20 Cara Menghilangkan Insomnia Secara Umun Dan Alami

Cara menghilangkan insomnia secara alami adalah dengan memanfaatkan khasiat dari bahan bahan alami sebagai metode penyembuhan bagi penderita sulit tidur.

Insomnia merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur dengan cepat dan teratur yang mana jika dibiarkan akan merugikan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dampak Buruk Insomnia

Awal munculnya gejala insomnia yang ditandai seseorang kesulitan tidur mungkin saja tidak memberikan keluhan kesehatan apapun bagi penderitanya, Namun jika terus menerus berlanjut maka akan muncul  dampak insomnia bagi kesehatan dan pengobatannya dapat dilakukan dengan cara alami . Jika tidak segera diobati maka akan muncul :

  • Daya tahan tubuh menurun
  • Rentan terkena serangan bakteri, Virus atau parasit
  • Beresiko terserang kerusakan sel kulit
  • Terserang sakit kepala dan mudah lupa
  • Mempercepat munculnya garis halus atau keriput
  • Keinginan untuk ngemil sehingga menyebabkan kegemukan
  • Terkena stres atau depresi serta tidak mampu berkonsentrasi
  • Meningkatkan kadar gula dalam darah, Dan lain lain

Cara Menghilangkan Insomnia

Ada 2 cara unik menghilangkan insomnia yaitu cara mengobati insomnia tanpa obat kimia paling mudah tanpa efek samping yang tujuannya untuk memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik , Diantaranya:

Cara umum

1.Menghindari kafein

Menghindari kafein misalnya kopi merupakan salah satu cara mengobati insomnia tanpa obat paling mudah . Kafein menyebabkan saraf saraf otak tidak bisa beristirahat karena kafein mampu menekan rasa kantuk selama 2 hingga 3 jam kedepan dimana jaringan otak dipaksa untuk tetap dalam kondisi terjaga kendati anda sudah mengantuk.

2. Membaca buku

Membaca buku merupakan cara menghilangkan insomnia secara alami dan ampuh menyebabkan munculnya rasa kantuk.  Aktivitas membaca buku memiliki 2 manfaat positif, Yaitu ilmu pengetahuan bertambah dan otak akan segera mengisyaratkan melalui saraf saraf  mata yang mulai lelah untuk disampaikan pada tubuh bahwa anda harus segera tidur.

3. Terapi musik

Cara menghilangkan insomnia secara alami  dan baik bagi kesehatan otak adalah mendengarkan musik,  Misalnya instrumental musik klasik yang ternyata jika didengarkan setiap hari selama 15 menit secara teratur dapat menstimulasi otak menjadi lebih tenang, Anda lebih cerdas dan anda akan segera mengantuk secara alami. Musik memiliki energi yang sangat kuat yang secara kasat mata mampu melancarkan aliran darah, Menormalkan detak jantung dan Mengurangi stres sehingga musik cocok digunakan sebagai salah satu terapi menghilangkan insomnia paling manjur .

4. Susu hangat

Salah satu cara menghilangkan insomnia secara alami  yaitu minumlah segelas susu hangat yang bisa ditambahkan sedikit madu setengah jam sebelum tidur. Zat triptofan yang ada didalam susu mampu mempercepat tubuh melepaskan melatonin, Dimana kondisi tersebut menyebabkan seseorang menjadi mengantuk.

5, Mandi air hangat

 Mandi air hangat satu jam sebelum tidur adalah salah satu cara menghilangkan insomnia secara alami karena air hangat dapat meningkatkan rasa tenang pada jaringan otak dan mengurangi pegal pegal tubuh, Dimana rasa pegal pada tubuh merupakan salah satu penyebab yang juga memiliki andil besar dalam munculnya  gejala insomnia.

6. Tidur siang terlalu lama

Kebiasaan tidur siang lebih dari 20 menit dapat menyebabkan munculnya masalah adenosis yaitu penggumpalan neurotransmitter pada jaringan otak kecil, Besar dan tengah sehingga dapat menyebabkan saraf saraf tubuh termasuk pada jaringan otak menjadi lebih aktif pada malam hari. Cara menghilangkan insomnia secara alami yang efektif adalah hindari tidur pada siang hari, Jika memang mengharuskan anda tidur karena kelelahan sebaiknya tidak lebih dari 20 menit.

7. Gelombang elektromagnetik

Bahaya gelombang elektromagnetik dan radiasi sinar biru pada penggunaan elektronik misalnya handphone, Televisi atau komputer yang terlalu lama dapat menyebabkan simpul simpul  dan saraf otak menjadi tetap terjaga dan dipaksa untuk tidak beristirahat. Otak mendapat tekanan terus menerus untuk tetap berkonsentrasi pada obyek yang sedang anda fokuskan untuk terus dilihat. Kondisi ini menyebabkan seseorang menjadi sulit mengantuk. Segera matikan elektronik sebelum waktu tidur tiba.

8. Jauhi rokok dan alkohol

Cara menghilangkan insomnia secara alami dan cepat adalah menjauhi bahaya tar pada rokok dan minuman alkohol dimana kedua bahan berbahaya ini dapat menghambat pembuluh darah ke otak, Mencemari aliran darah dan meracuni saraf saraf pada jaringan otak sehingga menyebabkan seseorang kesulitan tidur dan terserang stres.

9. Olahraga

Melakukan olahraga tidak harus berjam jam, Cukup 30 menit saja asalkan teratur. Olahraga yang teratur dapat melancarkan aliran darah di otak, Memperkuat saraf saraf dan pembuluh darah otak sehingga menyebabkan  pikiran menjadi lebih tenang dan tidur lebih nyenyak pada malam hari.

10.Suasana kamar

Membiasakan membiarkan kondisi kamar dalam keadaan bersih, Rapih dan keadaan redup  atau Cahaya lampu tidak terlalu terang lalu dipasangi lilin aroma terapi maka ruangan kamar akan memberikan rasa lebih nyaman dan efek menenangkan pada tubuh serta pikiran. Ini adalah salah satu  cara menghilangkan insomnia secara alami dan unik tetapi terbukti paling cepat menyebabkan seseorang mengantuk.

Cara Tradisional

Jika anda membiasakan cara pertama untuk dilakukan sehari hari maka anda telah berhasil mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, Namun jika bisa melakukan cara yang kedua juga maka proses penyembuhan insomnia menjadi jauh lebih efesien. Cara ini mampu memperbaiki kualitas tidur menjadi semakin baik.

1.Buah pala dan madu

Ambilah 1 buah pala tua lalu tumbuk hingga halus dan masukkan pada segelas air panas, Aduklah hingga merata untuk kemudian disaring. Tunggu hingga airnya menjadi hangat lalu tambahkan 1 sendok makan madu murni untuk kemudian diminum 2 kali sehari secara teratur.

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang mengandung segudang zat antioksidan kuat dan baik bagi kesehatan jaringan otak. Bawang putih bisa dijadikan bahan alami untuk cara menghilangkan insomnia secara alami yaitu,  Ambilah 1  siung bawang putih, Kupas kulitnya lalu santaplah langsung. Jangan mengkonsumsi bawang putih terlalu berlebihan karena efek samping bawang putih bagi kesehatan tetap ada dan bisa menyebabkan keluhan kesehatan lain.

3. Akar melati

Salah satu manfaat akar melati dapat meningkatkan kelancarana peredaran darah menuju otak  maka tak heran jika Cara menghilangkan insomnia secara alami dapat dilakukan dengan cara menumbuk halus akar melati lalu seduhlah didalam segelas air panas matang. Biarkan hangat lalu aduklah hingga merata. Setelah disaring maka airnya siap diminum 2 kali sehari.

4. kangkung

Manfaat kangkung yang disantap satu jam sebelum tidur malam adalah bisa menyebabkan saraf saraf kepala menjadi lebih rileks dan efenya cepat mengantuk. Caranya cuci terlebih dahulu kemudian Potong menjadi beberapa bagian lalu direbus, Dikukus atau ditumis. Namun bahaya makan kangkung terlalu banyak perlu juga diperhatikan. Karena kangkung tidak cocok bagi penderita insomnia yang memiliki penyakit asam urat.

5. Jamur kayu

Jamur kayu memiliki nutrisi tinggi bagi kesehatan tubuh terutama otak seperti kalium, Serat, Besi, Magnesium, Sodium, Vitamin A, B6, B12, Vitamin C  dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Untuk cara menghilangkan insomnia secara alami dan bisa digunakan sebagai obat tidur alami paling ampuh buatan sendiri adalah dengan memanfaatkan jamur kayu. Ambilah 3 gram jamur kayu, Cuci lalu rebuslah hingga mendidih. Tugggu airnya menjadi dingin untuk kemudian disaring dan diminum secara rutin 2 kali sehari.

6. Pisang

Buah pisang kaya vitamin dan mineral yang selain bisa mengenyangkan perut ternyata mengandung zat melatonin yang bersifat menenangkan pikiran,  Mempercepat saraf dan otot otot pembuluh darah bagian otak untuk segera merilekskan diri lalu munculah rasa kantuk secara alami. Minumlah jus pisang atau langsung makan 1 buah pisang setengah jam sebelum berangkat tidur malam. Tetapi jangan makan berlebihan karena efek makan pisang setiap hari paling buruk bila berlebihan adalah munculnya keluhan kesehatan lain, misalnya kerusakan saraf saraf tubuh.

7. Selada

Daun selada dapat digunakan sebagai metode cara menghilangkan insomnia secara alami tanpa efek samping yaitu dengan cara disantap langsung sebanyak  50 sampai 100 mg secara teratur setengah jam sebelum tidur.  vitamin dan kandungan mineral pada daun selada dapat mengurangi rasa gelisah, Kepanikan dan stres sehingga pikiran menjadi lebih tenang.

8. Buah adas

Cara menghilangkan insomnia secara alami dan terbukti ampuh adalah dengan memanfaatkan khasiat dari buah adas yang secara klinis mampu menyembuhkan gangguan tidur.  Khasiatnya bisa segera dirasakan setelah beberapa minggu mengkonsumsinya. Caranya ambilah 2 buah adas lalu ditumbuh hingga halus lalu masukkan dalam segelas air panas matang. Aduklah dann saringlah. Setelah itu airnya siap untuk diminum 2 kali sehari seacra rutin.

9. Sawi langit, Daun calincing dan Putri malu

Ambilah sawi langit sebanyak 33 gr, Daun calincing 35 gr dan daun putri malu 33 gr. Ketiga bahan alami ini dapat direbus menjadi satu sampai mendidih dengan takaran menggunakan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih, Dinginkan kemudian saringlah. Minumlah 2 kali sehari  secara teratur. Ketiga bahan alami ini mengandung zat melatonin yang mampu menenangkan saraf saraf otak dan melancarkan aliran darah diseputar kepala sehingga mempercepat rasa kantuk.

10.Teh hijau

Teh hijau hangat tanpa gula mengandung senyawa L-Theanine yang dapat menstimulasi jaringan otak menjadi lebih rileks dan mengaktifkan simpul saraf otak untuk memberi sinyal tubuh berupa rasa kantuk . Mengkonsumsi secangkir teh hijau setengah jam sebelum tidur adalah cara menghilangkan insomnia secara alami yang dapat dilakukan setiap hari tanpa efek samping.