30 Penyakit Akibat Kurang Tidur Malam

Banyak yang berspekulasi bahwa Jika kurang tidur pada malam hari, biasanya bisa digantikan pada tidur di siang hari agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Diharapkan stamina juga tetap berada pada kondisi terbaiknya agar tidak mudah jatuh sakit. Bagaimana jika kurang tidur adalah aktivitas begadang yang sudah menjadi kebiasaan dilakukan selama bertahun tahun? apakah ada konsekuensi yang harus menjadi imbalannya?

Inilah akibat nyata yang tak boleh dianggap remeh jika anda kurang tidur terus menerus :

1. Hormon Insulin dalam tubuh terganggu

Jika kurang tidur hormon insulin yang bertugas mengontrol kestabilan gula dalam darah akan menjadi kacau dan tidak mampu lagi menggunakannya dengan baik. Kondisi ini dapat menyebabkan kadar gula dalam darah cepat meningkat dan berpotensi menimbulkan penyakit diabetes.

2. Hormon Leptin dalam tubuh  terganggu

Jika kurang tidur hormon leptin yang bertugas menekan nafsu makan menjadi kacau. Kemudian tidak mampu lagi menyaring zat makanan mana yang lebih penting untuk tubuh anda, akibatnya tubuh anda akan cepat menjadi gemuk dan kesulitan bernafas.

3. Wajah terlihat kelelahan

Bahaya akibat kurang tidur dapat menyebabkan rona wajah menjadi lebih kusam, nampak lesu dan panaadangan mata layu. Kulit wajah juga mengalami dehidrasi, akibatnya Wajah anda selalu terlihat lelah dan nampak seperti sedang sakit.

4. Daya tahan tubuh menurun

Ketika organ tubuh mengalami gangguan otomatis mempengaruhi daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang melemah dapat memicu tubuh menjadi mudah jatuh sakit, walaupun hanya berupa flu biasa saja.

5. Sel-sel otak berkurang dan menipis

Kurang tidur selama bertahun tahun dapat menyebabkan kerusakan otak secara permanen berupa berkurangnya sel sel otak aktif yang mengakibatkan otak tidak mampu lagi berfikir cerdas, menganalisa dengan tepat bahkan untuk mengolah akal.

6. Dapat menghambat pertumbuhan janin

Pada ibu hamil yang suka begadang selama masa kehamilan maka tubuh bayi tidak bisa berkembang dengan normal. Bayi menjadi ikut tidak bisa beristirahat dengan nyaman ketika ibunya begadang.

7. Menyebabkan kecanduan merokok

Bagi yang biasa merokok satu bungkus jika dibiasakan begadang maka akan menghabiskan rokok dua kali lipat lebih banyak tanpa disadari. Kondisi ini dapat mengakibatkan organ tubuh terutama sistem pernafasan semakin tidak sehat dan beresiko terserang penyebab dada sesak nafas. dada terasa berat, dan radang paru paru.

8. Otot tubuh terganggu

Terlalu sering begadang menyebabkan otot tubuh tegang dan lelah. Ini bisa mengakibatkan rasa pegal  dan nyeri yang luar biasa yang dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur.

9. Menyebabkan rambut rontok

Kesehatan rambut bukan hanya karena perawatan pada pemakaian sampo atau vitamin pada kulit kepala saja tetapi kurang istirahat dapat mempengaruhi kualitas kesehatan akar, batang dan ujung rambut. Kurang tidur dapat menyerap dan menurunkan persediaan minyak alami yang ada di bawah kulit kepala yang berguna melumasi akar rambut agar senantiasa kuat dan terhindar dari dehidrasi.

(Baca juga : bahaya rambut rontokpenyebab rambut rontok)

10. Tidak mampu fokus

Kurang tidur dapat membuat kita kehilangan konsentrasi dan tidak mampu fokus pada hal-hal yang mengandung bahaya, misalnya ketika sedang menyetir kendaraan. Jika hilang fokus maka kecelakaan tidak dapat dihindari.

11. Resiko terkena sel kanker

Kurang tidur dapat menyebabkan hormon melatonin yang diproduksi tubuh menjadi berkurang. Ketika hormon melatonin terus menerus berkurang maka akan memicu sel kanker mengambil alih karena tubuh tidak lagi mampu memblokir sel kanker  tersebut jika tidak mendapat bantuan hormon melatonin.

12. Tidak bisa berkonsentrasi saat belajar

Kurang tidur membuat otot otot mata dan otak mrenjadi lelah dan tidak mampu berkonsentrasi dengan baik terhadap pelajaran sekolah atau dilingkungan yang berhubungan dengan akademik.

13. Menyebabkan kantung mata menjadi gelap

Kurang tidur dapat menghambat aliran darah disekitar mata dan kantung mata sehingga menyebabakan kantung mata menjadi sembab, bengkak dan berwarna gelap. jika dibiarkan, maka penampilan mata tidak lagi menarik.

(Baca juga : cara menghilangkan mata panda – cara menghilangkan mata panda secara tradisional)

14. Menjadi lupa

Sering begadang dapat menyebabakan perasdangan dan gangguan pada sel otak yang dapat mengakibatkan kita  cepat menjadi lupa. Jika begadang dilakukan bertahun tahun maka bukan tidak mungkin akan terserang penyakit pikun Alzheimer.

15. Menyebabkan penuaan dini

Sering kurang tidur dapat mengikis habis kelembaban alami kulit, mengganggu kolagen yang ada dibawah kulit dan membuat kulit dehidrasi karena kelelahan. Akibatnya akan muncul garis garis halus pada sudut mata dan bagian wajah lain. Wajah akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

16. Menyebabkan tekanan darah tidak stabil

Penyakit akibat kurang tidur dapat menyebabkan aliran darah diberbagai pembuluh menjadi tersendat dan akibatnya menjadi tekanan darah tinggi atau darah rendah. Jika berkelanjutan tanpa adanya penanganan yang benar, maka akan muncul penyakit darah tinggi atau darah rendah.

17. Denyut jantung tidak normal

Kurang tidur dapat mengakibatkan aliran darah ke jantung tidak lancar dan jantung tidak mampu memompa darah dengan lancar juga. Hal ini dapat menyebabkan denyut jantung tidak normal dan membuat kondisi ubuh menjadi cepat lelah dan mudah jatuh sakit.

(Baca juga : cara melatih kesehatan jantung)

18. Mengalami stres

Kurang tidur dapat mengakibatkan situasi dan suasana hati menjadi tidak menentu, selalu cemas dan mudah tersinggung. Kondisi ini dapat memicu stres yang berlebihan, jika anda tidak segera menemukan solusi terbaik untuk mengendalikan emosi.

19. Berpotensi menyebabkan Obesitas

Kurang tidur yang terus menerus dapat menyebabkan perut lapar dan ingin makan. Lambung yang tidak diistirahatkan dapat kesulitan untuk menampung endapan lemak yang gagal dicerna oleh pencernaan yang akhirnya akan berubah menjadi lemak yang menetap dibagian perut, paha, lengan dan tubuh lain. Jika dilakukan selama bertahun tahun maka bahaya obesitas pun tak dapat dihindari.

20. Memicu Osteoporosis

Seorang ahli bernama Steum R, goodmen.pH. D editor utama Experimental Biology and medicine telah berhasil atas percobaannya terhadap tikus yang sengaja dibuat agar tidak tidur selama beberapa bulan. Ternyata menghasilkan bahwa tulang tulangnya cepat mengalami keropos dan mudah patah karena bahaya kekurangan kalsium. Kalsium yang tersedia dalam tulangnya menurun karena tikus kurang tidur.

Percobaan ini berlaku dan akan mengalami hal sama pada manusia, jika kurang tidur maka akan mengakibatkan penyakit Osteoporosis lebih cepat datang walaupun masih dalam usia yang produktif.

21. Menyebabkan  penyakit stroke 4 kali lebih tinggi

Jika kurang tidur selama bertahun-tahun maka selain bisa terserang penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit stroke juga dapat muncul tiba tiba yang mengakibatkan kelumpuhan pada beberapa bagian tubuh.

Baca : Penyebab stroke – ciri ciri stroke

22. Menyebabkan sakit kepala

Kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala ringan hingga yang berat dan terjadi berulang ulang, hal ini disebabkan karena adanya penyempitan aliraan darah di kepala. Sakit kepala yang terjadi secara berulang dapat memicu nyeri pada leher bagian belakang.

23. Menyebabkan haid tidak normal

Kurang tidur selama masa datang bulan dapat mempengaruhi hormon estrogen dan mengganggu aliran darah sekitar rahim dan mengganggu keseimbangan otot di beberapa bagian tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan haid keluar tidak normal dan tersendat sendat yang membuat bagian perut terasa nyeri, berat dan tegang.

24. Menyebabkan menurunnya produktifitas

Kurang tidur bagi orang orang yang aktif dalam bekerja  apalagi yang dilakukan hampir tiap hari, akan menurunkan produktifitas secara bertahap. Misalnya tidak mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, selaau terlambat bangun pagi atau tidak bisa menganalisa pekerjaanya setiap bulan.

Jika kondisi kurang tidurnya tidak segera diperbaiki maka yang akan terjadi adalah menjadi malas dan akan terus semakin malas untuk mengerjakan pekerjaan yang sudah seharusnya menjadi tangggung jawab dikantor.


25. Memicu sakit mata

Penyakit akibat kurang tidur yang berkepanjangan mampu membuat mata menjadi berat, lelah dan memicu bakteri mudah masuk lewat mata melalui udara ketika malam hari ketika karbon dioksida sedang berbaur dengan udara malam yang banyak mengandung radikal bebas. Awal terjadinya sakit mata adalah mata merah, pedih, gatal, berair dan lengket.

26. Menyebabkan anemia berat

Terlalu sering begadang atau bahkan dilakukan selama bertahun tahun dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah dan tubuh akan selalu lemas dan tidak bisa melakukan kegiatan yang membutuhkan banyak tenaga. Anemia berat dapat terjadi jika tubuh tidak diimbangi dengan makanan yang mengandung banyak zat besi. Tetapi apapun alasannya jika terlalu sering kurang tidur dapat menyebabkan kesehatan kita semakin menurun seiring dengan menurunnya daya tahan tubuh.

27. Menyebabkan terganggunya hormon pria dan wanita

Hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita sama sama dapat menurun  kualitasnya jika kurang tidur selama berhari hari. terganggunya hormon dapat membuat keinginan untuk bercinta menjadi hilang.

28. Menyebabkan sariawan

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin C dan menderita sariawan serta gusi berdarah. Vitamin C yang ada dalam tubuh yang dihasilkan dari konsumsi makanan yang bervitamin C akan hilang dengan cepat karena terserap tubuh dan segera dibuang lewat keringat dan air urin untuk menggantikan tenaga yang mulai habis karena tidak tidur.

29. Menyebabkan suhu tubuh menurun

Kurang tidur dapat mengakibatkan kondisi suhu tubuh terus menurun karena akibat kekurangan  oksigen dan dehidrasi. Pada Malam hari karbon dioksida akan terlepas dari udara dan siap menyerap oksigen yang ada pada manusia.

maka dari itu tidak dianjurkan untuk tidur malam hari dibawah pohon, karena pohon melepaskan zat berbahaya beracun karbon dioksida yang dapat membuat kematian perlahan pada manusia. Ketika tubuh menghirup karbon dioksida dengan berlebihan  suhu tubuh dapat menurun dan mengganggu kinerja pembuluh darah yang ada ditubuh.

30. Menyebabkan malas berolahraga

Kurang tidur cenderung membuat otot tubuh tidak aktif untuk bergerak karena otak tidak mampu memberikan sinyal pada tubuh untuk memnperbaiki kesehatannya. Kondisi ini dapat menyebabkan malas untuk melakukan olahraga ringan walau hanya 30 menit saja.

Tentang Suplemen Untuk yang Kurang Tidur

  • Jika terdesak pada situasi yang mengharuskan kita begadang atau tidak tidur semalaman (misalnya ada kabar mendadak pada malam hari tentang saudara yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan sedang dirawat disebuah rumah sakit) kondisi itu boleh boleh saja, asalkan tubuh tetap diberi suplemen vitamin tambahan yang memadai guna mempertahankan kesehatan tubuh agar tetap bugar keesokan harinya.
  • Apapun alasannya begadang tidak dibenarkan, karena tubuh perlu istirahat untuk mempertahankan dan memperbaiki dirinya dari kelelahan otot dan pikiran agar keesokan harinya organ tubuh tidak mengalami keluhan kesehatan yang hanya akan menyebabkan aktivitas atau rutinitas sehari-hari terganggu.
  • Penggunaan suplemen hanya untuk menyiasati kelemahan tubuh akibat kurang tidur tetapi tidak untuk jangka panjang. Tubuh tetap memerlukan istirahat bukan  suplemen yang didalamnya terdapat bahan pengawet dan suplemen diproduksi bukan untuk orang orang yang setiap hari begadang.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk