Home Tips KesehatanKesehatan Mental 22 Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu yang Pahit

22 Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu yang Pahit

by Erlita

Kejadian-kejadian yang traumatis dapat dialami oleh banyak orang setiap harinya dan hal ini pun terjadi pada orang-orang di seluruh dunia. Bencana alam, kecelakaan, perlakuan satu orang terhadap yang lain (contohnya seperti disakiti secara fisik dan verbal serta dikecewakan) dan juga masih banyak lagi. Hal ini bisa kemudian menimbulkan stres pada seseorang yang mengalami.

Para ahli memang menyatakan bahwa ketika tanda stres muncul pada orang-orang yang mengalami trauma itu adalah wajar. Hanya saja, bila diabaikan justru ciri-ciri stres tersebut berpotensi untuk berkembang menjadi depresi dan penyakit jiwa nantinya. Untuk menghilangkan trauma masa lalu, apapun yang memicu, Anda perlu mengintip beberapa cara di bawah ini:

(Baca juga: penyebab orang jadi pelupa)

1. Menghindari Tempat yang Mengingatkan kepada Masa Lalu

Cara pertama yang disarankan di sini adalah menghindari tempat-tempat yang dirasa dapat membuat Anda kembali mengingat akan masa lalu yang pahit atau menyakitkan. Trauma akan masa lalu bisa saja menjadi sulit hilang dan makin serius ketika seseorang misalnya dibawa ke tempat yang berkaitan dengan trauma tersebut.

Ketika menghindari tempat-tempat yang kiranya membawa trauma masa lalu kembali teringat, Anda bisa menghindari pula ingatan atau memori buruk yang kerap menjadikan Anda stres. Cara ini akan membantu Anda untuk membuat memori dan rasa trauma tersebut tak sekuat dahulu. Pada beberapa kasus, lama-kelamaan cara ini akan membuat trauma memudar.

2. Menghindari Obyek yang Mengingatkan kepada Masa Lalu

Sama halnya dengan cara sebelumnya, menghindari obyek-obyek tertentu yang mengingatkan kembali kepada masa lalu yang traumatis akan membuat Anda merasa jauh lebih aman dan nyaman. Meski memang tak semua penyebab dari trauma tersebut dapat dijauhi, ada kasus-kasus tertentu di mana obyek tertentu tak bisa dihindari begitu saja.

Mungkin Anda juga enggan untuk berhenti mendengarkan lagu dari penyanyi kesukaan Anda hanya gara-gara beberapa waktu yang lalu kekasih memutuskan hubungan dengan Anda ketika mendengarkan lagu tersebut. Atau, Anda tak lagi mau membaca buku tertentu karena buku tersebut mengingatkan kepada mantan kekasih. Bila terlalu banyak obyek yang harus dihindari, maka Anda kemungkinan perlu mencari cara lain.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

3. Berpikir Positif

Pada seseorang yang mengalami stres akibat trauma masa lalu, akan sulit untuk senantiasa berpikir positif. Pikiran-pikiran negatif berpotensi untuk berkecamuk di dalam diri dan jika Anda adalah salah satunya, cobalah untuk menghilangkan segala pikiran tentang terjadinya hal buruk. Terkadang apa yang ada di pikiran kita hanyalah prasangka buruk dan kekhawatiran yang tak ada artinya karena hal tersebut tak terjadi.

Ada baiknya untuk mulai mengubah pola pikir bahwa segala hal yang dulu pernah terjadi pada Anda bukan lantas berarti bakal dialami kembali. Berpikiri positif sangat membantu dan bermanfaat bagi Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan menolong Anda untuk lepas dari trauma. Tak ada salahnya untuk mulai percaya akan hal baik yang pasti terjadi pada Anda ketimbang hal yang buruk asalkan pandangan yang baiklah yang Anda lihat.

4. Memikirkan Masa Lalu Sampai Kekuatan dan Pengaruhnya Hilang

Ketika seseorang hendak menghilangkan trauma masa lalu, tentu ia pasti menolak untuk mengingat-ingat apalagi memikirkannya, apakah Anda setuju? Namun pada beberapa kasus trauma masa lalu yang termasuk ringan, seperti mungkin memori jatuh dari panggung ketika tampil pada pentas seni atau diputuskan oleh kekasih secara tiba-tiba, ini bisa dicoba dihilangkan dengan terus memikirkannya.

Pada beberapa waktu awal Anda mengingat trauma masa lalu, maka Anda akan kemudian merasa cemas dan rendah diri. Terkadang menghindari mengingat memori yang buruk justru akan membuat Anda makin cemas ketika tiba-tibat teringat olehnya. Biarkan diri Anda mengingatnya dan teruslah berpikir tentang hal tersebut sampai pengaruhnya tidak ada.

Ketika diri Anda dibiarkan larut pada memori masa lalu yang tak enak tersebut, kekuatan dari masa lalu tersebut dalam membuat Anda cemas dan rendah diri pun hilang. Yang Anda lakukan nantinya hanyalah akan mengabaikannya dan tak lagi ada rasa cemas apalagi sakit hati. Saat memori tersebut malah semakin kuat ketika semakin dipikirkan, carilah udara segar untuk melegakan diri.

(Baca juga: jatuh terduduk)

5. Berpikir bahwa Semua Sudah Berlalu

Dalam menghilangkan trauma masa lalu, entah itu mungkin saat Anda ditertawakan atau dipermalukan oleh orang lain atau Anda pernah berada pada saat-saat berbahaya, ingat bahwa semuanya sudah berlalu. Seseorang merasa trauma karena kejadian masa lalu membayanginya.

Apapun yang telah terjadi, selalu ingat dan yakinkan diri bahwa semua memori itu sudah berakhir karena berada di masa lalu. Masa sekarang adalah masa sekarang dan hal-hal tersebut sudah selesai dari jauh-jauh hari. Buat diri Anda merasa nyaman dengan pikiran-pikiran tersebut agar dapat lebih percaya diri.

6. Berdoa

Tentu saja tak dapat dipungkiri bahwa segala kejadian yang buruk di masa lalu, tetap bisa menyisakan luka pada diri seseorang. Akan sangat menderita bagi seseorang yang mengalami trauma karena kejadian tersebut akan sering terputar di dalam benaknya. Selain berusaha untuk berpikir positif dan berpikir bahwa semua sudah berlalu, Anda bisa berdoa.

Berdoa adalah salah satu cara terbaik dalam membuat diri Anda lebih tenang dan lama-kelamaan mampu menghilangkan trauma masa lalu tersebut. Percayalah kepada Tuhan bahwa segala trauma hanya di masa lalu dan sekarang sudah tak ada lagi. Percayalah kepada Tuhan bahwa Ia mampu mengubah segalanya lebih baik selama Anda pun juga memliki niat untuk maju.

Mengandalkan Yang Maha Kuasa adalah salah satu cara ampuh untuk mengusir segala memori buruk yang menurunkan rasa percaya diri kita. Dengan berdoa dan minta bimbingan-Nya, maka diri pun otomatis akan menjadi lebih tenang. Bahkan rasa percaya diri pun dapat meningkat karena kita percaya Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi umat-Nya.

(Baca juga: sering sakit kepala)

7. Fokus pada Memori yang Menyenangkan

Berfokuslah bukan pada memori-memori yang buruk di masa lalu, melainkan pada memori-memori yang menyenangkan saja. Ketika memori trauma masa lalu terus-menerus muncul dan menyerang pikiran Anda, latihlah pikiran Anda untuk beralih dari semua pikiran buruk. Mulai pikirkan dan bayangkan segala yang menyenangkan.

Selain dari masa-masa traumatis di masa lalu, tentu Anda pun memiliki masa-masa bahagia, menyenangkan, dan lucu untuk diingat. Terkadang munculnya memori masa lalu yang buruk hanya akan mengubah suasana hati atau mood kita menjadi buruk, jadi mengapa tak fokus ke hal lainnya saja. Saat memori buruk muncul, segera gantikan dengan memori yang membuat Anda tersenyum.

8. Menyandingkan Memori Buruk dan Memori Baik

Ada cara lain yang cukup ampuh dalam menghilangkan trauma masa lalu, yakni menyandingkan memori yang buruk bersamaan dengan memori yang baik. Misalnya saja Anda punya trauma ditertawakan teman-teman sekelas ketika presentasi yang Anda bawakan tidaklah berjalan dengan baik. Hal ini memang menjadi penurun rasa percaya diri.

Tapi jangan terlalu berkecil hati, Anda bisa kemudian menyandingkan memori buruk tersebut dengan memori di mana presentasi yang Anda bawakan berjalan lancar dan bahkan memperoleh pujian dari teman dan dosen. Selalu ada hal-hal positif yang bisa memampukan dalam menghilangkan trauma di masa lalu.

9. Mengambil Nafas sebelum Bertindak

Trauma masa lalu terkadang membuat diri kita mudah terbawa emosi karena tekanan dan stres yang terjadi. Emosi negatif dapat sewaktu-waktu menguasai diri kita ketika trauma masa lalu tersebut membayangi dan terus muncul dalam benak kita. Salah-salah, tindakan yang kita ambil pun dapat merugikan.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan segala bentuk trauma masa lalu, Anda perlu mengawali sebuah tindakan dengan menarik nafas terlebih dulu. Tenangkan diri Anda dengan cara ini agar mampu melawan memori-memori buruk yang muncul di pikiran Anda. Cara ini adalah cara yang sederhana namun mampu menjadi obat emosi dan penghilang masa lalu yang traumatis.

(Baca juga: penyebab gangguan jiwa)

10. Melakukan Olahraga

Untuk menghilangkan trauma masa lalu yang begitu menghantui hingga menjadikan Anda stres, maka salah satu tindakan menyehatkan yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan dan kebugaran fisik semata. Kesehatan mental pun dapat dipengaruhi dari aktifnya fisik kita.

Kurang olahraga tak hanya mampu menjadikan otot mudah tegang dan tubuh mudah terserang penyakit. Jadi, mulailah untuk memilih olahraga yang tepat sesuai dengan kesukaan Anda, seperti mungkin misalnya jogging, aerobik, kickboxing, basket, sepakbola dan olahraga-olahraga lain yang berlevel berat. Olahraga juga adalah salah satu cara mengatasi stres karena memampukan otak untuk melepaskan hormon endorphin yang meningkatkan suasana hati.

11. Berkreasi

Menghilangkan trauma yang mungkin terjadi di masa lalu tapi masih membuat Anda cemas tak karuan, cobalah untuk mengalihkan perhatian dan pikiran Anda dari hal-hal tersebut. Dalam diri setiap orang pasti ada sisi kreativitas di mana hal ini pun pasti ada dalam diri Anda.

Jadi, mengapa tak mencari kegiatan untuk menyibukkan diri dengan berkreasi saja? Trauma masa lalu akan menjadi hilang secara berangsur ketika Anda melakukan apa yang Anda suka, termasuk berkreasi. Menjahit, membuat kue, menulis lirik lagu, dan melukis adalah kegiatan positif yang mampu membuat Anda tak punya waktu untuk kembali ke trauma masa lalu.

(Baca juga: penyebab depresi)

12. Aksi Sosial

Kesempatan untuk membantu orang lain juga dapat dijadikan sebagai obat atau penghilang trauma masa lalu. Daripada Anda menyendiri dan menjadikan Anda selalu kembali teringat akan memori-memori buruk, gunakan waktu Anda secara bijak. Aktiflah dan sibukkan diri Anda agar tak ada lagi waktu untuk meratapi atau mencemaskan trauma masa lalu.

Salah satu cara ampuh di sini adalah menjadi relawan jika memang jiwa kemanusiaan Anda cukup tinggi. Membantu orang lain tak hanya akan membuat Anda lepas dari segala masalah dan hal-hal traumatis, tapi juga membuat Anda mampu untuk beramal. Melakukan kebaikan pada orang lain juga nantinya akan menjadi berkah tersendiri bagi Anda.

13. Menghadapi Trauma

Dalam menghilangkan trauma, Anda perlu bertemu dan menghadapi langsung trauma tersebut, seperti misalnya pada kasus trauma ketinggian. Ada beberapa orang dengan masalah trauma demikian justru mampu menghilangkan trauma ketika ia rutin menghadapi ketinggian dengan tentunya memberanikan diri.

Mulailah rutin untuk mencoba melihat sekitar atau sekeliling tempat Anda berada dari tempat tinggi. Tak perlu dipaksakan untuk hari itu juga Anda bisa menghadapinya, pelan dan bertahap adalah yang lebih dianjurkan. Ketika memiliki ketakutan, justru sebaiknya Anda tak menghindar dan kalau bisa beranikan diri untuk membiasakan dengan penyebab trauma.

(Baca juga: penyebab cemas berlebihan)

14. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang sehat adalah makanan yang penuh gizi dan bernutrisi. Untuk dapat menghilangkan trauma masa lalu penyebab stres, penting untuk mengikuti tips diet sehat. Makanan sehat akan membantu Anda untuk berpikiran sehat juga, jadi mengonsumsi protein nabati, sayur, buah, gandum utuh dan lemak sehat adalah suatu keuntungan.

Makanan sehat tersebut adalah salah satu cara untuk menghilangkan trauma dan stres yang diseimbangkan dengan olahraga rutin. Kecemasan dan ketakutan di dalam diri dikarenakan oleh memori yang buruk akan menjadi lebih ringan dengan pola makan yang baik. Menikmati hidup dengan menikmati makanan sehat akan membuat Anda lupa akan hal-hal buruk yang terjadi di masa lalu.

15. Berbagi dengan Kerabat atau Teman

Apabila Anda merasa menyimpan masalah dan beban sendiri, cobalah untuk berbagi bersama dengan anggota keluarga atau sahabat yang bisa dipercaya. Ada seseorang atau lebih yang tentunya sangat baik untuk diajak mengobrol dan berbagi, seperti misalnya memberikan saran atau meningkatkan rasa percaya diri Anda kembali.

Ada pula seseorang yang bisa membantu dengan membagi pengalaman yang sama sehingga setidaknya kita sadar bahwa kita tidak sendiri. Ketika mengajak bicara atau berbagi dengan orang lain akan trauma masa lalu Anda, ini akan memberikan juga pandangan baru yang sebenarnya tengah dibutuhkan.

16. Menulis Diari atau Jurnal

Ada beberapa orang dengan trauma masa lalu justru semakin tak bisa lepas dari masa lalunya dikarenakan selalu menyimpannya rapat-rapat. Tidak masalah apabila Anda tak bisa berbagi dengan orang lain, selalu ada cara lain yang dapat Anda gunakan. Daripada berbagi pengalaman dengan orang lain yang membuat Anda ragu, tuliskan saja.

Jika memiliki jurnal pribadi atau buku diari, ada baiknya Anda menuliskan segala ketakutan, kekhawatiran, dan kecemasan yang selalu muncul di pikiran akibat peristiwa traumatis. Terbiasa menulis hal-hal yang mengganggu pikiran Anda akan membuat stres dan trauma masa lalu tak berpengaruh lagi terhadap Anda. Namun, pastikan bahwa Anda menyimpan buku jurnal Anda di tempat yang aman.

(Baca juga: faktor penyebab lemah mental)

17. Psikoterapi

Jika memerlukan seseorang yang lebih dari keluarga atau teman yang bisa menolong dalam menghilangkan trauma masa lalu, maka seorang psikoterapis profesional adalah jawabannya. Justru banyak orang dengan tekanan dan stres akibat masa lalu yang pahit dan traumatis dapat menjalani hidupnya dengan lebih baik setelah melakukan psikoterapi.

Seorang terapis akan membantu Anda dalam menemukan apa yang menjadi penyebab trauma dalam diri Anda. Terapis tersebut jugalah yang akan menolong supaya Anda mampu mengatasi segala bentuk trauma tersebut. Ada sejumlah teknik yang kemungkinan akan dibagi oleh terapis agar pikiran-pikiran buruk masa lalu tersebut bisa dihilangkan.

18. Ekspresikan

Kebanyakan orang ingin menghilangkan trauma masa lalu di dalam hidup dan dirinya namun sama sekali tak membiarkan dirinya terlihat lemah. Justru ada banyak kasus di mana seseorang tak bisa lepas dari traumanya dikarenakan luka dan kecemasan diabaikan begitu saja. Untuk menghilangkannya, Anda pun perlu berani berekspresi.

Jika memang trauma masa lalu membuat Anda marah, terluka, sedih atau bahkan malu, biarkan diri Anda untuk merasakan dan mengeluarkan semuanya itu. Apabila memang butuh untuk berteriak atau menangis, luapkan saja agar menjadi lebih lega nantinya. Cara ini justru dipercaya jauh lebih efektif dan baik ketimbang menutupnya rapat-rapat apalagi mencoba mengabaikannya.

19. Berwisata

Banyak orang ingin lepas dari masa lalunya dengan menciptakan memori-memori baru yang lebih indah supaya masa lalunya dapat terkubur. Jadi, mengapa tidak dicoba saja untuk melakukan perjalanan wisata ke tempat-tempat yang mungkin belum pernah dikunjungi? Siapkan daftar tempat-tempat indah mana saja yang ingin Anda datangi.

Baik itu kota atau wilayah di luar kota maupun mancanegara, Anda bisa menikmati waktu untuk melupakan trauma masa lalu dengan menciptakan memori baru. Berwisata juga adalah cara yang baik untuk menambah pengetahuan, jadi hal ini adalah kegiatan yang sangat positif sehingga sangat dianjurkan untuk dicoba.

(Baca juga: penyebab kematian mendadak)

20. Mengubah Rutinitas

Bila Anda merasa bahwa berwisata bukanlah hal yang menarik, maka cobalah cara lain untuk menciptakan kesenangan untuk diri sendiri. Salah satu cara menghilangkan trauma masa lalu yang positif adalah mengubah rutinitas Anda. Jika tak suka bepergian terlalu jauh, maka Anda bisa cukup mengunjungi restoran-restoran baru yang Anda belum pernah datangi misalnya.

Atau, Anda bisa sering-sering berkumpul bersama dengan teman-teman untuk makan bersama sambil bercerita hal-hal yang menyenangkan. Memasak sendiri di rumah dan mengundang teman-teman untuk datang ke acara pesta makan malam juga oke. Rutinitas Anda yang sedikit berubah bakal membuat pikiran Anda juga ikut mengalami perubahan, yakni tak lagi dipenuhi dengan bayangan trauma masa lalu.

21. Membuat Daftar Berisi Hal-hal yang Disyukuri

Sulit memang untuk benar-benar lepas dari yang namanya trauma akan masa lalu, namun selalu ingat juga bahwa pengalaman yang negatif adalah pelajaran hidup. Ketika mengalami pengalaman yang sulit, maka hal tersebutlah yang akan membuat kita lebih kuat. Untuk menghilangkan trauma tersebut, mulailah juga untuk memikirkan apa hal-hal yang Anda syukuri selama ini.

Hidup terdiri dari sisi hitam dan putih di mana selain ada masa lalu yang buruk, pasti ada pula sisi hidup yang baik dan membuat Anda bahagia. Buatlah daftar pada jurnal Anda akan hal-hal yang Anda syukuri selama ini. Saat trauma masa lalu muncul dan mulai menyerang, Anda punya kekuatan dan tameng, yakni segala sesuatu yang membuat Anda bersyukur dan bahagia tadi.

22. Meditasi

Untuk menghindari stres akibat trauma masa lalu yang terus-menerus menghantui, tak ada salahnya Anda ambil waktu untuk bermeditasi. Meditasi adalah proses untuk merilekskan pikiran di mana Anda hanya perlu fokus pada pernapasan dan melepaskan pikiran dari macam-macam distraksi.

Meditasi yang dilakukan secara rutin adalah yang terbaik karena ini akan membantu Anda berpikir lebih baik dan fokus. Nyatanya, banyak sekali orang di luar sana yang sering menggunakan meditasi sebagai cara untuk membuat suasana hati yang tadinya buruk menjadi lebih baik dan cara menghindari stres.

(Baca juga: cara menghilangkan trauma kecelakaan)

Demikianlah serangkaian cara menghilangkan trauma masa lalu paling baik untuk dicoba. Hanya saja, mungkin ada pertanyaan tentang bagaimana bisa menghilangkan trauma kalau itu berasal dari seseorang yang ada di sekitar kita? Latih diri untuk terserap ke dalamapa yang Anda lakukan saat itu dengan berfokus pada hal atau aktivitas yang disukai.

Ketika mungkin Anda harus bertemu dengan orang tertentu yang menyebabkan trauma, baik itu di sekolah atau di kantor, pikirkan tentang mengapa Anda ke sekolah atau ke kantor. Tujuan Anda bukan untuk menemui mereka, jadi fokuslah dengan apa yang Anda ingin dan senang kerjakan.

Setiap manusia tak sempurna dan pasti ada yang pernah melakukan kesalahan. Jadi ketika Anda trauma karena melakukan sesuatu yang buruk, jangan salahkan diri Anda terus-menerus. Maafkan diri Anda lebih dulu dan Anda baru bisa menghilangkan trauma masa lalu yang sempat menghantui.

You may also like