Sponsors Link

Kolesterol LDL dan HDL : Ciri-ciri, Bahaya dan Cara Mendeteksinya

ads

kolesterol LDL dan HDLKolesterol HDL dan kolesterol LDL mungkin sedikit awam di telinga masyarakat. Hal itu dikarenakan kedua kolesterol tersebut digabungkan menjadi satu bernama kolesterol. Kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh adalah kolesterol yang baik dan sebaliknya kolesterol jahat yang meracuni tubuh. Sayangnya banyak masyarakat tidak mengetahui apa itu kolesterol baik dan apa itu kolesterol jahat. Masyarakat sering terbalik dalam menyebut HDL dan juga LDL.

Penderita kolesterol pun banyak yang tidak tahu apa itu kolesterol HDL dan LDL. Yang mereka pentingkan adalah kadar kolesterol mereka. Bukan nama kolesterolnya. Padahal HDL dan LDL merupakan komponen penting dalam pengecekan kadar kolesterol di dalam tubuh. Mari kita bahas lebih lanjut tentang HDL dan LDL.

Kolesterol LDL

LDL merupakan singkatan dari Low Density Lipoprotein. LDL merupakan si kolesterol jahat. LDL adalah kolesterol jahat yang terbentuk dari gumpalan mikrokopis dan terdiri dari sisi luar lipoprotein. LDL akan mengelilingi pusat dari kolesterol. LDL disebut low dikarenakan partikel penyusun LDL kurang padat dibandingkan dengan partikel kolesterol yang lain.

Ciri-Ciri Kadar LDL Tinggi dalam Tubuh

Orang yang memiliki LDL tinggi akan merasakan ketidaknyamanan di dalam tubuhnya. Hal itu dikarenakan LDL mulai bereaksi pada tubuh. Kenali ciri-cirinya untuk segara melakukan tindakan penanganan yang tepat dan cepat, seperti berikut :

  • Penderita akan merasakan nyeri pada kaki – Hal ini diakibatkan oleh penumpukan LDL di kaki sehingga menyebabkan aliran darah ke kaki menjadi tersumbat. Banyak orang berkolesterol tinggi mengeluhkan jika kakinya terasa sangat berat ketika digunakan untuk berjalan.
  • Kuku menjadi berubah – Hal itu dikarenakan kuku tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Akibatnya sirkulasi di dalam kuku pun menjadi terganggu. Jika sudah terganggu yang akan ditimbulkan adalah kuku menebal dan pertumbuhannya akan terganggu. Misalnya saja ketika Anda memotong kuku, kuku bisa tumbuh lagi dalam waktu yang lama.
  • Kulit kaki ikut berubah – hal itu dikarenakan pasokan darah di kaki menjadi berkurang.
  • Kulit kaki terasa dingin – Dapat dirasakan ketika disentuh meskipun sedang tidak sakit.
  • Mati rasa – Keluhan awal yang sering dikeluhkan oleh penderita kolesterol. Bagian tubuh yang sering mati rasa adalah jari tangan. Hal itu diakibatkan zat purin di jari tangan tinggi, yang berasal dari makanan penyebab asam urat.
  • Diare – Hal itu dikarenakan kondisi tubuh tidak bisa menyerap lemak dengan sempurna. Akibatnya diare pun tidak bisa terelakkan.
  • Lesu dan migrain – Hal itu dikarenakan metabolisme lemak terganggu dan juga memiliki masalah dengan pencernaan. Makanan yang dikonsumsi oleh penderita kolesterol tidak bisa dicerna dengan baik dan menumpuk pada saluran pencernaan. Rasa kenyang tersebut mengirimkan sinyal ke otak . Akibatnya lesu dan migrain akan muncul bersamaan sebab tubuh kekurangan energi.

Penyebab Bahaya Kolesterol LDL Tinggi

Kadar LDL yang tinggi dapat membahayakan, jika terus-menerus terjadi karena :


Kolesterol LDL Buruk untuk Arteri dan Janting

Kronologi :

  • Zat kimia dalam LDL tergolong buruk. Zat kimia itu berbahaya bagi tubuh khususnya untuk jantung.
  • Kadar yang tinggi akan membuat LDL menempel dan menumpuk di pembuluh nadi. Karena tumpukannya tersebut bisa menyebabkan tubuh mengalami penyempitan di pembuluh darah. Tumpukan itu juga mengganggu aliran darah sehingga menyebabkan penyumbatan aliran darah di pembuluh nadi terbesar yaitu arteri.
  • Penyumbatan dan penyempitan dalam arteri akan membuat kondisi jantung memburuk. Jantung memburuk dikarenakan akan kesulitan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi jantung yang memburuk akan menyebabkan dada terasa nyeri dan mengalami pusing yang teramat sangat.
  • Puncaknya akan mengalami serangan jantung mendadak dan tiba-tiba.


LDL Buruk Untuk Otak

Kandungan substansi atau zat kimia di dalam LDL bisa membawa efek buruk organ-organ yang ada di dalam tubuh. Begitu pula dengan otak. LDL bisa menyebabkan penyumbatan aliran darah di otak hal itu dikarenakan LDL menumpuk pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah banyak yang tersumbat dan terhambat. Akibatnya stroke pun bisa menyerang penderita kolesterol.


Tes untuk Meneliti Kadar LDL

Tes darah merupakan satu-satunya tes yang bisa digunakan untuk mengecek kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang. Sampel darah yang telah diambil akan dites dan diteliti miligram per desiliter. Kemudian cara menegecek kadar LDLnya, bandingkan hasilnya dengan tabel sebagai berikut ini :

Kolesterol LDL Keterangan
< 100 mg/Dl Normal
100-129 mg/Dl Mendekati Normal
130-159 mg/dL Batas Normal Paling Tinggi
160-189 mg/Dl Tinggi
> 190 mg/dL Sangat Tinggi

Maksud tabel di atas adalah jika kadarnya kurang dari 100 miligram perdesiliter maka LDL normal, antara 100 sampai 129 miligram perdesiliter LDLnya mendekati normal. Batas normal LDL tertinggi adalah 159. Sedangkan jika berada di atas angka tersebut, digolongkan kadar kolesterol tinggi dan juga sangat tinggi.

