merah. Beras merah sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai perangsang.

  1. Jagung

Jenis tumbuhan yang satu ini tak menjadi tumbuhan yang asing lagi, karena pasti sudah sering mendengan nama itu dan bahkan mengonsumsinya. Meskipun sudah dalam bentuk olahan seperti bakwan jagung atau jagung manis atau juga popcorn yang biasa digunakan untuk camilan ketika nonton film, jagung berfungsi untuk memperlancar menstruasi. Baca juga Kandungan Gizi Jagung

  1. Kentang

Jenis umbi ini adalah umbi-umbian yang mengandung banyak serat. Pada dasarnya memang hampir setiap umbi-umbian mengandung banyak serat yang baik untuk kesetahatan tubuh diantaranya juga seperti singkong.

  1. Gandum

Sebagai pengganti dari nasi atau beras. Biasanya gandum digunakan untuk makanan pokok di suatu daerah untuk menggantikan nasi. Tetapi di lingkungan kita gandum biasa digunakan sebagi bahan pokok untuk membuat makanan seperti roti, bakwan, kue dan lain sebagainya.

  1. Sawo

Warna yang kecoklat-coklatan sebagai gambaran dari warna kulit ini juga mengandung berbagai macam gizi, vitamin dan manfaat yang baik untuk tubuh. Tak terkecuali juga untuk masalah pelancaran menstruasi. Sehingga buah ini juga cocok digunakan untuk obat.

  1. Bayam

Kandungan zat besi dalam tumbuhan hijau ini juga memberi manfaat agar tubuh tidak mudah lelah, dan tidak mudah lemas. sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga ketika dalam beraktivitas, akibatnya tubuh selalu vit, jika tubuh fit maka sirkkulasi menstruasipun akan berjalan dengan lancar.

Baca juga Bahaya bayam bagi penderita Asam Urat Tinggi – Bahaya Sayur Bayam yang Dihangatkan Bagi Tubuh

  1. Salad

Salad yang biasa digunakan unutk makanan penutup ini juga memiliki fungsi sebagai makanan yang mengandung banyak serat, sehingga tak jarang orang yang selalu menjadikan salad sebagai makanan penutup membuat mereka sehat dan mudah untuk buang air besar. Biasanya ketika buang air besar mudah, maka siklus menstruasi juga akan lancar

  1. Seledri

Dedaunan yang satu ini juga tak kalah dari salad. Biasanya seledri digunakan sebagai pencampur makanan yang membuat makanan itu menjadi lebih enak dan lebih lezat. Campuran seledri yang dilakukan dalam keseharian ini akan membantu anda untuk melancarkan menstruasi anda.

  1. Pare

Memang pare memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, terutama bagi pencernaan dan kecantikan. Namun bagi anak-anak biasanya lebih menghindari makanan pare ini karena rasanya yang pahit. Padahal tak selalu pare itu menjadi makanan yang pahit tergantung bagaimana cara mengolahnya.

  1. Wortel

Makanan kelinci, bisa dikatakan seperti itu. Wortel yang mengandung vitamin A dan kaya serat ini akan membantu anda untuk menemukan solusi agar menstruasi anda tidak terlambat. Wortel dapat anda jadikan sebagai jus atau juga lalapan dengan cara direbus terlebih dahulu.

  1. Jambu merah

Jambu merah selain mengandung banyak vitamin C, buah jambu merah ini juga mengandung serat alami yang dapat digunakan sebagai pelancar pencernaan dan pelancar siklus menstruasi anda.

Baca juga:

  1. Kiwi

Buah kiwi, yang biasa digunakan dan dijadikan sebagai bahan alami untuk kecantikan ini juga dapat beramanfaat untuk pencarnaan dan siklus menstruasi. Pada dasarnya tak hanya serat yang banyak yang ada dalam kiwi, tetapi juga kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh, mulai dari kecantikan, pertumbuhan, pertahanan, pencernaan dan menstruasi

  1. Tomat

Buah yang terakhir yang akan dibahas disini adalah buah tomat. Buah yang memiliki banyak vitamin C sehingga mampu digunakan untuk regenerasi kulit, terutama untuk merangsang rahim-rahim yang sulit dalam proses menstruasinya. Baca juga Kandungan Gizi Tomat dan Manfaatnya

Nah, ada banyak bukan makanan yang dapat membuat menstruasi anda lancar dan tidak  terlambat lagi, untuk itu anda harus mengkonsumsi makanan tersebut untuk keseharian anda, agar tidak bosan anda bisa berganti menu dalam makanan anda itu terutama pada buah-buahan. Meskipun banyak buah-buahan atau makanan dan sayuran yang boleh dikonsumsi dan akan memperlancar haid anda, anda juga harus memperhatikan makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi pada saat anda menstruasi.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Menstruasi

Sebenarnya bukan tidak boleh untuk dikonsumsi, hanya saja tidak boleh terlalu banyak agar tidak mengaggu menstruasi anda. Berikut makanan yang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi saat anda sedang menstruasi:

  1. Gorengan

Gorengan yang mengandung banyak lemak jenuh memang tidak baik untuk anda saat anda menstruasi karena akan menganggu sirkulasi pada menstruasi anda. Untuk itu ketika anda sedang menstruasi usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi gorengan.

Artikel terkait:

  1. Junk food

Junk food adalah makanan yang tidak sehat. Makanan yang dimasak dengan suhu yang tinggi dan juga cepat, itu sebabnya junk food tidak baik, bahkan bukan hanya untuk orang menstruasi saja, tetapi untuk semua kalangan junk food memang tidak baik bagi kesehatan. Baca juga Bahaya Junk Food bagi Kesehatan : Dampak Mematikan

  1. Coklat

Makanan yang satu ini tampaknya menjadi makanan yang sehat, yang biasa disantap oleh anak muda saat ini. Tetapi siapa sangka coklat dapat menghambat menstruasi anda. Baca juga Bahaya Cokelat bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

  1. Makanan olahan

Tak berbeda jauh dari penjelasan junk food diatas, yang dimaksud disini juga adalah makanan olahan yang dibuat dari pabrik secara cepat seperti mie instan. Masakan olahan yang diolah cepat akan membuat kuman-kuman atau bakteri dalam makanan itu belum bersih.

Baca juga:

  1. Makanan yang memiliki kadar gula tinggi

Makanan yang memiliki kadar gula tinggi juga menjadi pantangan dari orang yang sedang menstruasi, bahkan makanan dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan obesitas pada pengkonsumsinya. Baca Bahaya konsumsi Gula berlebihan bagi kesehatan.

Itulah makanan yang tidak terlalu baik jika dikonsumsi pada anda yang sedang haid, untuk itu anda benar-benar harus mengerti apa saja yang menjadi larangan anda ketika anda sedang menstruasi. Sehingga anda akan terjaga dan tidak akan menimbulakan penyakit-penyakit yang lainnya. Demikian beberapa hal yang telah dibahas pada artikel ini, semoga dengan adanya artikel ini anda yang telat menstruasi tidak galau lagi dan dapat memperoleh solusinya, dan mengerti pula makanan yang harus dihindari dan hal-hal yang menyebabkan anda terlambat menstruasi.

You may also like