16 Cara Mengecilkan Perut Buncit Orang Kurus Secara Alami dan Cepat

9207

Apakah Anda pernah melihat orang kurus dengan perut buncit? Atau Anda sendiri yang mengalami hal ini. Kondisi ini pada awalnya mungkin sama sekali tidak berhubungan dengan masalah kesehatan tertentu. Namun ketika perut buncit menunjukkan timbunan lemak yang berlebihan, maka bisa menjadi masalah kesehatan yang sangat serius. Bahaya lemak di perut bagi tubuh bisa mengancam nyawa semua orang. Pemeriksaan kesehatan tetap diperlukan untuk mengetahui penyebab perut buncit.

Jika masalah perut buncit disebabkan karena timbunan lemak, maka Anda bisa melakukan beberapa cara mengecilkan perut buncit orang kurus secara alami dan cepat seperti dibawah ini :

  1. Melakukan Latihan Fisik

Lemak yang berada di bagian perut atau pinggang biasanya terjadi ketika tubuh kekurangan aktifitas fisik. Kondisi ini bisa terjadi pada orang yang mengalami obesitas maupun orang yang kurus. Jumlah lemak akan menumpuk pada bagian perut dan membuat tidak nyaman. Untuk menghilangkan lemak pada perut maka bisa melakukan latihan fisik selama 1 jam setiap hari. Beberapa latihan yang sangat disarankan adalah seperti jalan cepat, bersepeda atau berenang. Semua latihan fisik yang dilakukan secara teratur bisa membantu mencegah kelebihan berat badan. Selain itu olahraga ini juga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. (baca juga: olahraga untuk mengecilkan perut dan pembentukan otot perut – olahraga yang membakar kalori super banyak)

  1. Kurangi Minuman Manis

Mengurangi minuman manis bisa membantu menurunkan lemak dalam pada bagian perut. Minuman manis yang mengandung gula atau beberapa jenis zat pemanis lain sebenarnya hanya bisa dipecah oleh hati. Ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis maka hati akan bekerja kerja dan kemudian zat manis tersebut juga dirubah menjadi lemak. Kondisi ini bisa menjadi hal yang sangat serius karena memicu tingginya kadar gula darah dan tubuh tidak bisa memiliki jumlah insulin yang cukup. Tentu saja ini bisa menyebabkan penyakit diabetes yang sangat berbahaya. Beberapa minuman manis yang juga perlu dihindari termasuk seperti jus buah dengan gula, semua minuman kemasan dengan gula tambahan seperti fruktosa. (baca juga: bahaya es teh manis bagi kesehatan –  bahaya konsumsi gula berlebihan bagi kesehatan)

  1. Kurangi Minuman Bersoda

Sesekali mengkonsumsi minuman bersoda memang tidak berbahaya. Namun jika dikonsumsi berlebihan dan terus menerus maka bisa menyebabkan masalah untuk kesehatan. Minuman bersoda bisa membuat potensi lemak dalam perut menjadi lebih besar. Dalam setiap minuman bersoda mengandung zat pemanis, gula, perasa minuman dan juga zat pengawet. Semua zat ini hanya bisa disaring oleh hati dan hati kemudian bekerja sangat keras. Gula yang menumpuk dalam hati akan dirubah menjadi lemak. Jadi batasi konsumsi minuman bersoda. (baca juga: dampak bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh & ibu hamilefek bahaya minuman energi sangat mematikan)

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Protein Super Tinggi 

Diet atau menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk kesehatan. Protein bisa membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak dalam perut. Protein merupakan salah satu unsur nutrisi yang bisa mendukung proses sintesa dan metabolisme lemak. Sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark membuktikan jika orang yang lebih banyak makan protein dibandingkan lemak memiliki bentuk perut yang rata. Protein juga bisa membantu pembakaran kalori yang lebih cepat. Namun pastikan untuk memilih jenis protein yang seimbang seperti protein nabati dan hewani.

Baca juga: akibat kelebihan protein pada tubuhakibat kekurangan dan kelebihan protein bagi tubuh – akibat kekurangan kalori dan protein bagi tubuh – penyakit akibat kekurangan protein dan ciri-cirinya.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi 

Karbohidrat menjadi salah satu makanan pokok yang sulit untuk dipisahkan dalam pola makan kita. Namun ternyata mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat bisa menyebabkan berat badan meningkat. Efek yang lebih buruk adalah bahwa karbohidrat bisa menyebabkan pengikatan lemak pada perut. Hal ini menyebabkan perut menjadi buncit dan kurang sehat. Karbohidrat memang menjadi sumber tenaga dan membuat tubuh memiliki tenaga yang lebih baik. Anda bisa mencoba untuk mengurangi karbohidrat atau mengkonsumsi makanan pengganti karbohidrat. Cara ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan hati.

