Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit 10 Penyebab Berat Badan Turun Drastis (#4 Paling Mengerikan)

10 Penyebab Berat Badan Turun Drastis (#4 Paling Mengerikan)

by Aulia Lia

Mempunyai berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang. Berat badan yang ideal merupakan salah satu indikator dari penampilan yang cantik. Bagi wanita, hal ini sangatlah penting. Berat badan yang ideal merupakan salah satu penunjang dari kemenarikan penampilan yang dimiliki oleh seseorang. Berat badan yang ideal ini artinya seseorang tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Berat badan yang ideal adalah berat badan yang pas bagi seseorang.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui apakah berat badan yang kita miliki sudah ideal ataukah belum? Untuk mengukur berat badan ideal ini berat badan yang kita miliki harus disesuaikan dengan tinggi badan yang kita miliki. Angka berat badan tidak selalu mencerminkan apakah kita kurus ataukan gemuk. Namun angka berat badan perlu disesuaikan dengan tinggi badan agar kita mengetahui apakah berat badan yang kita miliki ini sudah ideal ataukah kurang atau bahkan kelebihan. Hal ini perlu dicermati agar mengurangi kekhawatiran kepada para pemilik berat badan, wanita terutama. Orang yang mempunyai tinggi badan lebih tinggi seharusnya memiliki berat badan yang lebih berat dibandingkan dengan orang tinggi badannya lebih rendah. Mengapa ada hubungan tinggi badan dengan berat badan? Karena tinggi badan ini berhubungan dengan tulang, dimana semakin tinggi tulang juga akan semakin panjang sehingga berat badan yang dimiliki pun seharusnya semakin berat pula.

Artikel terkait : Kalkulator Berat Badan Ideal

Beberapa orang berusaha mati- matian agar memiliki tubuh kurus langsing, terutama para wanita. Wanita yang seperti ini akan rajin sekali melakukan diet demi menjadikan tubuh mereka menjadi langsing, bahkan kurus. Mereka rela tidak makan nasi untuk beberapa hari dan hanya makan sayur maupun buah demi menghindari tumpukan karbohidrat di badan. Wanita- wanita yang melakukan hal seperti ini selain wanita yang memang memiliki berat badan berlebihan, juga wanita yang sebenarnya tidak terlalu gemuk. Banyak wanita yang rajin melakukan diet ini tidak disesuaikan dengan tinggi badan yang mereka miliki. Padahal jika tinggi badan mereka terbilang cukup tinggi, mereka seharusnya tidak perlu melakukan diet yang sampai membuat perut tidak mendapat asupan nasi dan sebagainya. Mempunyai berat badan yang tidak terlalu kurus justru akan menambah penampilan menjadi semakin menarik bagi wanita yang mempunyai postur tubuh tinggi.

Baca juga : Cara Diet Air Putih yang Benar

Jika kita sering menjumpai wanita- wanita yang mati- matian melakukan diet dengan berbagai cara, maka suatu saat kita juga akan dapat menemukan seseorang yang berusaha mati- matian untuk menaikkan berat badan mereka. Menaikkan berat badan bukan suatu perkara yang mudah bagi sebagian orang. Orang- orang seperti ini biasanya mempunyai postur tubuh yang kurus dan juga tinggi badan yang beragam, ada yang tinggi dan ada juga yang tidak terlalu tinggi. Selain itu orang- orang yang seperti ini justru biasanya mempunyai porsi makan yang banyak dibandingkan dengan orang- orang yang gemuk dan berusaha untuk menurunkan berat badannya. Orang yang kurus meskipun makan banyak berat badannya akan sulit naik, tetapi orang yang gemuk makan sedikitpun bisa menambah berat badannya. Yah, ini merupakan salah satu fenomena dan juga problematika yang terjadi seputar berat badan manusia yang terkadang membingungkan. Mempunyai berat badan yang ideal memang seharusnya dipertahankan, tidak perlu dinaikkan, apalagi diturunkan. Berat badan ideal merupakan berat badan yang pas baik bagi segi penampilan, maupun segi kesehatan.

Artikel terkait : Badan Gemuk Jadi Kurus – Penyebab dan Resiko

Mendapatkan berat badan yang ideal terkadang bukan merupakan sesuatu yang mudah. Banyak faktor yang dapat membuatnya menjadi naik dan juga turun sehingga tidak stabil. Bahkan ada pula yang dengan drastis berat badan menjadi turun dalam waktu yang singkat.

Fenomena seperti ini memang sungguh- sungguh pernah terjadi. Penurunan berat badan drastis dalam jumlah yang signifikan bisa disebabkan oleh beberapa hal tertentu, dan terkadang menjadi gejala penyakit tertentu atau malah disebabkan karena penyakit tertentu pula. Lalu apa saja yang menyebabkan berat badan bisa menurun drastis dengan cepat ini? Dan penyakit apa saja yang menjadi penyebab atau penyakit apa saja yang kemungkinan timbul dari gejala berat badan yang menurun dengan drastis ini? Pada kesempatan ini kita akan membahasnya.

