10 Cara Agar Tidur Sebentar tapi Berkualitas

7489

Tidur yang cukup secara kuantitas memang penting sebagai salah satu tahapan untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh dan juga untuk memperlancar proses regenerasi sel. Namun, tidur cukup dari segi kuantitas saja tidaklah cukup. Untuk memperoleh badan yang kembali bugar ketika bangun tidur tentu kita harus memiliki tidur yang berkualitas. Namun, untuk memperoleh tidur yang berkualitas ternyata tidaklah mudah. Banyak orang yang sudah tidur cukup selama 6 sampai 8 jam per hari namun ketika bangun ternyata ia tidak memperoleh tubuh yang segar. Padahal, tidur selama 6 sampai 8 jam per hari merupakan waktu tidur yang sudah dianggap cukup dari segi kuantitas. (Baca juga: akibat kurang tidur malam)

Tidur berkualitas sangatlah penting. apa saja manfaat tidur berkualitas bagi tubuh? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan tidur berkualitas:

  • Dapat meningkatkan daya ingat. Ketika tidur, otak akan memperkuat memori dan juga keterampilan yang telah Anda pelajari saat siang hari. Proses ini juga sering disebut dengan konsolidasi. (Baca juga: cara meningkatkan daya ingatcara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi belajar)
  • Memacu kreativitas. Tidur berkualitas akan membantu otak untuk menata dan merestrukturisasi sel-sel di dalamnya sehingga akan mengakibatkan banyak kreativitas yang muncul.
  • Meningkatkan fokus. Menurut penelitian, tidur yang tidak berkualitas akan menyebabkan anak-anak menjadi hiperaktif. Sementara itu, orang dewasa cenderung akan kehilangan fokus mereka ketika melakukan berbagai pekerjaan apabila mereka tidak memiliki tidur yang berkualitas. Dengan kata lain, tidur berkualitas juga bisa meningkatkan IQ seseorang. (Baca juga: cara meningkatkan fokuscara meningkatkan IQ)
  • Mencegah stres. Tidur yang tidak berkualitas cenderung menyebabkan produksi hormon stres meningkat. Stres juga akan memicu hipertensi yang menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti stroke, penyakit jantung, dan juga obesitas. (Baca juga: Cara menghindari strescara menghilangkan stresmakanan untuk menghilangkan stres)
  • Mencegah obesitas. Penelitian yang dilakukan di University of Chicago menyebutkan bahwa tidur berkualitas akan mengurangi lemak hingga 56% di dalam tubuh Anda. Dengan kata lain, tidur berkualitas akan mencegah tubuh Anda menjadi gemuk. (Baca juga: makanan yang cepat membakar lemakmakanan yang menurunkan lemak jahat)

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan tidur berkualitas. Namun, untuk memperoleh tidur yang berkualitas tidaklah mudah. Banyak orang yang menganggap bahwa tidur berkualitas dapat dilakukan dengan cara tidur selama 6 sampai 8 jam per hari. Padahal, tidur yang berkualitas sebenarnya juga bisa diperoleh hanya dengan tidur selama 3 sampai 5 jam saja. Alasannya, tentu tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk tidur selama 6 jam atau lebih setiap harinya. Dengan alasan kesibukan, bisa saja orang-orang hanya bisa tidur selama 3 sampai 5 jam setiap harinya. Berikut ini ada 10 metode yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh tidur yang berkualitas meskipun waktu tidur hanya sebentar.

1. Rutin Olah Raga

Olah raga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mencegah obesitas saja. Olah raga ternyata juga bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Olah raga akan memperlancar sistem metabolisme dan juga sistem peredaran darah. Setelah olah raga biasanya tubuh akan terasa lelah, alhasil tidur akan terasa lebih berkualitas dan ketika bangun tubuh akan terasa lebih segar.

(Baca juga: manfaat olah raga bagi kesehatan tubuh)

2. Aturlah Jam Tidur Anda

Buatlah jadwal tidur secara teratur. Metode tidur yang diajarkan oleh Rasulullah adalah metode tidur yang sangat baik dan juga berkualitas, yakni tidur cepat dan bangun cepat. Karena itulah, Rasulullah dan juga para sahabat-Nya memiliki tubuh yang sehat. Jika Anda hanya memiliki waktu tidur sekitar 3 jam saja, maka tidurlah dari jam 9 hingga jam 12 malam. Pada waktu tersebut, tubuh akan melakukan proses metabolisme secara lebih optimal. Selain itu, proses regenerasi sel dan juga rekronstruksi sel-sel otak juga berjalan lebih optimal. Jika waktu tidur malam Anda sangat terbatas, usahakan agar Anda tidak tidur melebihi jam 12 malam.

3. Jangan Makan Terlalu Banyak Menjelang Tidur

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan menjelang tidur akan membuat perut terasa tidak nyaman dan membuat sulit tidur. Untuk itu, usahakan agar makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur adalah makanan yang sehat dalam jumlah sedikit. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan segar sebagai alternatif.

4. Matikan Perangkat Elektronik

Anda mungkin memiliki kebiasaan menghidupkan televisi semalaman. Jika ya, maka hentikan kebiasaan tersebut. Matikanlah televisi setiap kali Anda hendak tidur. Selain itu, matikan pula perangkat komputer dan juga telepon genggam Anda setiap kali hendak tidur. Metode tersebut berguna untuk meningkatkan relaksasi pada tubuh sehingga aliran darah ke otak menjadi lebih optimal. Alhasil, tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

5. Hindari Kebiasaan Berbicara Melalui Telepon Sebelum Tidur

Ketika Anda berbicara dengan teman atau orang terdekat Anda menggunakan telepon maka pada saat itu pula otak Anda telah disetting menjadi “mode siaga”. Akan membutuhkan waktu untuk mengubah sistem otak Anda menjadi “mode tenang”. Karena itulah, usahakan agar Anda tidak berbicara melalui telepon setidaknya setengah jam sebelum jam tidur Anda.

6. Matikan Lampu

Para peneliti menyarankan agar lampu dimatikan setiap kali akan tidur. Cara tersebut terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur dan juga mencegah Anda selalu terbangun ketika tidur. Menurut para peneliti, nyala lampu akan merangsang produksi hormon di dalam tubuh yang akan membuat tidur kita tidak berkuliatas.

7. Kasur

Gunakanlah kasur yang membuat tubuh Anda terasa rileks ketika berbaring. Cara tersebut akan membantu tubuh Anda terasa lebih nyaman dan juga akan melancarkan peredaran darah. Jika kasur Anda sudah terlalu tua dan terasa tidak nyaman saat digunakan untuk berbaring tentu kualitas tidur Anda juga akan berkurang.

8. Lingkungan Tidur

Lingkungan tidur akan sangat mempengaruhi situasi hati dan juga pikiran Anda ketika tidur. Buatlah lingkungan tidur yang senyaman mungkin untuk membuat tidur lebih berkualitas. Anda bisa mengatur suhu AC pada temperatur yang sesuai dan nyaman bagi tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengubah dekorasi kamar tidur secara berkala untuk memperbaiki suasana hati dan pikiran sehingga terasa lebih rileks.

9. Hindari Kafein

Minuman yang mengandung kafein merupakan asupan jenis stimulan yang akan membuat tubuh Anda terjaga lebih lama. Jadi bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi kopi sebaiknya mulai sekarang kurangi atau hentikan kebiasaan tersebut.

10. Rencanakan Persiapan Hari Esok

Sebelum tidur, Anda bisa membuat rencana dan juga mengorganisir apa saja yang akan Anda lakukan esok hari. Berpikir dalam rangka untuk mengorganisir sesuatu yang akan diselesaikan esok hari akan membantu otak untuk lebih terstruktur ketika tidur.

Demikian 10 metode yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh tidur yang berkualitas meskipun waktu tidur hanya sebentar. Dengan metode di atas, meskipun waktu tidur Anda tidak lama namun niscaya saat bangun tubuh akan tetap terasa segar.