89 Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari Secara Alami dan Cepat

Cara mengatasi susah tidur secara alami banyak dicari oleh orang tidak hanya wanita atau pria karena terkadang pernah dialami siapa saja. Hal itu dikarenakan orang yang susah tidur akan memiliki tidur yang tidak berkualitas selain itu susah tidur akan mendatangkan berbagai macam masalah kesehatan. Tidur tidak boleh disepelekan sebab saat tidur, semua organ beristirahat. Jika organ tidak beristirahat organ akan terbebani dan fungsi dari organ tersebut akan menurun. Penyebab susah tidur sendiri beragam, ada yang berupa faktor psikis dan juga faktor jasmani. Penyakit susah tidur disebut dengan insomnia. Insomnia akan terjadi secara berulang-ulang jika kita tidak tahu cara mengatasinya.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia. Insomnia harus segera diatasi agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. Berikut ini adalah cara mengatasi susah tidur agar anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas :

  1. Berdoa

Cara mengatasi susah tidur secara alami yang pertama adalah banyak lah berdoa. Sebelum tidur ada baiknya anda berdoa sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Banyak orang percaya bahwa dengan doa kita akan mendapatkan pelrindungan dari Tuhan YME. Selain itu doa bisa menghindarkan dari berbagai macam pikiran buruk tentang hantu, setan dan sebagainya.

  1. Jangan Terlalu Banyak Cahaya

Agar bisa langsung tidur ada baiknya anda menghindari cahaya yang terlalu terang di dalam kamar anda. Usahakan untuk mematikan lampu saat tidur, sebab mematikan lampu saat tidur bisa membuat tidur anda semakin nyenyak dan terhindar dari insomnia. Ketika anda tidur menggunakan cahaya yang terang, paparan lampu neon tidak bagus untuk kulit. Selain itu jika anda terbangun dan melihat cahaya yang terang, kemungkinan anda akan merasakan pusing dan sulit untuk tidur kembali. (Baca : bahaya lampu menyala saat tidur)

  1. Jangan Melihat Arah Jam

Ketika sudah larut malam, banyak orang yang tersiksa dengan arah jarum jam dan hal tersebut justru bisa membuat anda semakin tidak bisa tidur. Alasannya adalah dengan melihat arah jarum jam anda akan terus diterpa rasa khawatir terhadap sisa waktu yang ada. Ada juga akan takut jika anda tidur, anda tidak bisa bangun pagi. Oleh sebab itu hindarilah selalu melihat ke arah jarum jam, sebab anda akan selalu dihantui berbagai macam pikiran buruk . Pikiran itu membuat anda semakin tidak bisa cepat tidur.

  1. Jangan Minum Kopi Dan Teh

Cara mengatasi susah tidur dimalam hari adalah menghindari minum kopi dan teh / minuman yang mengandung kafein lainnya di siang hari. Agar tidak sulit tidur atau mengalami insomnia, sebaiknya anda jangan minum kopi sebelum tidur. Hal itu dikarenakan kopi  bisa membuat anda betah untuk melek. Kandungan kafein yang ada pada kopi dan teh bisa mengirimkan sinyal ke otak agar mata selalu terjaga sehingga anda akan sulit untuk tidur. Jika anda memang ingin mengkonsumsi kopi atau teh, berilah jarak dengan waktu tidur anda. Minimal rentang waktu antara mengkonsumsi kopi  atau the dengan waktu tidur adalah satu jam.

Baca : Bahaya minum tehbahaya kopibahaya kafein

  1. Membuat Jadwal

Agar terhindar dari insomnia atau penyakit susah tidur ada baiknya anda membuat jadwal kapan anda tidur. Jadwal berguna bagi seorang pekerja, pelajar maupun mahasiswa. Jadwal tidur itu berguna untuk mengatur waktu kapan anda tidur dan kapan anda harus bangun.  Anda juga harus mematuhi jadwal tidur tersebut.

  1. Olahraga

Cara yang bisa digunakan untuk mengatasi susah tidur lainnya adalah dengan melakukan olahraga teratur. Olahraga tersebut harus dilakukan sebelum tidur dan diberi jarak antara waktu tidur dengan olahraga. Olahraga yang bisa dilakukan adalah push up maupun sit up. Jarak melakukannya adalah 30 menit sebelum tidur. Manfaat Olahraga yang dilakukan sebelum tidur bisa membuat bisa cepat tidur dan membuat tidur lebih nyaman.

  1. Hening

Untuk bisa lagsung tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas hendaknya kita tidur dengan suasana yang hening dan terbebas dari berbagai macam suara. Matikan televisi, matikan handphone dan matikan radio. Hal tersebut akan menciptakan suasana tidur yang nyaman dan lebih kondusif.

  1. Hindari Rokok

Orang yang suka merokok memiliki potensi untuk tidur tidak berkualitas dan sulit tidur. Hal itu dikarenakan di dalam rokok terkandung kandungan nikotin dan juga kafein. Kandungan nikotin dan juga kafein itu bisa membuat anda sulit tidut. (Baca : Bahaya merokokbahaya nikotin)

  1. Hindari Hewan Peliharaan

Jika di dalam rumah anda memiliki berbagai jenis hewan peliharaan ada baiknya anda menghindari hewan peliharaan tersebut. Hal itu dikarenakan hewa peliharaan yang anda miliki bisa membuat tidur menjadi tidak berkualitas dan membuat suasana tidur menjadi tidak nyaman. Suara dan gerak-gerik dari hewan tersebutlah yang bisa mengganggu tidur anda.


  1. Melakukan Relaksasi

Cara untuk bisa tidur dengan cepat dan tidur nyenyak adalah dengan membuat pikiran menjadi rileks. Banyak orag mengatakan jika faktor pikiran inilah yang membuat seseorang menjadi susah tidur atau gelisah ketika tidur. Hal itu bisa membuat tidur menjadi tidak berkualitas. Hilangkan semua pikiran yang mengganjal dan buatlah pikiran menjadi nyaman. Hal tersebut bisa membuat tidur menjadi rileks dan menyenangkan.

  1. Bantuan Bantal

Posisi tidur yang kurang nyaman juga bisa membuat seseorang menjadi susah tidur. Orang yang mengalami nyeri punggung tidak bisa tidur dengan cepat atau tidur nyaman. Orang yang menderita penyakit punggung seperti nyeri ada baiknya menggunakan bantuan bantal untuk membuat tidur lebih nyaman. Bantal itu bisa diletakkan di antara kedua kaki ketika posisi tidur menyamping. Bantuan bantal itu bisa untuk membuat pinggul sejajar dan nyeri pada punggung menghilang karena posisi tidur lebih nyaman.

  1. Penempatan Leher

Anggota tubuh yang bisa mendukung nyaman atau tidaknya tidur seseorang adalah bagian leher. Penempatan leher yang salah bisa membuat tubuh terasa sakit. Orang yang salah dalam menempatkan lehernya saat bangun leher akan terasa kaku dan sakit. Penempatan leher yang salah itu diperparah dengan bantal yang tebal sehingga leher terlalu menukik ke atas. Untuk membuat tubuh nyaman ada baiknya anda menempatkan posisi leher pada tempat yang netral dan anda sendirilah yang bisa mengira-ngira apakah leher tersebut sudah nyaman ataukah belum. Pemilihan bantal yang sesuai juga membuat posisi leher menjadi nyaman.

  1. Kebersihan Tempat Tidur

Untuk mengatasi susah tidur adalah dengan menjaga kebersihan tempat tidur. Tempat tidur yang kurang bersih bisa membuat tubuh gatal-gatal dan kurang nyaman. Membersihkan tempat tidur bisa dengan menggunakan sapu lidi kecil sehingga kotoran yang ada di atas tempat tidur bisa dihilangkan.

  1. Konsultasi

Cara tepat jika insomnia anda tidak segera menghilang adalah dengan mengkonsultasikannya ke dokter. Insomnia dengan tahap yang serius membutuhkan penanganan yang segera. Insomnia yang membutuhkan konsultasi ke dokter adalah insomnia yang diikuti dengan perasaan was-was, gelisah, detak jantung cepat dan juga pusing yang berkepanjangan. Hal itu menandakan bahwa insomnia yang dialaminya telah mengganggu kesehatannya. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka kondisi kesehatan akan semakin memburuk.

  1. Obat Tidur

Jika memang sangat terpaksa, cara yang bisa digunakan lainnya adalah menggunakan obat tidur. Obat tidur dengan dosis yang sedikit diharapkan bisa membantu orang yang sedang mengalami susah tidur. (baca : efek samping obat tidur)

  1. Jangan Bermain Handphone

Jika anda susah tidur sebaiknya anda tidak memperburuknya dengan bermain handphone. Hal itu dikarenakan radiasi handphone bisa membuat seseorang menjadi susah tidur. Penelitian juga menunjukkan fakta bahwa bermain handphone di tempat tidur sebelum tidur bisa membuat seseorang terserang insomnia. Oleh sebab itu banyak dokter menyarankan untuk tidak berman handphone setidaknya 30 menit sebelum beranjak tidur. Mematikan handphone juga bermanfaat untuk menjaga kenyamanan ketika tidur sebab tidak akan terganggu dengan dering handphone. (Baca : bahaya menelpon terlalu lama)

  1. Tidak Bermain Komputer Atau Laptop

Jika anda sehabis bermain komputer atau laptop, sebaiknya anda memberikan rentang waktu ketika anda memutuskan untuk beranjak tidur atau pergi ke tempat tidur. Hal itu dikarenakan orang yang sehabis bermain laptop atau komputer kemudian langsung tidur dia akan mengalami masalah tidur. Masalah itu misalnya saja adalah tidur sering gelisah, sering terbangun dan masalah lainnya adalah akan susah untuk memejamkan mata. Memberikan rentang waktu antara bermain komputer dengan waktu untuk tidur bisa berguna untuk merelaksasikan pikiran sehingga tidur bisa nyenyak. Baca :  Bahaya terlalu lama duduk di depan komputer

  1. Jangan Terlalu Kenyang

Agar tidak menjadi susah tidur adalah usahakan perut dalam kondisi yang tidak terlalu kenyang. Hal itu dikarenakan jika perut dalam kondisi yang terlalu kenyang anda akan sulit untuk memejamkan mata. Tidak hanya itu saja, perut yang kenyang dan langsung tidur bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

  1. Yoga

Bagi anda yang sering mengalami insomnia gara-gara terlalu cemas dan pikiran yang buruk ada baiknya anda melakukan yoga dan meditasi terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan yoga dan meditasi bisa menenangkan pikiran sehingga pikiran pun menjadi rileks. Yoga dan meditasi yang dilakukan selama 30 menit dipercaya mampu membuat cepat tidur dan membuat tidur lebih nyaman.

  1. Susu Hangat Dan Madu

Bagi anda yang suka meminum kopi sebelum tidur, anda bisa menggantinya dengan segelas susu hangat dicampurkan dengan madu. Segelas susu hangat dicampurkan dengan madu itu bisa membuat tubuh lebih relaks dan membuat perut nyaman dibandingkan harus makan berat sebelum tidur.

  1. Suasana Kamar Yang Nyaman

Jika susah tidur, cobalah untuk mengubah suasana kamar. Mengubah suasana kamar yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah dekorasi atau mengubah tata letak kamar. Buatlah kamar  menjadi nyaman sebab siapa tahu dengan tata letak yang baru bisa menciptakan kenyamanan sehingga akan terhindar dari insomnia.

  1. Segera Tidur

Jika anda sudah mengantuk segeralah tidur, menunda tidur justru bisa membuat anda akan terkena insomnia atau sulit tidur.

  1. Biasakan Mandi Sore

Tubuh dan badan yang segar bisa membuat tidur terasa nyaman. Jika anda tidak mandi sore kemungkinan anda akan merasakan tidak nyaman di sekujur tubuh anda. Keringat dan bau bisa menyebabkan anda terkena insomnia.

  1. Mandi Air Hangat

Jika anda kesulitan tidur karena badan terasa pegal-pegal ada baiknya anda mandi air hangat sebelum tidur. Jangan menggunakan air dingin sebab mandi dengan air dingin saat malam hari justru tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Mandi dengan air hangat bisa membuat tubuh lebih rileks dan membuat tubuh lebih nyaman. Air hangat juga merilekskan otot di seluruh tubuh sehingga pegal-pegal bisa berkurang.

  1. Jangan Menonton Film Yang Menegangkan

Sebelum tidur, jangan menonton film yang menegangkan sebab film yang menegangkan itu akan membuat otot pikiran menjadi tegang. Tidak hanya itu saja film yang menegangkan dan di tonton sebelum tidur akan mempengaruhi kondisi psikis si penontonnya. Tidak jarang orang yang menonton film menegangkan akan sampai ke bawa di alam mimpi sehingga mempengaruhi kualitas tidurnya.

  1. Aromaterapi

Cara untuk mengatasi susah tidur atau insomnia adalah dengan menggunakan aromaterapi. Aromaterapi tersebut berguna untuk membuat tubuh menjadi rileks dan pikiran menjadi rileks. Banyak jenis aromaterapi yang bisa dipilih mulai dari wangi bunga, wangi buah dan masih banyak lagi lainnya. Aromaterapi juga bersifat menenangkan sehingga anda bisa terhindar dari tidur dengan perasaan gelisah sehingga mengakibatkan insomnia.

  1. Hindari Tidur Siang

Bahaya tidur siang terlalu lama tidak hanya bagi kesehatan, melainkan juga dapat menyebabkan sulit tidur. Bagi anda yang susah tidur di malam hari bisa jadi anda kebanyakan tidur di siang hari. Oleh sebab itu jika anda mengalami susah tidur saat malam hari ada baiknya anda mengurangi tidur siang anda. Anda akan terasa sangat mengantuk saat malam hari karena saat siang hari anda tidak tidur siang.

  1. Hindari Tidur Sore

Tidur yang harus dihindari agar tidak mengalami insomnia adalah tidur sore. Alasannya adalah waktu tidur sore berdekatan dengan tidur malam. Jika anda tidur dalam waktu yang berdekatan anda rentan untuk terkena penyakit insomnia atau tidur menjadi tidak berkualitas.

  1. Membaca Buku

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi insomnia adalah membaca buku. Dengan membaca buku lambat laun anda akan merasakan mengantuk. Banyak orang yang berhasil mengatasi insomnia dengan cara ini. Yang harus diingat adalah pikiran dan fokus anda harus ke buku jangan ke lainnya. Jika fokus anda bukan ke buku anda pun akan sulit tidur. Baca dan resapi apa yang ada di dalam buku tersebut, lama kelamaan mata anda pun akan terpejam.

  1. Berkhayal

Agar anda cepat tidur anda bisa menggunakan khayalan anda untuk bisa membuat anda cepat tidur. Agar anda cepat tidur bayangkan saja anda berada di tempat yang anda inginkan atau impikan misalnya saja berkemah di atas pegunungan dengan suasana yang nyaman dan tenang. Hal tersebut bisa membuat anda mudah atau cepat tertidur.

  1. Hindari Tubuh Lelah

Untuk mengatasi insomnia adalah jangan melakukan aktivitas yang berlebihan agar badan tidak terlalu lelah. Badan yang terlalu lelah menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang menjadi susah tidur. Hal itu dikarenakan tubuh yang lelah akan terasa pegal-pegal ketika bersentuhan dengan kasur. Anda bisa menghilangkan kelelahan anda dengan cara merilekskan tubuh anda dengan cara mandi air hangat atau minum susu hangat dicampurkan dengan madu.

  1. Pijat

Untuk mengatasi insomnia adalah dengan cara pijat. Pijat selama ini khasiatnya dianggap remeh sebab dianggap sebagai cara tradisional. Namun siapa sangka jika pijat memiliki manfaat untuk mengatasi insomnia hal itu dikarenakan pijat bisa membuat aliran darah menjadi lancar. Aliran darah yang lancar bisa membuat tubuh menjadi rileks dan terhindar dari insomnia. Badan pun akan terasa bugar setelah melakukan pijat atau massage.

  1. Musik Klasik

Memang kita membutuhkan ketenangan saat tidur, namun ada musik yang bisa menciptakan hati menjadi tenang. Musik tersebut adalah musik klasik. Banyak penelitian yang mengemukakan bahwa mendengarkan musik klasik membuat seseorang menjadi lebih cepat tidur, pikiran menjadi rileks dan tubuh pun menjadi rileks. Musik klasik yang bisa didengarkan adalah musik klasik dari Beethoven atau Mozart.

  1. Mengatur Sirkulasi Udara

Salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi susah tidur adalah pengaturan sirkulasi udara yang kurang di dalam kamar. Ruangan yang pengap dan berbau bisa menyebabkan seseorang menjadi insomnia. Ruangan yang terlalu panas dan juga terlalu dingin akan membuat seseorang sering terjaga di malam hari. Oleh sebab itu mengatur sirkulasi udara secara tepat di dalam kamar bisa menjadi salah satu langkah untuk mengatasi insomnia.

  1. Menata Kamar Secara Rapi

Kamar tidak hanya nyaman saja agar penghuninya nyaman tidur dan beristirahat di kamar tersebut namun usahakan kamar selalu rapi. Kamar yang berantakan dengan piranti almari yang dipenuhi dengan pakaian yang tidak terlipat bisa menjadikan seseorang menjadi susah tidur. Pikiran yang berantakan juga bisa berasal dari kamar dan almari yang berantakan. Oleh sebab itu tatalah segala hal yang ada di dalam kamar secara rapi.

  1. Pemilihan Kasur

Kasur atau alat tidur yang kurang nyaman juga bisa membuat seseorang terkena insomnia. Kasur yang terlalu keras dan kasur yang terlalu empuk membuat tidur seseorang kurang nyaman. Oleh sebab itu sesuaikan jenis kasur dengan tubuh anda.

  1. Hilangkan Beban Pikiran

Cara mengatasi susah tidur secara alami adalah dengan menghilangkan beban pikiran. Pastikan anda tidak terbebani dari berbagai masalah cinta, pekerjaan, keluarga, dan sebagainya. Tipsnya :

  • Percayalah semua masalah pasti ada solusinya
  • Percayalah semua orang memiliki masalah
  • Percayalah masalah anda belum seberapa di bandingkan orang lain
  • Masih banyak yang sayang anda.

Cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran memang cukup sulit, namun bukan berarti tidak bisa. Percayakan bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarkan dan enjoy aja.

Hal Hal Yang Harus Anda Hindari Agar Tidak Susah Tidur

Bagi anda yang belum terkena insomnia dan tidak ingin mengalami insomnia ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mencegah insomnia datang dan menghampiri. Berikut ini adalah berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya insomnia :

  1. Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Salah satu makanan yang dihindari saat akan tidur adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Alasannya adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi bisa membuat saluran pencernaan anda bekerja ekstra ketika anda tidur. Pencernaan yang bekerja ekstra akan membuat orang yang memakan Makanan yang mengandung kolesterol tinggi sebelum tidur terkena insomnia dan terkena penyakit asam lambung.

  1. Hindari Makanan Pedas (Baca : Bahaya makanan Pedas

Memang mengasyikkan memakan makanan pedas saat malam hari, selain membuat berkeringat makanan pedas dipercaya bisa menambah semangat saat malam hari. Namun siapa sangka jika dibalik makanan pedas memiliki efek yang luar biasa. Efek itu adalah membuat orang yang memakan makanan pedas sebelum tidur bisa terkena insomnia. Makanan pedas saat malam hari bisa membuat perut menjadi panas sehingga anda akan sering terjaga saat malam hari. Boleh saja memakan makanan  pedas selama perut masih bisa menolerirnya. Jangan sampai anda memakan makanan pedas yang justru membuat perut menjadi panas.

  1. Makanan Serba Manis

Makanan serba manis dan dikonsumsi saat malam hari akan membuat tubuh lebih berenergi. Tubuh yang berenergi saat malam hari justru tidak bermanfaat sebab kandungan glukosa di dalamnya akan mengendap di dalam tubuh dan menimbulkan suatu penyakit. Tidak hanya itu saja, orang yang berenergi saat malam hari akan membuat tubuhnya semakin terjaga. Tubuh yang terjaga saat malam hari bisa membuat orang tersebut terkena insomnia atau sulit tidur.

  1. Hindari Alkohol

Hal yang bisa menyebabkan sulit tidur adalah minuman beralkohol. Sehingga untuk mengatasi sulit tidur adalah menghindari pengkonsumsian alkohol saat akan menjelang tidur. Zat pada alkohol bisa membuat anda sering terbangun saat tidur di malam hari atau justru membuat anda sulit untuk memejamkan mata.

  1. Hindari Mengkonsumsi Cokelat Hitam

Untuk menghindari terkena insomnia ada baiknya anda menghindari mengkonsumsi cokelat murni atau cokelat hitam. Alasannya adalah kandungan cokelat hitam tersebutlah yang bisa membuat seseorang menjadi sulit tidur. Berikut ini adalah berbagai macam zat di dalam cokelat hitam yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur :

  • Teobromin
  • Feniletilamin
  • Anadamin.
  1. Hindari Es Krim

Minuman yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur adalah es krim. Es krim memang lezat dan tidak jarang orang mengkonsumsinya saat malam hari. Alasan es krim bisa menyebabkan seseorang menjadi terkena insomnia karena es krim bisa meningkatkan gula darah di dalam tubuh menjadi lebih cepat. Akibat peningkatan gula darah tersebut bisa membuat seseorang lebih terjaga saat malam hari. Es krim juga membuat kadar gula di dalam tubuh menjadi menumpuk. Hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan orang tersebut terkena penyakit diabetes. Oleh sebab  itu ada baiknya anda menghindari es krim dan juga makanan manis saat malam hari.

  1. Oat

Salah satu makanan yang harus dihindari saat malam hari agar tidak terkena insomnia adalah oat. Oat memang bagus untuk kesehatan namun oat tidak menjadi bagus saat dikonsumsi saat malam hari. Serat larut yang ada dalam oat itu bisa membuat tubuh menjadi terjaga saat malam hari.

  1. Sayuran

Agar tidak terkena insomnia adalah dengan menghindari sayuran saat malam hari. Sayuran saat malam hari tidak bagus untuk kesehatan sebab akan membuat tubuh sering buang air kecil saat malam hari. Akibatnya anda akan sering bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Jika sering buang air kecil maka kualitas tidur anda pun akan menjadi terganggu. Sayuran bisa membuat anda sering buang air kecil sebab sifat diuretiknya yang bisa membuat tubuh terangsang untuk melakukan buang air kecil.

  1. Hindari Daging Merah

Agar terhindar dari insomnia ada baiknya anda menghindari daging merah sebelum tidur. Hal itu dikarenakan kandungan serat pada daging merah sulit untuk dicerna. Oleh sebab itu pencernaan akan bekerja lebih ekstra saat malam hari. Kinerja pencernaan yang ekstra saat malam hari akan membuat anda sulit tidur atau memiliki tidur yang tidak berkualitas. (Baca  : bahaya daging merah)

Nah itulah cara mengatasi susah tidur dimalam hari secara alami yang dapat anda manfaatkan agar tidak kronis dan membahayakan kesehatan anda. Dan ingat, hilangkan beban pikiran agar anda dapat tidur pulas.

, ,
Oleh :
Kategori : Insomnia