9 Faktor Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah sebuah penyakit yang menggambarkan sebuah kondisi ketika ginjal tidak berfungsi. Kondisi ini bisa terjadi secara mendadak atau menunjukkan gejala jika gagal ginjal disebabkan karena penyakit tertentu. Jadi kemungkinan gagal ginjal bisa diakibatkan karena ginjal memang tidak berfungsi sama sekali atau efek komplikasi dari sebuah penyakit yang sudah lama diderita. Ginjal merupakan sebuah organ yang bekerja untuk membantu menyaring limbah atau zat berbahaya dari darah. Tubuh kita banyak menerima zat berbahaya yang bisa berasal dari makanan, minuman atau obat-obatan. Jadi ginjal memiliki pekerjaan yang berat karena bisa membuat tubuh tetap sehat.


Mengapa Ginjal Penting untuk Kesehatan ?

Ginjal memang dikenal sebagai organ yang berfungsi untuk menyaring semua zat berbahaya dari tubuh dan akan keluar bersama dengan urin. Proses untuk memproduksi urin dan mengeluarkan semua cairan tubuh yang berbahaya akan membantu tubuh tetap sehat dan bisa mendapatkan jumlah keseimbangan cairan. Ginjal tidak hanya menyaring zat berbahaya dari tubuh tapi juga membantu produksi hormon yang sangat penting untuk sistem kerja organ dan tekanan darah. Ginjal menjadi sangat penting karena memiliki beberapa fungsi inti, yaitu :

  • Ginjal akan mengeluarkan semua sisa metabolisme berbahaya dari tubuh
  • Ginjal juga akan menyaring zat berbahaya dari obat-obatan yang kita konsumsi saat sakit
  • Ginjal membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Ginjal membantu mengatur tekanan darah dengan produksi hormon
  • Membantu produksi makanan yang mengandung vitamin D yang berfungsi penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang
  • Membantu produksi sel darah merah yang sangat penting untuk tubuh


Dimana Letak Ginjal ?

Pada dasarnya kita semua memiliki dua ginjal. Dua ginjal terletak di bagian kedua sisi tuang belakang atau sekitar bawah tulang rusuk. Setiap ginjal terdiri dari jutaan sel yang disebut dengan nefron. Setiap nefron terdiri dari saringan dari pembuluh darah dengan ukuran yang sangat kecil dengan nama glomerulus. Semua darah yang masuk ke bagian glomerulus akan di saring dan semua cairan yang tersisa dari proses ini akan masuk ke bagian tubulus. Hasil cairan yang masuk ke tubulus kemudian akan bercampur dengan air sisa metabolisme dan kemudian keluar dari tubuh dalam bentuk urin.


Kapan Ginjal Bekerja?

Ginjal terus melakukan fungsinya selama 24 jam dengan terus menyaring darah dalam tubuh. selama 24 jam kerja ginjal bisa menghasilkan sekitar 200 liter cairan. 2 liter dari bagian tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk urin sementara sisanya akan diserap kembali oleh tubuh. Kandung kemih akan menampung urin dari proses tersebut selama sekitar 1 hingga 8 jam per hari.


Apa itu Gagal Ginjal?

Ginjal bekerja untuk membantu membersihkan darah dalam tubuh dari semua zat berbahaya, mineral yang berbahaya untuk tubuh dan semua jenis limbah yang bisa menjadi penyakit untuk tubuh. Gagal ginjal awalnya bisa disebabkan karena penyakit ginjal kronis.

Penyakit ini bisa muncul dalam tahap yang sangat lama dengan menyerang fungsi ginjal. Gejala penyakit ginjal kronis akan ditetapkan sebagai gagal ginjal ketika ginjal hanya bisa berfungsi sekitar 16 persen saja. Gagal ginjal akan menyebabkan tubuh tidak bisa menyaring semua zat berbahaya sehingga perawatan intensif sangat dibutuhkan.

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal hanya bisa bekerja antara 10 hingga 16 persen saja. Hal ini berarti bahwa ginjal sudah rusak dan tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab gagal ginjal :


1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah sebuah kondisi ketika tubuh tidak memiliki jumlah cairan yang cukup dan menyebabkan sistem metabolisme tubuh menjadi terganggu. Ada beberapa tahapan dehidrasi mulai dari tahap ringan, berat hingga sangat parah. Dehidrasi bisa tergantung pada berat badan dan jumlah cairan yang hilang dari tubuh. Tanda pertama dehidrasi adalah ketika tubuh terus merasa haus dan urin berwarna lebih keruh. Selain itu, dehidrasi juga bisa ditandai dengan sakit kepala tiba-tiba, lelah, mulut dan bibir lebih kering, jumlah urin yang lebih kecil.