Baca juga: penyakit akibat kekurangan karbohidrat – akibat kelebihan karbohidrat dalam tubuh – makanan pengganti nasi untuk diet sehat sangat cepat.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Tinggi Paling Sehat

Makanan yang mengandung serat tinggi menjadi makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu serat sangat baik untuk menghancurkan lemak perut secara alami. Serat yang ditemukan pada buah dan sayuran bisa membantu menghancurkan lemak dan mendukung sistem metabolisme. Serat yang larut akan mendorong gerakan peristaltik dalam usus kemudian bisa melancarkan buang air besar. Dengan cara ini maka bisa mendorong penyerapan nutrisi dalam tubuh juga lebih baik. Bahkan konsumsi serat juga bisa membantu menjaga kesehatan usus dan lambung serta mencegah sembelit dan wasirMakanan kaya serat alami dan produk olahan lain yang mengandung serat bisa mencegah bahaya akibat kurang serat bagi tubuh.  (baca juga: cara melancarkan buang air besar secara alami – efek BAB tidak setiap hari.

  1. Melakukan Senam Aerobik Secara Rutin

Apakah Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi keluar rumah? Kondisi ini paling sering dialami oleh ibu rumah tangga. Untuk menjaga agar perut rata dan tidak kelebihan lemak dalam perut maka Anda bisa mencoba untuk melakukan senam aerobik. Senam ini bisa dilakukan di klub atau dengan bantuan tutorial lewat video. Beberapa gerakan yang cepat dan stabil dalam aerobik bisa membantu menurunkan lemak dalam perut. Selain itu senam aerobik juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otot tubuh. Pastikan Anda bisa melakukan senam aerobik secara rutin untuk hasil terbaik. Jika Anda tidak suka senam maka bisa mencoba beberapa cara olahraga menurunkan berat badan super cepat sesuai kemampuan fisik Anda.

  1. Kurangi Mengkonsumsi Camilan

Mengkonsumsi camilan sepanjang waktu tertentu saat setelah makan atau sebelum waktu makan memang menyenangkan. Namun kebiasaan ini bisa menyebabkan efek yang tidak nyaman. Camilan cenderung banyak mengandung karbohidrat, natrium dan juga lemak. Jenis nutrisi tersebut bisa menyebabkan lemak dalam perut. Selain itu natrium bisa membuat Anda merasa haus berlebihan serta merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Untuk menurunkan lemak dalam perut maka cobalah untuk menghindari camilan yang berlebihan.

Baca juga: bahaya makanan ringan snack – bahaya penyedap rasa makanan dan MSG bagi kesehatan – bahaya makan kerupuk putih – efek bahaya pengawet makanan hingga menyebabkan kematian.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Ketika Anda memilih nutrisi untuk menurunkan lemak pada perut, maka perhatikan makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi. Sebuah penelitian membuktikan jika kekurangan kalsium bisa menyebabkan penyerapan lemak berlebihan dan membuat tubuh bisa menyimpan lemak lebih banyak. Semua orang dewasa setidaknya membutuhkan kalsium sekitar 1000 mg per hari. Sementara kalsium juga sangat baik untuk menjaga kesehatan termasuk untuk gigi dan tulang. Kalsium bisa membantu metabolisme lemak secara alami. Buah yang mengandung kalsium tinggi juga bisa menjadi asupan diet yang sangat sehat. Kalsium juga sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis.  (Baca juga: akibat kelebihan kalsium dalam tubuh – bahaya kekurangan kalsium bagi tubuh)

  1. Konsumsi Makanan Mengandung Indek Glikemik yang Rendah

Mengkonsumsi makanan yang mengandung nilai glikemik yang rendah bisa membantu menurunkan lemak dalam perut. Sementara makanan yang mengandung nilai glikemik yang tinggi bisa menyebabkan peningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan bahaya yang fatal termasuk resiko penyakit diabetes. Tubuh akan mengalami resistensi insulin sehingga peluang diabetes tipe 2 akan lebih tinggi. Jadi pertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan dengan nilai glikemik yang rendah seperti kacang-kacangan dan lentil. Jika menderita penyakit diabetes maka perhatikan untuk mengkonsumsi beberapa makanan sehat seperti : buah untuk penderita diabetes yang aman dan sayuran untuk diabetes dan cara konsumsinya.

  1. Minum Teh Hijau

Kebiasan minum teh hijau pada waktu pagi atau sore hari juga bisa membantu menurunkan lemak dalam perut. Cara ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan resiko kanker. Teh hijau mengandung kadar katekin yang lebih tinggi. Katekin termasuk dalam zat antioksidan yang bekerja untuk membakar lemak. Namun seringkali teh hijau menyebabkan kenaikan asam lambung sehingga konsumsi harus dilakukan secara terbatas dan rutin. Jika Anda tidak memiliki keluhan penyakit maag maka bisa menyeduh sekitar 2 gelas setiap hari. (baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatanbahaya es teh manis bagi kesehatan)

  1. Cukup Tidur

Tidur dalam jumlah yang cukup masih dianggap sebagai kebutuhan anak-anak. Namun ternyata orang dewasa juga membutuhkan jumlah tidur yang cukup untuk menjaga proses metabolisme tubuh. Ketika Anda tidak tidur atau kurang tidur maka tubuh akan memiliki kadar ghrelin yang lebih tinggi. Zat ini bisa menyebabkan tubuh Anda membutuhkan gula dan lemak berlebihan. Selain itu jika kurang tidur maka tingkat kortisol akan lebih tinggi dan bisa berdampak pada resistensi insulin. Jadi lakukan kebiasaan yang sehat dengan makan tepat waktu dan tidur setidaknya tujuh jam setiap hari.

Baca juga: bahaya tidak tidur di malam hari – bahaya akibat kurang tidur malam bagi kesehatan – pria – wanita – bahaya tidur dengan lampu menyala pada tubuh – cara mengatasi susah tidur di malam hari secara alami dan cepatakibat begadang malam terus menerus bagi kesehatan.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

Ketika Anda mengalami berbagai masalah termasuk lemak perut yang tinggi, maka umumnya hormon kortisol juga akan lebih tinggi. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh Anda beresiko terhadap penyakit diabetes dan lemak. Untuk membantu mengatasi hal ini maka kebiasaan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi sangat baik untuk tubuh. Vitamin C akan bekerja untuk mengurangi kortisol dan tubuh Anda bisa menjadi lebih seimbang. Selain itu vitamin C juga bisa membantu tubuh menghasilkan karnitin yaitu sebuah senyawa alami yang bisa mendorong pembakaran lemak dalam tubuh. Vitamin C juga bisa membantu mengatasi stres dan suasana hati yang buruk. (baca juga: buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya – penyakit akibat kekurangan vitamin C)

  1. Latihan Pernafasan

Metode lain yang bisa membantu menurunkan lemak dalam tubuh adalah dengan melakukan latihan pernafasan. Latihan pernafasan bisa dilakukan dengan cara yang sangat alami. Jika Anda merasa perut tidak nyaman karena lemak berlebihan maka tarik nafas dalam dan keluarkan setelah beberapa kali hitungan. Cara ini akan membantu mengatasi tekanan yang berlebihan. Beberapa olahraga yang bisa mendorong gerakan pernafasan yang baik seperti yoga dan meditasi juga sangat disarankan. Efeknya mungkin tidak terjadi secara langsung tapi  bertahap seperti mengurangi gejala penyakit asma.

  1. Kurangi Makanan Cepat Saji

Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam perut. Umumnya makanan cepat saji diolah dengan cara digoreng sehingga mengandung lemak yang cukup tinggi. Selain itu juga ada bahan-bahan seperti garam dan penyedap rasa (MSG). Semua bahan-bahan ini bisa menyebabkan kelebihan lemak dalam perut. Untuk itu mengurangi makanan cepat saji dengan menggantinya menjadi makanan olahan sendiri akan lebih sehat untuk tubuh.

Baca juga: dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan – bahaya junk food bagi kesehatan : dampak mematikan – bahaya makan mie instan sangat mematikan – efek samping mie instan bagi kesehatan yang mematikan.

  1. Kurangi Minuman Air Dingin

Kebiasaan minum air dingin juga bisa membuat perut buncit dan hal ini paling sering terjadi pada orang yang kurus. Minum air dingin atau semua jenis es bisa membuat penyerapan lemak terhambat. Bahkan minuman yang dingin justru akan banyak mengikat lemak di dalam perut. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk jika memiliki kebiasaan minum es atau minum dingin setelah mengkonsumsi makanan yang berlemak. Lemak akan sulit dipecah dan menumpuk dalam saluran pencernaan. Lemak juga bisa menyerang organ hati dan menyebabkan komplikasi.

Baca juga: bahaya minum air es setelah makan bagi kesehatan – bahaya minum air es bagi kesehatan – minum es saat haid – mitos dan efek sampingnya – bahaya minum air es setiap hari.

Memiliki perut buncit memang tidak hanya buruk untuk penampilan tapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat maka cobalah menjalankan pola hidup sehat dan diet. Anda juga bisa mencoba melakukan cara mengecilkan perut buncit dengan bahan tradisional yang ampuh dan cara mengecilkan perut buncit secara alami dan cepat.