Home Tips KesehatanKesehatan Mental 11 Ciri Ciri Sehat Mental Pada Manusia

11 Ciri Ciri Sehat Mental Pada Manusia

by Henny Anugerah

Mental yang sehat bukan hanya disebabkan karena adanya penyakit didalam tubuh tetapi lebih kepada cara berrfikir yang lurus dan memahami kehidupan yang sebenarnya berat serta bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Sehat mental tidak hanya berlaku bagi orang dewasa saja tetapi dimulai dari anak anak usia masa pertumbuhan yang masih memerlukan pembelajaran tentang cara bersikap menghadapi hidup untuk membangun karakternya dimasa depan, ini adalah salah satu cara menjaga kesehatan mental pada anak anak yang masih notabennya belum mampu mengendalikan emosi mereka.

1. Berfikir logis
Kemampuan dalam berfikir rasional dan sederhana adalah ciri ciri sehat mental yang paling mendasar. Dengan memahami dan menerima sesuatu yang dipandang dari sudut kelogisan maka seseorang tersebut lebih membutuhkan fakta ketimbang teori semata.

2. Tidak mudah putus asa
Seseorang yang tidak mudah menyerah dan menolak dikatakan kalah adalah ciri ciri sehat mental bagi orang orang yang tidak mudah putus asa. Dia akan berusaha untuk bisa bangkit dan mencapai apa yang telah dia inginkan dengan upaya dan kepandaian yang dia miliki.

3. Tentram dan aman
Seseorang yang selalu merasa tentram dan aman cenderung tidak memperpanjang sesuatu masalah yang dianggapnya jhanya menbuang waktu dan energinya saja. Dia akan berusaha untuk melakuakn apa saja yang dianggapnya menguntungkan bagi dirinya tertapi tidak merugikan pihak manapun.

4.Bertanggung jawab
Mampu beratnggung jawab atau mandiri atas dirinya sendiri adalah ciri ciri sehat mental yang paling mendukung akan keberhasilan seseorang didalam kehidupannya. Diaa akan melakkuakn apa saja yang telah menjadi kewajibannya dan mengutamakan kejujuran didalam pergaulannya sehari hari. Dia tidak akan membutuhkan pertolongan orang lain selama dirinya merasa mampu untuk melakuakannya sendiri.

5. Memiliki empati dan kepedulian sosial
Ciri ciri sehat mental yang dapat merubah seseorang menjadi lebih rasional dan bijak adalah adanya rasa empati pada orang lain. Dia akan selalu merasa bahwa seluruh manusia itu tidak ada yang luput dari kelemahan dan perlu mendapat dukungan apapun suku, Agama dan adat istiadatnya. Kepedulian sosial terhadap seluruh umat manusia cenderung menyebabkan seseorang berfikir lebih cerdas untuk selalu memperbanyak perbuatan baik.

6. Mampu menahan nafsu
Mental yang sehat identik dengan prilaku dan kebiasaan seseoraang dalam menghadapi keduniaannya. Mampu menahan nafsu emosi, nafsu ingin membalas dendam ataupun nafsu melakukan hal hal yang merugikan orang lain. Seseorang yang mampu menahan nafsunya berarti telah memahami dengan jelas bahwa tak ada sesuatu yang berakhir lebih baik jika tubuh dan otak dikendalikan oleh hawa nafsu yang sesaat.

7. Sabar dan ikhlas
Berserah diri , Sabar dan ikhlas dengan apa yang telah berikan padanya adalah ciri ciri sehat mental yang tidak akan pernah dimiliki oleh para pengguna narkoba. Narkoba adalah jenis obat terlarang yang dapat merusak otak dan mental secara bersamaan dan nyata nyata merusak selaput otak serta mengikis pembuluh arteri menuju otak yang dapat menyebabkan seseorang tidak memiliki rasa sabar dan ikhlas akan takdir dan apa yang telah diberikan tuhan padanya.

8. Berwawasan luas
Ciri ciri sehat mental jelas dimiliki semua manusia yang menuliki wawasan luas dalam berfikir, Bertindak dan berkata kata. Semuanya didapat dari belajar dan pengalamabn yang sedikit demi sedikit telah membangun karakternya menjadi seseorang yang lebih pintar, Cerdas dan selangkah lebih maju dari orang lain.

9. Berinteraksi dengan mudah
Mudah bergaul dan berinteraksi dengan siapa saaja merupakan ciri ciri sehat mental yang dimiliki seseorang yang mengutramakan kebersamaan didalam perbedaan. Berinteraksi dengan orang lain dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan merasa terlindungi karena dikelilingi orang orang yang satu pemikiran, Satu minat dan satu tujuan.

10. Menghindari obat obatan terlarang
Seseorang yang tidak mau mendekati hal hal yang dapat merugikan tubuh dan masa depannya seperti narkonba merupakan ciri ciri sehat mental yang tak dapat lagi dibantah. Sesorang yang memiliki mental yang sehat akan menolak sesuatu yang dapat membuat masa depannya hancur dan sulit untuk bangkit lagi dari kerusakan moral.

11. Tidak mau dikendalikan
Orang orang yang sehat mental selalu percaya akan kemampuannya sendiri, tidak mau dikendalikan siapapun dan Merasa terdepan dari orang lain tetapi condong tidak egois dan tidak pernah meremehkan pendapat yang berbeda dari orang orang disekelilingnya. Tidak mau dikendalikan adalah sifat yang utuh dan alami dari ciri ciri sehat mental, Seperti halnya tidak mau dikendalikan oleh obat obatan terlarang.

Tips mudah untuk membangun mental yang sehat

  • Memberikan wawasan dan pemahaman yang benar tentang kemandirian dan kemampuan seseorang untuk bertanggung jawab atas dirinya sendiri pada anak anak usia dini
  • Mau dan semangat untuk sealalu belajar dari kesalahan dan memperbaikinya dengan prilaku yang lebih baik serta mau belajar dari kehidupan orang lain.
  • Belajar dan memahami untuk menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri serta orang lain
  • Berinteraksi dengan orang lain, Terutama pada orang orang yang memiliki bakat, Minat serta visi misi yang sama tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bergal dengan orang lain dengan jangkauan yang lebih luas lagi.
  • Menjauhi segala bentuk kejahatan dan prilaku prilaku yang menyimpang yang ada disekitar kita atau lingkungan orang lain dan tetap berserah serta Berdoa pada tuhan yang maha kuasa.

You may also like