8 Bahaya Tidur Sehabis Subuh Bagi Kesehatan

Bahaya tidur sehabis subuh memiliki pengertian lebih kepada kerugian yang akan dialami setiap individu yang tidak memandang usia dan jenis kelaminnya. Bahaya tidur sehabis subuh merupakan akibat dari kebiasaan buruk seseorang yang belum memahami benar bahwa bangun di pagi hari adalah penting karena berkaitan dengan kesehatan tubuh dan awal munculnya berkah dari Allah SWT. (Baca juga: Bahaya Tidur Tanpa Bantal , Cara agar Cepat Tidur)

Bahaya Tidur Sehabis Subuh

1. Menjauhnya rejeki dan berkah

Turunnya berkah dan keberuntungan adalah sehabis subuh, Karena disaat itulah manusia mulai melakukan aktivitas hariannnya sesuai tanggung jawab yang di embannya. Bahaya tidur sehabis subuh lebih kepada buang waktu percuma karena seharusnya anda mendapatkan berkah berupa apa saja yang berkaitan kebaikan dari Allah SWT menjadi tidak mendapat apa apa. Tidur sehabis subuh hukumnya makruh jika bukan karena halo hal yang penting misalnya sakit keras, Ibu yang baru saja bersalin dan lain lain.
Tidur sehabis subuh dapat menjaauhkan kita dari doa rasulullah Muhammad yang begitu besar dan mampu melapangkan rejeki setiap umat islam. Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa ” Ya allah….Berkatilah umatku diwaktu paginya.” (Baca Juga: Bahaya Tidur Dengan Lampu Mati , Bahaya Lampu Menyala Saat Tidur Malam)

2. Menjadi malas dan lalai

Bahaya tidur sehabis subuh adalah munculnya rasa malas dan lalai terhadap tugasnya melakukan ibadah dan pada tugas tugas dunia yang harus dilakukannya demi melanjutkan kelangsungan hidupnya dan keluarga, Misalnya malas bekerja. Ibnu Qayyin mengatakan bahwa ” Tidur sehabis subuh dapat menyebabkan seseorang penuh dengan kelalaian.” (Baca Juga:  Penyebab Angin Duduk , Cara Mencegah Batuk pada Anak)

3. Tidak mendapatkan pahala haji dan umroh

Rasulullah bersabda bahwa ” Barang siapa yang sholat subuh berjamaah kemudiann tetap duduk berzikir hingga terbitnya matahari kemudian melakukan sholat dhuha, Maka ia akan mendapatkan pahala haji dan umroh dengan sempurna (HR. Tirmidzi). Telah jelas bahwa bahaya tidur sehabis subuh adalah berupa kerugian besar yaitu tidak akan mendapatkan berkah pahala haji dan umroh yang begitu banyak diinginkan seluruh umat islam didunia. (Baca Juga: Penyebab Leher Sakit , Cara Mengatasi Leher Sakit Akibat Salah Tidur)

4. Melemahkan fisik dan mudah jatuh sakit

Jika terus menerus tidur setelah menjalankan sholat subuh maka bahaya tidur sehabis subuh yang paling mudah terjadi adalah melemahnya kekuatan fisik sehingga mudah jatuh sakit misalnya mudah terkena sakit kepala termasuk yang sering muncul berupa sakit migrain dan nyeri otot. Kondisi tersebut dipicu karena serebrospinal naik kejaringan otak.

Baca Juga:


5. Melemahkan syahwat

Lemahnya shawat adalah salah satu bahaya tidur sehabis subuh yang muncul akibat tubuh terlalu lama beristirahat dan tidak dilatih untuk bergerak. Sehabis subuh adalah waktu paling ideal untuk melakuakan sesuatu yang berguna misalnya olahraga ringan (lari pagi atau jalan santai).