Penyebab Berat Badan Menurun Secara Drastis

Berat badan yang turun drastis dengan waktu yang sangat cepat ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu yang menyebabkannya adalah seseorang tersebut pernah mengikuti program penurunan berat badan dan juga program medis lainnya. Satu hal yang perlu kita ketahui juga bahwasannya penurunan berat badan yang secara drastis ini merupakan satu hal yang tidak normal. Keberadaannya bisa menjadi tanda- tanda datangnya penyakit berbahaya dan tidak jarang juga menyebabkan kematian. Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan berat badan menjadi turun secara drastis.

  1. Diabetes

Mengalami penurunan berat badan secara drastis merupakan salah satu tanda terjadinya penyakit diabetes tipe 1. Penyakit diabetes tipe 1 ini biasanya menyerang para remaja dan penyebabnya adalah karena hancurnya sel penghasil insulin di pankreas. Diabetes tipe 1 ini seringkali disebut-sebut lebih berbahaya dibandingkan dengan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 ini juga bisa dilihat dari gejala- gejala lainnya seperti adanya luka yang sulit mengering dan juga mudah kelelahan.

Artikel terkait : Cara Mudah Mencegah Diabetes Mulai Sejak Dini

2. Tuberculosis (TBC)

TBC merupakan penyakit yang tidak asing lagi bagi telinga kita. TBC ini merupakan penyakit pernafasan yang paling mematikan. TBC ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dianggap berbahaya karena penderita dapat mengalami penurunan berat bedan secara drastis, kemudian penderita mengalami batuk berkepanjangan yang disertai dengan muntah darah. Metode penyembuhan penyakit TBC ini dilakukan dengan memberikan perawatan antibiotik selama 6 bulan secara terus menerus dan juga tanpa terputus.

Artikel terkait : Gejala Batuk TBC – Penularan, Penyebab, dan Pengobatannya

3. Kanker

Kanker juga menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan berat badan ini turun secara drastis. Pernah ada suatu kasus dimana seseorang melakukan proses diet secara singkat namun hasilnya sangat menakjubkan. Pada saat konsultasi ke dokter ternyata orang tersebut mengidap kanker yang sulit disembuhkan.

4. HIV Aids

Aids merupakan penyakit yang disebabkan karena virus HIV. Salah satu tanda terjadinya penyakit ini adalah berat badan turun secara drastis dan cepat, diare parah, batuk parah, batuk berdarah dan juga kerusakan organ dalam.

Artikel terkait : Cara Mengetahui Terkena HIV/AIDS dari Gejalanya

5. Parkinson

Gejala penyakit parkinson ini adalah ketika otot tiba – tiba sulit untuk digerakkan dan menjadi kaku. Penderita penyakit parkinson ini seakan akan lumpuh dan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur, sehingga hal ini akan menjadi penyebab berat badan turun drastis.

Baca juga :

6. Bronkitis Kronis

Penyakit bronkitis kronis ini menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernafas dalam jangka waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena pembengkakan saluran bronkus paru- paru yang bertugas membawa udara masuk dan juga keluar. Saat bronkitis ini semakin parah maka penderitanya dapat mengalami penurunan berat badan secara drastis dan juga ekstrim sehingga bagian tubuh menjadi berwarna biru karena diakibatkan oleh kekurangan oksigen.

Baca juga :

7. Depresi

Depresi merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan berat badan menjadi turun secara drastis. Sifat- sifat negatif seperti sedih, marah, frustasi dalam jangka panjang bisa menyebabkan seseorang menjadi malas beraktivitas dengan baik, makan menjadi tidak teratur, sehingga membuat berat badan menjadi menurun. Terlebih jika ditambah dengan kesulitan untuk tidur di malam hari, hal ini tentu saja akan membuat berat badan menjadi sangat mudah turun secara drastis.

Artikel terkait : Cara Mencegah Depresi pada Diri Sendiri

8. Addison

Penyakit addison ini biasanya mengakibatkan penderitanya mengalami penurunan berat badan yang ekstra, cepat lelah, dan juga kelemahan otot, serta tekanan darah rendah.

9. Gangguan Mental

Gangguan mental juga dapat membuat penderitanya mengalami penurunan berat badan yang drastis. Jenis gangguan mental yang dapat menyebabkan berat badan menjadi turun ini adalah depresi dan demensia. Penyakit ini seringkali menyerang anak-anak muda yang menyalahgunakan obat- obatan, dan juga para lansia.

Baca juga : Faktor Penyebab Lemah Mental pada Anak dan Orang Dewasa

10. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan menjadi salah satu hal yang menyebabkan berat badan kita menjadi turun dengan drastis. Berat badan kita menjadi turun drastis karena disebabkan oleh dehidrasi yang terjadi akibat terus mengalami diare dan juga muntah secara terus menerus akibat gangguan pencernaan. Alasan yang paling umum terjadinya penurunan berat badan secara drastis ialah adanya mikroba dan juga parasit usus yang memakan semua nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Baca juga : Fungsi Usus Buntu pada Sistem Pencernaan

Itulah beberapa hal yang menyebabkan berat badan menjadi menurun secara drastis. Penurunan berat badan secara drastis ini juga mengindikasikan datangnya penyakit- penyakit tertentu. Apabila Anda mengalami penurunan berat badan yang drastis ini, segera kenali gejala- gejala lain yang menyertainya dan periksakan diri Anda ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like