5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental untuk Hindari Stres

Berbagai rutinitas harian seringkali membuat kita tertekan, terutama dengan masalah pekerjaan atau keluarga yang tak kunjung selesai. Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan kestabilan mental terganggu, dan bila dibiarkan dapat menurunkan kesehatan jiwa secara signifikan. Selain dengan meningkatkan kadar keimanan dalam hati, ternyata ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental sehingga kita bisa terhindar dari stres.

  1. Pergi Keluar

Saat kepenatan melanda, cobalah untuk meluangkan waktu sejenak, minimal 10 menit untuk pergi keluar. Anda bisa memilih taman, tepi danau atau tempat manapun yang disukai untuk menenangkan diri dan menghirup udara segar. Cara ini terbukti cukup ampuh untuk mengurangi stres dan menjernihkan kembali pikiran, juga mampu mengembalikan energi dalam tubuh sehingga kita siap untuk kembali menjalani aktivitas.

2. Melakukan Hobi yang Disukai

Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing, dan hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi stres super ampuh. Tidak ada yang membenci hobinya sendiri, karena itu saat di waktu senggang usahakan untuk mengerjakan hobi yang disenangi agar pikiran menjadi lebih rileks. Hobi yang ditekuni akan membuat pikiran bahagia dan sejenak melupakan beban pikiran yang dapat merusak kesehatan mental.

3. Tersenyum dan Lebih Ramah

Terkesan sepele, namun membiasakan diri tersenyum dapat mencegah stres loh. Saat tersenyum, tubuh secara refleks akan mengeluarkan hormon kebahagiaan sehingga perasaan lebih tenang tanpa beban. Begitu pula jika kita lebih ramah dan senang menyapa orang lain, maka kepercayaan diri akan meningkat dan menjadikan diri lebih siap untuk menjalani rutinitas. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk menyapa orang lain saat bertemu atau berpapasan di jalan, dan jangan lupa berikan senyum tulus terbaikmu untuk membantu meningkatkan mood.

4. Meditasi

Menjalani meditasi secara rutin terbukti mampu mencegah stres, merilekskan pikiran dan meningkatkan kesehatan mental seseorang. Tidak perlu berlama-lama melakukannya jika Anda tidak punya banyak waktu luang. Cukup meditasi selama 5 menit perhari namun rutin, sudah bisa membuat kita terhindar dari stres. Meditasi memang bagus dilakukan karena bersifat menenangkan dan juga dapat menyehatkan tubuh.

5. Pola Hidup Sehat

Mungkin sebagian orang merasa berat jika harus menerapkan pola hidup sehat, padahal tidak ada yang sulit jika kita mau melakukannya. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Olahraga akan membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh dan menekan hormon stres. Sementara makanan yang sehat seperti buah dan sayur yang tinggi antioksidan dapat membantu meningkatkan fungsi organ tubuh sehingga dapat mencegah penyakit yang dapat membuat stres.

Cara di atas cukup sederhana dan mudah dilakukan, dan memang telah terbukti dapat mencegah gejala stres dan depresi muncul. Yang terpenting adalah selalu memiliki pikiran yang positif dan menjaga kesehatan tubuh agar pikiran tidak terbebani dengan hal-hal yang semestinya tidak perlu dipikirkan.