Kolesterol HDL

Kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein merupakan lemak baik. HDL bermanfaat untuk bisa mengangkut timbunan lemak di dalam tubuh dan juga berfungsi sebagai pembersih timbunan lemak yang ada di dinding pembuluh darah yang membawa aliran darah ke hati. Karena fungsinya tersebut, aliran darah ke jantung menjadi lancar sehingga jantung lebih sehat.

sponsored links

Kolesterol HDL dan kolesterol LDL memiliki perbedaan yang signifikan. Kolesterol HDL sangat dibutuhkan untuk tubuh sedangkan LDL bisa merusak tubuh. Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, namun kadar HDL ini haruslah lebih besar dibandingkan dengan kolesterol LDL.

Ciri-Ciri Kadar Kolesterol HDL Cukup Di Dalam Tubuh

Berikut ini ada ciri-ciri yang diberikan oleh tubuh jika kolesterol HDL di dalam tubuh cukup dan tidak kurang :

  • Terhindar dari Depresi – Kolesterol baik yang terlalu rendah di dalam tubuh bisa membuat seseorang depresi bahkan merasa ingin bunuh diri. Orang yang memiliki kolesterol cukup di dalam tubuhnya akan terhindar dari penyakit pikiran. Hal itu dikarenakan aliran darah ke otak lancar. Jika tidak lancar orang akan mudah depresi.
  • Terhindar dari Pola Makan Bulimia – Bulimia merupakan penyakit dimana kolesterol bisa membuat kondisi perut terasa kenyang dan sinyal itu dikirimkan ke otak. Akibatnya penderita akan merasa lesu dan migrain. Kolesterol baik di dalam tubuh bisa membuat tubuh terhindar dari penyakit pola makan bulimia.
  • Kondisi Psikologis Yang Lebih Stabil – Penelitian yang dilakukan oleh Universitas California menunjukkan bahwa kadar kolesterol yang terlalu rendah akan mengakibatkan kondisi psikis seseorang terganggu. Hal itu dikarenakan kolesterol rendah bisa merusak dan mengganggu fungsi sistem syaraf. Kolesterol baik yang cukup di dalam tubuh bisa bermanfaat untuk menjaga pertahanan tubuh dan memaksimalkan kerja otak. Sehingga kolesterol baik bisa menyehatkan fungsi syaraf. Fungsi syaraf yang sehat bisa menghindarkan seseorang dari kondisi psikis yang buruk. Tidak hanya itu saja syaraf yang sehat bisa membuat tubuh juga sehat. Tubuh akan terhindar dari penyakit stroke dan juga parkinson.

Tes untuk Meneliti Kadar HDL

Sama halnya untuk meneliti kolesterol LDL, mengecek kolesterol HDL pun menggunakan tes darah. Darah akan diambil sampelnya dan diteliti melalui laboratorium. Ada batas tertentu untuk mengetahui apakah kolesterol HDL cukup atau rendah.

Kolesterol HDL Keterangan
< 40 mg/dL Terlalu Rendah
> 60 mg/dL Cukup

Tabel di atas menunjukkan bahwa kolesterol HDL dengan kadar di bawah 40 miligram per desiliter memiliki kadar yang rendah sehingga, kadar LDL lah yang akan mendominasi tubuh. Kadar kolesterol HDL yang baik haruslah di atas angka 60 miligram per desiliter.

Makanan Untuk Meningkatkan Kadar HDL Dan Menurunkan Kadar LDL

Kadar kolesterol yang normal haruslah didominasi dengan jumlah kolesterol HDL yang cukupdan kadar kolesterol LDL yang rendah. Untuk menciptakan hasil tersebut diperlukan usaha. Usaha yang bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan kolesterol adalah dengan menjaga pola makan.

Berikut ini ada daftar makanan yang bisa digunakan sebagai penjaga kestabilan kolesterol baik :

1. Kacang Kedelai

Makanan yang berasal dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai dan masih banyak lagi lainnya, merupakan makanan rendah kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Zat dalam terdapat dalam kacang kedelai yang bermanfaat untuk HDL yaitu :

Sponsors Link

  • Isoflavon, sangat bermanfaat untuk menekan LDL di dalam tubuh.
  • Protein kedelai, sangat bermanfaat untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Takaran protein kedelai per hari adalah 25 gram.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan ikan yang bermanfaat untuk menurunkan LDL. Omega 3 di dalam ikan salmon berfungsi untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

3. Buah Alpukat

Mengkonsumsi buah alpukat setiap hari sangat bermanfaat untuk meningkatkan HDL. Hal itu dikarenakan buah alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh dan bisa meningkatkan HDL.

4. Bayam

Setengah mangkuk bayam, bisa bermanfaat untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Hal itu dikarenakan bayam bisa melindungi kesehatan organ jantung dengan cara mencegah lemak jenuh menempel pembuluh darah di jantung.

5. Teh

Mengkonsumsi segelas teh setiap pagi bisa bermanfaat untuk menurunkan LDL. Hal itu dikarenakan teh mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu teh bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menghindarkan aliran darah dari pembekuan. Zat flavonoid di dalam teh bermanfaat sebagai oksidasi. Oksidasi berfungsi sebagai pencegah penimbunan kolesterol LDL di pembuluh darah.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 13th, March 2015 / 07:38 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi