13 Penyebab Tidak Bisa Tidur Malam dan Cara Mengaatsinya

15299

Meskipun tidur merupakan aktivitas yang disukai oleh banyak orang, namun tak sedikit juga yang bermasalah saat tidur. Sebagian orang mengalami masalah sulit tidur di malam hari padahal itu sangat penting bagi tubuh. Kadang kita perlu berusaha keras untuk tidur padahal tubuh sudah sangat lelah. Atau kita terbangun di malam hari saat sedang tertidur. Insomnia merupakan masalah umum yang dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental kita. Insomnia kronis bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Tak semua orang mengalami insomnia, banyak juga yang dapat tidur nyenyak di malam hari. Lalu apa sebenarnya penyebab dari tidak bisa tidur? Ini beberapa penyebab tidak bisa tidur di malam hari:

1. Masalah psikologi

Gangguan kecemasan dan depresi merupakan penyebab umum dari insomnia kronis. Penyebab psikologis lainnya misalnya tekanan hidup, marah, bipolar disorder, dan trauma. Tidur memang membutuhkan kesehatan mental yang baik sehingga tidurnya dapat nyenyak. Gangguan yang terjadi pada mental seseorang dapat membuat dirinya menjadi sulit untuk mengistirahatkan pikiran dan perasaan mereka. Orang yang banyak pikiran cenderung sulit tidur, misalnya cemas karena besok akan ujian atau stress karena dililit hutang. Cara untuk mengatasi tidak bisa tidur karena masalah psikologi yaitu dengan mengatasi masalah psikologis itu sendiri. Kita bisa memiliki banyak masalah namun saat akan tidur sebaiknya masalah tersebut tidak menjadi beban. Biarkan tubuh dan pikiran kita beristirahat dengan tenang sehingga keesokan harinya dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan lebih baik.

2. Masalah medis

Ada banyak kondisi medis dan penyakit yang berkontribusi pada gangguan tidak bisa tidur di malam hari. Kondisi medis tersebut misalnya asma, alergi, penyakit Parkinson, sakit ginjal, kanker, dan lain-lain. Seseorang yang sedang sakit tubuhnya cenderung lemah dan seharusnya dapat tidur dengan mudah, namun rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada tubuhnya malah bisa membuat mereka sulit tidur. Penderita asma misalnya menjadi sulit tidur karena mereka mengalami masalah dalam pernapasan jika penyakit asma-nya kambuh. Masalah medis seperti penyakit yang serius kadang berdampak pada psikologis seseorang. Penderita penyakit serius kadang takut untuk tidur karena takut terjadi sesuatu pada dirinya. Peran orang-orang di sekelilingnya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan psikologis seseorang yang sedang sakit.

3. Obat-obatan

Ada sebagian obat resep yang dapat berdampak pada waktu tidur seseorang. Obat-obatan tersebut misalnya antidepressants, stimulant untuk ADHD, hormon tiroid, obat tekanan darah, dan obat kontrasepsi. Obat-obatan umum yang juga berdampak pada tidur yaitu obat pilek dan flu yang mengandung alkohol, pereda rasa sakit yang mengandung kafein, dan obat pelangsing. Jika kita merasa setelah meminum obat-obatan tersebut kita menjadi sulit tidur maka bisa mencari obat pengganti yang tidak memiliki efek samping seperti itu.

4. Gangguan tidur

Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur, namun ini sulit tidur bisa juga merupakan gejala dari gangguan tidur lainnya, misalnya sleep apnea, restless legs syndrome, dan circadian rhythm distrubances to jet lag.

Sleep apnea merupakan gangguan tidur berupa berhenti sejenak bernapas saat tidur. Ini dapat terjadi 30 kali dan kadang diikuti dengan suara keras atau suara tersedak. Restless legs syndrome merupakan gangguan pada sistem syaraf yang menyebabkan terjadinya pergerakan pada kaki dan biasanya terjadi saat tidur. Orang dengan gangguan ini biasanya memiliki sensasi tak nyaman pada kaki dan kadang pada tangan mereka sehingga mereka tak bisa menahan diri untuk menggerakkan kaki tersebut.

Baca: Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan – Gangguan dan Cara Mengatasinya

5. Tidur di siang hari atau istirahat terlalu sering

Penyebab tidak bisa tidur khususnya di malam hari salah satunya karena seseorang sudah terlalu banyak tidur atau istirahat pada siang harinya. Tubuh menjadi  merasa cukup beristirahat sehingga pada malam harinya akan kesulitan tidur. Tidur di siang hari memang tidak dilarang namun tidak boleh terlalu lama. Tubuh sebaiknya beraktivitas pada pagi sampai sore hari. Olahraga secara teratur juga dianjurkan untuk membuat tubuh lebih bugar dan dapat tidur dengan nyenyak di malam hari.

6. Makan terlalu malam

Makan terlalu malam juga bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur. Sebaiknya menghindari makan terlalu malam karena selain dapat menyebabkan sulit tidur, juga tidak baik untuk berat badan. Sebaiknya makan sebelum jam 7 malam sehingga makanan dapat diproses terlebih dahulu oleh sistem pencernaan sebelum waktu tidur. Malam malam sebaiknya dilakukan dua jam sebelum tidur dan makanlah makanan yang tidak pedas serta mudah dicerna. Makan malam juga sebaiknya dengan makanan yang nyaman untuk perut dan tidak terlalu banyak. Makanan pedas bisa membuat perut menjadi sakit dan dapat mengganggu waktu tidur di malam hari. Makan terlalu banyak akan membuat perut kita menjadi penuh dan tidak nyaman. Ada baiknya makan makanan secukupnya saja di malam hari.

7. Minum kafein, bahaya alkohol, dan nikotin

Minuman berkafein akan membuat kita menjadi kesulitan untuk tidur. Minuman beralkohol sebenarnya dapat membuat kita mengantuk namun akan mengganggu kualitas tidur kita. Sedangkan nikotin merupakan sebuah stimulan. Jadi sebaiknya tidak meminum minuman yang mengandung bahan-bahan tersebut menjelang waktu tidur. Kafein misalnya, sebaiknya dihindari setidaknya 8 jam sebelum waktu tidur.

Baca: Bahaya Alkohol bagi Penderita Diabetes

8. Lingkungan yang bising

Bagi sebagian orang lingkungan yang bising menjadi salah satu penyebab tidak bisa tidur. Mereka membutuhkan lingkungan yang tenang sehingga bisa tidur dengan nyenyak. Jadi penting untuk memilih ruang tidur yang tidak dekat dengan keramaian. Ini memang tak berlaku bagi semua orang karena sebagian orang bisa tidur terlelap walaupun di tengah kebisingan. Rumah yang dekat dengan pabrik atau tempat-tempat bising juga bisa menjadi penyebab penghuni rumah menjadi sulit tidur. Tak heran kemudian banyak yang berlibur ke tempat-tempat sepi agar bisa beristirahat dengan nyenyak.

9. Gangguan dari luar

Gangguan dari luar seperti anak-anak yang bermain di tempat tidur dan nyamuk bisa menjadi penyebab seseorang tidak bisa tidur. Kamar tidur yang penuh dengan nyamuk berterbangan tentunya akan mengganggu waktu tidur seseorang. Saat kulit digigit nyamuk dan terasa gatal maka orang yang tidur cenderung untuk bangun. Belum lagi suara nyamuk yang cukup bising di dekat telinga. Oleh karena itu penting perlu untuk menciptakan lingkungan tempat tidur yang bebas dari nyamuk.

10. Usia lanjut

Orang dengan usia lanjut biasanya akan mengalami masalah saat tidur di malam hari. Orang dengan usia lebih dari 60 tahun cenderung banyak yang mengalami insomnia. Aktivitas orang usia lanjut yang tidak terlalu banyak juga bisa menyebabkan mereka mengalami insomnia.

11. Kehamilan

Sebagian wanita yang hamil ternyata mengalami masalah tidak bisa tidur di malam hari. Hal ini bisa diakibatkan oleh perasaan mereka sendiri atau hormon yang berubah. Wanita yang hamil perlu menjaga kondisi tubuhnya dan mentalnya dengan baik. Tidur yang cukup juga sangat diperlukan agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga dapat memberikan asupan yang baik bagi sang janin. Tak jarang wanita hamil harus menghadapi masalah psikologis di masa kehamilan. Pasangan seharusnya bisa menjadi teman yang dapat mendukung sehingga permasalahan psikologis tersebut dapat teratasi dengan baik.

12. Aktivitas di malam hari

Penyebab tidak bisa tidur salah satunya yaitu karena melakukan aktivitas di malam hari, seperti bekerja, belajar, atau berpesta. Aktivitas tersebut tentu akan membuat tubuh menjadi aktif dan tidak membuatnya ingin tidur. Sebagian orang mungkin akan merasa mengantuk dan akhirnya tertidur, namun sebagian yang lain malah tidak bisa tidur setelah banyak melakukan aktivitas di malam hari. Pekerja shift misalnya, kadang harus bekerja di malam hari dan kadang di siang hari. Hal tersebut bisa mengganggu pola tidur mereka sehingga walaupun dia bekerja di pagi hari namun malamnya tetap tidak bisa tidur.

13. Mengerjakan aktivitas di tempat tidur

Sebagian orang menjadikan tempat tidur sebagai tempat untuk melakukan segala sesuatu, misalnya membaca, menulis, mendengarkan musik, dan lain-lain. Hal tersebut sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk tidur. Jadi tempat tidur memang seharusnya digunakan untuk tidur saja. Benda-benda yang ada di tempat tidur seharusnya hanya bantal, guling, dan selimut, sehingga saat kita naik ke tempat tidur berarti kita memang bersiap untuk tidur. Saat ini sebagian orang tak bisa lepas dari telepon selulernya, mereka kadang bermain ponsel di tempat tidur. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang tidak bisa tidur. Hindari menempatkan ponsel di tempat tidur, taruhlah ponsel di meja saja bukan di kasur.

Cara mengatasi Sulit Tidur dengan Mudah

Untuk mengatasi masalah tidak bisa tidur maka bisa dilihat penyebabnya terlebih dahulu. Jika sudah diketahui penyebabnya maka mengatasi penyebab tersebut yang menjadi penting untuk dilakukan. Secara umum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa tidur dengan nyenyak antara lain:

  • Membersihkan tempat tidur

Sebelum tidur ada baiknya memastikan bahwa ruang tidur atau tempat tidur dalam keadaan bersih. Tempat tidur yang sudah dibersihkan akan lebih nyaman untuk dipakai sehingga membuat seseorang mudah tidur. Sebaliknya tempat tidur yang tidak dibersihkan bisa jadi sarang penyakit dan hewan-hewan kecil seperti semut dan nyamuk dapat berkeliaran di tempat yang kotor tersebut. Benda-benda yang tidak berkaitan dengan tempat tidur harus disingkirkan sehingga tempat tidur memang benar-benar digunakan untuk tidur saja.

  • Membersihkan diri sebelum tidur

Selain tempat tidur, maka diri sendiri juga perlu dibersihkan sebelum tidur. Buang air kecil, cuci muka, cuci kaki, dan menggosok gigi perlu dilakukan sebelum tidur. Tubuh yang bersih akan membuat kita menjadi segar dan siap untuk tidur dengan nyenyak. Hal ini perlu dibiasakan sejak kecil, namun bagi yang sudah dewasa maka bisa langsung menerapkannya. Kebiasaan membersihkan diri sebelum tidur ini merupakan kebiasaan yang sehat dan perlu rutin dilakukan.

  • Mengganti baju

Selain membersihkan diri, mengganti baju dengan baju tidur juga bisa menjadi salah satu cara untuk dapat tidur dengan lebih nyenyak. Baju tidur cenderung dingin dan menyerap keringat sehingga nyaman untuk dipakai selama tidur.

  • Minum air putih

Meminum air putih diperlukan bagi tubuh agar tubuh tetap bugar dan tidak dehidrasi. Daripada meminum minuman seperti kopi atau sirup, minum air putih lebih dianjurkan. Sediakan air putih secukupnya untuk diminum sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

  • Makan malam sebelumnya

Makan malam perlu dilakukan agar perut tidak kosong, namun waktunya 2 jam sebelum waktu tidur. Hal tersebut agar makanan dapat dicerna terlebih dahulu saat tubuh terbangun.

  • Menyelesaikan masalah sebelum tidur

Jika di hari tersebut kita memiliki sebuah masalah misalnya bertengkar dengan teman atau saudara maka harus menyelesaikan masalah tersebut sebelum tidur. Kita bisa meminta maaf atau memaafkan orang yang terlibat permasalahan dengan kita. Saat pikiran kita dan hati kita lapang maka kita akan lebih mudah untuk tidur, berbeda saat kita masih menyimpan permasalahan.