Home Gaya HidupKebiasaan Buruk Efek tidak tidur 3 hari Paling Mematikan

Efek tidak tidur 3 hari Paling Mematikan

by Roro Dyiah

Dalam kehidupan seorang manusia, tidur merupakan salah satu kegiatan yang terpenting dan tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Tidur dianggap sebagai keadaan di mana manusia memasuki alam bawah sadar tetapi masih dapat dibangunkan. Setelah melakukan kegiatan yang berat, tidur dianggap sebagai salah satu metode istirahat yang paling efektif dan efisien dibanding istirahat yang lain, karena ketika tidur, metabolisme tubuh akan meningkat dan tubuh manusia menciptakan hormon untuk memperbaharui sel sel tertentu. (baca juga: bahaya tidur sore hari)

Waktu tidur efektif

Untuk mendapatkan efek dari tidur yang efektif, anda membutuhkan waktu tidur yang cukup. Cukup berarti tidak kekurangan namun juga tidak berlebihan. Jika anda tidur dengan waktu berlebihan, kemungkinan besar anda akan mengalami berbagai masalah seperti:

  1. Penyakit

Tidur berlebihan dapat menyebabkan tubuh anda mengalami overmetabolisme sehingga penyerapan nutrisi menjadi tidak optimal. Salah satu penyakit yang paling umum adalah gejala diabetes. (baca juga: makanan untuk mencegah diabetes melitus)

  1. Sering sakit kepala

Ketika anda tidur secara berlebihan, hal tersebut akan memberikan efek pada neurotransmitter otak.  (baca juga: sakit kepala sebelah kanan atas kening)

  1. Masalah berat badan

Tidur berlebihan dapat menyebabkan tubuh anda kekurangan momentum untuk membakar lemak dan menyebabkan tubuh anda terus menimbun lemak trans tanpa ada pembakaran yang cukup, implikasinya berat badan anda akan meningkat.  (baca juga: makanan yang menurunkan lemak jahat)

Menurut para ahli, waktu tidur yang paling efektif adalah sekitar 6,5 hingga 7,4 jam setiap malam. Riset membuktikan bahwa orang yang tidur dengan waktu yang ideal (6,5-7,4) jam memiliki umur lebih panjang dan kemungkinan sakit yang lebih rendah daripada mereka yang kekurangan atau kelebihan tidur setiap harinya. (baca juga: tidur sore tidak baik)

Efek tidak tidur 3 hari

Tidak tidur selama 3 hari dianggap sebagai tindakan yang fatal dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Kurang tidur dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan anda, menyebabkan berbagai macam penyakit, rusaknya metabolisme tubuh, berdampak buruk pada mata dan kulit, dan lain lain. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara spesifik dan bertahap jika anda tidak tidur selama 3 hari berturut turut. (baca juga: kaki sering kram saat tidur)

  1. 24 jam pertama (Hari pertama)

Hampir semua orang dewasa pernah mengalami kondisi tidak tidur selama 24 jam, baik mereka yang kerja lembur, hingga yang baru memiliki anak. Bagi seorang dengan profesi tertentu seperti tentara atau dokter, tidak tidur selama 24 jam mungkin hal yang biasa. Bagi mereka dengan waktu kerja regular, tidak tidur selama 24 jam dapat berpengaruh buruk pada kemampuan menilai, konsentrasi, memori, dan penurunan dalam koordinasi mata dan tangan. Efek yang dihasilkan dari tidak tidur selama 24 jam serupa dengan efek yang didapatkan dari meminum alcohol. (baca juga: penyebab ngorok saat tidur)

  1. 48 Jam (Hari kedua)

Ketika anda tidak tidur selama 48 jam atau 2 hari, salah satu efek yang anda dapatkan adalah micro sleep atau tidur mikro, keadaan dimana anda akan mengalami tidur “tanpa disadari” selama sepersekian detik. Tidur mikro dianggap serupa dengan pingsan, cukup berbahaya ketika anda sedang berkendara. Selain tidur mikro, tidak tidur selama 2 hari mulai berdampak pada menurunnya kesehatan anda, anda mulai mengalami kepala pusing, mulai depresi dan kehilangan motivasi. (baca juga: bahaya tidur tanpa alas)

  1. 72 Jam (Hari Ketiga)

Tidak tidur selama 72 jam atau 3 hari dapat berakibat fatal bagi tubuh dan emosional manusia. Anda akan mengalami penurunan signifikan terhadap mental dan motivasi. Dalam tahap ini, kemungkinan anda terkena penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung menjadi lebih besar. Hal yang paling menakjubkan ketika anda tidak tidur selama 3 hari adalah anda mulai mengalami halusinasi yang terlihat sangat nyata! (baca juga: kejang-kejang saat tidur)

Dengan artikel efek tidak tidur 3 hari ini, kami harapkan anda dapat mengerti manfaat dari tidur dan bahaya yang muncul jika anda tidak tidur hingga 3 hari. Meskipun memiliki efek yang cukup membuat penasaran seperti halusinasi, kami sarankan anda tidak mencobanya.

baca juga:

You may also like