Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit Benjolan Di Kening Tapi Tidak Sakit, Kenapa Ya? Ini 3 Kemungkinan Penyebabnya !

Benjolan Di Kening Tapi Tidak Sakit, Kenapa Ya? Ini 3 Kemungkinan Penyebabnya !

by Erlita

Anda sedang mengalami kondisi yang alasannya tak diketahui jelas seperti munculnya benjolan di kening tapi tidak sakit? Atau mungkin Anda mendapat keluhan ini dari orang terdekat Anda? Ada sejumlah kemungkinan penyebab dari timbulnya benjolan di kening yang patut diwaspadai walau tak ada rasa sakit yang menyertai.

  1. Kista

Kista merupakan kondisi di mana muncul kantung tertutup yang letaknya ada di bagian kulit bawah. Apabila ada di area kening, maka potensi kalau kista sebasea atau kista dermoidlah yang muncul dan biasanya berisi kumpulan rambut maupun kelenjar kulit. Apabila kista sebasealah yang menyebabkannya, maka intinya ada sumbatan pada kelenjar minyak kulit.

Kista sebasea pada dasarnya adalah kandungan kulit mati dan keratin walau sebab utamanya belumlah diketahui pasti. Namun saat kulit mengalami cedera dan folikel rambut membengkak, maka biasanya akan muncul kista sebasea ini atau benjolan yang bisa hadir di kening terutama dekat dengan rambut, waspadai bahaya penyakit kista seperti ini.

Cara Mengatasi : Kantung yang muncul atau kista sebasea tersebut berisi cairan putih dan Anda bisa menghilangkannya dengan datang pada dokter yang tepat. Jika memang itu benar kista sebasea, mendatangi dokter ahli kulit juga tak masalah. Biasanya dokter memberi obat jenis antibiotik sebab terdapat risiko tinggi kista bisa terkena infeksi, jadi antibiotiklah yang mampu meredakannya.

Sementara itu, apabila kista dermoid adalah penyebab utamanya, proses menghilangkan harus datang pada dokter dan bukan diatasi sendiri. Ketika menghilangkan dengan cara sendiri, ada risiko besar Anda mengalami perdarahan dan juga infeksi. Biasanya, kista dermoid dapat dihilangkan dengan cara dioperasi dan sebaiknya Anda konsultasikan sedetil mungkin dengan dokter tentang cara operasi ini.

  1. Kalsifikasi Tulang

Kalsifikasi tulang bisa saja terjadi pada bagian kepala sehingga menimbulkan tanda seperti benjolan di bagian kening. Jika Anda tak yakin bahwa benjolan tersebut ada hubungannya dengan kalsifikasi tulang, segera ke dokter untuk melakukan rontgen. Jika terjadi di bagian kepala, ada kemungkinan infeksi otaklah yang menjadi pemicunya.

Namun tak selalu infeksi otak, gangguan metabolisme kalsium alias penumpukan kalsium dalam darah juga mampu menjadi faktor risikonya. Selain itu, kelainan autoimun dan genetik juga mampu berpengaruh cukup banyak pada sistem kerangka sehingga timbul gejala yang tak beralasan seperti benjolan pada kening tapi tak begitu terasa sakit.

Cara Mengatasi : Pengobatan yang tepat untuk kalsifikasi tulang biasanya adalah pembedahan, namun sebelum pada akhirnya memutuskan menjalani operasi Anda harus lebih dulu mengecek kesehatan atau kondisi benjolan tersebut secara teratur. Lakukan konsultasi rutin supaya dapat diketahui adanya sejumlah risiko komplikasi yang bisa saja terjadi pada kasus kalsifikasi tulang ini.

  1. Lipoma

Munculnya benjolan pada kening tapi tak terasa sakit bisa jadi disebabkan oleh lipoma. Timbulnya lipoma ini bisa di mana saja, bahu, perut lengan, leher, paha, punggung hingga kepala. Cobalah cek diameternya, apakah ada 1-3 cm. Lihatlah perkembangannya sebab lipoma dapat berkembang lebih besar walau tak sampai 5 cm lebih diameternya.

Hanya saja, benjolan tanda lipoma jika disentuh dengan jari apalagi ditekan justru terasa lembek dan akan bergerak. Di awal benjolan tak akan terasa sakit, namun seiring bertambah besar ukurannya maka lipoma bakal menimbulkan rasa sakit. Lipoma sendiri merupakan benjolan lemak yang pertumbuhannya berjalan sangat lambat pada lapisan otot dan kulit.

Cara Mengatasi : Penanganan berupa sedot lemak biasanya menjadi langkah perawatan paling tepat supaya gumpalan lemak bisa disingkirkan. Ketika dibiarkan berkembang, maka rasa sakit akan muncul dan hal ini juga akan menyebabkan Anda tidak nyaman karena ukuran dan juga rasa sakitnya. Pengobatan lain yang kiranya diberikan dokter adalah suntik steroid supaya lipoma menyusut.

Selain sedot lemak dan juga pemberikan suntik steroid agar menyusutkan lipoma, pilihan pengobatan terakhir yang bisa ditempuh adalah operasi pengangkatan lipoma. Metode sedot lemak apalagi metode suntik steroid tidaklah mampu secara total menghilangkan lipoma, namun dengan operasi pengangkatan bisa. Hanya saja, konsultasikan efek sampingnya dengan dokter Anda.

Itulah beberapa kemungkinan faktor penyebab benjolan di kening tapi tidak sakit yang dapat terjadi. Daripada bertanya-tanya apalagi mengabaikannya, segera temui dokter untuk memeriksakan diri supaya mencegah kondisi menjadi lebih parah.

You may also like