Dehidrasi yang lebih parah dapat menyebabkan gangguan ginjal kronis karena tidak ada cairan yang bisa diserap oleh ginjal. Penyakit ginjal kronis bisa berujung pada gagal ginjal. Kondisi dehidrasi ini juga mempengaruhi kesehatan lainnya seperti :

2. Diabetes

Ketika tubuh memiliki kadar gula yang terlalu tinggi atau lebih sering disebut dengan kondisi diabetes maka akan menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras. Ginjal akan menyerap darah dalam jumlah yang lebih tinggi sehingga menyebabkan pembuluh darah yang bertugas menyaring darah bisa bekerja terlalu banyak. Kemudian setelah beberapa lama ginjal tidak mampu menyaring semua bagian limbah dari darah dan menyebabkan kebocoran. Akibatnya maka urin mengandung protein yang seharusnya tinggal dalam tubuh. Ginjal akan kehilangan fungsinya dengan ditandai penemuan protein tinggi dalam urin. Ginjal tidak bisa bekerja lagi kemudian terjadilah gagal ginjal.

Bahaya diabetes ini dapat terjadi karena kaya hidup yang salah, yakni pada :

3. Hipertensi

Tekanan darah tinggi membuat pembuluh darah bekerja terlalu keras karena aliran darah yang terlalu kuat. Kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah rusak termasuk pembuluh darah yang ada pada bagian ginjal. Arteri besar dan pembuluh darah kecil yang menuju ginjal dapat rusak. Kemudian secara perlahan ginjal mengalami penurunan fungsi dan menyebabkan banyak cairan limbah yang menumpuk pada ginjal.

Informasi mengenai darah tinggi selengkapnya, baca juga disini :

4. Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik dapat menyebabkan kerusakan kemampuan ginjal karena banyaknya zat beracun yang harus disaring oleh ginjal. Penyakit ini secara perlahan akan menyebabkan ginjal tidak berfungsi sehingga pada tahap akhir dapat menyebabkan gagal ginjal. Penyakit ini sering ditemukan pada usia lanjut sekitar 55 tahun ke atas.

5. Glomerulonefritis

Penyakit ini menyebabkan peradangan pada bagian penyaringan di ginjal yang menyerang bagian nefron. Peradangan ini menyebabkan banyak kotoran dari sisa metabolisme yang seharusnya keluar tapi hanya menumpuk di bagian ginjal. Penyakit ini bisa menjadi faktor penyebab gagal ginjal dalam waktu yang sangat cepat.

6. Refluks Nefropati

Penyakit ini disebabkan karena semua zat yang telah melewati proses penyaringan dalam ginjal dan keluar bersama urin kembali masuk ke bagian ginjal. Penyebabkan bisa terjadi karena kandung kemih mengalami masalah tidak bisa memeras sehingga katup yang seharusnya menuju ureter tidak bisa bekerja. Secara perlahan penyakit ini akan menyebabkan gagal ginjal. Kelainan ini juga sering terjadi pada anak-anak dan menjadi salah satu kondisi sejak lahir.

7. Konsumsi Obat Berlebihan

Kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan yang mengandung bahan lithium dan siklosporin dapat memicu terjadinya gagal ginjal. Hal ini disebabkan karena ginjal bekerja terlalu keras untuk menyaring semua limbah yang dihasilkan dari sisa obat dalam tubuh. Akibat yang paling parah dari kebiasaan minum obat berlebihan adalah gagal ginjal permanen.

Obat-obatan tersebut termasuk pada :

8. Serangan Jantung

Ketika penderita mengalami serangan jantung maka aliran darah yang menuju jantung akan mengalami masalah atau bahkan ginjal tidak menerima darah dari jantung. Jika kondisi ini terus terjadi maka ginjal tidak dapat berfungsi dan terjadi penumpukan aliran limbah pada jantung. Jika tidak mendapatkan perawatan yang cepat dan tepat maka gagal jantung akan menyebabkan gagal ginjal.

Serangan jantung ini sering ditandai dengan beberapa kondisi seperti :

9. Gangguan Fungsi Hati

Pengaruh hati yang mengalami masalah karena terlalu banyak mengkonsumsi zat asetaminofen dapat menyebabkan kerusakan ginjal akut atau gagal ginjal. Hal ini bisa terjadi karena ginjal bekerja terlalu berat untuk memisahkan zat tersebut dari darah. Kerusakan pada bagian nefron dan organ penyaring dalam ginjal memicu kerusakan ginjal parah sehingga ginjal kehilangan fungsinya.

Gangguan fungsi hati ini bisa diakibatkan karena :

Kebiasaan gaya hidup sehat menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Gagal ginjal banyak disebabkan karena beberapa masalah kesehatan lain seperti gangguan pada jantung, tingginya kadar kolesterol, diabetes, hipertensi dan penyebab lain. Pola hidup sehat untuk mengendalikan penyebab gagal ginjal menjadi langkah paling penting untuk mencegah gagal ginjal.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal