15 Cara Mencegah Depresi pada Diri Sendiri

Depresi merupakan suatu kondisi psikologis, dimana seseorang mengalami rasa tertekan yang sangat parah. Apabila dilihat secara sudut pandang keilmuan, depresi merupakan manifestasi dari tekanan, yang menjadi penyebab stress, dan kemudian akhirnya memicu depresi. Perlu anda ketahui, depresi merupakan pintu gerbang bagi kemunculan gangguan mental dan patologis lainnya, seperti salah satunya adalah schizophrenia.

Depresi dapat muncul karena berbagai macam sebab dan juga penyebab depresi. Berbeda orang, berbeda pula hal yang dapat menyebabkan depresi, tergantung konsep diri dan bagaimana cara dan pola pikir individu. namun paling tidak, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan depresi, seperti :

  • Tuntutan ekonomi, sosial, dan budaya
  • Stress akut berkepanjangan yang tidak terselesaikan
  • Kegagalan dalam melakuakan sesuatu
  • Kesalahan dalam memandang suatu masalah
  • Kondisi sosial dan juga ekonomi

Nah, depresi memang terlihat sangat berbaahaya, terutama bagi kesehatan mental kita. namun demikian, anda tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya, depresi bisa dicegah. Apa saja, dan bagaimana cara untuk mencegah depresi? Berikut ini adalah beberapa cara mencegah depresi :

  1. Tingkatkan self awareness, untuk menghindari kemunculan stress

Self awareness atau yang merupakan definisi dari kesadaran diri merupakan salah satu kondisi dimana tiap tiap individu mampu untuk menyadari diri sendiri, termasuk di dalamnya pandangan tentang diri sendiri, kebaikan keburukan, serta berbagai macam kondisi yang menyangkut dirinya sendiri, salah satunya stress. Dengan adanya self awareness yang baik, maka masing masing individu akan mengetahui tingkat resitensi dirinya masing-masing terhadap stress. Ketika seseorang sudah paham mengenai kemunculan stress pada dirinya, maka individu akan lebih mudah mengantisipasi kemunculan stres dan juga mengurangi kemunculan stress di dalam dirinya, dimana stress dapat berujung kepada gejala depresi.

  1. Hindari kejadian-kejadian yang dapat menimbulkan stress

Cara lain untuk mencegah depresi adalah memiliki cara mengatasi stress. Ya, stress merupakan pintu masuk dari munculnya depresi pada diri individu. karena itu, ketika anda sudah merasakan ada suatu kejadian atau event yang dapat menyebabkan anda menjadi stress, segera hindari dan sebisa mungkin jangan terlibat terlalu jauh. Ketika anda mampu untuk menghindari kemunculan stress di dalam kejadian tertentu, maka disitulah anda mampu untuk mencegah diri anda dari depresi.

  1. Ketika mengalami stress, segera lakukan strategi coping stress

Coping stress merupakan metode yang dilakukan oleh individu dalam menghadapi stress. Strategi coping sendiri terdiri dari beberapa macam, seperti emotional coping, problem focus dan juga religion focused coping, ketiga bentuk coping terhadap stress ini bisa membantu anda mengurangi gejala stress berat yang dapat menimbulkan depresi. Jadi, ketika anda merasakan bahwa anda akan mengalami gejala stress, jangan tunggu hingga menjadi depresi, lakukan segera strategi coping stress untuk membantu mengurangi efek yang ditimbulkan oleh stress, yang nantinya dapat berujung pada munculnya depresi.


  1. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas yang terlalu berat

Kebanyakan individu menjadi stress dan juga depresi diakibatkan karena melakukan peerjaan yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan kemampuannya. Misalnya saja, menerima 5 pekerjaan sekaligus yang deadine nya hanya 3 hari. Hal ini tentu saja akan memberikan tekanan yang luar biasa, yang nantinya dapat menimbulkan munculnya stress. Stress yang tidak berujung akibat aktivitas berat yang berlebihan ini, apabila tidak ditangani dengan cepat dan juga tepat tentu saja akan menyebabkan kemunculan depresi, yang berbahaya bagi diri kita, terutama dari segi psikologis.

  1. Selalu jaga pola makan bergizi dan juga teratur

Pola makan dan juga gizi haruslah anda atur apabila anda tidak ingin mengalami depresi. Pola makan dan juga asupan gizi ini sangat membantu anda dalam beraktivitas, sehingga paling tidak tenaga dan juga energy yang anda keluarkan untuk melakukan aktivitas tidaklah kosong. Apabila anda melakukan aktivitas dengan kondisi energy yang kosong, maka anda nantinya akan lebih mudah merasa tertekan dan juga kemungkinan untuk mengalami depresi menjadi lebih tinggi lagi probabilitasnya.

  1. Rajin melakukan olahraga

Selain mengatur pola makan dan juga asupan gizi yang baik dan benar seperti memakan makanan 4 sehat 5 sempurna, salah satu cara lain adalah dengan melakukan rutin berolahraga. Ya, olahraga secara rutin memiliki manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh membuat kondisi mental dan juga fisik anda menjadi jauh lebih segar dan juga sehat. Dengan kondisi mental dan juga fisik menjadi lebih sehat, maka anda pun bisa terbebas dari tekanan dan juga stress yang dapat menyebabkan terjadinya depresi.

  1. Banyak berdoa dan juga beribadah

Berdoa dan juga beribadah juga merupakan salah satu bentuk strategi untuk menenangkan pikiran dari bebragai macam tekanan dan juga berbagai macam stress. Dengan banyak berdoa dan juga beribadah, maka pikiran dan juga mental kita akan menjadi lebih baik dan jug alebih tenang. Hal ini nantinya aakan sanagt bermanfaat bagi anda yang sedang berada dalam tekanan, karena dengan banyak berdoa dan beribadah, anda bisa mengurangi resiko mengalami stress yang dapat berujung pada depresi.

  1. Selalu bersyukur akan segala hal yang sudah dicapai

Rasa syukur yang kita ungkapkan, baik kepada Pencipta dan juga kepada orang lain akan membantu kita menjadi orang yang lebih peduli dan juga lebih bahagia akan suatu hal. Dengan adanya rasa syukur, maak kita akan selalu menyusukuri apa yang sudah kita peroleh. Dengan begitu, kita pun akan merasa lebih tenang, dan tentu saja dengan begitu kita juga bisa menjadi lebih resisten terhadap tekanan, stress, dan juga depresi yang sangat berbahaya.

  1. Istirahat yang cukup ketika tubuh sudah merasa lelah

Isitirahat juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam mencegah kemunculan depresi. Ya, ketika anda sudah merasa cepat lelah dan jantung berdebar dengan kesulitan pekerjaan anda, maka anda wajib untuk beristirahat. Istirahat selain baik bagi kesehatan fisik anda, juga sanagt baik untuk kesehatan mental anda, karena dengan istirahat, anda akan merasa rileks, dan juga lebih tenang, ketika anda sudah merasa lebih tenang, maka tentu saja nantinya andan akan terhindar dari kondisi stress yang dapat menuntun kepada munculnya depresi pada diri anda.

  1. Perbanyak hubungan dan relasi sosial, dengan keluarga, teman, dan juga kerabat

Sebagai makhluk sosial, kita harus mampu untuk membangun banyak hubungan dan juga relasi secara sosial. Ya, dengan kemampuan bersosialisasi yang baik, kita bisa terhindar dari depresi dan juga stress. Ketika kita sedang bersosialisasi, maka akan muncul perasaan-perasaan yang sifatnya positif, seperti bahagia, senang, bangga, dan sebagainya. Perasaan-perasaan positif yang muncul inilah yang sangat penting bagi kita untuk mencegah munculnya depresi. Ketika kita mampu untuk menunjukkan perasaan yang positif, maka stress dan juga depresi yang sifatnya negative akan hilang dan pergi dari diri kita.

  1. Selalu berpikir positif ketika muncul suatu masalah

Pikiran negative merupakan salah satu biang keladi dari munculnya depresi dan juga stress. Dengan selalu berpikiran negative, maka kita nantinya akan terlalu banyak berpikir mengenai sesuai yang sifatnya buruk. Ketika kita terlalu focus pada hal-hal yang sifatnya buruk, maka hal ini akan menyebabkan banyaknya tekanan dan juga stress menghampiri diri kita. ketika stress datang, dan kita tidak mampu untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang positif, maka ini akan menimbulkan depresi di dalam tubuh kita dan kita harus memiliki cara menghindari stres. karena itu, berpikir positif adalah salah satu kunci utama yang bisa anda gunakan untuk mencegah kemunculan depresi dan juga stress tentunya.

  1. Jangan menganggap suatu masalah sebagai sesuatu yang sangat mengerikan

Hadapilah masalah yang melanda anda dengan ringan hati dan juga hilangkan perasaan negative ketika sedang menghadapi masalah. Jangan pernah mengeluh ketika anda sedang dilanda masalah, karena ketika kita mengeluh, maka kita akan mengirim sinyal ke otak untuk mengolahnya menjadi bentuk stress, yang apabila tidak dapat ditangani dengan baik akan menyebabkan depresi. Ketika kita sedang menghadapi masalah, hadapilah masalah tersebut dengan hati yang ringan, terbuka, lapang dada dan juga selalu tersenyum dalam menghadapinya. Hal ini akan membantu kita dalam mencari solusi aan pemecahan masalah yang menjadi lebih baik lagi, dan tentu saja tidak akan menyebabkan kita mengalami depresi.

  1. Makanlah beberapa jenis makanan yang mampu menurunkan stress dan juga depresi

Ada beberapa jenis makanan yang secara alami mampu untuk membantu kita dalam menurunkan kadar kecemasan, stress dan juga depresi. Salah satuny ayang sudah cukup terkenal adalah coklat hitam atau dark chocolate. Ketika anda mulai merasa tertekan, stress dan akan mengalami depresi, cobalah untuk mengkonsumsi coklat hitam. Coklat hitam dakan membantu membuat anda menjadi lebih rileks dan juga tenang, sehingga dapat membantu anda dalam mengurangi efek buruk dari stress, yaitu munculnya depresi.

  1. Jalankan hobi anda secara rutin paling tidak seminggu dua kali

Hobi merupakan suatu kegiatan yang disenangi oleh masng-masing individu. tentu saja tiap-tiap individu memilki hobi yang berbeda-beda pula. Ketika anda mulai merasa tertekan, atau ketika anda mulai merasa lelah dan juga jenuh, lakukanlah hobi anda dengan baik. Hobi yang anda jalani dengan baik, akan membantu anda dalam menenangkan pikiran, yang nantinya akan berefek pada berkurangnya kemunculan efek depresi akibat stress yang parah.

  1. Meditasi

Medtasi merupakan salah satu metode relaksasi yang sudah banyak diadaptasi oleh berbagai disiplin ilmu, agama, dan juga kepercayaan. Dengan melakukan meditasi untuk kesehatan, anda dapat menenangkan diri anda, dan kemudian tentunya anda akan menjadi lebih resisten terhadap stress akut yang dapat menimbulkan munculnya depresi di dalam diri anda. (baca : cara melakukan meditasi)

, , , ,
Post Date: Friday 19th, February 2016 / 09:49 Oleh :
Kategori : Depresi