6. Menyebabkan obesitas

Penyebab obesitas tubuhkerab menyerang orang orang yang tidur lebih dari 8 jam setiap malam. Kondisi ini terbentuk karena metabolisme tubuh sisa semalam tidak mengalami penghancuran lemak dan justru mengendap didalam tubuh sehingga menyebabkan kegemukan. Bahaya tidur sehabis subuh yang akan muncul berupa gangguan metabolisme tubuh. Metabolisme selalu dimulai pada pagi hari atau saat subuh dimana organ tubuh telah siap menerima aktivitas tubuh sebagai pemanasan untuk proses penghancuran lemak yang tidak terjadi penghancuran secara merata ketika seseorang sedang tidur.  (Baca Juga: Penyebab Cemas Berlebihan , Gangguan Tidur)

7. Gangguan jantung

Gangguan ritme jantung merupakan salah satu bahaya tidur sehabis subuh yang bisa muncul pada orang orang yang terbiasa tidur lagi setelah melakukan sholat subuh.Tidur lebih dari 8 jam secara jangka panjang dapat beresiko terserang penyakit jantung Sebesar 38 % daripada orang orang yang tidur 7 sampai 8 jam perharinya. Hal ini disebabkan karena jantung tidak dilatih untuk memompa darah ketika metabolisme sedang akan dimulai. Ingatlah sekali jika bahwa metabolisme tubuh selalu terjadi saat subuh tiba yaitu ketika orang orang terbangun dari tidurnya dan siap melakukan aktivitasnya seperti biasa. (Baca juga: Bahaya Tidur Terlalu Lama , Penyebab Susah Tidur)

8. Depresi

Depresi bisa muncul sebagai bahaya tidur sehabis subuh yang dilakukan dalam jangka panjang . Ketika anda bangun subuh dan melakuakan sholat maka tubuh telah siap menerima pergerakan dan pemanasan untuk melakukan aktivitas sehari hari yang dapat menyehatkan saraf, otot dan aliran darah diseluruh tubuh, Tetapi sayangnya justru anda hambat dengan aktivitas tidur kembali. Hal ini menyebabkan melemahnya kreatifitas otak untuk berfikir lebih jernih akibatnya depresi akan muncul saat terbangun sekitar 3 atau 5 jam kemudian. (Baca juga:  terapi psikologi untuk depresi)

Cara mencegah depresi pada diri sendiri ketika subuh tib adalah dengan cara tidak tidur lagi setelah selesai sholat subuh. Gunakan waktu yang ada sebaik mungkin misalnya Lakukanlah untuk berzikir, Membaca alqur’an atau olahraga ringan.


Solusi

Tips cara menghindari bahaya tidur sehabis subuh

  • Berdoalah dan berjanjilah dengan sepenuh jiwa pada allah SWT pada malam sebelum tidur bahwa anda berniat melakukan sholat subuh dan tidak akan tidur setelahnya
  • Tidurlah lebih awal dan hindari begadang jika tidak ada kepeluan yang sangat mendesak. Tidur lebih awal dapat menyegarkan badan dan mengaktifkan otak menjadi lebih kreatif ketika terbangun pada waktu subuh dan terhindar dari keinginan untuk tidur kembali. (Baca juga: Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur)
  • Memahami dan mengetahui bahwa kerugian atau bahaya tidur sehabis subuh bukan orang lain yang akan menangung akibatnya tetapi diri kita sendiri. (Baca Juga:  Terapi Menghilangkan Ngorok)
  • Memahami dengan detail dan jelas bahwa bahaya tidur sehabis subuh adalah jauh dari rejeki dan berkah dari Allah SWT yang seharusnya bisa kita peroleh dipagi itu justru tidak mendapatkannya. (Baca Juga: Cara Menenangkan Pikiran)
  • Memahami dengan jelas bahwa tidak tidur setelah subuh dapat diisi dengan hal hal yang menyehatkan tubuh agar ketika matahari terbit kondisi tubuh menjadi segar dan bugar, Misalnya menggunakan waktu tersebut dengan berolahraga atau berzikir. (Baca Juga:  tips awet muda)
  • Berkumpulah dengan teman dimesjid setelah sholat subuh atau debgan keluarga dirumah membahas hal hal yangb baik yang berkaitan denagn agama atau aktivitas harian.
  • Membaca ayat suci alqur’an setelah selesai beribadah sholat subuh sangat efektif mencegah rasa kantuk muncul kembali. Ayat suci alquran memiliki aura baik yang ampuh mengaktifkan kinerja otak untuk selalu terjaga dan membuat kita selalu ingat pada allah SWT beserta rasulnya dan akan selalu terhindar dari bahaya tidur sehabis subuh yaitu berupa munculnya prilaku malas. (Baca Juga: Obat Tidur Alami)
  • Mandilah dengan air hangat atau dingin antara 10 sampai 20 menit setelah melakukan sholat subuh agar pikiran lebih tenang dan menjadi terang serta terhindar dari sisa sisa rasa kantuk yang mengganggu (Baca Juga: Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu)

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk