12 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Lemon Paling Jitu

2497

Terkadang bekas luka membuat kita tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari hari. Tapi Tenang! Saat ini banyak solusi alternatif yang dapat dilakukan secara aman yaitu dengan cara menghilangkan bekas luka dengan lemon. Beberapa keuntungan menggunakan bahan alami adalah dari segi ekonomis kita dapat mengurangi pengeluaran bulanan yang dapat dialihkan untuk keperluan lain yang lebih mendesak, keuntungan lainnya adalah segi khasiat bahan alami itu sendiri, bahan alami cenderung memiliki sedikit efek samping sehingga kita pun akan merasa lebih aman dan tentunya terhindar dari zat-zat kimia yang banyak terkandung dalam produk-produk yang banyak beredar di pasaran.

Selain sangat berguna sebagai obat batuk ringan, lemon mengandung banyak zat yang dapat membantu pembentukan kolagen guna memelihara kesehatan kulit. Kolagen dapat dibentuk oleh kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk lemon. Penggunaan lemon ini hanya berlaku untuk luka yang sudah kering ya, hindari menggunakan lemon pada luka yang masih basah karena kandungan asam yang terdapat pada jeruk lemon akan membunuh zat anti bakteri yang membantu penyembuhan kulit yang luka. Dan ini dia cara yang dapat digunakan:

  1. Gunakan Sari Lemon

Pertama siapkan lemon kemudian cuci lemon hingga bersih kemudian belah menjadi beberapa bagian, sedikit peras lemon dan usapkan ke bagian bekas luka anda tunggu hingga 20 menit tanpa dibilas. Tapi sebelumnya kulit harus bersih ya sehingga efek penggunaan sari lemon tidak terkontaminasi oleh kotoran lain. Menggunakan lemon guna menghilangkan luka dengan cara ini harus dilakukan terus-menerus agar efeknya cepat terlihat, hal ini akan membantu kulit untuk memproduksi kolagen yang dapat membantu sel-sel kulit untuk mereduksi sel mati. selain itu lemon juga merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan termasuk buah rendah gula.

  1. Gunakan Kulit Lemon

Selai menggunakan sari lemon penggunaan kulit lemon juga sangat bermanfaat untuk membuat kulit terlihat lebih sehat dan cerah. Kandungan vitamin C, Asam Sitrat, antioksidan yang terdapat dalam kulit lemon dapat meregenerasi sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih sehat dan cerah. Selain itu kulit lemon juga berfungsi untuk menghaluskan kulit siku baik tangan maupun kaki. Langkahnya adalah pisahkan kulit lemon, kemudian haluskan kulit lemon jadikan sebagai masker dan balurkan ke sekitar bekas luka tunggu 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih.

  1. Kombinasi Sari Lemon dengan Tomat

Selain lemon, tomat adalah buah yang mengandung vitamin C yang dapat membantu menghilangkan bekas luka pada kulit terutama luka bakar. kombinasi lemon dengan beberapa bahan alami yang dapat memudahkan penghilangan bekas luka bakar akan lebih efektif, dilakukan dengan menghaluskan tomat dan mencampurkannya dengan perasan lemon, dengan konsentrasi yang sama, oleskan pada bekas luka anda, tunggu beberapa saat lakukan terus-menerus hingga memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Kombinasi Sari Lemon dengan Lidah Buaya

Perlu anda ketahui bahwa gel yang terdapat pada lidah buaya sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Karena khasiat lidah buaya untuk kulit diketahui sangat besar, gunakan keduanya dengan memisahkan kulit lidah buaya kemudian campurkan dengan perasan lemon usapkan pada bagian bekas luka hingga mengering dan bilas kemudian.

  1. Kombinasi Sari Lemon dengan Dengan Kulit Pisang

Banyak yang tidak menyangka bahwa kulit pisang memiliki khasiat untuk menghilangkan bekas luka, gunakan bagian dalam kulit pisah bersama dengan perasan jeruk lemon pada bekas luka.

  1. Kombinasi Sari Lemon dengan Minyak Zaitun 

Minyak Zaitun  sudah tidak asing lagi untuk perawatan kulit, hal ini pasti disadari oleh kaum wanita. Cukup mencampurkan minyak zaitun dengan perasan jeruk lemon, aduk merata kemudian oleskan pada bekas luka. Anda bisa mengandalkan minyak zaitun karena tingginya manfaat minyak nabati bagi tubuh sambil juga mewaspadai efek samping minyak nabati.

  1. Kombinasi Sari Lemon Madu Murni

Madu memiliki senyawa yang mengandung antioksidan termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan Pinocembrin. Kandungan vitamin C berupa antioksidan yang baik guna meregenerasi kulit, madu dapat menyamarkan bekas luka dan mencerahkan kulit. Penggunaan madu cukup dicampurkan dengan perasan lemon kemudian oleskan pada bagian luka. Lakukan secara konsisten sampai bekas luka benar-benar hilang.

  1. Kombinasi Sari Lemon dengan Mentimun

Mentimun (cucumis sativus L.) memiliki efek pembersih pada kulit, mentimun merupakan salah satu alternatif perawatan kulit, kandungan vitamin yang terdapat pada mentimun jika dikombinasikan dengan lemon memiliki efek yang cukup baik untuk menghilangkan bekas luka. Gunakan timun yang sudah dihaluskan campur dengan sari lemon kemudian balurkan pada daerah bekas luka.

  1. Kombinasi Sari Lemon dengan Susu atau Yogurt

Yogurt dan susu telah banyak terbukti untuk perawatan kecantikan, mencerahkan dan menghilangkan bintik hitam dan luka bekas jerawat. Cukup kombinasikan susu atau yogurt dengan lemon dan usapkan pada bekas luka.

  1. Kombinasi Sari Lemon dengan Bawang Putih

Bawang putih (Allium sativum) selain bermanfaat untuk bumbu ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka, terutama luka bakar. Cukup haluskan dan campurkan dengan sari lemon balurkan disekitar bekas luka.

  1. Kombinasi Sari Lemon dengan Buah Mengkudu

Mengkudu (Morinda citrifolia) memiliki banyak zat nutrisi, salah satunya selenium yang mengandung antioksidan. Senyawa sclopetin memiliki fungsi sebagai anti alergi dan peradangan. Proxeronine sejenis asam nukleat. Kandungan tersebut sangat berguna bagi perawatan kulit. Cukup haluskan mengkudu dan campurkan dengan sari lemon balurkan ke bekas luka tunggu 15-20 menit bilas hingga bersih.

  1. Kombinasi Sari Lemon dengan Daun Mint dan Teh Hijau

Daun mint (mentha cardifolia) memiliki sensasi yang menyegarkan, aroma wangi daun mint dihasilkan dari kandungan minyak asiri berupa minyak menthol. Daun mint mengandung vitamin C. Sedangkan teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dapat meringankan peradangan dan membantu menghilangkan bekas luka. Penggunaan daun mint dapat dilakukan dengan menghaluskan daun minta dan mencampurkannya dengan teh hijau dan sari lemon usapkan pada bekas luka lakukan secara teratur.

Berbagai alternatif cara menghilangkan bekas luka dengan lemon diatas dapat anda lakukan dengan mudah, tinggal memilih bahan apa saja yang menurut anda paling cocok dan ada di kediaman anda, lakukan perawatan berkala untuk memperoleh hasil yang maksimal dan akurat.