11 Cara Mudah Mencegah Diabetes Mulai Sejak Dini

Tentu anda pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Pasalnya, dari seluruh Indonesia telah banyak orang yang menderita penyakit kencing manis / diabetes. Banyaknya penderita diabetes ini telah mengantarkan Indonesia menjadi negara dengan penderita diabetes terbanyak ke-5 di dunia. Jelas sekali kemungkinan untuk terkena diabetes sangatlah luas, sehingga kita harus lebih waspada lagi terhadap penyakit yang telah menyerang ribuan lebih orang-orang diseluruh dunia.

Jika anda berkata diabetes ini bukanlah penyakit yang berbahaya, maka anda perlu meralat perkataan anda sekarang juga. Penyakit ini dikenal dengan keganasannya karena dapat membawa sejumlah penyakit lain ke dalam tubuh atau menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, penyebab gagal ginjal, hingga hipertensi. Terdapat data terbaru yang menunjukkan bahwasannya 1 orang di seluruh dunia meninggal setiap 7 detik karena komplikasi penyakit diabetes. Data tersebut juga menujukkan bahwa dalam setahun setidaknya rata-rata sudah 4,6 juta jiwa yang meninggal dikarenakan diabetes. Dan untuk para penderita diabetes, mereka harus berjuang menghadapi penyakit yang tak bisa asal sembuh dan mengeluarkan biaya yang tak murah untuk pengobatannya. Maka dari itu sangat diperlukan kewaspadaan dan juga pencegahan terhadap penyakit diabetes sejak dini.

Jenis-Jenis Diabetes

Sebelum mengetahui bagaimana caranya mencegah diabetes sedini mungkin, ada baiknya anda terlebih dahulu mengenal jenis-jenis dari diabetes itu sendiri. Mengetahui kedua jenis diabetes ini tentunya dapat membantu anda melakukan pencegahan dini dari diabetes.

Diabetes terbagi kedalam dua jenis, yakni diabetes tipe satu dan juga diabetes tipe dua. Dan kedua-duanya ini sangat berbahaya dan patut anda waspadai keberadannya.

  • Diabetes Tipe Satu

Diabetes tipe satu hanya di derita oleh 10% orang di dunia dan di derita kurang dari 1% orang di Indonesia. Para penderita diabetes memiliki pankreas yang tidak dapat mempoduksi hormon insulin yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga, para penderita diabetes tipe satu ini dapat bertahan hidup dengan suntikan insulin.

Biasanya diabetes tipe ini di derita oleh kalangan anak-anak dan remaja hingga orang-orang dewasa yang usianya kurang dari empat puluh tahun. Diabetes ini disebabkan oleh faktor infeksi virus atau rusaknya sistem kekebalan tubuh yang merusak sel-sel penghasil insulin. Tipe diabetes satu ini pada umumnya memiliki gejala yang muncul tiba-tiba, seperti badan menjadi kurus dan lemah, sering merasa cepat haus, sering buang air kecil, dan sering mengompol pada balita. Penderita akan tidak sadarkan diri atau koma diabetik jika tidak segera diberikan suntikan insulin.

  • Diabetes Tipe Dua

Berbeda dari dibetes tipe satu yang jarang di temui, diabetes tipe dua ini di derita oleh 90% penderita diabetes. Penderita diabetes tipe dua tubuhnya masih memproduksi hormon insulin. Namun, insulin bekerja dengan tidak efektif karena di dalam tubuh terjadi penurunan kemampuan insulin untuk menurunkan kadar gula darah, kondisi seperti ini disebut resistensi insulin.

Jika gejala diabetes satu muncul secara mendadak, maka gejala diabetes dua justru sebaliknya. Gejala diabetes dua berkembang sangat lambat hingga sampai bertahun-tahun, sehingga seringkali penderita sering kali tidak merasakan gejala-gejalanya. Diabetes tipe dua ini dapat diturunkan kepada anak dan cucu. Selain itu,  faktor pemicu diabetes tipe dua adalah kurangnya aktivitas fisik, banyak mengkonsumsi makanan dengan gizi yang tak seimbang, dan kegemukan (khususnya daerah perut). Tipe diabetes yang kedua ini pada umunya banyak di derita oleh orang dewasa, namun akhir-akhir ini juga banyak kasus diabetes tipe dua yang menyerang orang-orang yang lebih muda.


Gejala Penyakit Diabetes

Perlu sekali untuk mengetahu gejala-gejala diabetes supaya anda dapat mendiagnosis diri anda sendiri apakah anda terkena diabetes atau tidak. Namun, patut diingat bahwasannya gejala-gejala diabetes ini bisa berkembang dengan sangat lambat, sehingga anda harus lebih teliti lagi dalam mendiagnosis tubuh anda. Apabila anda merasakan adanya gejala-gejala diabetes, maka segeralah pergi ke dokter untuk melakukan tes dan serangkaian pengobatan untuk kesembuhan anda. Jika anda takut salah mendiagnosis, maka sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk mengetahui lebih pasti penyakit-penyakit yang sedang mengintai anda. Berikut ini gejala-gejala diabetes:

  1. Mati rasa, kesemutan, kebas
  2. Merasa sering kelaparan
  3. Pengelihatan menjadi buram atau kabur
  4. Menurunnya berat badan terus menerus tanpa alasan pasti
  5. Merasa sering kehausan
  6. Sering buang air kecil
  7. Kulit menjadi lebih gelap (terutama leher)
  8. Sulit mengering dan sembuhnya luka
  9. Rentan terinfeksi jamur dan bakteri
  10. Gangguan pada gusi

Cara Mudah Mencegah Diabetes Sejak Dini

1. Pahami dan Kenali Diabetes

Terlebih dahulu berusahalah untuk kenal dan paham tentang seluk-beluk diabetes. Karena dengan mengenal dan memahami dengan baik, maka usaha untuk pencegahan diabetes otomatis juga akan menjadi lebih mudah. Memiliki pengetahuan tentang diabetes juga sangat bermanfaat. Dengan begitu anda tidak akan termakan perkataan orang-orang tentang mitos diabetes yang sebenarnya tidak dibenarkan dalam dunia kesehatan.

2. Menghindari Stress

Kadar gula darah anda akan meningkat bila anda dalam kondisi stress. Jika anda tidak ingin gula darah anda terus-terusan meningkat dan anda terkena diabetes, maka sebaiknya menghindari stress. Mungkin anda dapat melakukan pelatihan pernapasan, meditasi, atau yoga yang dapat meredam stress yang sedang anda alami.

3. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Janga terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis, karena sudah pasti makanan dan minumas yang manis-manis tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah anda. Jadi sebisa mungkin hindari makanan dan minuman manis, terutama menghindari minuman manis. Minuman manis seperti soda atau minuman lainnya yang mengandung pemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat. Minuman manis dengan rasanya yang menggoda ini lebih mengerikan dari makanan manis, pasalnya minuman tersebut pada umumnya tidak dapat membuat anda kenyang sehingga mendorong anda untuk minum lagi dan lagi.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Bila anda penggemar junk food atau gorengan-gorengan lainnya, sebaiknya anda mulai waspada dan mengurangi mengkonsumsi makanan berlemak tinggi yang meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh anda. Lemak tersebut dapat mempengaruhi peningkatan kadar gula darah anda. Jadi mulailah untuk membiasakan mengkonsumsi makanan yang dikukus atau direbus.

5. Olahraga itu Penting

Olahraga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh anda. Dengan melakukan olahraga juga maka hormon insulin anda akan bekerja lebih baik lagi. Jadi, mulai sekarang anda harus berolahraga dengan rutin, setidaknya berolahragalah selama 30 menit setiap harinya supaya kadar gula darah anda tidak meningkat dan terus dalam garis normal. Mulailah melakukan olahraga perlahan-lahan dan terus meningkatkan kualitas olahraga yang anda lakoni. Untuk membuat olahraga menjadi menyenangkan, maka pilihlah olahraga yang anda sukai dan jangan terlalu membebani tubuh dengan olahraga yang terlalu berat.

6. Jangan Lewatkan Sarapan

Biasakan untuk selalu sarapan sebelum anda memulai aktivitas harian anda.  Dengan sarapan maka anda akan lebih bisa mengkontrol nafsu makan anda serta membantu anda mengkontrol konsumsi kalori.

7. Turunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih merupakan salah satu faktor pemicu seseorang dapat terkena diabetes. Anda yang memiliki berat badan yang berlebih mulai sekarang coba turunkan berat badan anda dengan rajin olahraga dan melakukan program diet sehat. Usahakan untuk selalu mengkontrol berat badan anda tetap ideal atau normal.

8. Kurangi Porsi Makan Sehari-Hari

Mengurangi porsi makan anda merupakan cara yang cukup efektif untuk menghindari diabetes. Porsi makan yang berkurang dapat membantu anda menurunkan berat badan dan memperkecil resiko terkena diabetes. Pastikan anda mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Usahaka pula untuk selalu makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

9. Perbanyak Sayur

Sayur adalah penolong yang bisa menghindarkan anda dari resiko diabetes. Jika anda banyak konsumsi daging, sebaiknya mulailah ikut menyeimbangkannya dengan memakan cukup sayuran. Daging memang memiliki cita rasa yang lezat dan juga tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan, namun jika terlalu berlebihan daging malah bisa membawa penyakit dan diabetes untuk anda.

10. Coba Tidur Nyenyak

Jika anda ingin terhindar dari diabetes, mulai sekarang cobalah untuk tidur setidaknya selama enam jam setiap harinya. Bila anda kurang tidur, maka tubuh akan meningkatkan hormon koristol yang bisa membuat kadar gula dalam darah anda menjadi tidak seimbang. Dengan porsi tidur yang cukup dan nyenyak, maka tubuh akan diberikan waktu terbaiknya untuk beristirahat dan juga dapat mencegah nafsu makan berlebihan.

11. Ketahui Riwayat Diabetes Keluarga

Mengetahui riwayat penyakit yang diderita keluarga anda sangatlah penting, karena banyak sekali penyakit yang dapat diturunkan kepada anggota keluarga melalui gen, sama halnya seperti diabetes (tipe dua). Jika ternyata orang tua dan nenek-kakek anda memiliki diabetes, maka sejak dini perlu diadakan pemeriksaan medis dan pencegahan terhadap diabetes.

Itulah uraian mengenai diabetes dan cara pencegahannya sedini mungkin. Untuk melakukan pencegahan terhadap diabetes dan melakukan gaya hidup sehat awalnya mungkin akan terasa sulit. Namun, seiring berjalannya waktu, anda pasti akan terbiasa untuk melakoni pola hidup untuk menghindar dari diabetes dan penyakit lainnya. Mulailah melakukan pencegahan dari diabetes sejak dini, karena mencegah itu lebih mudah dari menyembuhkan.

Baca juga:

Fakta Tentang Diabetes ( Tipe – Penyebab – Gejala – Mencegah )

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diabetes