7 Manfaat Minyak Nabati Bagi Tubuh, No. 6 Istimewa

Minyak selalu diidentikan dengan lemak dan itu membuat masyarakat kira berusaha untuk menjauhinya. Alasannya karena mengakibatkan berat badan cepat naik. Padahal, pada dasarnya ada lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama lemak yang terkandung dalam minyak nabati. Minyak nabati mengandung lemak yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan yaitu kolesterol baik yang sangat berguna bagi tubuh. Sebenarnya kolesterol sendiri dibagi menjadi dua yaitu kolesterol ldl dan hdl ciri-ciri bahaya dan cara mendeteksinya dapat anda kenali

Bagi anda yang bermasalah dengan berat badan, tidak perlu khawatir jika harus mengonsumsi minyak nabati. Artikel berikut akan membahas 7 manfaat minyak nabati bagi tubuh, no. 6 istimewa. Apalagi anda tidak perlu cemas dengan kandungan lemak.

  1. Dapat Menghasilkan Tenaga Besar

bagi anda yang beraktivitas memerlukan tenaga besar, minyak nabati cocok menjadi pilihan untuk mencukupi tenaga yang anda butuhkan. Minyak nabati mengandung karbohidrat yang mudah diserap tubuh manusia. Sehingga dapat dijadikan sebagai sumber pemasok energi yang baik dan juga cocok bagi anda yang seorang atlet.

  1. Dapat Membantu Pembentukan otot dan Plasma Darah

Minyak nabati mengandung protein yang bermanfaat dalam pembentukan otot, jaringan otot, dan pembetukan plasma darah. Protein yang terkandung seperti amino essensial dan amino non essensial yang bagus dalam membentuk otot. Bagi anda yang ingin berlatih membentuk otot, minyak nabati sesuai menjadi menu tambahan dalam daftar makanan anda.

  1. Membantu Pertumbuhan tulang dan Gigi pada Anak

Kandungan minyak nabati yang lainnya adalah mineral. Seperti kita ketahui bersama bahwa mineral memiliki fungsi utama dalam pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Selain itu, mineral juga dapat menguatkan tulang untuk orang dewasa. Oleh karena itu, minyak nabati baik untuk anak-anak untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Sementara untuk orang dewasa, minyak nabati sangat membantu dalam menguatkan tulang.

  1. Dapat Dijadikan Sebagai Antioksidan

Minyak nabati mengandung vitamin E, vitamin B kompleks dan juga asam solfat. Kandungan tersebut sangat berguna untuk antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Jadi anda tidak perlu takut untuk mengonsumsi minyak nabati karena kolesterol tinggi.

  1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Bagi lansia atau yang tengah memasuki usia-usia rentan akan penyaki, kolesterol merupakan penyakit yang mudah menyerang mereka. Maka untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh dapat dengan jalan mengonsumsi minyak nabati dengan rutin. Minyak nabati mengandung kolesterol baik/HDL yang akan berfungsi melawan kolesterol jahat/LDL dalam tubuh anda. Kolesterol jahat dapat mengakibatkan penyakit kadriovaskuler. Sehingga dengan mengonsumsi minyak nabati dengan rutin akan mengurangi tersiko tersebut.

  1. Mencegah Penebalan Pembuluh Darah

Kandungan kolesterol baik dalam minyak nabati berfungsi untuk mencegah penebalan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kolesterol baik mencegah penyumbatan dalam pembuluh darah. Sehingga pembuluh darah tersebut menjadi lentur dan tidak mudah pecah. Jika terjadi pecahnya pembuluh darah penyakit yang akan ditimbulkan adalah stroke dan komplikasi penyakit lain seperti jantung, darah tinggi, diabetes, dan lainnya.

  1. Membantu Mencegah Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan gangguan yang terjadi pada jantung manusia. Penyakit ini biasanya menyerang manusia di usia dewasa namun tidak menutup kemungkinan untuk menyerang yang muda. Penyebab jantung koroner sendiri adalah saluran pembuluh darah kapiler mengalami penyumbatan pada otot jantung. Dengan adanya minyak nabati tersebut penyumbatan tidak akan terjadi karena adanya kolesterol baik yang terkandung dalam minyak nabati.

 

Berdasarkan manfaat tersebut di atas, minyak nabati tidak perlu lagi menjadi momok yang anda takuti. Selain itu anda juga disarankan untuk mengonsumsi 37 makanan penurun kolesterol tinggi super cepat.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan Sehat